Nama Domain Yang Bagus: Tips dan Trik Mendapatkannya

0
1642

Mengingat pentingnya nama domain untuk bisnis online, memiliki nama domain yang bagus tentu menjadi sebuah keharus. Akan tetapi, hal tersebut akan menjadi tantangan tersendiri terutama bagi mereka yang belum terbiasa dalam membuat dan memilih nama domain.

Sebaiknya simak tips dan trik mendapatkan nama domain yang bagus seperti di artikel satu ini!

Tips dan Trik Mendapatkan Nama Domain yang Bagus

cara mendapatkan nama domain yang bagus
Sumber : pixabay

Domain yang bagus bukanlah domain yang mahal atau dibuat sesempurna mungkin. Domain yang bagus bisa mencerminkan brand karena mudah diingat, dicari, dan ditemukan dengan tingkat salah ketik yang minim.

Perlu tips dan trik mendapatkan nama domain yang bagus? Berikut adalah beberapa tips dan trik yang patut kamu coba:

Pilih Domain yang Kreatif dan Unik

Apakah kriteria nama domain yang bagus harus selalu menggunakan domain.COM? Sebenarnya, dengan berbagai ekstensi domain yang tersedia, ada banyak pilihan yang tersedia. Jadi, tidak harus selalu fokus pada ekstensi domain populer tersebut.

Meski tidak menggunakan domain.COM, kamu tetap bisa mendapatkan nama domain yang bagus selama dibuat dengan kreatif dan unik. Pernahkah kamu memikirkan nama domain yang brandable? Nah, nama domain tersebut tentunya akan sangat membantu sebuah brand dikenali, ditemukan, dan diingat dengan mudah.

Untuk bisa mendapatkan nama domain yang luar biasa tersebut, coba kata baru atau tetap menggunakan kata-kata yang sudah ada. Penggunaan generator nama domain juga turut membantu dalam mendapatkan nama domain yang bagus.

Pastikan Nama Domain Singkat

mendapatkan nama domain yang bagus
Sumber : flickr

Apakah nama domain yang bagus hanya terdiri dari beberapa karakter saja? Memastikan nama domain dibuat singkat adalah salah satu tips yang harus kamu ingat.

Keyword memang memiliki peran penting dalam pembuatan nama domain. Akan tetapi, jangan sampai berlebihan sehingga nama domain akan tampak begitu panjang.

Buatlah nama domain yang singkat dan mudah diingat. Sebaiknya nama domain tidak lebih dari 15 karakter. Mengapa? Semakin panjang domain, semakin sulit pengguna internet untuk bisa mengingatnya.

Pilih Ekstensi Domain Dengan Hati-hati

pertimbangkan ekstensi untuk mendapatkan nama domain yang bagus
Sumber : flickr

Nama domain yang bagus tentunya mengandung ekstensi domain yang tepat. Ini juga menjadi salah satu alasan kenapa penting bagi pemilik bisnis untuk bisa memilih ekstensi domain dengan hati-hati.

Tahukah kamu kalau ada beberapa ekstensi domain yang diperuntukan secara khusus, misalnya untuk sekolah, universitas, instansi pemerintahan, atau lainnya. Itu artinya, perusahaan atau pemilik bisa tidak bisa menggunakan ekstensi domain tersebut karena tidak memenuhi syarat yang ada.

Domain.COM dikenal sebagai pilihan ekstensi domain yang paling populer. Banyak website yang menggunakan ekstensi domain tersebut dari berbagai belahan bumi manapun. Namun, bukan berarti kamu harus menggunakan ekstensi domain tersebut.

Domain.NET, domain.XYZ, atau domain.ID mungkin jauh lebih sesuai dengan tujuan dan jenis website yang kamu akan bangun.

Gunakan Nama Domain Yang Fleksibel

Domain harus dibuat spesifik agar bisa menarik para audiens. Di sisi lain, kamu juga harus memiliki ruang agar situs web bisa tumbuh dan berkembang. Terkadang sebuah nama domain tampak sempurna. 

Akan tetapi, apakah nama domain tersebut tetap bisa digunakan di masa mendatang saat kamu berencana untuk mengembangkan bisnis dengan menawarkan produk atau jasa yang lebih bervariasi?

Untuk kebutuhan semacam ini, sebaiknya gunakan nama domain yang fleksibel. Dengan begitu, kamu tetap bisa menggunakan nama domain yang sama saat nanti bisnis akan berekspansi. Jadi, sebaiknya pilih nama domain dengan mempertimbangkan kebutuhan jangka panjang.

Tambahkan Keyword Tertarget

Seringkali kita mendengar bahwa keyword begitu penting untuk konten website dan blog. Meski demikian, keyword tidak hanya untuk konten saja. Ternyata, mesin pencari seperti Google menggunakan nama domain untuk memahami  situs web dan membantu menentukan ranking.

Itu artinya, keyword sangat penting dalam membuat nama domain. Bila perlu, kamu bisa menambahkan keyword pada nama domain. Namun, jangan sampai terkesan memaksakan. Alih-alih mendapatkan nama domain yang bagus, kamu mungkin mendapatkan nama domain yang kurang menarik.

Apabila hendak menambahkan keyword pada domain, pastikan nama domain tersebut relevan dengan situs web serta target audiens.

Pikirkan Potensi dan Risiko Jangka Panjang

Tips dan trik selanjutnya agar bisa mendapatkan nama domain yang bagus adalah dengan memikirkan potensi dan risiko jangka panjang. Penambahan keyword pada nama domain memang disarankan, namun sebaiknya pertimbangkan kembali apakah nama domain tersebut bagus atau tidak.

Nama domain yang bagus dapat bertahan lama sehingga orang-orang akan dengan mudah menemukan situs web di mesin pencari. Untuk alasan reputasi di hasil pencarian Google, kamu harus berhati-hati dan jangan terburu-buru dalam menentukan nama domain.

Pikirkan ulang kemungkinan risiko dan risiko jangka panjang yang akan berdampak pada perkembangan dan kemajuan bisnis kamu.

Cari tahu apa saja kesalahan memilih nama domain yang banyak dilakukan agar kamu bisa lebih berhati-hati dan menghindarinya.

Jangan Lupa Untuk Melakukan Riset

Untuk bisa mendapatkan nama domain yang bagus, kamu bisa menerapkan tips dan trik satu ini. Jauh sebelum mendaftarkan nama domain, sebaiknya lakukan riset. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah nama domain sudah digunakan oleh pihak lain.

Karena cek domain bisa dilakukan dengan mudah, kamu bisa melakukannya melalui WHOIS atau langsung di laman situs Exabytes.

Manfaatkan Generator Nama Domain

Seperti yang sudah disinggung pada poin pertama tips dan trik mendapatkan nama domain yang bagus, akan lebih baik untuk memanfaatkan generator nama domain.

Saat ini, ada lebih dari 360 juta nama domain yang terdaftar. Hal tersebut membuat orang-orang sadar bahwa nama domain yang bagus sudah dimiliki. Apabila mencari nama domain secara manual, hal tersebut akan memakan waktu. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan generator nama domain.

Tools tersebut akan bekerja secara otomatis dalam menemukan keyword yang tepat sebagai idea nama domain.

Hindari Penggunaan Huruf Double

Untuk bisa mendapatkan nama domain yang bagus, ada beberapa hal yang perlu dihindari, seperti penggunaan huruf double. Huruf double membuat nama domain sulit dibaca dan bahkan lebih sulit untuk ditulis dengan benar. Apabila kesalahan tersebut terjadi cukup sering, pihak lain bisa mendapatkan trafik dari kamu.

Artinya, saat seseorang bermaksud untuk mengunjungi situs web kamu, namun karena salah tulis, pada akhirnya ia mengakses situs web lain yang tampak serupa. Apabila hal tersebut terus menerus terjadi, maka kamu akan semakin kehilangan trafik dan kesempatan untuk mendapatkan penjualan.

Pembuatan Nama Domain yang Bagus

Seperti apa nama domain yang bagus menurutmu? Apakah domain tersebut mudah diingat atau hanya berfokus pada penggunaan ekstensi domain populer? Nama domain yang bagus biasanya memperhatikan beberapa hal penting, termasuk

Panjang Domain

Perihal nama domain yang bagus, banyak yang setuju kalau semakin singkat, semakin baik nama domain. Nama domain yang singkat lebih mudah diingat dan diketik serta ditemukan. Jadi, kamu bisa memastikan bahwa domain tidak lebih dari 2 sampai 3 kata.

Kesederhanaan

Agar pengguna internet bisa tetap mengingatmu, sebaiknya buat nama domain sesederhana mungkin. Hal tersebut juga akan membuat mereka bisa mengetikan nama domain kamu dengan akurat dan minim typo. Nama domain yang rumit biasanya sulit untuk diingat dan dieja dengan benar.

Nama Brand

Hal lain yang juga menjadi bagian dari nama domain yang bagus adalah nama domain merupakan cerminan dari sebuah brand. Setiap brand atau merek tentunya perlu waktu untuk bisa dikenal oleh banyak orang dan untuk dapat berkembang.

Mencantumkan nama brand akan membuat domain tampak unik sehingga bisa membuat brand tampil menonjol. Nama brand dan domain yang unik akan mampu meningkatkan jumlah pengunjung sebuah situs web.

Meski demikian, nama brand harus unik dan tidak sama dengan brand lain. Hindari menggunakan nama merek dagang yang sudah ada karena bisa menimbulkan berbagai risiko.

Keyword

Keyword merupakan hal lain yang bisa kamu pertimbangkan saat hendak membuat nama domain yang bagus. Dengan keyword yang sesuai, pengguna bisa lebih mudah menemukan situs web kamu dan dapat mengenalinya dalam sekejap.

Untuk mendapatkan domain murah, kamu bisa menghubungi Exabytes sekarang. Kamu juga bisa mengecek ketersediaan domain dengan berbagai pilihan ekstensi yang pas. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam memastikan dan membeli domain pilihanmu.

Tempat Beli Domain Murah dan Terpercaya

Setelah mendapatkan nama domain yang bagus dengan mengimplementasikan tips dan trik di atas, tiba saatnya untuk membeli domain. Ingin bisa beli domain murah namun terpercaya? Tenang saja, kamu memilih tempat yang tepat karena Exabytes menawarkan domain dengan harga terjangkau.

Agar semakin percaya, kamu bisa cek harga domain murah sekarang juga!

Nama Domain Yang Bagus: Tips dan Trik Mendapatkannya - 2024

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments