Perbedaan Shared Hosting vs VPS, Mana Yang Bagus?

0
992

Pahami kebutuhanmu dan perbedaan shared hosting vs VPS agar bisa memilih layanan hosting yang paling tepat.

Perlu segera membangun website namun masih ragu dengan pilihan hosting kamu saat ini? Apakah kamu yakin bahwa shared hosting akan mampu memenuhi kebutuhan situs seiring berjalannya waktu? Agar tidak salah pilih dan menyesal di kemudian hari, sebaiknya simak perbedaan shared hosting vs VPS.

Pada dasarnya, shared hosting maupun VPS merupakan pilihan tepat untuk kebutuhan dan tujuan yang berbeda. Namun, biaya, manfaat, keunggulan, dan fitur harus turut kamu pertimbangkan dengan matang. Jadi, yuk simak apa saja perbedaan antara shared hosting dengan VPS.

Mengenal Apa Itu Shared Hosting

Mengenal shared hosting vs VPS
Sumber: flickr

Hosting menawarkan banyak pilihan dan shared hosting merupakan layanan atau jenis hosting yang begitu populer. Biasanya, jenis hosting satu ini digunakan oleh mereka yang baru membangun web dengan target pengunjung dan trafik yang tidak banyak.

Apabila hanya perlu meng-online-kan situs web, shared hosting tentu bisa mengakomodir kebutuhan tersebut. Seperti namanya, shared berarti kamu akan berbagi dengan pengguna lain dalam penggunaan server termasuk sumber daya di dalamnya. 

Dengan kata lain, setiap pengguna memiliki akses yang terbatas, termasuk dalam penggunaan sumber daya. Akan tetapi, biaya layanan hosting ini dikenal sebagai yang paling murah.

Sebelum memilih shared hosting, bayangkan kamu tinggal di sebuah bangunan kostan atau apartemen yang terdiri dari banyak kamar. Setiap kamar adalah untuk satu pengguna. 

Fasilitas yang ada di bangunan tersebut tentu bisa digunakan oleh semua pengguna. Apabila salah satu fasilitas sudah tidak memiliki kapasitas, tidak ada lagi pengguna yang bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.

Hal tersebut berlaku pada shared hosting. Misalkan, apabila bandwidth sudah sampai pada batas penggunaan, itu artinya pengguna tidak bisa lagi memanfaatkan bandwidth untuk kebutuhan situsnya. Padahal, seiring dengan semakin berkembangnya situs, bukan tidak mungkin trafik akan semakin tinggi.

Adapun kelebihan dan kekurangan dari shared hosting adalah:

Kelebihan Kekurangan
Harga/ biaya terjangkau Sumber daya yang terbatas
Minim perawatan Tidak mendapatkan akses ke root server
Ramah bagi pemula Risiko keamanan
Efisien  

Mengenal Apa Itu VPS Hosting

Mengenal VPS hosting
Sumber: flickr

Agar bisa mengetahui perbedaan shared hosting vs VPS, tentunya kamu juga harus mengenal dan memahami apa itu VPS hosting.

VPS berbeda dengan dedicated server yang memberikan server khusus bagi pengguna. Meski demikian, pengguna bisa mendapatkan kebebasan dalam penggunaan server seperti pada server dedicated.

VPS hosting adalah layanan hosting yang memberikan sumber daya khusus sesuai dengan paket yang pengguna pilih. Akan tetapi, tetap harus berbagai server dengan pengguna lain. 

Bagi sebagian pengguna, hal ini lebih baik dibandingkan shared hosting yang mengharuskan pengguna untuk juga berbagai sumber daya dengan pengguna lain. Karena sumber daya diberikan khusus pada pengguna tertentu, performa website tidak akan terpengaruh oleh situs lain yang juga menggunakan server yang sama.

VPS juga menawarkan beberapa kelebihan yang tentu tidak bisa dinikmati oleh pengguna shared hosting. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari VPS hosting:

Kelebihan Kekurangan
Pengaturan konfigurasi keamanan di tangan pengguna Harus punya pengetahuan teknis yang mendalam
Mendapatkan akses ke root server Harga/ biaya lebih tinggi dari shared hosting
Bisa mengembangkan kapasitas sesuai kebutuhan situs  

Perbedaan Shared Hosting vs VPS

perbedaan shared hosting vs VPS
Sumber: flickr

Hosting adalah salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan dengan baik saat hendak membangun situs web. Oleh sebab itu, banyak yang masih bingung dalam memilih layanan hosting yang tepat.

Setiap situs web dan bisnis tentu memiliki kebutuhan akan penggunaan hosting yang berbeda. Nah, jika kamu masih bingung memilih antara shared hosting dan VPS, berikut adalah beberapa perbedaan shared hosting vs VPS:

Biaya

Salah satu perbedaan shared hosting vs VPS terletak pada biaya kedua jenis layanan hosting tersebut. Shared hosting adalah layanan hosting bersama dimana banyak pengguna memiliki akses ke server yang sama. Oleh sebab itu, harga dari layanan hosting ini cenderung lebih murah dari VPS.

Jadi, apabila kamu ingin memilih hosting murah, shared hosting bisa menjadi pilihan tepat. Adapun untuk mendapatkan layanan hosting tersebut, kamu bisa menghubungi Exabytes.

VPS hadir dengan harga yang lebih tinggi dari shared hosting karena menawarkan fasilitas yang lebih. Jadi, apabila ingin menggunakan server tanpa harus berbagi sumber daya dengan pengguna lain, VPS adalah pilihan yang pas. 

Meski biaya yang dikeluarkan lebih tinggi, tetapi kamu juga akan mendapatkan kelebihan yang tidak diberikan oleh shared hosting.

Alokasi Sumber Daya

Perbedaan shared hosting vs VPS di alokasi sumber daya
Sumber: flickr

Seperti yang dikatakan di poin pertama, pengguna shared hosting harus puas dengan sumber daya (resource) yang terbatas. Shared hosting artinya, ada banyak pengguna dengan akses ke server yang digunakan. Jadi, alokasi sumber daya menjadi terbatas. Hal ini juga yang membuat shared hosting bisa didapatkan dengan biaya yang murah dan lebih ramah kantong.

Sementara VPS menawarkan sumber daya yang tidak seterbatas shared hosting. Dimana pengguna layanan hosting VPS bisa mendapatkan alokasi resource yang lebih banyak. Selain dapat mengakses root, pengguna juga bisa mengedit file serta menambahkan software ke situs web.

Nah, alokasi sumber daya ini turut menambah daftar perbedaan shared hosting vs VPS.

Keamanan dan Performa

Bagi yang penasaran dengan perbedaan shared hosting vs VPS, tentunya juga akan memperhatikan keamanan dan performa masing-masing layanan hosting tersebut, bukan?

Terlepas dari situs apa yang akan kamu bangun, keamanan dan performa menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan agar situs dapat berjalan sesuai harapan dan tujuan. Berbicara tentang keamanan, baik shared hosting maupun VPS menawarkan keamanan namun ada perbedaan.

Karena shared hosting memungkinkan banyak pengguna dalam satu server yang sama, error pada situs salah satu pengguna akan berdampak pada situs pengguna lain. Hal serupa juga bisa terjadi saat penggunaan bandwidth sudah melampaui batas yang disediakan.

Performa dari situs web tentu juga akan terpengaruh. Adapun salah satu kemungkinan terburuk adalah kecepatan situs kian melambat terlebih saat trafik mulai tinggi.

Apabila shared hosting sudah tidak lagi bisa mengakomodir kebutuhan situs, kamu harus beralih ke VPS. Agar bisa menghemat waktu, biaya, dan tenaga, sebaiknya pertimbangkan dengan baik apakah lebih memilih shared hosting atau VPS.

Kontrol dan Skalabilitas

Perbedaan shared hosting vs VPS lain terletak pada kontrol dan skalabilitas antara keduanya. Sebagai jenis hosting yang ramah pemula, shared hosting dilengkapi dengan control panel yang bisa digunakan dengan mudah. 

Akan tetapi, pengguna tidak memiliki kontrol penuh atas server dan resource karena hosting tersebut dikelola oleh penyedia.

Apabila ingin memiliki kontrol penuh terhadap server, sebaiknya memilih VPS alih-alih shared hosting. Namun, kamu juga harus ingat bahwa penggunaan VPS harus diimbangi dengan pengetahuan teknis hosting. Mengapa? 

Pengguna hosting VPS harus mengelola backend dari server yang digunakan. Kontrol yang cukup rumit bagi pemula.

Berbicara tentang hosting, tentu calon pengguna harus memperhatikan potensi kebutuhan sumber daya yang meningkat suatu hari nanti. 

Dengan skalabilitas yang lebih unggul, pengguna VPS tidak harus mengkhawatirkan masalah yang berhubungan dengan habisnya resource yang dapat membuat situs down.

Perkembangan Website

Perkembangan website juga menjadi perbedaan shared hosting vs VPS yang tidak kalah penting untuk diketahui. Pada dasarnya, VPS menawarkan kemudahan melakukan upgrade, ini juga yang membedakannya dengan shared hosting.

Pada saat jumlah trafik naik dan semakin tinggi, shared hosting tentu tidak dapat lagi mengakomodir kebutuhan situs. 

Dengan memilih VPS, kamu bisa menyesuaikan kebutuhan sesuai dengan perkembangan situs. Apabila seiring dengan berjalannya waktu trafik terus meningkat, kamu tidak perlu khawatir.

Website tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya. Sesuaikan pilihan hosting dengan kebutuhan, jenis website, dan tujuan pembuatan website itu sendiri.

Pengelolaan Server

Bagaimana server dikelola pada shared hosting tentu berbeda dengan VPS. Pengelolaan server dan teknis pemeliharaan situs pada shared hosting seluruhnya dilakukan oleh penyedia hosting. Itu berarti, pengguna tidak memiliki akses untuk dapat melakukan perawatan secara mandiri.

Hal berbeda pada VPS hosting karena pengguna bisa mengelola server dengan fleksibel. Ya, VPS memberikan akses agar pengguna bisa mengatur maupun mengkonfigurasi software yang digunakan di situs web.

Shared Hosting vs VPS, Mana yang Lebih Bagus?

Setelah mengetahui perbedaan shared hosting vs VPS, sudah bisa menentukan pilihan yang paling tepat? Atau justru malah semakin bingung? Sebenarnya, shared hosting maupun VPS adalah pilihan yang bagus apabila sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Jadi, jika kamu bertanya mana yang lebih bagus, tentu tidak bisa dijawab secara spontan. Bagi pemilik web yang tidak berfokus pada trafik yang tinggi dan memiliki dana terbatas, tentu shared hosting cukup bagus.

Berbeda halnya dengan situs web yang dirancang agar bisa menargetkan trafik yang tinggi. Dengan keterbatasan sumber daya, shared hosting tidak bisa menjadi pilihan tepat. Jadi, pengguna perlu hosting yang bisa memberikan resource yang lebih, yaitu VPS hosting.
Baik shared hosting maupun VPS hosting, keduanya bisa kamu dapatkan dari satu penyedia hosting, yaitu Exabytes yang sudah mengantongi sertifikat ISO 27001.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments