Cara Menggunakan Domain Untuk Pemasaran Digital Yang Efektif

0
1457

Domain menjadi salah satu hal penting bagi perusahaan atau individu yang menjalankan usahanya secara online. Memilih nama domain yang tepat untuk brand akan memberikan arti berbeda bagi kesuksesan dan kegagalan di dunia online. Kira-kira, apa saja peran penting domain untuk pemasaran digital?

URL website yang kaya akan kata kunci yang sesuai dengan strategi pemasaran sebuah brand dapat membantu brand tersebut dalam mendapatkan lebih banyak pengunjung. Hal tersebut juga berdampak bagi untuk posisi website di mesin pencari.

Selain mampu meningkatkan ranking di hasil pencarian, hal tersebut juga dapat meningkatkan conversion rate sebuah situs web. Yuk cari tahu lebih banyak tentang penggunaan dan pentingnya domain untuk pemasaran digital.

Pentingnya Nama Domain Untuk Pemasaran Digital

domain untuk pemasaran digital
Sumber : pixabay

Untuk bisa menentukan keberhasilan sebuah bisnis adalah dengan melihat apakah situs web menarik dan bisa mendapatkan trafik secara konsisten atau tidak. Apabila salah dalam menggunakan situs web, Facebook Ads maupun Google Ads tidak dapat membantu.

Namun, bukan berarti kamu tidak membutuhkan kedua jenis iklan tersebut. Untuk bisa mendapatkan Facebooks Ads maupun Google Ads yang akan turut melengkapi strategi digital marketing yang kamu lakukan, mengapa tidak menghubungi Exabytes sekarang juga?

Agar lebih yakin bahwa domain memiliki peran penting untuk setiap bisnis online, baca artikel satu ini tentang pentingnya domain untuk bisnis online.

Cara Menggunakan Domain Untuk Pemasaran Digital Yang Efektif - 2024

Cara Memilih Nama Domain yang Tepat Untuk Kebutuhan Pemasaran Digital

memilih domain untuk pemasaran digital
Sumber : pixabay

Setelah mengetahui apa saja peran penting domain untuk pemasaran digital, apakah kamu akan langsung membeli domain murah di Exabytes? Atau mungkin kamu ingin mendapatkan tips agar bisa memilih nama domain yang tepat untuk kebutuhan pemasaran digita

Saat hendak memilih nama domain, ada beberapa hal yang menjadi parameter sehingga dapat membantu dalam mendapatkan nama domain yang sesuai. Apa saja? Berikut adalah cara memilih nama domain yang tepat untuk memasarkan produk atau jasa secara digital melalui situs web maupun platform lain:

  • Domain harus mudah diketik
  • Sebaiknya pertimbangkan nama domain yang pendek guna menghindari salah ketik atau salah eja
  • Pastikan nama domain mudah diingat dan menarik
  • Gunakan kata kunci dan tulis nama domain yang relevan dengan bisnis, brand, atau produk
  • Targetkan area pemasaran
  • Hindari menambahkan angka dan karakter pada nama domain
  • Pastikan nama domain pilihanmu tidak menyalahi copyright dan trademark
  • Gunakan ekstensi domain yang tepat

Kamu juga bisa mencoba beberapa tips memilih nama domain yang bisa membantu mendapatkan domain untuk pemasaran digital yang pas.

Cara Menggunakan Nama Domain Dalam Strategi Pemasaran Digital 

cara menggunakan nama domain dalam strategi pemasaran digital
Sumber : pixabay

Ingin meningkatkan strategi pemasaran secara digital? Apakah cukup dengan menggunakan jasa digital marketing saja? Salah satu cara terbaik untuk memulai pemasaran digital adalah dengan menggunakan nama domain.

Seperti yang kita tahu, nama domain berfungsi sebagai alamat sebuah situs web. Akan tetapi, domain memiliki fungsi lain termasuk membantu sebuah brand mendapatkan lebih banyak trafik dan mendapatkan kepercayaan yang lebih.

Nah, untuk bisa merealisasikannya, tentunya kamu harus tahu bagaimana cara menggunakan nama domain untuk pemasaran digital. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar domain memberikan dampak positif bagi strategi pemasaran digital:

Pilih Nama Domain yang Dapat Merepresentasikan Brand

Saat mencari cara mudah untuk memasarkan brand, coba gunakan nama brand sebagai nama domain. Jadi, pastikan nama domain dibuat singkat dan jelas namun menarik.

Salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari nama domain bermerek adalah meningkatkan awareness atau kesadaran merek. Pengunjung situs web harus mengetikan nama brand agar bisa mengakses website yang kamu kelola.

Penggunaan nama domain bermerek juga akan membuat situs web terlihat lebih profesional. Misalnya, saat kamu ingin membeli sofa, apakah kamu akan lebih memilih mengklik nama domain yang berisi keyword terkait atau situs web dengan nama brand?

Beberapa brand besar seperti Samsung dan Burger King bahkan menggunakan nama domain bermerek. Akan tetapi, kamu harus memastikan bahwa nama domain pilihanmu masih tersedia. Dengan kata lain, nama domain tersebut belum digunakan atau dibeli oleh pihak lain. 

Coba cek domain yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Kamu juga bisa melengkapi pengalamanmu dengan membaca artikel tentang cara memilih domain. 

Cara Menggunakan Domain Untuk Pemasaran Digital Yang Efektif - 2024

Pastikan Produk Memiliki Keunikan dan Ciri Khas

Selain memilih nama domain bermerek, kamu juga harus memastikan bahwa produk atau jasa yang hendak ditawarkan memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Dengan begitu, produk tersebut akan lebih bersinar dan mudah dikenali oleh calon pembeli atau konsumen.

Kemudian, hal tersebut juga bisa kamu pertimbangkan sebagai salah satu faktor dalam menentukan nama domain yang tepat untuk bisnis online.

Gunakan Alamat Email Custom

gunakan alamat email custom
Sumber : pixabay

Ingin menggunakan nama domain untuk pemasaran digital? Untuk bisa mencapai tujuan yang sudah kamu buat, apakah menggunakan alamat email custom akan menjadi bagian dari strategi pemasaranmu?

Seperti halnya membuat situs web terlihat profesional, kamu juga bisa melakukan pada email. Sebenarnya, layanan email gratis merupakan tools yang bagus untuk personal. Akan tetapi, untuk kebutuhan email bisnis, tentunya layanan email tersebut kurang terlihat profesional. Ini juga menjadi alasan mengapa banyak bisnis memilih email bisnis dari Exabytes.

Perbedaan antara email reguler dengan email custom terletak pada nama domainnya. Dengan email custom, kamu akan menggunakan nama domain di akhir email. Email akan terlihat seperti [email protected] atau ekstensi domain lain sesuai website.

Selain domain.COM, tersedia berbagai ekstensi domain lain termasuk domain.NET. domain.ID, dan lainnya. Bahkan kamu bisa memilih ekstensi domain unik apabila ingin tampil berbeda.

Daftarkan Beberapa Nama Domain

Mendaftarkan beberapa nama domain sekaligus mungkin terdengar mahal. Akan tetapi, memiliki banyak domain bisa memberikan keuntungan tersendiri. Setiap domain memiliki fungsi dan peranan yang sama, bukan?

Nama brand yang cukup sulit dieja atau diingat bukan tidak mungkin membuat pengunjung salah dalam mengetik situs web kamu. Namun, hal tersebut bisa dicegah dengan membeli beberapa nama domain serupa. Kemudian, kamu bisa menggunakannya untuk mengarahkan pengunjung ke situs web utama.

Sebagai contoh, saat kamu mengetik “gogle.com” kamu akan diarahkan ke google,com. Google tidak akan kehilangan trafik saat pengunjung salah mengetikan nama domain.

Kamu juga bisa mendaftarkan beberapa nama domain dengan versi yang lebih pendek. Jadi, domain akan lebih singkat dan mudah diingat.

Meski harus mendaftarkan banyak domain, kamu tetap bisa memastikan pembelian domain sesuai dengan budget. Caranya adalah dengan memilih domain murah dari Exabytes

Pertimbangkan Beberapa TLD Berbeda Untuk Domain Yang Berbeda

Selain membeli banyak domain dengan ekstensi yang sama, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan beberapa TLD berbeda. Domain.COM merupakan salah satu pilihan ekstensi domain yang tepat karena merupakan ekstensi domain yang populer di dunia.

Tetapi, tidak ada salahnya untuk mencoba Country Code Top Level Domains (ccTLDs). ccTLD merupakan ekstensi domain yang diperuntukan bagi negara tertentu seperti domain.BR untuk Brazil, domain.ID untuk Indonesia, dan lain sebagainya.

Untuk mengenal lebih jauh apa itu ccTLD, kamu bisa membaca artikel satu ini. 

Buat Link Pendek Untuk Tambahan Exposure

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan domain untuk pemasaran digital adalah dengan membuat link pendek. Tujuannya adalah agar bisa mendapatkan tambahan exposure.

Saat menggunakan media sosial tertentu, kamu mungkin pernah menemukan konten yang berisi link pendek. Penggunaan link tersebut ternyata akan sangat membantu dalam meningkatkan brand awareness secara signifikan. Hal tersebut juga dapat meningkatkan engagement pengguna media sosial.

Buat Kampanye Tertarget

Untuk bisa mendapatkan hasil maksimal dari pemasaran digital adalah dengan memastikan kampanye dibuat secara unik dan berbeda. Misalnya, kamu bisa menggunakan nama domain unik untuk mengarahkan pengguna internet ke landing page

Landing page tersebut bisa berupa acara khusus, giveaway, registrasi trade show, program loyalty, video komersial, atau lainnya.

Jadi, saat membuat kampanye untuk produk atau jasa tertentu, kamu bisa memilih nama domain yang sesuai agar bisa mengarahkan target audiens atau calon pelanggan ke landing page. Pastikan landing page tersebut akan membantu pengguna mempelajari lebih lanjut tentang produk yang kamu tawarkan. 

Kamu juga bisa menawarkan giveaway yang memungkinkan pengguna mendapatkan sample produk secara gratis. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan beberapa keuntungan sekaligus, termasuk:

  • Menentukan target audiens yang lebih spesifik
  • Mendapatkan lebih banyak perhatian
  • Mencoba berbagai ide kreatif
  • Memantau hasil kampanye tertarget

Optimasi Web Untuk Perangkat Mobile

Agar tidak kehilangan calon pelanggan potensial, sebaiknya mulai lakukan mobile optimization. Pengguna perangkat mobile menambah trafik bagi berbagai e-commerce. Ini juga menjadi alasan mengapa perusahaan atau pebisnis harus mengoptimasi situs web agar semakin mobile-friendly.

Integrasikan Nama Domain Dengan Berbagai Strategi Pemasaran

Salah satu kunci dalam memanfaatkan domain untuk pemasaran digital adalah dengan mengintegrasikan domain dengan semua strategi yang kamu gunakan. Ingin  meningkatkan engagement pengguna dengan brand atau bisnis? Jika demikian, kamu bisa menggunakan TLD atau top level domain sebagai salah satu cara untuk bisa merealisasikan tujuan tersebut.

Pastikan bahwa situs web yang kamu miliki sudah dioptimasi dengan baik. Termasuk memilih konten yang tepat, berkualitas, dan menarik agar bisa muncul di hasil pencarian teratas di Google maupun mesin pencari lainnya.

Belum punya situs web? Hubungi Exabytes untuk mendapatkan jasa pembuatan website sekaligus domain dan layanan hosting yang sesuai.

Lengkapi Strategi Pemasaran Digital Dengan Memilih Jasa Digital Marketing

Sudah tahu kan bagaimana cara menggunakan domain untuk pemasaran digital? Apabila beberapa cara di atas belum bisa kamu lakukan secara maksimal, tentunya kamu bisa meminta bantuan dari profesional yang ahli di bidangnya.

Strategi pemasaran digital seperti apa yang akan kamu terapkan? Apakah membuat situs web untuk memudahkan calon pelanggan mendapatkan informasi seputar produk atau jasa? Atau apakah kamu ingin memaksimalkan pemasaran melalui media sosial dan mesin pencari Google?

Jasa digital marketing dari Exabytes dapat menjawab kebutuhanmu. Jadi, kamu bisa memanfaatkan nama domain secara maksimal dalam memasarkan produk secara digital.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments