Wajib Tahu Pentingnya Domain Untuk Bisnis Online

84
Pentingnya Domain Untuk Bisnis Online
Berkah Ramadhan
12 min read

Di era serba digital yang menuntut kecepatan dan kemudahan, banyak transaksi jual beli kini dilakukan secara online. Hanya dengan beberapa kali klik dari tempat pembeli dan tanpa harus keluar rumah, pembeli bisa mendapatkan barang/jasa yang diinginkan.

Terlebih, setelah wabah pandemi di 2020 silam membuat beberapa pekerja kehilangan pekerjaan dan bisnis-bisnis tutup. Namun ketika semua orang berada di rumah dan berinteraksi secara online¸mulai ditemukan peluang untuk kembali mendapatkan penghasilan. Banyak orang yang akhirnya memulai bisnis online. 

Ilustrasi bisnis online

Memulai bisnis online tentunya ada langkah-langkah yang harus dilalui. Salah satunya membuat landing page atau katalog di mana pembeli bisa melihat berbagai produk hingga melakukan pembayaran. Salah satu cara untuk membuat landing page ialah dengan membuat website.

Dengan website, jika ada calon pembeli produk kamu, mungkin teman atau tetangga, kamu tidak perlu lagi menjelaskan secara detail kepada setiap orang lagi karena akan membuang waktu. Kamu cukup kasih alamat website kamu dan selanjutnya mereka tinggal melihat dan memahami produk apa yang akan dibeli dari kamu.

Misalnya bisnis atau toko yang dimiliki adalah Toko Kamu, maka kamu bisa memberikan alamat website yang kamu berikan, tokokamu.com. Itulah yang disebut dengan domain. Penting lho untuk memiliki domain karena domain mempunyai banyak kegunaan dalam bisnis online.

Bisnis online kamu ini harus betul memperhatikan domain karena diibaratkan sebagai alamat toko kamu. Selain itu domain juga banyak mempunyai kegunaan yang akan membuat toko online kamu meraih lebih lagi keuntungan ke depannya. 

Nah berikut akan mimin kasih tau lebih banyak hal mengenai domain dan pentingnya domain untuk bisnis onlinemu!

Apa itu Domain?

Sebelum membicarakan betapa pentingnya domain untuk bisnis online, perlu diketahui sekilas apa sebenarnya domain itu.

Jadi begini Exabytes Friends, domain secara sederhana adalah alamat website kamu yang diketikkan di URL bar supaya orang bisa mengunjungi website kamu. Seperti contohnya www.exabytes.co.id yang bisa kamu lihat di bagian atas/URL bar.

Apa itu domain?

Mengapa nama domain harus kita punya? Karena sebenarnya internet itu jaringan komputer yang sangat luas loh dan tersambung satu sama lain melalui jaringan kabel global. Jaringan komputer satu dengan yang lain bisa saling berhubungan dan untuk mengidentifikasi setiap jaringan komputer diberikan masing-masing IP Address yang masih berupa deretan angka misalnya seperti 66.249.66.1.

Deretan angka ini tentu lebih susah diingat dan mudah tertukar dengan jaringan komputer lain. Dengan domain seperti tokokamu.com orang akan lebih mudah berkunjung ke website kamu karena lebih mudah diingat dan tinggal diketikkan di URL bar browser mereka. 

Ketika orang mengetikkan nama domain website kamu di browser mereka, jaringan komputernya akan mengirimkan permintaan kepada sekelompok server yang dinamakan Sistem Nama Domain (DNS). DNS kemudian merespons dengan memberikan alamat IP address kamu yang mungkin tidak dihafal orang ke jaringan komputer pengunjung. Kira-kira begitulah cara domain bekerja.

Namun perlu diingat, domain untuk bisnis online ini diibaratkan nantinya jadi alamat permanen toko online kamu, jadi tidak bisa sembarangan memilihnya. Dengan mempunyai nama domain yang tepat, orang-orang akan lebih aware dengan bisnis onlinemu dan nama brandmu bisa melekat di pikiran mereka.

Pentingnya Domain Untuk Bisnis Online

Pentingnya domain untuk bisnis online

Website erat kaitannya dengan domain. Jika kamu ingin bisnis online yang telah kamu buatkan website untuk berjualan itu optimal maka kamu juga perlu memerhatikan pentingnya memiliki domain untuk bisnis online yang baik.

Jaman Sudah Serba Digital

Karena sekarang semuanya sudah serba digital jadi kita harus peka terhadap kemajuan teknologi dan menyesuaikan diri menjadi bagian dari revolusi digital. Terlebih setelah pandemi, sudah semakin sedikit kemungkinan orang akan berkunjung ke toko offline atau toko fisik.

Sekarang membeli apapun tinggal satu kali klik dari gadget orang-orang, dimana pun dan kapan pun. Maka dari itu bisnismu harus merambah ke online dan menggunakan domain di website agar orang-orang mudah mengingat dan ketika ingin membelinya bisa mengunjungi website kamu.

Menambah Tingkat Kepercayaan Terhadap Bisnis Onlinemu

Dengan mempunyai website, bisnis online kamu akan terlihat profesional. Akan tetapi jika kamu tidak membeli layanan hosting web beserta domainnya biasanya website kamu hanya akan mempunyai alamat websitekamu.wordpress.com.

Nah hal ini bisa membuat calon pelanggan jadi tidak yakin dengan bisnismu. Mereka akan berpikir bahwa kamu tidak begitu serius karena kamu saja tidak mengeluarkan usaha dengan membeli web hosting dan domain.

Dengan menyajikan landing page atau katalog di website dengan kualitas baik, produk yang kamu tawarkan bisa ikut meningkat kualitasnya. 

Baca Juga  Apa Kegunaan Domain Untuk Bisnis Online?

Menambah Brand Awareness terhadap Bisnis Onlinemu

Nama domain dapat membangun brand awareness produk kamu. Brand awareness ialah rasa familiar yang dimiliki pelanggan terhadap suatu produk. Baik dari warna produk, logo, rasa produknya.

Ketika pelanggan mengasosiasikan suatu warna dengan produk kamu karena mereka teringat produk kamu saat melihatnya itulah tandanya kamu telah berhasil membangunnya.

Nah, websitemu harus memiliki domain yang tepat, mudah dicari dan tidak memiliki kesamaan dengan yang lain. Poin plus jika mempunyai desain website yang bagus, warna-warna serta jenis hurufnya mencerminkan produk kamu serta konten yang juga berkualitas.

Dengan begini, calon pelanggan akan mengingat produk kamu dan dapat merekomendasikan ke orang lain baik itu teman atau tetangga. Mereka tinggal memberikan alamat website kamu saat merekomendasikannya.

Meningkatkan Ranking Website di Mesin Pencari

Kebanyakan orang sebelum membeli suatu produk, terlebih dahulu mereka akan mencari informasi tentang produknya, harganya bahkan fotonya. Mereka akan mengetikkan beberapa keyword di mesin pencari seperti Google lalu muncul beberapa website yang bisa mereka klik untuk mendalami lebih lanjut.

Domain untuk meningkatkan ranking website

Sangat penting bagi website bisnis onlinemu untuk berada di SERP (Search Engine Page Result) bahkan kalau bisa berada di page 1 rangking ke-1. Karena kemungkinan orang akan membeli produk kamu sangat besar ketimbang kamu berada di urutan setelahnya.

Dengan nama domain yang jelas ketimbang masih memakai domain dari web hosting gratis, kamu bisa mempunyai kesempatan lebih banyak untuk naik karena kamu dianggap independen, serius dalam mengelola website.

Memang butuh waktu panjang untuk bisa mengoptimalkan website sehingga bisa menjadi nomor satu ketika dicari calon pelanggan di mesin pencarian. Tapi tidak usah khawatir, kamu bisa memulai belajar SEO untuk diterapkan ke website kamu dengan mengikuti seksama langkah-langkahnya.

Menarik Pelanggan Lebih Banyak Lagi

Kamu telah mengetahui domain bisa meningkatkan kepercayaan orang dengan bisnismu, membuat orang familiar dan lebih memilih produkmu ketimbang yang lain, dan juga agar eksis di mesin pencarian.

Hal itu semua tentu saja dibarengi dengan bertambahnya pelanggan yang membeli produk kamu. Apalagi jika website kamu mempunyai traffic tinggi atau banyak dikunjungi orang, kamu bahkan bisa menghasilkan uang dari traffic.

Selain traffic bisa juga dengan memasang iklan atau mendapatkan uang dari suatu iklan yang dipajang di website. Karena website yang bisa dimonetize hanya website yang membeli web hosting serta domain sendiri.

Mempermudah Mobilitas Bisnis Onlinemu

Siapa tahu suatu saat kamu akan berpindah hosting web ke layanan yang lain, berpindah ke server internal sendiri atau bahkan berpindah keluar negeri. Setiap kamu berpindah, nama domain yang telah kamu miliki akan selamanya bersama dengan kamu kemanapun kamu berada dan juga nama domain tidak akan kadaluarsa. 

Jika nama domain bukan atas kepemilikan kamu dan masih menggunakan penyedia hosting web gratis, maka kamu perlu mempertimbangkan lagi. Karena ketika kamu berpindah hosting web lain atau berpindah kemanapun, maka kamu perlu nama domain baru dan domain serta website yang lama tidak bisa dipakai. Sehingga harus membangun ulang dari awal brand kamu, bahkan konten-konten yang dulunya ada di website. 

Jenis Domain Apa yang Cocok untuk Bisnismu?

Setelah mengetahui pentingnya domain untuk bisnis online, ternyata mempunyai domain sendiri justru mendatangkan banyak keuntungan bagi bisnis onlinemu.

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli domain, maka kamu perlu tahu bahwa domain memiliki banyak jenis yang harus kamu pahami dan disesuaikan dengan bisnis onlinemu atau yang menurut kamu yang terbaik.

Jenis domain

Seringnya, kita mendapati alamat website dengan mempunyai akhiran .com, .co.id, .net. 3 hal tadi yang dinamakan ekstensi domain. Ekstensi domain ini juga merupakan bagian dari struktur domain yang terdiri dari top level domain, sublevel domain dan subdomain

Top Level Domain

Top Level Domain bisa dikatakan ekstensi domain umum yang terdaftar di tingkat tertinggi dalam sistem nama domain. Yang paling populer digunakan ialah .com, .co.id dan .net.

Selain itu ada juga yang dinamakan Country Code Top Level Domain. ccTLD lebih merujuk ke domain khusus negara yang diakhiri dengan ekstensi kode negara seperti domain .id untuk Indonesia, .uk untuk Inggris dan .de untuk Jerman. Biasanya digunakan untuk website yang menargetkan orang-orang di wilayah tertentu saja.

Terakhir ada Sponsored Top Level Domain. Website dengan sTLD ini biasanya dimiliki oleh sponsor untuk mewakili komunitas tertentu yang dilayani oleh ekstensi domain. Misal yang berakhiran .gov seperti usa.gov untuk mewakili lembaga pemerintah Amerika dan yang berakhiran dengan .ac.id seperti ui.ac.id mewakili lembaga pendidikan Universitas Indonesia

Second Level Domain

Second level domain yang berada di bawah top level domain umumnya adalah nama website kamu dan harus dipersonalisasi sesuai dengan nama bisnis online.

Kamu bisa meletakkan nama apa saja baik nama kamu atau nama tagline bisnis kamu akan tetapi yang paling utama dan umum taruh nama bisnis online pada sublevel. Contohnya pada www. exabytes.co.id. Exabytes adalah second level domainnya dan.co.id adalah top level domain.

Baca Juga  Perbedaan Domain .COM dan .ID dan Keunggulannya Untuk Bisnis Online

Third Level Domain atau Subdomain

Subdomain adalah bagian opsional dari nama domain yang menggantikan nama server (www) atau yang bisa juga yang berada setelah second level domain yang biasanya nama brand dan juga top level domain (ekstensi domain). 

Subdomain juga merupakan cara membagi area situs web kamu. Ini dapat berguna untuk tujuan organisasi atau untuk mengoptimalkan website kamu untuk kawasan yang berbeda. Misalnya, yang pertama jika bisnis memiliki cabang di Malaysia maka bisa mengakses malaysia.websitekamu.com atau websitekamu.com/malaysia

Selain mengenai wilayah cabang bisnis, subdomain dapat membagi area website kamu yang khusus untuk sebuah laman baru yang berbeda tujuan dari website.

Misalnya di Exabytes mempunyai https://www.exabytes.co.id/ laman utama yang menyajikan informasi tentang pembelian web hosting dan domain serta layanan-layanan lain. Selain menyajikan informasi layanan, Exabytes juga membuat artikel informatif untuk Exabytes Friends lebih memahami semisal tentang WordPress hosting, ide bisnis oline, tren marketing yang bisa diakses https://www.exabytes.co.id/blog

Yang terakhir biasanya subdomain juga digunakan untuk berbagai versi website untuk perangkat yang berbeda, seperti m.websitekamu.com yang menyediakan versi seluler yang akan dialihkan oleh pengguna yang menggunakan browser di smartphone. Namun, Google lebih menyukai desain responsif, di mana satu versi website dapat dioptimalkan untuk semua perangkat.

Tips Memilih Domain Untuk Bisnis Online yang Tepat

Dari semua penjelasan di atas, kamu mengetahui 3 top level domain adalah .com, .co.id dan .net. Ketiga domain ini cocok dijadikan domain untuk bisnis online lho. Bisa juga kamu menambahkan country code top level domain jika target bisnis resmimu berada di wilayah tertentu.

Domain .com dan domain .id paling banyak digunakan untuk bisnis online. Hal ini karena domain .com merupakan domain paling populer di dunia. Sementara domain .id juga domain yang banyak digunakan di Indonesia. Dua ini cocok digunakan sebagai domain untuk bisnis online. Simak perbedaan kedua domain ini di artikel berikut.

Perlu diperhatikan pula saat memilih second level domain, kamu bisa secara optimal merepresentasikan nama bisnismu di sana. Terlebih jika nama bisnismu mirip dengan kompetitor.

Kamu juga mungkin akan mempertimbangkan menambah third level domain agar websitemu ternavigasi lebih baik dan jelas strukturnya dipahami oleh pengunjung website.

Memilih nama domain untuk bisnis online yang tepat memang tidak mudah dan risky, berikut tips-tips yang bisa kamu ikuti dan terapkan:

  • Buatlah domain sesingkat mungkin agar mudah diingat oleh orang lain sekitar 6-10 huruf. Jika website singkat dan mudah diingat, akan lebih mungkin orang mengetikkan alamat website mu di URL bar ketimbang yang tidak mudah diingat.
  • Jangan menggunakan angka, tanda hubung atau karakter lain. Jika menggunakan angka ditakutkan terlupa dan tertukar dengan huruf lain. Selain itu tanda hubung ataupun karakter tidak umum digunakan dalam domain sehingga tidak melekat di pikiran orang. Daripada exa-bytes.co.id, gunakanlah exabytes.co.id
  • Domain sebaiknya mudah untuk dilafalkan dan benar ejaannya. Jangan sampai domain kamu terdapat salah ketik karena domain kamu akan terus selamanya bersama dengan kamu. Dan harus merogoh kocek lagi untuk sebuah domain baru.
  • Jangan juga sengaja menggunakan candaan, bahasa daerah lain atau puns walaupun sangat lucu dan sedang viral. Kamu ingin website kamu terlihat profesional.
  • Usahakan nama domain yang tersedia untukmu masih tersedia agar kamu bisa mempromosikan website di sosial media seperti Instagram, TikTok, Twitter, Facebook dan lainnya.
  • Kamu bisa menggunakan domain name generator untuk mengecek nama domain yang akan kamu buat. Apakah sudah ada yang memakainya, seberapa unikkah domain ini atau ada yang mirip-mirip dengan punyamu.
  • Jika sudah ada yang mempunyai domain seperti nama bisnis onlinemu maka kamu bisa menggunakan cara lain seperti nama lain atau singkatan nama brand kamu. Tagline dari brand kamu yang paling diingat semua orang dan tentunya merepresentasikan bisnis kamu. Lalu coba menggunakan ekstensi domain selain .com atau .co.id.

Kesimpulan

Setelah mengetahui apa itu domain, pentingnya domain untuk bisnis online, jenis domain hingga tips memilih domain, apakah kamu sudah terpikir untuk memiliki domain?

Jika kamu sudah memikirkan nama domain yang tepat untuk website bisnis online kamu maka selanjutnya kamu harus membeli domain. Membeli domain diawali dengan mendaftarkan domain yang dilakukan oleh perusahaan pencatatan nama domain yang tentunya sudah terakreditasi ICANN (International Committed of Assigned Names and Numbers) untuk menjual pendaftaran nama domain.

Kamu bisa membeli domain dari penyedia layanan pembelian domain Exabytes. Selain terdapat banyak pilihan ekstensi, Exabytes juga memberikan berbagai kualitas tambahan seperti prosedur yang mudah dan perlindungan terjamin sehingga website kamu aman.

Jangan lupa cek juga promo Exabytes siapa tahu kamu bisa dapat diskon terbaru untuk pembelian domain.

Sekian informasi di artikel ini. Semoga kamu semakin tahu ya bahwa penting sekali memiliki domain untuk bisnis online.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
Berkah Ramadhan