4 Pengaruh Ekstensi Domain Terhadap Mesin Pencari

0
128

Masih ragu dalam memilih ekstensi domain? Apakah kamu mempertimbangkan apa saja pengaruh ekstensi domain terhadap situs web, upaya optimasi, dan hasil pencariannya di mesin pencari?

Artikel ini bisa memberikan gambaran bagaimana ekstensi domain berpengaruh terhadap eksistensi sebuah situs web.

Sekilas Tentang Ekstensi Domain

Sebelum lebih jauh berbicara tentang pengaruh ekstensi domain terhadap mesin pencari dan upaya SEO, apa yang sudah kamu ketahui tentang ekstensi domain?

Domain dikenal sebagai salah satu hal penting bagi berjalannya sebuah situs web. Domain akan menjadi identitas situs web yang dapat mewakili pemiliknya, baik bisnis, brand, produk, instansi, maupun individu. 

Domain hadir berupa nama unik sehingga akan lebih mudah diingat. Dengan domain, pengguna internet tidak perlu mengingat alamat IP yang terdiri dari rangkaian angka yang panjang.

Lalu, apa itu ekstensi domain? Apa yang membedakannya dengan domain? Ekstensi domain adalah bagian akhir dari nama domain. Apabila saat ini kamu sedang mengunjungi situs exabytes.co.id, kamu bisa perhatikan akhiran dari nama domain (exabytes) adalah co.id. Nah, co.id inilah yang disebut sebagai ekstensi domain.

Terdapat banyak jenis ekstensi domain yang bisa pengguna pilih sesuai dengan kebutuhan dan jenis website yang akan dibuat. Nama domain dan ekstensi domain dipisahkan dengan dot (.). Kamu juga mungkin pernah mengunjungi situs web dengan akhiran .COM. Itu artinya, situs web tersebut menggunakan ekstensi domain.COM.

Ekstensi domain memiliki beberapa jenis, yaitu:

  • Generic top level domain (gTLD): Ekstensi domain yang digunakan secara umum dan dikenal sebagai salah satu jenis ekstensi domain yang populer di dunia
  • Country code top level domain (ccTLD): Ekstensi domain yang menjadi identitas dari negara mana situs web berasal atau di negara mana situs web tersebut dikelola
  • New generic top level domain (NgTLD): ekstensi domain yang merupakan bagian dari gTLD

Sekilas Tentang Mesin Pencari

sekilas tentang mesin pencari

Mesin pencari (search engine) adalah sebuah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk melakukan pencarian informasi di internet. Mesin pencari memungkinkan pengguna untuk menemukan konten yang relevan dengan kata kunci atau frasa tertentu. 

Di mana proses tersebut melibatkan indeksasi ratusan juta situs web yang ada di internet dan pengaturan peringkat berdasarkan relevansi untuk setiap kata kunci yang dicari.

Beberapa contoh mesin pencari terkenal adalah Google, Bing, Yahoo!, dan Baidu. Mesin pencari bekerja dengan cara mengumpulkan informasi dari internet melalui proses yang disebut indexing

Yaitu dengan melibatkan pemindaian dan pengumpulan informasi dari berbagai situs web di seluruh dunia, yang kemudian disimpan dalam database yang besar.

Melalui mesin pencari, pengguna internet dapat menyaring hasil pencarian berdasarkan berbagai kriteria, seperti tanggal, jenis file, bahkan lokasi geografis. Mesin pencari (search engine) memiliki beberapa fungsi yang juga berkaitan dengan pengaruh ekstensi domain terhadap penggunaan mesin pencari.

Adapun fungsi dari mesin pencari di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Membantu mencari situs web atau blog dengan lebih mudah
  • Merupakan sarana mencari informasi yang luas
  • Efektif untuk melakukan browsing sehingga lebih hemat waktu dan upaya

Pengaruh Ekstensi Domain Terhadap Mesin Pencari

Pengaruh Ekstensi Domain Terhadap Mesin Pencari

Dengan mengetahui pentingnya memilih ekstensi domain yang tepat, apakah kamu penasaran dengan pengaruhnya?

Berikut adalah beberapa pengaruh ekstensi domain yang membantu situs web mencapai tujuan tertentu:

Membantu Proses Branding

Seberapa besar pengaruh ekstensi domain terhadap mesin pencari? Apakah itu artinya kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk proses branding?

Pada dasarnya, ekstensi domain memiliki keunikan tersendiri. Hal tersebut juga dapat membantu pengguna internet mengidentifikasi situs web yang mereka kunjungi dengan lebih mudah. Jadi, baik disadari atau tidak, mereka akan membantu proses branding sebuah situs web dengan image yang terbentuk di pikiran pengguna internet.

Saat pengguna internet mulai familiar dengan brand kamu, hal tersebut juga dapat memberikan dampak baik pada traffic situs web. Pengguna internet akan tertarik untuk mencari nama situs web kamu secara manual melalui mesin pencari.

Ini juga akan berdampak pada kepercayaan situs web (domain authority). Sehingga akan membantu upaya optimasi yang kamu lakukan.

Meningkatkan Kepercayaan Pengguna

Apakah pengaruh ekstensi domain hanya berdampak pada mesin pencari dan SEO saja? Penggunaan ekstensi domain ternyata juga turut meningkatkan kepercayaan pengguna. Pengguna internet familiar dengan beberapa ekstensi domain. Tidak jarang pula banyak pengguna yang beranggapan bahwa situs web dengan ekstensi domain.COM adalah situs web yang kredibel.

Itu artinya, hal tersebut memengaruhi perilaku pengguna internet dalam melakukan pencarian melalui internet. Itulah mengapa kamu harus mempertimbangkan target audiens apabila hendak memilih ekstensi domain untuk situs web.

Apabila ada situs web dengan ekstensi domain.DOM dan ekstensi domain.XYZ di hasil pencarian Google, sebagian besar pengguna internet mungkin akan lebih percaya dan mengklik situs web dengan ekstensi domain.COM. Dari hal tersebut, kamu bisa menyimpulkan bahwa ekstensi domain populer memiliki kepercayaan yang lebih di mata pengguna internet. 

Sehingga memungkinkan situs web mendapatkan lebih banyak pengunjung. Juga berdampak pada potensi yang lebih tinggi agar bisa mendapatkan ranking yang lebih tinggi di mesin pencari. Lambat laut, bukan tidak mungkin situs web tersebut akan muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Berdampak Baik pada Hasil Pencarian Lokal (Local SEO)

Pengaruh ekstensi domain terhadap mesin pencari dan hasil SEO bisa kamu lihat pada hasil pencarian lokal (local SEO). Itulah mengapa pemilik situs web ingin mendapatkan peringkat tinggi di negara tertentu di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Untuk bisa mencapai target tersebut, seringkali mereka menggunakan ccTLD atau Country Code Top Level Domain, yaitu domain yang mewakili negara tertentu. Misalnya domain.ID untuk negara Indonesia, domain.US untuk negara Amerika Serikat, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mempelajari apa itu ccTLD secara lebih lanjut di artikel satu ini.

Memengaruhi Click Through Rate (CTR)

Berbicara tentang pengaruh ekstensi domain, kamu juga pasti menyadari bahwa pemilihan yang tepat juga akan berdampak pada click through rate (CTR). CTR adalah jumlah pengguna internet yang mengklik situs web dari hasil pencarian organik, bukan hasil pencarian berbayar (paid search).

Misalnya, ada dua ribu pengguna internet yang melihat situs web kamu dari keyword yang mereka ketik di mesin pencari. Kemudian, 400 orang dari mereka memutuskan untuk mengklik dan mengakses situs web kamu. Itu artinya, angka CTR yang kamu dapatkan adalah 20%.

Angka CTR akan semakin tinggi dengan semakin banyaknya orang yang mengklik situs web kamu dari hasil pencarian mesin pencari, baik Google maupun mesin pencari lain.

Apabila kamu memilih ekstensi domain populer, seperti domain.COM, akan semakin besar peluang agar situs web muncul di halaman hasil pencarian tertinggi. Sehingga berpotensi lebih disukai pengguna internet. Terlebih, mereka sudah familiar dengan jenis ekstensi domain yang kamu gunakan. 

Lain halnya apabila kamu menggunakan ekstensi domain yang tidak sering didengar atau masih asing bagi sebagian besar pengguna internet. Jadi, apabila ingin mendapatkan CTR yang lebih tinggi, sebaiknya gunakan ekstensi domain populer yang sesuai dengan jenis situs web dan tujuan keberadaan situs tersebut.

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Ekstensi Domain

Dengan peran penting domain bagi bisnis online serta pengaruh ekstensi domain terhadap hasil pencarian dan upaya optimasi situs web, tentunya pemilihan ekstensi domain harus tepat, bukan? 

Meski sudah mengantongi nama domain yang sesuai dengan brand atau usaha yang dijalankan, kamu tetap harus memilah dan memilih ekstensi domain mana yang paling tepat. 

Bila masih bingung dalam memilih ekstensi domain, tidak ada salahnya menggunakan daftar ekstensi domain populer sebagai pertimbangan. Selain itu, kamu juga harus memahami bahwa beberapa ekstensi domain tidak bisa digunakan secara bebas.

Misalnya, ekstensi domain.GO.ID digunakan untuk instansi pemerintahan. Ada juga domain.SCH.ID untuk website khusus sekolah.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan saat hendak memilih ekstensi domain untuk situs web bisnis:

  • Relevansi ekstensi domain dengan jenis bisnis
  • Target audiens apakah audiens lokal, nasional, atau mancanegara
  • Kredibilitas dan kepercayaan, misalnya ekstensi domain.COM atau domain.NET dinilai lebih kredibel di mata pengguna
  • Tujuan bisnis yang ingin dicapai

Kesimpulan

Ekstensi domain adalah bagian akhir dari nama domain yang pemilihannya disesuaikan dengan jenis situs web dan tujuan yang ingin pemilik situs web capai. 

Oleh sebab itu, pemilihannya bisa dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai hal termasuk pengaruh ekstensi domain terhadap situs web itu sendiri. Termasuk bagaimana ekstensi domain berpengaruh pada upaya SEO, hasil pencarian, click through rate (CTR), dan kepercayaan pengguna internet.

Bagi yang ingin menggunakan ekstensi domain.NET maupun ekstensi lainnya, bisa segera menghubungi Exabytes sekarang juga.

web hosting terbaik blog banner