Bisnis memerlukan media komunikasi yang bervariasi, salah satunya adalah email. Mari kenalan dengan cara membuat email bisnis profesional yang mudah melalui berbagai platform email terpercaya.
Daftar Isi
Sekilas Tentang Email Bisnis Profesional
Email bisnis adalah alamat surel atau email yang digunakan secara khusus untuk keperluan bisnis atau profesional. Hal ini berbeda dengan email pribadi yang digunakan untuk kepentingan personal. Email bisnis biasanya memiliki nama domain yang terkait dengan perusahaan atau organisasi tempat seseorang bekerja, seperti [email protected].
Dengan kata lain, email bisnis bisa digunakan sebagai alat komunikasi untuk berinteraksi dengan berbagai pihak yang berhubungan dengan bisnis, termasuk rekan kerja, klien, pelanggan, investor, dan pihak-pihak lain.
Penggunaan email bisnis sangat penting dan bermanfaat. Melalui email bisnis, kamu bisa terhindar dari email spam karena penggunaan domain sendiri yang kredibel. Jadi, kamu bisa memastikan email akan diterima oleh pihak yang dimaksud sehingga pesan atau informasi dapat tersampaikan dengan jelas.
Manfaat Email Bisnis
Sudah punya domain tersendiri untuk kebutuhan email bisnis? Dengan mengetahui banyaknya manfaat email bisnis, kamu akan semakin tertarik untuk mencari tahu cara membuat email bisnis profesional.
Terdapat sejumlah manfaat email bisnis yang dibuat secara profesional, yaitu:
Memperkenalkan Bisnis
Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari email bisnis adalah memperkenalkan bisnis kepada target audiens atau target konsumen. Melalui email bisnis, penerima bisa mengenali bisnis yang kamu jalankan.
Email bisnis yang dibuat secara profesional juga bisa kamu jadikan sebagai media untuk mengirimkan profil perusahaan kepada rekan kerja, calon mitra, pelanggan, bahkan calon investor. Bahkan, email bisnis turut membantu bisnis melakukan promosi.
Berbicara tentang promosi melalui email, akan lebih baik apabila kamu juga mempelajari lebih lanjut tentang apa itu email marketing.
Memberikan Kesan Profesional
Belum tahu cara membuat email bisnis profesional dan platform email apa yang cocok dijadikan sebagai pilihan? Nah, kali ini kamu bisa terlebih dahulu memahami apa saja manfaat dari email bisnis. Salah satunya adalah memberikan kesan profesional.
Dengan menggunakan email bisnis, bukan tidak mungkin citra profesional akan terbentuk, bahkan meningkat. Email bisnis menggunakan domain sendiri turut memberikan reputasi khusus di mata pelanggan maupun pebisnis lain. Sehingga dapat memberikan kepercayaan bagi pengirim maupun penerima email.
Mempermudah Penyebaran Informasi
Email bisnis juga turut mempermudah penyebaran informasi terkait dengan bisnis yang dijalankan. Misalnya, saat ingin menyampaikan adanya perubahan harga produk atau jasa, jadwal libur, atau hal lain, kamu bisa segera menyampaikan informasi tersebut melalui email.
Traffic Email Menjadi Lebih Terarah
Manfaat lain dari penggunaan email bisnis adalah traffic data menjadi lebih terarah. Mengapa demikian? Data email terkirim dan email masuk tidak bergabung dengan pengguna email lain.
Selain itu, pengguna email bisnis juga mendapatkan dukungan dari pihak hosting. Apabila ada pertanyaan seputar kebutuhan penggunaan email, penyedia hosting siap membantu, terlebih mereka yang memberikan layanan 24/7.
Memberikan Keamanan yang Lebih Baik
Bagi sebuah bisnis, keamanan data dan informasi menjadi sangat penting, bukan? Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan email bisnis. Email bisnis biasanya hadir dengan sistem keamanan yang lebih baik sehingga data dan informasi penting perusahaan terjaga keamanannya.
Kamu juga bisa mempelajari kelebihan dan kekurangan email bisnis agar semakin yakin mengapa harus beralih ke email bisnis.
Menggunakan Lebih Banyak Fitur
Dibandingkan dengan email pribadi, email bisnis menawarkan lebih banyak fitur. Di mana kamu bisa menggunakan email tanpa batasan pengiriman pesan email setiap harinya. Sehingga memungkinkan bisnis mengirimkan banyak email setiap harinya sesuai dengan kebutuhan.
Tidak hanya itu, email bisnis memungkinkan penggunanya mengirimkan pesan ke banyak orang sekaligus bahkan dengan lampiran file berukuran besar sekalipun.
Cara Membuat Email Bisnis Profesional
Email bisnis memberikan peranan penting dalam kesuksesan bisnis, bukan? Oleh sebab itu, sebaiknya segera berpindah ke layanan email bisnis. Banyak cara membuat email bisnis profesional dan bisa kamu sesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan.
Berikut adalah beberapa pilihan untuk membuat email bisnis disertai dengan caranya:
Cara Membuat Email Bisnis dengan cPanel
Salah satu cara membuat email bisnis profesional bisa kamu lakukan dengan cPanel. Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah:
- Pertama, login ke cPanel hosting
- Kemudian pilih menu Email Accounts
- Tambahkan alamat email dengan klik Create dan pilih domain yang diinginkan, tulis email di bagian Username
- Untuk mengganti password, klik Manage dan masukkan password baru di bagian New Password, lanjutkan dengan klik Update Email Settings
- Apabila ingin mengubah kapasitas email, cek Storage dan sesuaikan kapasitas sesuai keinginan, kemudian klik Update Email settings
Cara Membuat Email Bisnis dengan Google Workspace
Sebelumnya, Google Workspace dikenal sebagai G Suite, yaitu salah satu layanan yang ditawarkan oleh Google. Dengan Google Workspace, akun email bisnis dapat terhubung ke Google Drive dan layanan lain, termasuk Google Sheets dan Google Hangouts.
Melalui Google Workspace, kamu bisa dengan mudah mengikuti cara membuat email bisnis profesional. Bahkan membuat email menjadi lebih mudah tanpa harus memiliki web hosting terlebih dahulu. Jadi, kamu bisa segera menentukan bisnis atau brand online.
Adapun cara yang bisa dilakukan untuk membuat email bisnis menggunakan Google Workspace adalah sebagai berikut:
- Pastikan sudah membuka akun Google Workspace dan verifikasi kepemilikan domain
- Kemudian tambahkan pengguna lain ke Google Workspace
- Lakukan pengaturan layanan untuk Gmail bisnis sesuai kebutuhan
- Atur migrasi email lama dan sinkronisasi penggunaan perangkat mobile sehingga data dari email lama tetap tersimpan dan bisa diakses di berbagai perangkat melalui akun Gmail bisnis
Cara Membuat Email Bisnis dengan Zoho Mail
Selain menggunakan Google Workspace agar bisa memanfaatkan penggunaan Gmail bisnis, kamu juga bisa membuat email bisnis dengan Zoho.
Zoho mail merupakan penyedia layanan email yang populer dengan paket gratis dan berbayar. Dengan memilih paket gratis, pengguna akan mendapatkan email hosting untuk satu nama domain yang bisa digunakan oleh 5 pengguna. Adapun kapasitas penyimpanannya adalah 5 GB per inbox.
Bagi bisnis kecil atau yang baru merintis usaha, paket ini sangat cocok sehingga tetap bisa berkirim pesan tanpa harus mengeluarkan dana yang besar. Namun, apabila ingin memiliki akses ke fitur yang lebih, kamu harus berpindah ke paket berbayar.
Cara membuat email profesional di Zoho juga terkenal mudah sehingga bisa dipelajari oleh pemula, yaitu:
- Pertama, buat akun Zoho main dengan mengisi informasi yang diperlukan, mulai dari nama, alamat email, nomor ponsel, hingga password
- Kemudian, pilih create domain based email account in Zoho dan klik Proceed
- Di bagian Email Setup, lakukan pengaturan hosting, cari Free Plan dan klik Try Now
- Apabila sudah berada di bagian Add an Existing Domain, pastikan untuk klik Add Now
- Setelah muncul jendela baru, masukkan domain dan nama bisnis atau organisasi di kolom yang tersedia, kemudian klik Add
- Selanjutnya, pilih Proceed to Domain Verification
- Pilih salah satu dari tiga metode verifikasi, yaitu tambahkan TXT, tambahkan CNAME record, atau upload file HTML
- Apabila memilih metode verifikasi tambahkan CNAME record, buka tab baru di browser dan login ke registrar domain
- Lanjutkan dengan memilih Domain di registrar dan isi setiap data yang diminta
- Jika sudah, kembali ke halaman Zoho mail dan pilih Proceed to CNAME Verification
- Sebagai super admin, buat akun email dengan memasukkan nama email bisnis kustom dan klik Create
- Di bagian Setup Users, tambahkan alamat email dan lakukan pengaturan di bagian Setup Groups
- Kembali ke DNS di registrar domain dan hapus MX records yang ada
- Kembali ke Zoho mail dan cari value di Mail Exchanger (MX) Records untuk MX record yang akan ditambahkan ke registrar domain
- Tambahkan MX records tadi ke bagian Kelola DNS Records
- Di halaman registrar domain, masukkan value address di Mail server
- Kembali ke Zoho mail dan klik Verify MX Records agar bisa segera menggunakan email
- Lanjutkan dengan memilih Proceed to SPF Configuration
- Masukkan value TXT record di bagian Kelola DNS Record di halaman registrar dan klik Tambah Record
- Kemudian kembali ke Zoho mail dan klik Verify SPF Record
- Klik Proceed to DKIM Configuration
- Salin value TXT record dari Zoho mail dan tempel di Kelola DNS Record di halaman registrar domain, lanjutkan dengan klik Add Record
- Verify DKIM Record di Zoho mail
Cara Membuat Email Bisnis dengan Email Hosting
Cara membuat email bisnis profesional lainnya adalah dengan email hosting. Email hosting menyediakan kapasitas yang lebih besar dari cPanel. Untuk bisa membuatnya, segera pilih email hosting dari Exabytes dan sesuaikan dengan kebutuhan. Kemudian, nikmati kemudahan dalam membuat email bisnis.
Kesimpulan
Dengan ketersediaan berbagai cara membuat email bisnis profesional, para pelaku bisnis mempunyai banyak pilihan. Sebagai pemilik bisnis, itu artinya, kamu bisa memilih cara yang paling mudah dan sesuai dengan preferensi dalam menjalankan bisnis.
Sebagai solusi tepat untuk kebutuhan email dalam menjalankan bisnis, tentunya Email bisnis dari Exabytes hadir menawarkan banyak keunggulan. Jadi, mengapa tidak segera menggunakan layanan tersebut?