Apa Itu Branding dan Manfaatnya Untuk Bisnis?

0
1072

Sering mendengar istilah branding tetapi belum tahu apa itu branding dan manfaatnya untuk bisnis? Sebagai pemilik bisnis, branding sangat penting bagi kamu. Jadi, mari pelajari selengkapnya di artikel satu ni!

Sekilas tentang Apa itu Branding dan Manfaatnya Untuk Bisnis

apa itu branding dan manfaatnya untuk bisnis

Penasaran ingin tahu lebih jauh tentang branding dan manfaatnya? Brand adalah istilah yang digunakan pertama kali oleh orang-orang Inggris di abad ke-19. Hal tersebut bertujuan untuk memberi tanda pada hewan-hewan ternak dan budak menggunakan cap besi panas di tubuh mereka. Pada saat ini, kegiatan tersebut disebut dengan istilah burn.

Istilah brand kemudian populer di kalangan orang-orang Jerman yang digunakan untuk menandai sesuatu menggunakan cap besi panas.

Adapun arti dari brand adalah identitas diri yang membedakan antara sesama, baik manusia, tempat, maupun produk. Lalu, bagaimana dengan branding? Apa pengertian dari branding itu?

Branding merupakan kegiatan komunikasi, memperkuat, dan mempertahankan sebuah brand yang bertujuan memberikan perseptif kepada orang-orang yang melihatnya. Istilah satu ini juga memiliki beberapa arti menurut para ahli.

Menurut Kotler (2009), branding adalah nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi dari apa yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi barang atau jasa kelompok penjual dengan membedakannya dari barang atau jasa pesaing. 

Sementara menurut Landa (2006), branding lebih dari sekedar merek atau nama dagang dari sebuah produk, jasa, atau perusahaan. Branding adalah apapun yang berkaitan dengan hal-hal kasat mata dari sebuah merek, termasuk nama dagang, logi, ciri visual, citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi, dan anggapan yang ada dalam benak konsumen perusahaan tersebut.

Branding juga dapat diartikan sebagai bentuk komunikasi perusahaan dengan target pelanggan. Tujuan utamanya adalah mengenalkan brand perusahaan sekaligus membangun citra positif dan reputasi perusahaan agar selalu baik di mata konsumen. Hal tersebut dapat membangun kepercayaan konsumen terhadap perusahaan.

Pada umumnya, branding banyak dilakukan oleh perusahaan yang namanya belum begitu terkenal di kalangan masyarakat. Sehingga digunakan sebagai cara untuk memperkenal produk dan mendapatkan sebanyak mungkin pelanggan. Brand yang bagus memungkinkan perusahaan bisa dengan mudah menjual produk.

Komponen Utama Branding

Yakin sudah siap memulai branding bisnis kamu secara online? Jika demikian, apakah itu artinya kamu sudah memperhatikan komponen utama branding?

Berikut adalah beberapa komponen utama branding yang tidak boleh kamu lewatkan:

  • Nama merek: identitas unik yang mudah diingat sehingga dapat membedakan satu dengan lain sehingga harus relevan serta mudah diucapkan dan diingat oleh pelanggan.
  • Logo: gambar atau simbol yang mewakili identitas merek dengan mencerminkan nilai-nilai kepribadian brand.
  • Desain visual: mencakup berbagai elemen, termasuk warna, bentuk, tata letak, dan tipografi yang digunakan dalam kemasan produk dan materi pemasaran.
  • Slogan: kalimat singkat yang menggambarkan nilai, manfaat, atau pesan merek secara ringkas dan dinilai efektif membuat merek terhubung dengan pesan tertentu.
  • Pesan dan cerita merek: narasi yang ingin disampaikan sebuah perusahaan atau merek kepada target konsumen.
  • Pengalaman pelanggan: interaksi dan kontak konsumen dengan merek melalui berbagai media, termasuk produk, layanan, atau saluran komunikasi.
  • Reputasi: persepsi dan penilaian konsumen terhadap merek berdasarkan pengalaman dan ulasan konsumen serta referensi dari orang lain.

Fungsi dan Tujuan Branding

Branding memiliki peran penting dalam menjalankan bisnis, baik secara offline maupun online. Dengan kegiatan satu ini, audiens akan mengenal sebuah brand sehingga mereka akan semakin familiar dengan suatu brand dan produknya.

Adapun fungsi dan tujuan dari branding adalah sebagai berikut:

  • Membangun citra baik perusahaan di mata pelanggan
  • Memberi ciri khas yang berbeda dan unik
  • Menjadi daya tarik untuk promosi dan pemasaran
  • Sebagai alat untuk mengendalikan pasar
  • Membangun loyalitas pelanggan
  • Memperbesar peluang menaikkan harga jual
  • Memengaruhi perilaku pelanggan

Apa Saja Manfaat Branding Untuk Bisnis?

branding dan manfaatnya

Mengetahui dan memahami apa itu branding dan manfaatnya menjadi sangat penting, terutama bagi kamu yang terlibat dalam sebuah bisnis. Branding merupakan kegiatan yang dapat menarik perhatian calon pelanggan.

Nama dan logo brand yang unik akan lebih mudah diingat oleh audiens atau pelanggan. Berikut adalah beberapa manfaat branding yang dilakukan dengan baik:

Memberi Identitas yang Mudah Diingat

Apa itu branding dan manfaatnya memang menjadi hal yang menarik untuk dibahas bagi kamu yang sedang memulai bisnis baru. Saat ini, bisnis dapat berjalan secara online sehingga memungkinkan kamu untuk melakukan promosi, pemasaran, dan penjualan secara online melalui internet.

Branding menjadi upaya perusahaan untuk memberikan identitas bisnis agar perusahaan atau produk mudah dan selalu diingat target audiens. Identitas tersebut dapat perusahaan gunakan sebagai alat komunikasi dalam promosi produk.

Identitas yang unik dapat membantu produk tampak lebih menarik dan berbeda dari produk serupa lainnya yang ada di pasaran. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan nama brand yang mudah diingat dan tidak terlalu panjang. Logo dan tagline menjadi komponen lain yang dapat menjadi daya tarik tambahan.

Membantu Menyampaikan Nilai Sebuah Produk

Promosi adalah hal penting bagi setiap bisnis. Kegiatan tersebut memerlukan strategi yang tepat sehingga dapat menyampaikan nilai produk. 

Nilai-nilai tersebut yang akan menjadi daya tarik bagi target pasar. Mengapa demikian? Calon pembeli akan merasa bahwa nilai-nilai sebuah produk dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Mungkin tidak banyak dari kamu yang tahu bahwa penyampaian nilai produk juga merupakan upaya branding. Itulah mengapa apa itu branding dan manfaatnya perlu kamu pahami sedini mungkin, bahkan sebelum bisnis mulai berjalan. Branding bukan hanya untuk membesarkan nama perusahaan, tetapi juga menjadi media promosi yang tepat.

Memungkinkan Perusahaan Berkomunikasi dengan Audiens

Hal penting lain yang harus kamu pahami perihal apa itu branding dan manfaatnya adalah membangun bisnis artinya membangun komunikasi dengan audiens. Melalui branding, perusahaan dapat berkomunikasi dengan target pasar sehingga dapat menyampaikan pesan dengan baik.

Terlepas dari strategi branding yang kamu pilih, komunikasi dengan audiens dapat terbentuk misalnya dengan memberikan informasi terkait produk.

Berinvestasi dalam Pemasaran Digital

Agar sebuah merek semakin dikenal banyak target pasar, perlu cara yang tepat dalam promosi dan pemasaran. Kamu dapat memanfaatkan pemasaran digital melalui berbagai strategi, mulai dari SEO, content marketing, iklan online, hingga social media marketing.

Memudahkan Proses Referral

Semakin kamu memahami apa itu branding dan manfaatnya, semakin mudah proses referral yang dilakukan pelanggan untuk menunjukkan kepuasan terhadap suatu produk. Hal tersebut biasanya melibatkan kegiatan promosi dari mulut ke mulut tentang kelebihan produk dari produk kompetitor.

Membentuk Kredibilitas dan Persepsi

Branding memang melibatkan nama dan logo perusahaan, namun kegiatan tersebut juga melibatkan kualitas produk. Target pasar yang sudah merasakan kelebihan dan manfaat suatu produk cenderung memiliki kredibilitas dan persepsi yang berpengaruh pada perilaku konsumen.

Itulah kenapa branding yang tepat memberikan manfaat, yaitu membentuk kredibilitas dan persepsi.

Strategi Branding yang Tepat

Memutuskan untuk fokus dalam bisnis online artinya kamu harus mempersiapkan diri dengan segala risiko dan tantangannya. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah cara membangun brand awareness melalui strategi branding yang tepat. 

Branding merupakan salah satu kebutuhan marketing. Apabila ingin memastikan bahwa strategi branding kamu tepat adalah dengan memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Penggunaan logo yang tepat dan cocok dengan image produk
  • Soft campaign, misalnya dengan membuat konten berisi informasi tentang brand bisnis untuk mengedukasi audiens dan menciptakan citra baik brand
  • Brand memiliki pesan yang tersampaikan melalui tagline yang dibuat dengan kalimat singkat
  • Mengintegrasikan brand dengan menggunakan logo pada kemasan produk, akun media sosial, dan iklan pada billboard

Dari uraian di atas, apakah kamu sudah benar memahami apa itu branding dan manfaatnya? Bagi bisnis, branding merupakan hal penting yang tidak boleh terlewatkan. Mengingat fungsi, tujuan, dan manfaatnya bagi bisnis, perlu strategi yang tepat agar bisa mencapai tujuan utama dari kegiatan branding.

Belum punya logo? Nah, ini waktu yang tepat untuk membuat logo yang unik dan mampu merepresentasikan brand atau bisnis. Kamu bisa menghubungi Exabytes untuk mendapatkan jasa desain logo profesional.

Branding juga bisa dilakukan melalui website. Untuk kamu yang sedang mencari jasa pembuatan website, jangan ragu untuk menghubungi Exabytes. Jadi, kamu bisa mendapatkan berbagai layanan sekaligus untuk keperluan branding dan bisnis online.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments