Apa Itu Ekstensi Domain? Pengertian Beserta Fungsinya

0
2023

Pernah memperhatikan nama website dimana sebagian diakhiri dengan .COM, .ID, ,NET, dan lainnya? Nah, yang barusan disebutkan adalah ekstensi domain yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Belum tahu apa itu ekstensi domain dan mengapa ada begitu banyak jenisnya?

Yuk cari tahu lebih dalam tentang ekstensi domain agar tidak salah pilih saat kamu hendak memilih nama domain untuk situs web bisnis online atau blog yang segera kamu publish ke khalayak.

Apa Itu Domain?

apa itu domain
Domain yang unik akan lebih cepat dan mudah diingat pengguna internet. (Sumber: shutterstock)

Domain merupakan identitas bagi sebuah website yang berupa nama unik yang dapat mewakili sebuah perusahaan, bisnis, brand, atau produk. Melalui nama domain, pengguna internet tidak perlu mencari pihak tertentu menggunakan alamat IP. Cukup dengan mengingat nama website dan kemudian mengetiknya di kolom mesin pencari.

Domain tidak akan memiliki peran penting apabila tidak hadir dengan menawarkan fungsinya. Artinya, domain memiliki fungsi yang penting bagi pemilik bisnis maupun target audiens mereka.

Domain berfungsi sebagai penghubung antara server dengan klien. Dengan begitu, internet bisa mengenali website mana yang sedang pengguna internet cari untuk kebutuhan mereka.

Selain itu, domain juga memiliki fungsi dalam branding sebuah perusahaan atau bisnis online. Melalui domain, pengguna internet yang merupakan target pasar bisnis akan bisa mengenali keberadaan online bisnis tersebut.

Pemilik bisnis online yang menggunakan internet sebagai media atau strategi digital marketing bisa menggunakan domain sebagai identitas bisnisnya. Tujuannya adalah agar audiens tahu siapa dibalik website yang mereka kunjungi atau akses baik untuk mendapatkan produk atau jasa maupun sekedar mencari informasi yang diperlukan.

Baru memulai bisnis online dan belum punya domain? Coba tips memilih domain yang akan membantu kamu mendapatkan nama domain yang tepat.

Apa Itu Ekstensi Domain?

apa itu ekstensi domain adalah
Ekstensi domain menjadi bagian dari identitas website. (Sumber: shutterstock)

Jika sudah tahu apa itu domain, bagaimana dengan ekstensi domain? Pernah mendengar istilah tersebut sebelumnya? Ekstensi domain adalah bagian bagian akhir yang bisa kamu lihat pada nama domain sebuah situs web atau blog. Contohnya adalah exabytes.CO.ID, dimana Exabytes adalah nama domain dan .CO.ID adalah ekstensi domain.

Untuk mengenali ekstensi domain tentunya tidak sulit. Nama domain dan ekstensi domain dipisahkan oleh DOT (.) seperti pada contoh di atas. Atau contoh lain adalah whois.COM. Dengan begitu, kamu akhirnya tahu apa itu ekstensi domain.

Ada begitu banyak pilihan ekstensi domain yang umumnya pengguna sesuaikan dengan jenis website dan bisnis. Bahkan tersedia juga ekstensi domain unik yang akan membuat bisnis terlihat profesional dan kredibel. 

Selain sebagai bagian dari situs web, ekstensi domain juga merupakan identitas website. Apa itu ekstensi domain dan mengapa menjadi identitas bagi situs web? Masing-masing ekstensi domain memiliki arti tersendiri. Itulah kenapa kamu tidak boleh salah memilih ekstensi domain karena nantinya akan menjadi representasi situs web yang kamu kelola.

Jenis Ekstensi Domain dan Fungsinya

Apa Itu Ekstensi Domain? Pengertian Beserta Fungsinya - 2024
Tersedia banyak pilihan ekstensi domain untuk kebutuhan dan tujuan website berbeda. (Sumber: pixabay)

Sudah tahu apa itu ekstensi domain dan bagaimana cara mengenalinya? Satu hal yang bisa kamu ingat adalah ekstensi domain terletak di akhir domain yang ditandai dengan titik atau dibaca dot.

Sebelum memutuskan untuk membeli domain Indonesia, mengapa tidak terlebih dahulu mengenal apa saja jenis ekstensi domain yang bisa kamu gunakan beserta fungsinya?

Berikut adalah beberapa jenis ekstensi domain yang akan membantu kamu memilih ekstensi yang tepat sesuai kebutuhan dan jenis situs web:

Generic Top Level Domain (gTLD)

Seperti namanya, Generic Top Level Domain (gTLD) merupakan ekstensi domain yang umum digunakan bahkan menjadi salah satu yang paling populer di dunia.

Beberapa contoh dari ekstensi domain ini adalah sebagai berikut:

  • .COM yang merupakan ekstensi domain yang bisa digunakan oleh siapapun dari berbagai belahan dunia untuk kebutuhan bisnis secara umum
  • .ORG menjadi pilihan ekstensi domain bagi organisasi yang ingin memiliki situs web agar semakin dikenal oleh banyak orang
  • .NET merupakan ekstensi untuk mereka di bidang internet atau network
  • .INFO merupakan singkatan dari information yang hadir untuk situs web dengan konsep media atau pengetahuan termasuk situs web berita dan lain sebagainya.
  • .BIZ hadir sebagai ekstensi yang bisa kamu pilih apabila ingin memiliki bisnis online
  • .XYZ yaitu ekstensi domain situs web umum

Selain beberapa contoh di atas, kamu juga bisa menggunakan gTLD lain yang tersedia. Tentunya, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah tujuan dari pembuatan situs web agar bisa memudahkan dalam memilih ekstensi yang pas. Misalnya, untuk situs web sekolah, domain.SCH menjadi pilihan tepat.

Apabila kamu lebih tertarik menggunakan domain.XYZ, kini saatnya untuk mencari tahu lebih jauh apa itu ekstensi domain.XYZ

Country Code Top Level Domain (ccTLD)

Untuk melengkapi informasi apa itu ekstensi domain yang kamu cari, pastikan kamu juga familiar dengan country code top level domain. Ekstensi domain satu ini seolah menjadi identitas bagi situs web untuk mengetahui negara asal atau dimana situs web tersebut dikelola. Misalnya domain.ID merupakan ekstensi domain untuk negara Indonesia.

Ada banyak alasan mengapa kamu harus memilih domain.ID yang pastinya akan menguntungkan untuk bisnis yang sedang dijalankan.

Berikut adalah contoh ekstensi domain dari ccTLD dari berbagai negara:

  • .US merupakan ekstensi domain untuk Amerika Serikat
  • .DE adalah untuk negara Jerman
  • .SG untuk nama domain situs web di Singapura
  • .AU adalah domain untuk Australia
  • .CN untuk Republik Rakyat Tiongkok
  • .RU untuk pemilik website yang bertempat di Rusia

Penggunaan ekstensi domain negara juga bisa berdampingan dengan tujuan dari domain yang digunakan. Misalnya, domain.GO.ID merupakan ekstensi domain untuk website instansi pemerintahan yang ada di Indonesia.

New Generic Top Level Domain (NgTLD)

New generic top level domain merupakan salah satu domain baru top level domain atau TLD yang umum atau general. Bagi kamu yang penasaran dengan pilihan ekstensi domain tersebut, berikut adalah beberapa contoh dari NgTLD:

  • .SITE bisa digunakan untuk situs web profesional, situs web pribadi, maupun bisnis online
  • .TECH bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin mengembangkan situs web yang berfokus pada pendidikan dan teknologi
  • .STORE adalah ekstensi domain untuk toko online, commerce, bisnis lokal, dan retail
  • .ONLINE cocok bagi siapa saja yang hendak mengelola situs web perusahaan, startup, profil, hingga blog

Ekstensi Domain Mana yang Tepat?

Apa Itu Ekstensi Domain? Pengertian Beserta Fungsinya - 2024
Memilih ekstensi domain yang tepat itu penting. (Sumber: pixabay)

Bagi sebagian besar orang, domain.COM tentunya menjadi pilihan tepat karena satu dan lain hal. Agar lebih pastinya, coba pertimbangkan berbagai alasan menggunakan domain.COM agar tidak menyesal di kemudian hari. 

Apabila kamu masih ragu dalam memilih ekstensi domain padahal ingin segera mendapatkan domain murah untuk situs web atau blog, pertimbangkan beberapa hal berikut saat memilih ekstensi domain:

Pertimbangkan Website yang Akan Dibuat

Kini, bukan lagi tentang apa itu ekstensi domain dan fungsinya. Melainkan ekstensi domain mana yang harus dipilih untuk situs web yang hendak kamu buat.

Pada dasarnya, pemilihan ekstensi domain tidak kalah penting dengan pemilihan nama domain karena berhubungan dengan situs web. Agar bisa memilih ekstensi, pastikan kamu sudah tahu website apa yang akan kamu kelola. 

Perhatikan Ekstensi Domain

Setiap pengguna bisa memilih ekstensi domain dengan bebas. Akan tetapi, tidak semua ekstensi domain bisa digunakan secara sembarangan. Beberapa ekstensi hanya diperuntuk bagi pihak yang memenuhi persyaratan untuk membeli domain tersebut.

Contohnya adalah domain.GO.ID yang diperuntukkan untuk instansi pemerintahan di Indonesia. Begitu pula dengan domain.SCH.ID yang hadir sebagai ekstensi untuk website sekolah. Sementara domain.AC.ID adalah ekstensi untuk situs web perguruan tinggi.

Perhatikan Harga Domain dan Harga Perpanjangannya

Selain hal-hal di atas, memilih ekstensi domain berarti kamu siap untuk membayar sejumlah uang saat membeli domain, bukan? Oleh sebab itu, kamu juga harus memperhatikan harga domain serta harga perpanjangan domain.

Setiap domain tidak bisa kamu gunakan selamanya. Artinya, kamu harus memperpanjang kepemilikan domain agar bisa terus menggunakannya hingga beberapa tahun ke depan. Dengan perpanjangan domain, kamu tetap bisa menggunakan nama domain yang sama tanpa harus mengganti dengan nama unik lain.

Jadi, kamu juga tidak perlu mengecek nama pemilik domain secara terus menerus agar bisa mendapatkan domain yang diinginkan. 

Kesimpulan

Sekarang, pastinya kamu sudah mengenal apa itu ekstensi domain. Bahkan, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan domain.NET sebagai alternatif ekstensi domain apabila domain dengan ekstensi yang kamu mau sudah tidak tersedia.
Tidak perlu lagi bingung memilih ekstensi domain karena domain murah dari Exabytes memungkinkan kamu mendapatkan ekstensi domain yang kamu mau. Tentunya, ekstensi domain tersebut sesuai dengan jenis dan tujuan kehadiran website yang kamu kelola.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments