Tren Social Media Marketing 2023, Ayo Persiapkan Sekarang!

0
1992

Tren social media marketing berkembang seiring dengan berkembangnya kebutuhan bisnis. Apalagi keberadaan media sosial sudah tidak bisa lagi dipisahkan dari kehidupan masyarakat, khususnya kaum muda.

Fenomena ini kemudian akan memunculkan banyak tren social media yang bisa menjadi peluang besar bagi para pembuat konten. Namun untuk tren social media marketing 2023, kecil kemungkinan akan ada perubahan drastis.

Meski begitu, akan ada beberapa area baru yang bisa kamu jelajahi lebih jauh agar strategi social media marketing kamu lebih efektif. Apakah menurut kamu tren social media marketing akan meledak pada tahun 2023? Nah, simak ulasan dari Exabytes berikut ini.

Tren Social Media Marketing 2023

tren social media marketing tahun 2023

TikTok

Tren social media marketing 2023 tampaknya sangat erat kaitannya dengan popularitas media sosial ini.

Meskipun pengguna aktif TikTok belum melampaui media sosial lain seperti Instagram dan Facebook, TikTok adalah aplikasi media sosial yang paling banyak diunduh di awal tahun 2022.

Dari Gen Z, milenial hingga baby boomer, semua orang beralih ke TikTok untuk bersenang-senang. Itu sebabnya banyak konten viral berasal dari sana.

Popularitas TikTok harus diperhatikan oleh para marketer untuk menjangkau target pasar seluas mungkin.

Social Media Ads

Tren social media marketing 2023 selanjutnya adalah meningkatnya penggunaan social media ads. Brand benar-benar dapat mencari pertumbuhan organik untuk strategi marketing mereka.

Namun, algoritma media sosial sering mendukung postingan dari akun yang sering berinteraksi dengan pengguna, seperti yang dilaporkan Web FX.

Ini berlaku untuk akun teman, sahabat, atau keluarga. Artinya, brand perlu bersaing satu sama lain agar kontennya bisa menjangkau target audiens yang luas dan spesifik. Disinilah peran paid advertising menjadi sangat diperhitungkan.

Social Commerce

Social commerce bisa menjadi salah satu tren social media marketing di tahun 2023. Apa itu social commerce?

Kamu mungkin tahu bahwa Instagram dan TikTok kini mulai menawarkan fitur belanja online. Pengguna dapat langsung menelusuri produk dan melakukan pembelian.

Inilah yang disebut social commerce, yaitu perpaduan kegiatan belanja dengan platform media sosial. Maka mulai saat ini, media sosial tidak hanya untuk interaksi dan berjejaring, tetapi juga untuk jual beli.

Marketer dapat memanfaatkan tren social media marketing ini untuk memaksimalkan branding, karena orang pasti lebih sering membuka media sosial daripada aplikasi e-commerce.

Social Awareness

Bagian terpenting yang tidak bisa diabaikan dalam tren social media marketing 2023 adalah pentingnya social awareness.

Dengan cancel culture yang meningkat, brand harus berhati-hati dalam segala hal yang mereka lakukan dan katakan. Jangan menyinggung kelompok atau masalah sensitif di masyarakat.

Menurut Neal Schaffer, dulu orang tentu tidak peduli jika perusahaan memperlakukan karyawan dengan baik. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada era sekarang ketika kepekaan sosial masyarakat semakin meningkat.

Nano Influencer Marketing

Dalamhal influencer marketing, marketer harus memahami istilah makro, mikro, dan nano. Istilah ini merujuk pada pengkategorian ukuran audiens atau popularitas influencer dengan nano sebagai kategori terkecil atau level awal.

Jadi mengapa mereka akan menjadi salah satu tren tahun depan?

Influencer terkenal terkadang tidak menjamin keberhasilan kampanye. Sementara itu, nano influencer cenderung memiliki komunitas yang lebih terhubung. Dengan cara ini, ulasan mereka akan terasa lebih alami bagi pengikutnya, seperti seorang teman yang memberikan saran.

Augmented Reality (AR)

Penyematan teknologi Augmented Reality (AR) di media sosial tidak hanya menambah kemeriahan, tetapi juga dapat digunakan sebagai alat bagi brand untuk mengeksekusi kampanyenya.

Bagaimana itu bisa terjadi? Kuis filter, game, atau produk makeup yang sering kamu gunakan adalah contoh hasil teknologi AR.

Jika menarik, filter tersebut dapat digunakan oleh banyak orang, yang nantinya akan berkontribusi pada tampilan merek atau kampanye saat ini.

tren social media marketing 2023

Live Streaming

Tren berikutnya dalam marketing dan promosi media sosial adalah live streaming. Baik di TikTok, Instagram, atau Facebook.

Memang, ada sejumlah keuntungan dari pendekatan ini yang menyebabkan banyak merek sering melakukannya, di antaranya:

  • Dapat menampilkan kondisi produk yang sebenarnya.
  • Dapat berinteraksi langsung dan bertanya kepada konsumen.
  • Mampu mendemonstrasikan pengguna produk sedetail mungkin.

Untuk menarik lebih banyak pemirsa, merek juga sering bermitra dengan influencer untuk melakukan live streaming bersama mereka. Strategi lain yang umum digunakan adalah menawarkan flash sale selama periode live.

Customer Service

Saat ini, semakin banyak perusahaan yang menawarkan akun media sosial resminya sebagai sumber informasi sekaligus sarana melayani pelanggan.

Misalnya, kamu mungkin sering menjumpai di Twitter ketika seseorang secara langsung menyebutkan akun perusahaan saat menyampaikan keluhannya.

Jika keluhan mendapat banyak perhatian dari pengguna lain, saat itulah strategi customer service merek akan diuji.

Jika akun perusahaan hanya memberikan jawaban sampel dan tidak membantu sama sekali, bersiaplah untuk ulasan konsumen yang keras, oke?

iOS 14

Peluncuran iOS 14 mengantar salah satu tren terbesar di media sosial, terutama untuk periklanan.

Meskipun kamu tidak dapat membatalkan iOS 14, kamu dapat mengambil langkah-langkah berikut untuk mengurangi dampak pada upaya kamu:

  • Menggunakan pendekatan yang lebih agresif.
  • Tetap beradaptasi.
  • Berikan iklan dua hingga empat minggu tambahan untuk mengevaluasi kinerjanya.

Kamu juga harus mengikuti praktik terbaik periklanan tradisional, seperti:

  • Menekankan manfaat daripada fitur.
  • Memikirkan di mana klien kamu tinggal.
  • Mengambil risiko vs tetap aman dengan teks iklan.

Dengan tips ini, bisnis kamu dapat terus meningkatkan pendapatan dari media sosial bahkan setelah iOS 14.

Demikian ulasan mengenai tren social media marketing tahun 2023. Dengan mengetahui tren social media marketing 2023 tersebut, para marketer dan pelaku bisnis dapat bersiap menghadapi berbagai perubahan dunia marketing selanjutnya dengan merancang rencana bisnis dan strategi pemasaran terbaik.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments