Panduan Membuat Profil Instagram yang Menarik

1220

Komitmen dan konsistensi dalam menjalankan pemasaran secara digital mungkin akan mengarahkan kamu untuk menggunakan platform media sosial Instagram. Instagram adalah platform media sosial populer yang bisa digunakan untuk promosi dan pemasaran bisnis.

Jumlah pengguna aktif Instagram yang banyak memberikan potensi bagi bisnis untuk dapat menjangkau lebih banyak audiens. Bagi yang perlu panduan membuat profil Instagram yang menarik, simak artikel ini hingga selesai!

Panduan Membuat Profil Instagram

Panduan Membuat Profil Instagram

Ingin memaksimalkan pemasaran digital namun belum memiliki akun Instagram? Ini saat yang tepat bagi bisnis kamu untuk membuat profil Instagram yang menarik. Caranya adalah dengan mengikuti setiap langkah dari panduan membuat profil Instagram berikut:

Ubah Menjadi Profil Bisnis

Hendak menggunakan Instagram untuk kebutuhan bisnis? Panduan membuat profil Instagram yang pertama adalah memastikan bahwa akun merupakan akun bisnis. 

Cara mengubah akun menjadi profil bisnis adalah dengan membuka aplikasi Instagram dan pergi ke profil. Selanjutnya, klik ikon tiga garis di bagian kanan atas layar, kemudian pilih “Pengaturan”. Gulir ke bawah dan pilih “Akun Bisnis”. Lanjutkan dengan mengikuti instruksi yang tertera sampai profil kamu berubah menjadi profil bisnis.

Akun bisnis akan mendapatkan akses ke berbagai fitur analitik dan promosi. Fitur-fitur tersebut tidak bisa kamu dapatkan apabila akun masih bersifat pribadi. Oleh sebab itu, penting untuk segera mengubahnya ke akun bisnis.

Gunakan Nama yang Mudah Dicari dan Dibaca

Siap memanfaatkan media sosial untuk bisa berinteraksi dan menjangkau lebih banyak calon pelanggan potensial? Jika iya, itu artinya kamu harus memiliki panduan membuat profil Instagram. Profil yang menarik akan mampu menarik perhatian pengguna Instagram.

Pastikan terlebih dahulu kamu sudah menargetkan siapa saja yang akan menjadi audiens atau yang dianggap sebagai calon pelanggan potensial. Dalam membuat profil, gunakan nama yang tidak hanya mudah dicari tetapi juga mudah dibaca atau dieja. 

Pilih nama yang singkat, jelas, dan mencerminkan identitas atau niche. Hindari penggunaan angka atau karakter khusus yang membingungkan. Sertakan kata kunci yang relevan dengan konten kamu untuk memudahkan orang menemukan profil. Pastikan nama tersebut konsisten dengan branding yang kamu lakukan di platform lain. 

Dengan profil yang mudah dicari dan dibaca, akun akan lebih menarik dan mampu mempertahankan followers.

Apa itu branding dan manfaatnya untuk bisnis? Simak selengkapnya di artikel ini!

Pilih Foto Profil yang Tepat

Selain nama akun, foto profil juga harus kamu perhatikan. Hal ini pasti sejalan dengan berbagai panduan membuat profil Instagram yang bisa ditemukan di berbagai sumber. 

Mengapa harus memilih foto profil yang tepat? Memilih foto profil yang tepat adalah langkah penting dalam membuat profil Instagram menarik. Foto profil adalah kesan pertama yang dilihat oleh pengunjung, sehingga harus mencerminkan kepribadian atau brand dengan baik. 

Itulah mengapa, kamu harus memastikan foto jelas, beresolusi tinggi, dan wajah atau logo terlihat dengan jelas. Juga, pilih latar belakang yang bersih dan warna yang kontras untuk menonjolkan objek utama. 

Apabila kamu adalah seorang profesional, gunakan foto headshot yang tampak ramah dan percaya diri. Untuk merek, gunakan logo yang mudah dikenali. Hindari penggunaan terlalu banyak teks atau elemen visual yang membingungkan. Dengan memilih foto profil yang tepat, kamu dapat menarik perhatian dan meningkatkan engagement di Instagram.

Pelajari tipe konten menarik engagement di media sosial melalui artikel satu ini!

Desain Profil Sebagus Mungkin

Panduan membuat profil Instagram yang selanjutnya adalah mendesain profil sebagus mungkin agar terlihat menarik. Dengan begitu, akan semakin banyak pengguna Instagram yang penasaran dan tertarik untuk melihat profil kamu. Bahkan, mereka akan melibatkan diri untuk berinteraksi dengan konten yang kamu bagikan di kemudian hari.

Untuk mendesain profil Instagram, coba gunakan tema khusus yang unik dan mampu menggambarkan akun kamu. Sebagai contoh, apabila kamu menyediakan produk atau jasa yang berhubungan dengan travelling, kamu bisa mengambil tema travelling.

Selanjutnya, kamu bisa merapikan profil Instagram, misalnya dengan menggunakan aplikasi grid. Aplikasi ini akan dapat membantu kamu mengupload satu foto yang dibagi menjadi beberapa bagian. Dengan begitu, profil Instagram akan tampak unik di mata para pengikut maupun pengguna lainnya.

Tulis Bio Menarik

Tulis Bio Menarik

Instagram adalah platform media sosial yang memiliki banyak pengguna aktif. Jadi, tidak heran apabila banyak brand, bisnis, dan profesional yang memanfaatkannya sebagai media untuk pemasaran dan branding.

Kamu bisa mencatat panduan membuat profil Instagram satu ini, yaitu menulis bio menarik. Bio Instagram yang menarik adalah kunci untuk mencuri perhatian pengunjung profil. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan kalimat singkat namun jelas yang mencerminkan bisnis atau brand

Deskripsikan secara singkat tentang brand atau bisnis. Tambahkan emoji untuk memberi sentuhan visual yang menyenangkan. Jangan lupa sertakan kata kunci yang relevan dengan apa yang kamu tawarkan, serta call-to-action (CTA) atau ajakan agar audiens melakukan tindakan. Sebagai contoh, kamu bisa mengajak mereka untuk mengunjungi website melalui tautan yang ditambahkan ke bio.

Tambahkan Tautan ke Website Bisnis

Panduan membuat profil Instagram satu ini berkaitan dengan poin sebelumnya, yaitu membuat bio menarik. Untuk membuat profil Instagram menarik, tambahkan tautan ke website kamu. Tautan ini bisa diarahkan ke halaman beranda, blog, atau toko online. 

Pertama, pastikan tautan mudah diakses dan relevan dengan konten yang dibagikan. Gunakan bio Instagram untuk menjelaskan tautan tersebut secara singkat. Misalnya, “Kunjungi blog saya untuk tips kecantikan!” atau “Belanja koleksi terbaru di sini!”. 

Gunakan Linktree atau sejenisnya untuk menyertakan beberapa tautan dalam satu URL. Dengan cara ini, pengikut dapat dengan mudah menemukan informasi lebih lanjut tentang bisnis dan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Hal tersebut juga dapat meningkatkan interaksi dan potensi konversi.

Tambahkan Informasi Penting Brand atau Bisnis di Profil

Informasi apa saja yang biasa kamu lihat di profil instagram suatu perusahaan, bisnis, atau brand? Selain tautan website, kamu bisa menambahkan informasi berupa nama perusahaan atau brand, deskripsi singkat, dan lokasi.

Unggah Konten secara Konsisten

Sudah mengikuti semua panduan membuat profil Instagram? Saat memutuskan untuk menunjukkan visibilitas melalui Instagram, artinya kamu harus mulai mengunggah konten secara konsisten. Tujuannya adalah agar bisa berinteraksi dengan para pengikut, sehingga bisa membangun hubungan yang lebih baik.

Mengunggah konten juga bisa jadi cara untuk menjangkau lebih banyak orang potensial menjadi pengikut baru. Agar konten tampak selalu menarik, tulis caption yang dapat mewakili isi konten. Selain itu, manfaatkan juga kekuatan penggunaan hashtag.

Pilih hashtag yang mudah dan banyak dicari oleh pengguna Instagram. Hashtag menjadi salah satu hal yang akan membantu kamu menarik lebih banyak orang untuk melihat konten yang kamu bagikan di Instagram.

Tidak sedikit pengguna Instagram yang menggunakan hashtag untuk mencari gambar yang mereka inginkan. Gunakan hashtag secukupnya, tidak berlebihan agar tidak dianggap melakuan spamming.

Berinteraksi dengan Pengikut

Berinteraksi dengan Pengikut

Yakin bahwa setiap langkah dari panduan membuat profil Instagram sudah dilakukan dengan baik? Apakah kamu sudah mulai konsisten dalam membagikan konten?

Hal lain yang tidak kalah penting dalam menggunakan Instagram sebagai media promosi dan pemasaran adalah selalu berinteraksi dengan pengikut. Interaksi tidak hanya terbatas dengan para pengikut saja, tetapi siapapun yang terlibat dalam konten, misalnya mereka yang mengomentari postingan atau mengirimkan direct message (DM).

Melalui interaksi, pemilik akun dapat memahami kebutuhan dan keinginan pengikut, sehingga dapat menyajikan konten yang relevan dan menarik. 

Berinteraksi secara aktif dapat meningkatkan engagement, yang berdampak positif pada algoritma media sosial, sehingga konten lebih mudah ditemukan oleh audiens yang lebih luas. Respons yang cepat dan ramah juga menciptakan hubungan yang lebih personal, meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pengikut. 

Jadi, perlu dipahami bahwa berinteraksi dengan pengikut bukan hanya tentang membalas komentar, tetapi juga membangun hubungan yang berkelanjutan dan saling menguntungkan.

Pastikan Akun Bersifat Publik, Bukan Private

Belum punya panduan membuat profil Instagram bisnis yang dapat menarik banyak audiens? Apabila ini adalah kali pertama memanfaatkan akun media sosial untuk keperluan bisnis, pastikan akun bersifat publik. Dengan kata lain, akun Instagram kamu tidak bersifat private, sehingga bisa dilihat oleh semua pengguna Instagram, termasuk orang-orang yang belum menjadi pengikut (followers).

Akun publik memungkinkan lebih banyak orang melihat konten  meningkatkan peluang mendapatkan pengikut baru. Pilih nama pengguna yang mudah diingat dan sesuai dengan tema konten. Gunakan foto profil yang jelas dan representatif.

Kesimpulan

Dengan mengikuti panduan membuat profil Instagram di atas, artinya kamu sudah selangkah lebih jauh dalam mempersiapkan media sosial untuk kebutuhan promosi dan pemasaran. Menarik atau tidaknya profil bisnis di mata pengguna Instagram bergantung pada cara kamu membuat dan mengatur profil dengan kreatif dan unik.

Setelah membuat profil Instagram, kini saatnya untuk memaksimalkan upaya pemasaran dengan menjalankan berbagai strategi digital marketing. Untuk kebutuhan ini, percayakan Exabytes dengan memilih jasa digital marketing yang mampu mengerti kebutuhan dan harapan kamu akan kesuksesan bisnis yang dijalankan.