7 Tipe Konten Menaikkan Engagement di Media Sosial

0
2361

Seiring dengan semakin banyaknya platform media sosial, semakin banyak pula orang-orang yang menghabiskan waktu untuk mengakses media sosial favoritnya. 

Hal tersebut juga menjadi peluang sekaligus tantangan bagi perusahaan atau bisnis. Untuk bisa menarik lebih banyak pengguna aktif di sosmed, kamu harus memilih tipe konten menaikkan engagement di media sosial.

Pemilihan konten yang tepat akan sangat membantu dalam penerapan strategi marketing. Seperti yang kamu tahu kalau social media marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital yang dapat memberikan dampak positif baik untuk penjualan maupun pendapatan maupun branding sebuah bisnis.

Mengenal Apa Itu Engagement Media Sosial

tipe konten menaikkan enagement di media sosial

Seringkali istilah engagement rate kamu temukan dalam percakapan sehari-hari atau saat membaca artikel. Akan tetapi, apakah kamu tahu apa itu engagement rate media sosial? Bagi brand atau bisnis, engagement media sosial memiliki peran penting karena media sosial bisa menjadi salah satu alat agar terhubung dengan pelanggan.

Engagement media sosial adalah bentuk interaksi dari pengguna terhadap konten yang kamu buat dan bagikan di platform media sosial. Tujuannya untuk mengukur sejauh mana pengguna media sosial tertarik dengan konten yang kamu bagikan tersebut.

Setiap konten yang kamu publish di media sosial tentu saja harus mendapatkan engagement yang tinggi. Dengan begitu, konten akan semakin populer dan menjangkau lebih banyak audiens atau calon pelanggan. 

Pada akhirnya, akan berdampak positif pada bisnis yaitu mendatangkan kepercayaan pada produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Baca artikel tentang engagement rate ini sebelum kamu memutuskan tipe konten menaikkan engagement di media sosial yang potensial.

Tipe Konten Menaikkan Engagement di Media Sosial

tipe konten menaikkan enagement di media sosial

Untuk bisa mendapatkan engagement di media sosial, tentunya hal tersebut tidak terlepas dari peran pentingnya konten. Konten yang menarik dan unik akan mendapatkan perhatian dan respon yang lebih dari para pengguna media sosial.

Nah, berikut adalah beberapa tipe konten menaikkan engagement di media sosial yang patut kamu coba saat menjalankan social media marketing di berbagai platform sosmed:

Konten yang Menghibur

tipe konten menaikkan enagement di media sosial

Salah satu alasan seseorang mengakses media sosial adalah untuk mendapatkan hiburan. Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan respon positif dari audiens, coba gunakan konten yang menghibur. Yang juga merupakan salah satu tipe konten menaikkan engagement di media sosial. 

Padatnya aktivitas dan tingginya tekanan serta beban di dalam hidup bisa membuat seseorang mudah merasa stres. Itulah kenapa kamu harus bisa mengambil peluang dari keadaan tersebut dengan menghadirkan konten yang bisa menjadi pilihan hiburan bagi pengguna media sosial.

Karena konten yang menghibur banyak dicari, tidak ada salahnya bagi kamu untuk menggunakannya dengan tujuan untuk meningkatkan engagement di media sosial. Coba sajikan konten yang lucu namun ringan sehingga orang-orang merasa terhibur dan akan kembali mencari konten dari akun media sosial milikmu.

Bahkan tipe konten menaikkan engagement di media sosial ini bisa kamu aplikasikan untuk memasarkan produk. Pemasaran itu bersifat fleksibel sehingga tidak harus selalu berbentuk hard selling karena bisa juga menggunakan strategi dalam bentuk soft selling.

Bagi kamu yang baru belajar memanfaatkan media sosial untuk kebutuhan marketing dan promosi, coba baca artikel seputar strategi social media marketing satu ini.

Konten  Media Visual

Tipe konten menaikkan engagement di media sosial lain yang bisa kamu gunakan adalah konten media visual. Artinya, kamu akan menggunakan konten berupa gambar saat memasarkan produk atau jasa di media sosial. Respon pengguna terhadap konten gambar lebih banyak dibandingkan dengan konten tanpa gambar.

Itu artinya, kamu berpeluang meningkatkan engagement dari konten visual. Akan tetapi, konten tersebut juga harus kamu buat menarik agar semakin banyak orang yang menyukainya. Sesuaikan gambar dengan nilai-nilai brand atau bisnis dan cari tahu gambar seperti apa yang sesuai dengan audiens yang kamu targetkan. 

Konten Informatif

Media sosial bisa menjadi salah satu media untuk mendapatkan sebanyak mungkin informasi yang seseorang butuhkan. Selain website dan blog, orang-orang juga memanfaatkan platform media sosial seperti Instagram, Tiktok, Twitter, dan Facebook untuk mencari informasi.

Itu artinya kamu bisa memanfaatkannya sebagai peluang untuk bisa menghadirkan atau memberikan informasi berupa konten yang cocok dengan pencarian pengguna. Tipe konten menaikkan engagement di media sosial satu ini biasanya berupa ulasan tentang fakta terkini hingga infografis.

Angka engagement dari jenis konten tersebut juga umumnya tergolong tinggi. Semakin banyak orang yang penasaran dengan suatu tema, semakin tinggi angka pencarian. Akan tetapi, konten satu ini tidak mudah untuk dibuat. Kamu memerlukan akurasi data agar informasi yang disampaikan tidak berakhir sebagai hoax semata.

Konten Berupa Kontes atau Kompetisi

Kontes atau kompetisi umumnya menawarkan hadiah yang menarik. Oleh sebab itu, akan banyak orang yang tertarik berpartisipasi, terlebih jika hadiahnya cukup menjanjikan, misalnya berupa gadget terbaru atau uang tunai. 

Namun, tidak harus selalu memberikan hadiah dengan nilai tinggi. Kamu juga bisa mencoba konten berupa kontes dengan undian ringan seperti voucher belanja, diskon, atau gratis item produk dari brand milikmu.

Tipe konten menaikkan engagement di media sosial ini pastinya akan memancing rasa penasaran para pengguna media sosial. Mereka juga akan merasa tertantang untuk mengikuti kontes yang kamu adakan. 

Audiens yang ingin berpartisipasi akan bertanya lebih detail tentang kapan kontes diadakan, bagaimana cara mengikutinya, hingga hadiah apa yang akan mereka dapatkan saat menjadi pemenang.

Tidak hanya itu, mereka juga akan aktif berinteraksi dengan kamu melalui likes dan komentar pada postingan sesuai syarat dan ketentuan kontes yang kamu berikan.

Dengan begitu, kamu bisa menaikkan engagement yang tentunya baik untuk keberadaan bisnis di dunia digital melalui media sosial.

Postingan Blog

Berbicara tentang tipe konten menaikkan engagement di media sosial, kamu mungkin sudah tahu kalau postingan blog menjadi salah satu jenis yang begitu populer.

Sebuah studi menjelaskan kalau blogging merupakan bentuk konten yang penting untuk sebuah bisnis atau brand. Tentunya, konten tersebut harus dibuat sebaik mungkin. Selain menarik dan tidak bosan dibaca, konten juga harus berkualitas, tanpa adanya plagiat dan typo atau kesalahan tatabahasa.

Jadi, saat hendak membuat konten media sosial berupa posting blog, kamu harus mempelajari cara membuat konten blog yang baik dan benar. Bahkan, kamu bisa memasukkan CTA ke dalam postingan yang akan mengarahkan pembaca untuk melakukan tindakan lebih lanjut baik melakukan pembelian, berlangganan, atau lainnya.

Konten Pelanggan

Tipe konten menaikkan engagement di media sosial berupa konten pelanggan bisa kamu buat dalam berbagai bentuk. Beberapa diantaranya adalah testimoni, ulasan, atau pengalaman pelanggan. Bisa juga berupa konten yang dibuat pengguna atau yang lebih dikenal dengan sebutan konten user-generated.

Ulasan menjadi salah satu faktor pertimbangan dalam memilih produk atau jasa. Ulasan dinilai sangat membantu seseorang dalam membuat keputusan agar nantinya bisa mendapatkan apa yang ia butuhkan.

Konten jenis ini bahkan bisa menambah kredibilitas brand atau bisnis di berbagai platform media sosial. Dengan kepercayaan dan loyalitas pelanggan, tentunya akan lebih mudah bagi bisnis untuk menggambarkan pelanggan yang merasa puas dan senang atas produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Alhasil, calon pelanggan potensial memiliki gambaran seperti apa pengalaman berbelanja yang akan mereka dapatkan.

Tutorial yang Bermanfaat

Tidak jarang kamu bisa menemukan berbagai video tutorial di platform media sosial seperti Instagram, Facebook, maupun Tiktok. Bahkan kamu bisa dengan sengaja mencarinya di YouTube agar bisa membantu kamu menemukan cara melakukan sesuatu.

Tutorial juga merupakan tipe konten menaikkan engagement di media sosial yang tidak boleh kamu anggap remeh. Tutorial yang kamu buat secara jelas, singkat, dan menarik akan mendatangkan views, likes, comments, dan shares yang tinggi.

Melalui konten tutorial tersebut, kamu bisa mempromosikan produk atau jasa agar bisa menjangkau lebih banyak audiens. Tentunya, tema konten harus kamu sesuaikan dengan produk atau jasa.

Kesimpulan

Sudah memutuskan tipe konten menaikkan engagement di media sosial apa yang tepat? Menggunakan media sosial sebagai alat untuk menarik lebih banyak calon konsumen artinya kamu sudah siap dengan semua tantangan yang ada. Salah satunya adalah membuat konten yang unik dan menarik agar mendapatkan engagement yang tinggi.

Untuk kebutuhan digital marketing termasuk pemasaran melalui media sosial, mengapa tidak langsung menggunakan layanan digital marketing dari Exabytes? Dengan memilih layanan tersebut, kamu bisa mendapatkan manfaat dari pemasaran digital sekaligus menghemat waktu dan biaya pemasaran dalam satu waktu.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments