NVMe vs SSD VPS Hosting: Apa Perbedaannya?

94
blog exabytes
7 min read

Saat mencari solusi ideal untuk proyek atau aplikasi web, kamu akan menemukan banyak opsi seperti NMVe vs SSD VPS hosting. Dan apakah kamu pemilik toko eCommerce, perancang situs web, atau blogger profesional, kinerja proyek kamu sangat bergantung pada teknologi hosting yang digunakan oleh host kamu.

Jenis penyimpanan yang digunakan VPS kamu memiliki dampak terbesar pada kecepatan yang dirasakan dan responsivitas pengguna. Inilah sebabnya mengapa teknologi hosting berkembang pesat untuk mendukung web hosting yang tangguh, kuat, dan lebih cepat.

Pada artikel ini, kita akan melihat perbedaan antara NVMe vs SSD VPS hosting. Keduanya solid-state, namun, perbedaan antara keduanya dapat memberi kamu hasil yang sangat berbeda. Mari kita masuk ke dalam pembahasannya.

Apa Itu Teknologi NVMe?

NVMe adalah singkatan dari Non-Volatile Memory Express. Ini adalah antarmuka media baru dan inovatif yang mengatasi keterbatasan yang disebabkan oleh teknologi penyimpanan sebelumnya.

Protokol NVMe dirancang untuk pengguna transparan dalam media penyimpanan berkecepatan tinggi. Ini juga solid state seperti SSD SATA (Serial ATA), tetapi kecepatan dan kinerjanya tidak sama sekali.

Untuk memecahnya, NVM (non-volatile memory) adalah memori yang dapat menyimpan data yang disimpan bahkan ketika sistem dimatikan. Memori volatil, di sisi lain, kehilangan data yang tersimpan saat tidak ada daya.

Solid state drive, disk berputar, dan drive penyimpanan lainnya adalah contoh memori yang tidak fleksibel. Dengan pemikiran ini, teknologi NVMe menggunakan memori non-volatil untuk menyimpan data kamu, bahkan saat listrik padam.

NVMe juga menggunakan antarmuka yang lebih baru untuk berkomunikasi dengan prosesor dan sistem operasi – PSI express atau PCIe. Ini adalah antarmuka yang jauh lebih cepat daripada SATA atau SAS.

Antarmuka baru ini dapat berkomunikasi langsung dengan CPU, memungkinkan bandwidth yang jauh lebih tinggi (dan karenanya kecepatan lebih tinggi), serta waktu respons yang lebih cepat.

Apa Itu SSD?

SSD (Solid State Drive) adalah perangkat keras yang menggunakan teknologi penyimpanan solid-state untuk menyimpan data menggunakan memori flash. Ada beberapa jenis penyimpanan flash, tetapi penyimpanan NAND adalah yang paling umum.

Kita tahu bahwa SSD memberikan kecepatan baca/tulis yang jauh lebih cepat daripada hard drive (HDD) tradisional. Namun, SSD juga memiliki batasan tertentu pada kecepatan maksimum untuk protokol penyimpanan.

SSD sering beroperasi di bawah antarmuka SATA dan SAS, yang menghambat kinerja drive yang lebih cepat. Awalnya, antarmuka SATA dirancang untuk hard drive dan juga digunakan secara luas untuk SSD awal untuk mendukung kompatibilitas mundur yang lebih baik. Namun, seiiring waktu, SATA telah memperkenalkan batasan pada kapasitas SSD.

Untuk mengatasi masalah ini, pengembang merancang protokol NVMe berdasarkan antarmuka PCI Express (PCIe). Antarmuka ini memungkinkan NVMe memberikan kecepatan yang lebih cepat, kinerja yang lebih baik, dan peningkatan keandalan pada saat yang bersamaan.

Mereka semua berbagi nama yang sama “SSD” karena mereka semua menggunakan memori solid-state untuk menyimpan data. Awalnya, drive NVMe ditawarkan sebagai kartu ekspansi dengan antarmuka PCI 2.0 atau PCIe 3.0.

Itu harus dicolokkan ke soket PCIe di motherboard server. Drive NVMe 2.5 inci kemudian dirancang untuk terhubung ke motherboard melalui konektor U.2 atau U.3.

nvme vs ssd

NVMe vs SDD: Apa Perbedaannya?

Sama seperti NVMe, SSD juga merupakan jenis memori non-volatile dan hanya membaca/menulis data melalui sirkuit elektronik.

Jadi jika SSD dan NVMe adalah perangkat penyimpanan solid state, apa perbedaan antara keduanya?

Seperti disebutkan di atas, perbedaan ada pada ‘e’ di NVMe, yang merupakan singkatan dari Express. Express adalah protokol baru, yang dirancang khusus untuk meningkatkan paralelisme internal SSD dan latensi rendah.

Ini berarti memori NVMe menghubungkan drive penyimpanan ke motherboard server menggunakan antarmuka yang lebih baru dan lebih cepat yang memanfaatkan jalur PCIe langsung dari CPU.

Inilah perbedaan utama antara NVMe dan SSD – keduanya menggunakan teknologi penyimpanan solid state untuk menyimpan data, tetapi NVMe memiliki antarmuka perangkat keras yang lebih baru, lebih cepat, dan lebih baik untuk melakukannya.

Jadi ketika kamu berbicara tentang penyimpanan SSD, itu berarti penyimpanan solid state yang terpasang ke server melalui antarmuka SATA atau SAT yang lebih lambat.

Penyimpanan NVMe, di sisi lain, mengacu pada penyimpanan solid state yang terpasang di server melalui antarmuka Express generasi berikutnya yang lebih cepat dan lebih andal.

Manfaat Dari Teknologi NVMe

Lebih banyak IOPs

Dengan bus PCI Express, drive NVMe mampu menyediakan lebih banyak IOP (operasi input/output) daripada antarmuka ATA yang digunakan pada drive generasi pertama. Antarmuka SATA menyediakan throughput 6 Gbps, sedangkan antarmuka SAS-3 dalam rantai terbaru dirancang untuk memberikan throughput 12 Gbps.

Sekarang, teknologi NVMe lebih baik daripada SATA dan SAS dalam throughput karena antarmuka PCIe-nya menyediakan throughput maksimum teoritis 32 GB/s (atau 256 GB/s) dengan antarmuka PCIe 4.0 terbaru. Tidak ada SSD saat ini yang mengisi koneksi ini (atau bahkan setengahnya), tetapi ini adalah antarmuka masa depan dengan ruang untuk berkembang.

SSD yang baik, jika dihubungkan ke antarmuka SAS atau SATA yang cepat, dapat membaca/menulis data sekitar 550MB/dtk. Selain itu, SSD yang sama dapat menangani hingga 10.000 IOP per detik.

Tetapi NVMe yang baik harus dapat membaca/menulis sekitar 3000-3200 MB/s data dan menangani hingga 640.000 IOP.

Singkatnya, NVMe memberikan kinerja IOP hingga 60x lebih baik dan kecepatan transfer data sekitar 6x lebih cepat.

Command Depth dalam antrian tinggi

Drive NVMe menggunakan beberapa proses antrian, sedangkan SSD SATA hanya dapat mengeksekusi satu perintah pada satu waktu dengan kedalaman perintah 32 antrian.

Antarmuka SAS menyediakan kedalaman antrean perintah 254. Namun fakta yang paling menonjol adalah bahwa teknologi NVMe baru dapat menangani 64.000 antrian dan memungkinkan 64.000 entri per antrian.

Semakin besar kedalaman antrian, semakin banyak permintaan baca/tulis yang dapat diantrikan, memungkinkan sistem untuk merespons dengan lebih baik.

Teknologi yang dapat diskalakan

Karena teknologi NVMe didasarkan pada jalur PCIe dan BUKAN antarmuka pengontrol, ini dapat diskalakan. Saat ini, SSD NVMe menggunakan 4 jalur, tetapi mampu menggunakan semua 16 jalur PCIe, yang luar biasa.

Teknologi yang ramah lingkungan

Dibandingkan dengan teknologi tradisional, NVMe jauh lebih ramah lingkungan karena dapat menggunakan mode daya rendah untuk sangat mengurangi konsumsi daya. Mode standby ini dapat mengurangi konsumsi daya hingga 97% saat sistem dalam keadaan idle.

Keamanan standar industri

Kumpulan perintah teknologi NVMe dirancang untuk mendukung semua perintah container keamanan yang ditemukan pada antarmuka ACS, SAS, dan ATA. Inilah sebabnya mengapa NVMe sangat sesuai dengan langkah-langkah keamanan standar industri.

Kurangi kemacetan dalam server

Perusahaan sangat bergantung pada data untuk situs web mereka, aplikasi web, berbagai produk SaaS, dan banyak lagi. Jika server kamu berjalan pada SSD, kemungkinan besar kamu akan mengalami kemacetan karena terlalu banyak koneksi atau permintaan pengguna pada saat yang sama, sehingga menjenuhkan koneksi penyimpanan kamu.

Ini semakin mengarah pada akses data yang lebih lambat, waktu pemuatan situs web yang lebih lambat, dan UX yang terdegradasi. Bisnis bahkan dapat kehilangan pelanggan karena pengalaman pengguna yang buruk yang disebabkan oleh SSD tradisional.

Server NVMe mengatasi masalah ini dengan antrian tinggi dan kecepatan baca/tulis yang lebih cepat. Secara keseluruhan, ia menawarkan kinerja server yang hebat dan pengalaman yang lancar bagi pengguna dan karyawan korporat.

Kita semua tahu bahwa kinerja server yang lebih baik pada akhirnya mengarah ke peringkat SERP yang lebih tinggi, rasio pentalan yang lebih rendah, dan peningkatan konversi.

Apa Itu NVMe VPS Hosting?

VPS (kependekan dari Virtual Private Server) adalah lingkungan virtual yang berjalan di server fisik. Ini disediakan sebagai layanan server. Server fisik dapat menjalankan beberapa VPS secara bersamaan, setiap VPS memiliki sumber dayanya sendiri. VPS memungkinkan pengguna untuk memilih sistem operasi dan opsi konfigurasi lainnya, sehingga mudah digunakan dan dikelola.

Hosting VPS adalah alternatif hemat biaya untuk server khusus yang mahal sementara jauh lebih baik daripada hosting bersama. Kamu dapat sepenuhnya mengkonfigurasi server sesuai dengan kebutuhan kamu, apakah itu server database, server web, server game, atau lainnya.

Hosting NVMe VPS hanyalah server pribadi virtual yang berjalan di server fisik menggunakan penyimpanan solid state NVMe. Drive ini menggunakan antarmuka PCIe yang dirancang untuk memberikan kecepatan transfer data yang superior dan kinerja keseluruhan yang lebih baik.

Server NVMe dengan cerdik memanfaatkan latensi rendah dan sifat solid state SSD. Secara keseluruhan, VPS NVMe akan berkinerja jauh lebih baik daripada VPS SSD SATA standar sumber daya lain seperti CPU umumnya tidak menjadi penghambat kinerja dan daya tanggap pengunjung.

nvme vs ssd vps hosting

Kesimpulan dari Perbedaan NVMe vs SSD VPS Hosting

Dengan semua manfaat nyata dari penyimpanan NVMe yang disebutkan di atas, jelas bahwa NVMe jauh lebih baik daripada SSD dalam hal meningkatkan kinerja server dan membuat situs web atau aplikasi kamu lebih responsif.

Fitur-fiturnya sangat mampu menangani proyek-proyek intensif sumber daya tanpa menyebabkan kelambatan atau waktu pemuatan yang lambat. Hosting NVMe adalah solusi ideal untuk perusahaan dengan aplikasi berkinerja tinggi, layanan web, atau situs web yang membutuhkan kecepatan terbaik.

Sekarang setelah kamu memahami mengapa VPS berbasis NVMe jauh lebih baik daripada VPS SSD SATA, mengapa tidak mencoba hosting NVMe VPS kami yang terkelola sepenuhnya?

Kami menggunakan SSD NVMe perusahaan generasi terbaru yang akan membantu kamu mengalahkan kinerjanya. Tim dukungan hosting VPS kami yang terkelola sepenuhnya juga tersedia untuk membantu kamu mengelola atau memenuhi persyaratan di VPS kamu, sepenuhnya gratis dan tanpa batas.

Jika artikel ini membantu kamu melihat bagaimana NVMe berbeda dari penyimapan SSD tradisional, kami sangat menghargai kamu membagi artikel ini di media sosial menggunakan pintasan berbagi kami.

Kamu juga dapat meninggalkan komentar di bagian komentar kami jika kamu memiliki pertanyaan atau pemikiran lebih lanjut. Terima kasih.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments