Panduan Ubersuggest: Tools Untuk SEO

0
1902

SEO dapat meningkatkan peluang website mendapatkan banyak trafik dan untuk membantu hal tersebut, banyak para pengembang dan praktisi SEO mengembangkan tools pendukung untuk SEO

Salah satu tools SEO populer yang bisa Anda gunakan secara gratis adalah Ubersuggest, tools ini dikembangkan oleh Neil Patel salah satu master SEO yang ada saat ini, Ubersuggest bisa Anda gunakan untuk riset keyword populer dan potensial.

Dalam postingan kali ini kami akan membahas tentang apa itu Ubersuggest, fitur apa saja yang ada di dalamnya dan panduan Ubersuggest untuk membantu meningkatkan traffic website Anda. 

Yuk kita langsung saja simak pembahasannya di bawah ini!

Apa itu Ubersuggest?

Sebelum kita membahas panduan ubersuggest, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu ubersuggest.

Ubersuggest adalah alat pendukung untuk SEO yang dikembangkan oleh Neil Patel, seorang pakar SEO dan digital marketing. Tools rancangan Neil Patel ini dapat membantu Anda menemukan ide konten, menganalisis persaingan kata kunci, dan mengoptimalkan strategi SEO untuk situs website.

Tools ini menyediakan banyak fitur yang berguna, seperti:

  • Analisis kata kunci: Ubersuggest membantu Anda menemukan kata kunci yang populer dan menganalisis persaingan kata kunci untuk menentukan apakah kata kunci tersebut bisa Anda gunakan atau tidak.
  • Ide konten: Ubersuggest memberikan rekomendasi topik konten yang populer sesuai dengan niche website Anda, rekomendasi tersebut bisa Anda gunakan untuk mengembangkan konten baru di situs website.
  • Analisis situs web: Tools ini juga dapat memberikan laporan secara detail tentang kinerja website di mesin pencari dan memberikan saran tentang cara meningkatkan SEO website Anda.
  • Analisis pengiklanan: Ubersuggest menyediakan data tentang kinerja iklan Anda s di media sosial dan menyarankan cara untuk meningkatkan performa iklan Anda.

Keren bukan? Serasa mudah bersaing dengan kompetitor jika menggunakan ubersuggest, sepertinya Anda sudah tidak sabar nih untuk mencari tau panduan ubersuggest. Tenang, sebelum ke pembahasan panduan ubersuggest, baiknya kita kenali lebih dalam kelebihan dan kekurangan ubersuggest.

Jangan sampai skip ya!

Kelebihan dan Kekurangan Ubersuggest

Sekarang pertanyaannya, apakah ubersuggest hadir tanpa kekurangan? Jika kita lihat penjelasan tentang ubersuggest diatas, seolah-olah tidak ada kekurangan sedikitpun. Tapi nyatanya, ubersuggest juga memiliki kekurangannya tersendiri.

Tapi sebelum itu kita bahas kelebihannya yang lain ya!

Kelebihan ubersuggest menyediakan banyak fitur yang bermanfaat, sebut saja analisis kata kunci, ide konten, analisis situs, dan analisis ads. Semua fitur tersebut bisa membantu Anda meningkatkan strategi marketing secara online.

Kelebihan lainnya dari sisi interface yang sangat user friendly, sehingga tools ini mudah dipahami bahkan bagi pemula yang tidak memiliki pengalaman sekalipun.

Akan tetapi, meskipun ubersuggest menyediakan data yang berguna, data tersebut tidak selalu akurat atau terbaru dan ini adalah salah satu kekurangan yang dimiliki ubersuggest. Oleh karena itu, saran kami Anda tidak hanya mengandalkan ubersuggest saja untuk optimasi website.

Kekurangan lainnya ada di versi gratis dari Ubersuggest yang hanya menyediakan beberapa fitur dasar, seperti analisis kata kunci dan ide konten. Anda harus membeli paket berbayar untuk mengakses fitur tambahan seperti analisis situs web dan ads..

Jika Anda ingin berlangganan Ubersuggest agar bisa menikmati full fitur di dalamnya, ada 3 paket yang bisa Anda pilih yaitu paket Individual,  Business dan Enterprise atau Agency. Kami menyarankan untuk permulaan menggunakan paket Individual terlebih dahulu.

Oke, setelah Anda mengetahui apa itu ubersuggest lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Mari kita lanjutkan pembahasan tentang panduan ubersuggest, terutama untuk riset keyword.

Panduan Ubersuggest untuk Website

Panduan Ubersuggest sangat mudah, Anda bisa melakukannya meskipun tanpa pengalaman sedikitpun. Kami akan membagi menjadi 5 panduan Ubersuggest untuk website, apa saja? Simak pembahasannya di bawah ini:

Panduan Riset Keyword di Ubersuggest

Ubersuggest dapat membantu Anda mencari kata kunci yang berpotensi mendapatkan trafik besar, hanya beberapa langkah saja untuk melakukan riset di Ubersuggest secara gratis.

Catatan: Riset keyword tanpa login di Ubersuggest ini hanya terbatas untuk tiga pencarian pertama saja.

Langkah 1: Kunjungi alamat website neilpatel.com/ubersuggest/, nanti akan muncul tampilan seperti di bawah ini:

Panduan Ubersuggest

Langkah 2: Masukkan keyword di bagian kolom pencarian Ubersuggest, tentukan juga negara/bahasa yang akan Anda gunakan dan klik tombol Search.

Panduan Ubersuggest

Sebagai contoh dalam demo ini kami melakukan riset kata kunci “Hosting Indonesia”.

Langkah 3: Perhatikan, Ubersuggest akan menampilkan hasil risetnya di bagian menu Keyword Overview. Disana Anda akan mendapatkan informasi tentang Search Volume, SEO Difficulty, Paid Difficulty dan Cost per Click.

Dalam demo ini kami mencoba riset keyword “hosting indonesia”, perhatikan hasilnya di bawah ini!

Panduan Ubersuggest: Tools Untuk SEO - 2024

Penjelasan dari masing-masing informasi tersebut ada di bawah ini ya, silahkan dipelajari!

  • Search Volume: Isinya tentang banyaknya pencarian untuk keyword yang Anda masukkan di langkah 2 dalam waktu sebulan terakhir, contoh diatas kami melakukan riset kata kunci “hosting indonesia” yang memiliki search volume sebesar 1,600.
  • SEO Difficulty: Bagian ini akan memberikan informasi kepada Anda berkaitan dengan tingkat kompetisi atau persaingan pencarian secara organik. Dalam demo ini, kata kunci “hosting indonesia memiliki SEO Difficulty sebesar 39.
  • Paid Difficulty: Bagian ini akan menunjukkan data tingkat persaingan pencarian berbayar. Kata kunci “hosting indonesia” mendapatkan score paid difficulty sebesar 47.
  • Cost Per Click: Bagian ini menunjukkan informasi tentang harga per klik untuk iklan produk maupun layanan. Dalam contoh diatas, CPC yang diperoleh sebesar Rp 18.973,38,

Ubersuggest juga bisa membantu Anda riset keyword lainnya yang masih sejenis dengan keyword “hosting indonesia.

Caranya klik Keyword Idea dan nanti akan muncul keyword lainnya yang sejenis, perhatikan hasilnya di bawah ini:

Panduan Ubersuggest: Tools Untuk SEO - 2024

Panduan Ubersuggest untuk Cek Trafik

Selain bisa digunakan untuk riset keyword, Anda juga bisa menggunakan Ubersuggest untuk cek trafik website kompetitor menggunakan fitur Competitive Analysis. Caranya ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini:

Langkah 1: Klik Traffic Estimation yang berada di dashboard dan klik Traffic Overview.

Panduan Ubersuggest: Tools Untuk SEO - 2024

Penjelasan dari informasi di atas:

  • Organic Keywords: Informasi tentang jumlah keyword yang dimiliki dan berhasil muncul di hasil pencarian.
  • Organic Monthly Traffic: Isinya perkiraan banyaknya trafik organik yang di dapatkan domain tersebut setiap bulannya.
  • Domain Authority: Berisikan informasi sebuah domain berdasarkan otoritas di mata mesin pencari mulai dari 0-100 nilainya.
  • Backlinks: Informasi tentang banyaknya website yang menautkan ke domain Exabytes dan pada contoh diatas, Exabytes mendapatkan backlink sebanyak 1,527,038.

Langkah 2: Sekarang kita akan mencari tahu Top SEO Pages dan SEO Keyword, caranya scroll dan temukan hasilnya seperti di bawah ini:

Panduan Ubersuggest: Tools Untuk SEO - 2024

Top SEO Pages memuat semua judul yang paling populer lengkap dengan backlink dan Estimation Visits. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui SEO Keyword yang dapat menghasilkan trafik tinggi ke website tersebut, jadi Anda bisa mengetahui keyword yang digunakan oleh website kompetitor.

Dengan informasi di atas, Anda bisa menentukan strategi untuk meningkatkan SEO untuk menghasilkan lebih banyak trafik yang masuk.

Panduan Ubersuggest untuk Audit SEO Website

Ubersuggest juga bisa Anda gunakan untuk mengaudit website. Hal ini sangat penting sekali untuk mengetahui performa dari SEO website Anda.

Langkah 1: Cara untuk audit website adalah klik menu Site Audit yang berada di samping.

Panduan Ubersuggest: Tools Untuk SEO - 2024

Langkah 2: Masukkan alamat domain di kolom yang disediakan dan klik tombol Search.

Panduan Ubersuggest: Tools Untuk SEO - 2024

Tunggu sampai hasilnya muncul, nantinya hasil yang muncul berupa:

  • SEO Score: Score atau nilai secara keseluruhan dari sebuah website.
  • Backlinks: Jumlah backlink yang didapatkan dari website lain.
  • Critical Errors: Jumlah error yang ditemukan dan perlu segera diperbaiki.
  • Warning: Peringatan dan jika tidak segera diselesaikan akan berdampak buruk.
  • Recommendation: Berisi informasi optimasi yang direkomendasikan.

Agar Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih lengkap, klik salah satu menu tersebut. Sebagai contoh Anda klik bagian Critical Error, maka semua error akan muncul dan nantinya Anda bisa memperbaiki sesegera mungkin.

Yuk Segera Memaksimalkan Penggunaan Ubersuggest!

Ubersuggest salah satu tool SEO yang efektif membantu Anda melakukan riset keyword. Karena dengan keyword yang tepat akan jauh lebih mudah untuk membuat konten yang sesuai dengan keinginan pembaca.

Akan tetapi ada banyak faktor lain dalam SEO, tidak hanya melulu soal keyword. Anda juga perlu mempelajari tren SEO di tahun depan (2023) agar bisa terus update dengan teknik SEO terkini. Tenang, kami telah membuat panduan ringkas tentang tren SEO di tahun 2023.

Cek artikel kami tentang Tren SEO 2023 dan hal-hal yang perlu diketahui.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya, good luck!

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments