Pahami 5 Cara Mengantisipasi Pencurian Data di Internet

53
pencurian data
5 min read

Hi Exabytes Friends!

Menggunakan layanan internet di zaman sekarang menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan. Pasalnya dengan internet, pengguna bisa dengan mudah mencari atau untuk mendapatkan informasi apapun sebanyak-banyaknya. Selagi ada koneksi internet, berselancar di dunia maya terasa sangat menyenangkan. Apalagi jika kamu berprofesi sebagai pengusaha atau pedagang bisnis online, sangat terbantu sekali dengan adanya internet untuk memasarkan produk atau jasa yang kamu jual.

Tapi dengan kemudahan yang diberikan, ada saja oknum nakal (hacker) yang mencoba untuk sabotase internet untuk melakukan serangkaian kejahatan cyber. Salah satu diantara kejahatan yang saat ini sedang marak terjadi adalah pencurian data pribadi di internet. Para hacker ini menghalalkan berbagai cara dengan menyusupkan atau menyebarkan serangkaian virus ke dalam internet. 

Bagaimana Hal Ini Bisa Terjadi?

Beragam cara licik dimiliki oleh para hacker untuk mengambil data penting kamu di internet, entah itu dengan menyisipkan short link pada email yang dikirim, melalui phising spear atau mengeksploitasi kerentanan keamanan dalam perangkat lunak aplikasi. Setelah serangan yang dilancarkan oleh para hacker tersebut berhasil, sang hacker akan mendapatkan sekumpulan data berisi kombinasi email dan kata sandi untuk layanan yang diretas tersebut.

Jika kamu menggunakan beberapa platform sosial media dan sering sign up menggunakan kata sandi yang sama, kemungkinan besar sang hacker juga menggunakan informasi tersebut untuk mengakses akun di platform kamu lainnya. Sungguh sangat ironis bukan?

Apa yang Perlu Kamu Lakukan?

Agar tidak mengalami hal tersebut, Exabytes akan memberikan beberapa cara bagaimana mengantisipasi pencurian data di internet, simak baik-baik ya!

Buat Variasi Password di Setiap Akun yang Kamu Miliki

Di zaman yang semakin berkembang, tentunya banyak platform sosial media yang bermunculan, seperti Facebook, Instagram, Youtube, Twitter dan masih banyak lagi. Di semua platform sosial media tersebut sebelum kamu bisa menikmati semua fiturnya, kamu diwajibkan untuk membuat akun. Alhasil jika kamu menggunakan semua platform sosial media tersebut otomatis kamu harus mempunyai beberapa akun. 

Biasanya cara termudah agar kamu tidak lupa password, kamu akan buat login yang sama untuk seluruh akun sosial media bukan? Tahukah kamu, ternyata hal ini malah mempermudah para hacker untuk mengambil data penting kamu lho. Kok bisa? Ya, hal ini bisa saja terjadi karena apabila salah satu akun sosial media kami terhack, biasanya para hacker akan mencoba di akun sosial media kamu yang lainnya. 

Parahnya lagi jika kamu menggunakan akun yang sama, otomatis mempermudah para hacker untuk menghack akun sosial media kamu lainnya. Saran Exabytes sih, kamu perlu banget untuk membuat variasi password di setiap akun sosial media. Jadi sewaktu-waktu salah satu akun sosial media kamu terkena hack, tidak akan merembet ke akun sosial media kamu yang lainnya.

Periksa Email yang Diterima

Exabytes Friends, kamu pernah gak terima beberapa email mencurigakan di inbox email kamu yang berisi tautan? Atau email yang alamat email si pengirim mirip email perusahaan-perusahaan besar? Biasanya apa yang kamu lakukan? Penasaran ingin buka atau langsung kamu abaikan begitu saja?

Hal ini biasanya masih banyak yang masih terkecoh atau tertipu dengan alamat tersebut. Oleh karena itu, sebelum kamu membuka email dan tautannya, alangkah lebih baik cek terlebih dahulu keaslian email pengirimnya. Karena bisa saja email tersebut merupakan email spam yang didalamnya sudah disusupi virus yang ketika kamu klik, hacker akan langsung mengambil data penting kamu.

Namun jika kamu terlanjur mengklik tautan yang ada di email mencurigakan tersebut karena penasaran, hal yang perlu kamu lakukan adalah segera mungkin untuk mengganti password email kamu.

Selalu Update Browser dan Gunakan Anti Virus

Kamu pengguna internet pastinya tidak asing lagi dengan namanya Browser. Browser adalah sebuah aplikasi yang dapat menjelajah, mengambil, dan menyajikan konten yang terdapat pada berbagai sumber informasi di jaringan internet. Di setiap browser pastinya memiliki jangka waktu untuk memperbarui aplikasinya.

Nah agar kamu terhindar dari yang namanya para hacker, pastikan browser di desktop kamu selalu di update ke versi yang terbaru ya. Jika ada pemberitahuan untuk melakukan update, segera lakukan update sesuai perintah di setiap aplikasi browser yang kamu gunakan. Hal ini sangat penting sekali kamu ketahui, karena browser yang tidak pernah di update, sangat rentan sekali terhadap serangan virus atau hacker.

Selain itu, agar lebih memperkebal desktopmu dari serangan virus atau semacamnya, kamu membutuhkan sebuah anti virus. Anti virus ini juga harus kamu perbaharui setiap waktu agar virus – virus terbaru bisa terdeteksi dengan cepat.  

Selalu Cek Aplikasi Downloader

Jika kamu sering mendownload film, lagu dan lain sebagainnya di internet, pastinya kamu akan menggunakan aplikasi downloader untuk mempermudah dan mempercepat kamu dalam mendownload bukan? Nah sebelum itu pastikan cek terlebih dahulu aplikasi downloader yang kamu gunakan ya. Selalu gunakan aplikasi downloader yang sudah terpercaya. Sama halnya dengan kamu download langsung dari situs website, pastikan download dari sumber terpercaya dan situs web resmi.

Selalu Hati – Hati Dalam Bertransaksi di Internet

Di zaman yang serba modern dan sudah melek teknologi, banyak hal yang bisa kamu lakukan hanya dengan akses internet, salah satunya adalah belanja online. Berbelanja secara online banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat karena tentunya lebih mudah, fleksibel, lengkap, dapat mengetahui detail produk dan harga serta pastinya banyak promo. 

Namun hal ini tidak menutup kemungkinan terhadap penipuan yang mungkin saja terjadi. Karena meningkatnya transaksi jual beli online, membuat sebagian penipu memanfaatkan momen ini untuk menipu pembeli. Jadi Exabytes sarankan untuk selalu berbelanja di toko-toko atau marketplace yang terpercaya tingkat keamanannya.

Gunakan SSL untuk Situs Website Ecommerces

Di zaman sekarang, seorang pebisnis sukses pastinya memiliki situs website untuk memasarkan jasa atau produk yang akan dijual agar mempermudah pelanggan kamu dalam memilih dan bertransaksi secara online. Tapi apa jadinya jika situs website yang kamu miliki tersebut tidak memiliki sistem keamanan untuk pelanggan bertransaksi? 

Hal ini nantinya akan menjadi perhatian yang sangat serius jika kamu memiliki jenis website ecommerces, karena kamu dan pelanggan kamu akan sering bertukar informasi penting seperti data pribadi, nomor rekening dan lain sebagainya. Sehingga situs website kamu tersebut membutuhkan SSL untuk keamanan dalam bertransaksi.

Dengan memasangkan SSL di situs website kamu, reputasi website kamu di mata Google pun akan menjadi lebih baik termasuk di mata pengunjung website. Selain itu, website yang terpasang SSL memiliki potensi lebih tinggi untuk naik peringkat di hasil pencarian Google.

Namun yang terpenting dari semua itu adalah transfer data di website kamu menjadi semakin aman dari pencurian data di internet, karena semua aktivitas perlindungan datanya terenkripsi dengan aman. Jika kamu membutuhkan Sertifikat SSL berkualitas dengan harga yang terjangkau, kamu bisa membelinya di Exabytes.co.id.

 

Sekian informasi tentang cara mengantisipasi pencurian data di internet yang bisa Exabytes berikan untuk Exabytes Friends dimanapun berada. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi kamu atau menjadi pegangan kamu ketika ingin berselancar di internet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here