Meningkatkan Konversi di Bulan Ramadhan Untuk Bisnis Online

0
1314

Ramadhan segera berakhir jadi sebaiknya segera maksimalkan penjualan dengan cara yang tepat dan efektif. Apabila kamu ingin mendapatkan cara tepat dalam meningkatkan konversi di bulan Ramadhan, mari simak artikel ini hingga selesai.

Konversi Bagi Bisnis Online

Meningkatkan konversi di bulan Ramadhan bagi bisnis online
Sumber: pixabay

Di dalam dunia bisnis, konversi juga disebut dengan conversion, yang bisa diartikan sebagai tindakan yang dihitung saat seseorang berinteraksi dengan iklan atau listing produk gratis. Kemudian, mereka melakukan tindakan yang bernilai bagi bisnis, yaitu pembelian secara online atau panggilan telepon ke bisnis.

Konversi bisa diukur menggunakan berbagai proses pelacakan (tracking) tergantung pada tindakan yang seseorang lakukan saat berinteraksi dengan iklan atau listing gratis sebuah bisnis. Hal tersebut bahkan bisa dilakukan menggunakan berbagai perangkat baik berupa perangkat desktop maupun seluler.

Pelacakan juga mencakup konversi sesuai model menggunakan data yang tidak akan mengidentifikasi pengguna dalam memperkirakan konversi yang tidak bisa diamati secara langsung. Jadi, laporan yang didapatkan akan jauh lebih lengkap.

Nah, kamu juga bisa mempelajari apa itu conversion rate melalui artikel satu ini.

Cara Efektif Meningkatkan Konversi di Bulan Ramadhan

Sudah menemukan cara yang tepat dan efektif dalam meningkatkan konversi di bulan Ramadhan untuk bisnis online? Jika masih ragu atau bingung dalam memilih cara yang tepat, sebaiknya jangan terburu-buru.

Dengan begitu kamu bisa mencegah kesalahan yang dapat berdampak buruk bagi bisnis atau tidak tercapainya tujuan yang sudah ditetapkan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk meningkatkan konversi bisnis online selama bulan Ramadhan:

Buat dan Posting Konten Menarik

Bagi bisnis online, strategi digital marketing memiliki peran yang sangat penting. Terlepas dari apapun bentuk pemasaran digital yang kamu terapkan, memerlukan konten yang menarik.

Tujuan dari konten yang dibagikan secara digital di berbagai platform, termasuk situs web dan media sosial adalah menarik audiens untuk menanggapi ajakan dan membuat mereka melakukan tindakan. Misalnya, mengakses situs web, menyetujui tawaran iklan, atau membeli produk secara online.

Dengan kata lain, apabila ingin meningkatkan konversi di bulan Ramadhan, bisnis online harus membuat dan membagikan konten yang menarik dan unik. Sehingga bisa menarik audiens untuk melakukan tindakan yang diharapkan.

Penggunaan kata-kata dalam konten juga harus benar-benar diperhatikan. Jadi, akan bisa membangkitkan emosi dan menarik perhatian. Juga bisa menyampaikan pesan kepada audiens dengan tepat.

Optimalkan Kecepatan Website

Website merupakan bagian terpenting bagi bisnis online. Apabila ingin meningkatkan konversi di bulan Ramadhan, itu artinya bisnis harus memastikan bahwa situs web memiliki kecepatan yang optimal.

Tidak sedikit pebisnis atau perusahaan yang menambahkan konten berupa grafik, video, atau jenis konten lain pada situs web yang justru dapat memperlambat kecepatan akses.

Padahal kenyataannya pengguna internet ingin mengakses laman web dalam waktu singkat, tidak lebih dari dua detik. Hal tersebut dibuktikan dengan penelitian Akamai Technologies. Apabila pengguna internet tidak dapat mengakses web dalam waktu yang singkat, mereka akan pergi meninggalkan laman tersebut dan mencari web lain.

Bagi bisnis online, hal tersebut bisa menjadi masalah karena dapat berdampak pada tingkat penjualan. Coba cek dan optimalkan kecepatan web sekarang juga.

Gunakan Desain dan Navigasi yang Responsif

Gunakan navigasi dan desain responsif untuk meningkatkan konversi di bulan Ramadhan
Sumber: pixabay

Selain kecepatan atau waktu loading, ada hal penting lain juga harus pemilik web perhatikan, yaitu penggunaan desain dan navigasi. Untuk bisa meningkatkan konversi di bulan Ramadhan, pastikan desain dan navigasi pada situs web bisnis online dibuat responsif.

Selain menarik, hal tersebut juga memungkinkan pengunjung untuk bisa mengakses web melalui berbagai perangkat, baik komputer, tablet, maupun smartphone. Navigasi yang responsif berkaitan dengan menu yang ditampilkan di web. Dengan begitu, pengunjung bisa dengan mudah menemukan apapun yang sedang mereka cari.

Berikan Penawaran Menarik

Ramadhan adalah salah satu momen besar untuk meningkatkan penjualan. Agar bisa meningkatkan konversi di bulan Ramadhan yang baik ini, sudahkah kamu menyiapkan berbagai penawaran menarik?

Tampilan situs web yang menarik memang perlu, namun orang-orang akan lebih cenderung memperhatikan penawaran menarik yang melengkapi pengalaman berbelanja online. Jadi, agar bisa mencapai atau bahkan melampaui target penjualan, berikan penawaran menarik.

Mengapa penting? Saat memutuskan untuk memasuki dunia digital, bisnis memiliki lebih banyak kompetitor dengan tingkat persaingan yang tinggi. Oleh sebab itu, kamu harus bisa mengambil hati audiens atau calon pelanggan. Mereka mungkin bertanya kira-kira hal apa saja yang membuat bisnis kamu berbeda dari kompetitor.

Atau keuntungan apa yang bisa mereka dapatkan saat memilih produk dari bisnis online milikmu. Nah, ini merupakan sebuah kesempatan besar yang tidak boleh kamu lewatkan. Coba tawarkan gratis ongkir, potongan atau diskon besar, atau penawaran menarik lain.

Biasanya orang-orang cenderung lebih cepat membuat keputusan membeli produk apabila mereka tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya pengiriman. Terlebih jika bisa mendapatkan produk dengan harga yang lebih rendah.

Tawarkan Informasi yang Relevan

Penawaran menarik bisa menjadi salah satu cara meningkatkan konversi di bulan Ramadhan. Akan tetapi, kamu juga tidak boleh lupa kalau tidak semua orang akan langsung melakukan pembelian. Beberapa orang mungkin akan terlebih dahulu melakukan riset dan perbandingan.

Sebaiknya, tawarkan informasi yang relevan dengan pencarian dan kebutuhan audiens. Tahukah kamu kalau informasi adalah kekuatan dan kenyamanan? Hal tersebut juga merupakan salah satu kunci untuk menarik calon pelanggan.

Sediakan sebanyak mungkin informasi yang berkaitan dengan produk yang kamu jual. Jadi, calon pembeli bisa mendapatkan informasi yang mereka perlukan sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Bangun Kepercayaan

bangun kepercayaan pengguna internet sebagai salah satu cara meningkatkan konversi di bulan Ramadhan
Sumber: pixabay

Sebagus apapun konsep bisnis dan strategi pemasaran yang kamu punya, apa artinya bisnis online tanpa kepercayaan dari audiens dan pelanggan? Meski kamu memutuskan untuk menerapkan berbagai jenis digital marketing, namun pastikan strategi tersebut dapat memberikan dampak baik bagi kepercayaan pelanggan.

Dengan kata lain, agar bisa meningkatkan konversi di bulan Ramadhan, kamu harus mencari cara agar bisa membangun kepercayaan. Misalnya dengan menyajikan konten yang bagus dan membuat situs web tampak kredibel.

Kualitas produk dan layanan juga turut melengkapi cara dalam membangun kepercayaan. Selain itu, kamu bisa menonjolkan keunggulan-keunggulan dari produk yang ditawarkan, termasuk melalui testimoni dari para pelanggan yang merasa puas berbelanja online dari toko online atau web kamu.

Manfaatkan Media Sosial

Bisnis online harus mampu memahami para audiens, termasuk mengetahui tren dan aktivitas para audiens. Apabila audiens kamu merupakan pengguna aktif media sosial, itu artinya, kamu harus memanfaatkan media sosial baik untuk pemasaran maupun penjualan.

Selain mengetahui platform media sosial mana yang dapat membantu meningkatkan konversi penjualan bisnis online, kamu juga harus mempelajari tren social media marketing 2023. Dengan begitu, semakin besar peluang untuk bisa menjangkau audiens yang ditargetkan.

Lakukan A/B Testing

Cara lain agar dapat meningkatkan konversi di bulan Ramadhan adalah dengan melakukan A/B testing, yaitu metode eksperimen yang dilakukan untuk mengurangi risiko kesalahan dalam membuat keputusan bisnis. Dengan begitu, tim pemasaran memiliki ruang gerak yang lebih leluasa dalam berinovasi dan eksplorasi agar bisa melihat peluang demi peluang bisnis.

A/B testing berfungsi dalam menguji hal-hal yang berkaitan dengan konversi penjualan. Sebagai contoh, saat bisnis online mempunyai dua pilihan headline untuk homepage situs web dan sulit untuk memutuskan mana yang lebih baik, maka A/B testing dapat mengambil peran dalam hal ini.

Sebagai seorang pebisnis, kamu harus mampu mengetahui pilihan yang berhasil atau tidak agar bisa meningkatkan konversi penjualan.

Buat Deskripsi Produk Secara Rinci

Deskripsi produk yang rinci akan membantu audiens atau calon pelanggan memahami seperti apa produk yang kamu tawarkan, termasuk dalam hal kualitas. Apabila ingin meningkatkan konversi di bulan Ramadhan, pastikan setiap produk yang ada di situs web atau toko online memiliki deskripsi yang rinci namun mudah dipahami.

Cek Harga

Harga turut memengaruhi calon pembeli dalam membuat keputusan. Sebaiknya periksa kembali harga yang kamu tawarkan apakah sudah sesuai pasar atau belum. Menawarkan harga yang kompetitif namun dengan kualitas yang baik tentu akan menarik calon pembeli.

Dengan kualitas produk yang tinggi, bisnis online yang kamu jalankan juga bisa bersaing pada titik harga yang lebih tinggi. Jadi, kamu tetap bisa menarik pembeli tanpa harus mengorbankan keuntungan.

Tampilkan Ulasan Pelanggan 

Meningkatkan konversi di bulan Ramadhan dnegan menampilkan ulasan pelanggan
Sumber: pixabay

Ulasan pelanggan menjadi bukti nyata bahwa produk dan bisnis yang kamu jalankan itu nyata. Ulasan juga akan membantu calon pembeli dalam membuat keputusan. Agar bisa meningkatkan konversi di bulan Ramadhan, sebaiknya tampilkan ulasan pelanggan.

Dengan begitu, calon pembeli akan merasa termotivasi untuk segera melakukan pembelian dengan melihat ulasan positif terhadap produk kamu.

Sertakan Call-to-action (CTA)

Untuk melengkapi daftar cara meningk tkan konversi di bulan Ramadhan, sertakan call-to-action (CTA) di setiap konten, iklan, atau kampanye. Dengan begitu, audiens tahu apa yang harus mereka lakukan atau kemana seharusnya mereka pergi saat tertarik untuk membeli produk.

Siapkan Diri Untuk Meningkatkan Konversi di Bulan Ramadhan

Meningkatkan konversi di bulan Ramadhan bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Akan tetapi, pastikan juga kalau kesadaran terhadap merek sudah terbangun. Jadi, target audiens sudah tahu produk apa yang kamu tawarkan.

Untuk merealisasikan berbagai cara meningkatkan konversi di bulan Ramadhan, pastinya kamu perlu jasa digital marketing terpercaya seperti yang ditawarkan oleh Exabytes.

Dapatkan berbagai jenis layanan termasuk Google Ads, Facebook Ads, dan layanan digital marketing lain untuk memaksimalkan upaya agar konversi penjualan di momen Ramadhan meningkat. Tunggu apalagi? Hubungi Exabytes sekarang!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments