Conversion Rate: Panduan & 10 Cara Ampuh Mengoptimasinya

201
blog exabytes indonesia
11 min read

Website harus memiliki traffic dan conversion rate yang tinggi agar bisa bekerja dengan optimal. Oleh karena itu, keduanya sangat penting dan harus dioptimasi dengan baik. Conversion rate biasanya digunakan sebagai parameter untuk mengukur keberhasilan digital marketing yang dilakukan.

Nah, jika kamu penasaran apa dan seperti apa itu conversion rate, yuk kita cari tahu bersama melalui artikel satu ini!

Apa Itu Conversion Rate

apa itu conversion rate
Ketahui apa itu conversion rate agar website memberikan hasil penjualan yang lebih maksimal. (Sumber: flickr – Rashied Shote)

Selain traffic, conversion rate juga memiliki peran penting bagi sebuah website. Jika kamu hendak mengoptimalkan penggunaan website untuk bisnis, maka kamu harus tahu apa itu conversion rate

Conversion rate adalah istilah digital marketing yang menggambarkan persentase pengunjung website dan melakukan tindakan yang menguntungkan pemilik bisnis dari total pengunjung website

Tingkat conversion rate yang tinggi bisa menjadi indikasi dari keberhasilan strategi marketing dan desain situs web.

Alasan Pentingnya Conversion Rate

pentingnya conversion rate
Mengapa conversion rate optimization penting untuk setiap website. (Sumber: pixabay – launchpresso)

Conversion rate memiliki peran penting dalam menekan biaya akuisisi pelanggan. Caranya adalah dengan meningkatkan ketertarikan pengunjung web terhadap perusahaan atau bisnis beserta produk yang ditawarkan.

Kamu yang menggunakan media digital untuk melakukan pemasaran juga harus mulai mempelajari strategi social media marketing. Hal tersebut akan membantu memilih strategi yang paling tepat untuk kamu gunakan di berbagai platform media sosial.

Coba bayangkan apabila landing page di situs web kamu mempunyai 4500 pengunjung setiap bulannya dengan tingkat konversi 10%. Ini berarti bahwa kamu mendapatkan 450 konversi baru tanpa harus melakukan apapun.

Dengan mengoptimalkan conversion rate, kamu memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pelanggan atau klien baru. Akan tetapi, hal tersebut bukanlah perkara mudah karena kamu harus melakukan berbagai penelitian dan percobaan serta mengalami kegagalan.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa conversion rate itu penting:

Meningkatkan Pemahaman Terhadap Customer

Agar kamu bisa lebih memahami audiens utama, kamu harus melakukan optimasi tingkat konversi. Conversion rate optimization juga bisa membantu menemukan bahasa atau pesan apa yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Return on Investment (ROI) yang Lebih Baik

Tingkat konversi yang tinggi mampu memberikan peluang untuk mendapatkan pendapatan yang lebih banyak. Dengan kata lain, kamu mendapatkan return on investment yang lebih baik dari apa yang kamu upayakan. 

Skalabilitas yang Optimal

Seiring dengan pertumbuhan bisnis, optimasi tingkat konversi memungkinkan kamu untuk berkembang tanpa kehabisan calon pembeli, pelanggan, atau klien. Bisnis akan lebih mudah berkembang jika kamu bisa mengubah pengunjung menjadi calon pembeli tanpa harus menambah biaya dan tenaga untuk pemasaran.

Memperbaiki User Experience

Pengguna yang merasa terbantu saat mengakses website biasanya akan cenderung bertahan. Conversion rate akan membantu mempelajari apa saja yang memengaruhi keberhasilan dan kegagalan di website. 

Dengan melakukan pengembangan pada situs web, maka pengguna akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik.

Akhirnya, pengguna atau pengunjung website akan mengambil tindakan yang lebih mendalam seperti membeli produk atau layanan atau mengisi data. Tidak jarang pula mereka bersedia menjadi pelanggan setia yang merekomendasikan produk kamu. 

Bagi kamu yang ingin menjangkau lebih banyak target audiens, kamu bisa mengiklankan bisnis melalui Facebook. Yuk mulai belajar Facebook Ads melalui artikel satu ini!

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Conversion Rate

Faktor-faktor yang memengaruhi conversion rate
Ada beberapa faktor yang memengaruhi tingkat konversi website (Sumber: pixabay – mohamed_hassan)

Sebelum melakukan optimasi pada conversion rate, akan lebih baik untuk terlebih dahulu mengetahui apa saja faktor yang memengaruhi hasil dari conversion rate

Berikut adalah faktor-faktor yang berpengaruh pada tingkat konversi sebuah halaman situs web:

Proposisi Nilai Untuk Pengunjung

Proposisi  nilai adalah penawaran fungsi yang pengunjung dapatkan apabila mereka melakukan tindakan di sebuah website. Tujuannya adalah menunjukkan kepada pengunjung bahwa situs tersebut tidak hanya menawarkan produk saja, tetapi juga memberikan manfaat bagi mereka.

Manfaat tersebut bisa hadir dalam berbagai bentuk seperti konten gratis, tawaran, atau hal berguna lain untuk pengunjung website. Ada beberapa contoh dari proposisi nilai yang banyak digunakan, di antaranya adalah:

  • Mendapatkan diskon untuk pembelian produk atau layanan yang ditawarkan
  • Memberikan keuntungan lebih dengan menawarkan software khusus bagi pelanggan
  • Penawaran download ebook gratis untuk menjadi ahli di bidang tertentu

Biasanya proposisi nilai tersebut identik dengan kalimat yang persuasif sehingga calon pelanggan dapat lebih tertarik untuk melakukan tindakan tertentu. Jika masih ragu dan tidak tahu bagaimana cara membuat kalimat proposisi nilai, kamu bisa belajar copywriting dari artikel ini.

Relevansi dengan Target Pasar

Proposisi nilai yang dibuat harus sesuai dengan tujuan kamu yaitu menarik perhatian pengunjung agar mereka menjadi pelanggan atau klien. Kemungkinan terjadinya konversi akan lebih tinggi apabila kamu menawarkan nilai yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Contohnya, apabila kamu menyediakan layanan iklan Facebook Ads, kamu bisa menyediakan tutorial atau ebook cara menguasai iklan Facebook.

Kejelasan Penawaran

Faktor penting lain dalam conversion rate adalah penawaran. Kamu harus membuat penawaran yang jelas dan terperinci agar pengunjung yakin untuk melakukan tindakan seperti yang kamu harapkan, misalnya melakukan pembelian. Pastikan bahwa pesan pada landing page mengenai apa yang ditawarkan sudah sangat jelas. 

Kualitas Konten

Salah satu parameter yang memengaruhi pengunjung menentukan pandangan mereka terhadap bisnis kamu adalah kualitas konten website. Kualitas yang buruk memungkinkan konversi yang kecil. Jadi, kamu harus membuat konten berkualitas dari segi informasi, tata bahasa, ejaan, dan kemudahan membaca.

Selain itu, kamu juga harus mempelajari apa itu content marketing dan bagaimana cara sukses mengoptimalkan konten yang kamu gunakan untuk pemasaran termasuk konten pada website atau blog.

Desain Website

desain website
Desain sebuah website menjadi salah satu faktor yang memengaruhi tingkat konversi. (Sumber: pixabay – CyberRabbit)

Desain situs web menjadi elemen yang memiliki peran penting dalam optimasi tingkat konversi. Berbagai elemen mulai dari kombinasi warna hingga Call to Action (CTA) memiliki dampak signifikan terhadap bagaimana pengunjung situs akan berinteraksi dengan situs tersebut.

Untuk kamu yang berencana membuat website yang sesuai dengan tujuan dan jenis bisnis, coba cari tahu contoh desain website yang sesuai.

Cara Optimasi Conversion Rate

Umumnya, setiap pemilik atau pengurus website ingin selalu mendapatkan conversion rate yang tinggi. Meski hal tersebut adalah sebuah tantangan, tapi kamu bisa mewujudkannya. Coba beberapa cara optimasi tingkat konversi di bawah ini.

Buat CTA berbentuk Teks

buat CTA berbentuk teks
CTA berbentuk teks bisa menjadi cara optimasi conversion rate. (Sumber: pixabay)

CTA adalah singkatan dari Call to Action, yaitu sebuah ajakan pada para pengunjung untuk melakukan tindakan seperti berlangganan atau membeli produk atau layanan. Kamu bisa membuat CTA dalam berbagai bentuk seperti teks, gambar, atau tombol. 

Namun, CTA berbentuk teks akan terlihat sederhana namun mampu menghasilkan konversi yang tinggi.

Optimasi Artikel Blog Potensial

Dengan penerapan strategi content marketing pada blog, beberapa artikel berpotensi menghasilkan tingkat konversi yang tinggi dibandingkan artikel lainnya. Coba mulai identifikasi artikel mana saja yang mampu mendatangkan traffic tinggi namun tingkat konversinya masih belum maksimal.

Bisa jadi artikel yang kamu tulis tahun lalu masih belum menghasilkan konversi yang sesuai harapan. Tidak hanya itu, kamu juga tetap harus mengoptimasi artikel-artikel yang sudah menghasilkan konversi yang tinggi.

Agar artikel selalu relevan dengan kebutuhan pengunjung, jangan lupa untuk selalu melakukan update pada konten artikel-artikel tersebut. Bagi kamu yang ingin menampilkan blog atau halaman website tertentu di hasil pencarian Google dengan lebih cepat, manfaatkan Google Ads Indonesia.

Tambahkan Testimoni Pelanggan

Review atau ulasan
Testimoni atau ulasan pelanggan bisa membantu meningkatkan conversion rate.

Kepercayaan adalah salah satu faktor yang memengaruhi tingkat konversi terutama untuk pengunjung baru. Kamu bisa meyakinkan mereka dengan memasang portofolio, ulasan, atau testimoni. Tidak ada salahnya jika kamu juga memasang garansi jaminan uang kembali untuk menarik hati pengunjung.

Menggunakan Pesan Pop Up

Saat mengunjungi suatu website, kita sering menjumpai pesan pop up. Pesan pop up juga bisa kamu manfaatkan untuk melakukan optimasi tingkat konversi atau conversion rate optimization. Caranya adalah dengan terlebih dahulu mengatur tampilan situs web. 

Gunakan desain yang menarik dan lengkapi pesan pop up yang bisa kamu atur kapan harus dimunculkan. Pesan pop up bisa kamu munculkan saat pengunjung memberi tanda bahwa mereka hendak meninggalkan website kamu. 

Masih bingung bagaimana cara menaikkan jumlah pengunjung website? Jika demikian, lakukan promosi atau pengiklanan di berbagai media sosial termasuk Facebook. Cari tahu lebih lanjut seperti apa Facebook Ads akan membantu orang-orang menemukan website milikmu di sini!

Lakukan Uji Coba Landing Page

Landing page Adalah halaman situs web yang didesain khusus untuk meningkatkan conversion rate. Biasanya, tautan (link) dari landing page dibuat sedikit berbeda dari homepage agar pengunjung melakukan tindakan seperti pembelian, berlangganan newsletter, atau lainnya.

Sama seperti halaman website pada umumnya, kamu perlu melakukan uji coba pada landing page. Lihat apakan landing page tersebut sudah menghasilkan konversi yang sesuai dengan harapan atau belum.

Agar landing page lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet, gunakan iklan atau promosi seperti Google Ads. Cari tahu berapa biaya Google Ads agar kamu bisa memaksimalkan anggaran yang ada untuk kebutuhan tersebut!

Permudah Pengunjung untuk Menghubungi Customer Service

Kemudahan menghubungi customer service
Berikan kemudahan pada pengunjung untuk menghubungi customer service sebagai upaya menaikkan tingkat konversi website.

Pengunjung situs web terkadang ingin menanyakan beberapa hal meskipun informasi mengenai harga, spesifikasi, serta syarat & ketentuan sudah ada di halaman web. Kamu harus mengerti kebutuhan tersebut dengan menyediakan layanan pelanggan. 

Jika kamu ingin mengoptimalkan tingkat konversi, maka pastikan kamu mempermudah pengunjung untuk menghubungi customer service

Kamu bisa menampilkan ikon chat bantuan seperti live chat di semua halaman situs web sehingga pelanggan bisa dengan mudah menghubungi layanan pelanggan. Untuk lebih lengkapnya, simak juga artikel cara membuat live chat pada website berikut!

Lakukan Promosi Melalui Chat Bantuan

Selain menawarkan promosi di website, kamu juga bisa mencoba melakukan promosi melalui chat bantuan. Dalam beberapa kasus, pengunjung tidak menyadari adanya promosi menggiurkan di website yang mereka kunjungi.

Oleh karena itu, kamu harus memanfaatkan chat bantuan seperti live chat agar mereka tidak melewatkan promosi yang mereka tunggu-tunggu untuk mendapatkan produk atau layanan dengan harga terbaik. Kamu bisa menawarkan promosi saat sedang berinteraksi atau membalas pesan pengunjung website melalui live chat tersebut.

Lakukan Remarketing

Kamu sudah berupaya semaksimal mungkin agar tingkat konversi meningkat. Sayangnya, kenyataan berkata lain karena banyak pengunjung yang meninggalkan website tanpa melakukan tindakan apapun sesuai target dan tujuan yang kamu buat.

Apabila hal tersebut terjadi terus menerus, maka ini bisa menjadi pertanda bahwa kamu harus melakukan remarketing. Remarketing memungkinkan kamu untuk menampilkan iklan langsung kepada orang-orang yang sudah mengunjungi website.

Saat meninggalkan website, pengunjung akan mulai melihat iklan bisnis kamu di berbagai media termasuk aplikasi dan media sosial yang mereka akses setelahnya. Ini adalah kesempatan bagi kamu untuk memasang iklan termasuk di Facebook

Sudah tahu berapa biaya Facebook Ads untuk setiap iklan terpasang?

Terapkan Proses Awal yang Mudah

Apabila kamu ingin mengoptimasi conversion rate suatu website, buatlah langkah awal konversi semudah mungkin. Hindari meminta pengunjung untuk mengisi terlalu banyak kolom seperti nama, nomor telepon, dan sebagainya. 

Sebagai gantinya, kamu bisa meminta alamat email saja. Kolom yang terlalu banyak yang harus diisi bisa membuat pelanggan mengurungkan niat mereka untuk menerima tawaran kamu. Kebanyakan pengguna internet akan berhati-hati dalam memberikan informasi yang bersifat personal kepada pihak yang tidak mereka kenal.

Ciptakan Sense of Urgency

Menciptakan sense of urgency akan membuat pengunjung membuat keputusan dengan cepat, terutama pembelian. Kamu bisa menggunakan hitungan mundur atau countdown untuk mendapatkan penawaran. Ini dikenal sebagai metode pemasaran yang menggunakan FOMO atau fear of missing out atau rasa takut ketinggalan.

Beberapa contoh FOMO yang bisa kamu gunakan adalah flash sale, promo akhir tahun, promo tahun baru, promo Sabtu-Minggu, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Conversion rate atau tingkat konversi memiliki peran penting dalam meningkatkan penjualan serta perkembangan bisnis. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikannya dengan baik pada setiap website yang dijalankan.

Apabila beberapa halaman atau bahkan keseluruhan halaman situs web kamu memiliki conversion rate yang masih rendah, ini berarti kamu harus melakukan optimasi sekarang.

Untuk berbagai upaya untuk meningkatkan traffic dan jumlah pengunjung website, kamu bisa melakukan pemasaran dan promosi secara digital dengan memilih layanan yang tepat dari Exabytes.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments