Pengertian WordPress Hosting Beserta Kelebihannya (Lengkap)

121
Pengertian WordPress Hosting
Berkah Ramadhan
7 min read

Hai Exabytes Friends~ 

Dalam mengembangkan sebuah website atau blog, pasti diperlukan hosting agar website atau blog yang dikelola bisa lebih optimal. Tetapi hosting pun memiliki beberapa jenis lho. Salah satunya adalah WordPress Hosting

Mungkin kamu pernah mendengar tentang hosting atau WordPress Hosting itu sendiri tetapi belum tau apa sih pengertian dan apa saja kelebihannya. Oleh karena itu, semuanya akan dibahas dalam artikel ini. Simak baik-baik ya, Friends.

Pengertian Hosting

Sebelum kamu mengetahui tentang WordPress Hosting, ada baiknya kamu mengetahui tentang Hosting terlebih dahulu nih. 

Hosting adalah tempat di mana file dan data yang diperlukan website disimpan serta dapat diakses dan dikelola melalui internet. File website yang disimpan pada hosting berupa gambar, video, email, script, aplikasi dan database penting. Data ini yang bisa diakses oleh audiens di internet.

Ilustrasi Hosting, WordPress Hosting

Hosting pun memiliki kapasitas penyimpanannya masing-masing sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Misalnya hosting yang digunakan personal untuk blog, website perusahaan hingga website e-commerce untuk bisnis online. Apapun kebutuhanmu, hosting akan menyimpan semua data yang kamu perlukan.

Ada beberapa jenis hosting yang ditawarkan yaitu shared hosting, cloud hosting, VPS hosting dan terakhir WordPress Hosting. Untuk mengetahui jenis-jenis hosting selengkapnya, kamu bisa membaca di artikel ini ya.

Pengertian WordPress Hosting

WordPress hosting adalah layanan web hosting yang diperuntukkan website yang menggunakan platform WordPress sebagai CMS atau Content Management System. Website sendiri saat ini banyak yang menggunakan platform dengan logo W ini dikarenakan banyak kemudahan yang ditawarkan. Tak hanya sebagi blog saja tetapi WordPress bisa digunakan untuk portfolio, website perusahaan, hingga e-commerce atau toko online.

Untuk kamu yang juga menggunakan WordPress sebagai CMS website atau blog kamu, maka kamu akan membutuhkan WordPress Hosting. Dan Exabytes pun menyediakan WordPress Hosting terbaik yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. 

Tanda-Tanda Kamu Harus Menggunakan WordPress Hosting

Mungkin saat ini kamu sedang bertanya-tanya, kira-kira kapan sih harus menggunakan atau beralih ke WordPress Hosting? Banyak orang yang masih menunggu atau ragu untuk berpindah atau upgrade ke WordPress Hosting. 

Tanda-tanda harus menggunakan WordPress Hosting

Berikut adalah tanda-tanda kamu harus menggunakan WordPress Hosting

  • Ketika website kamu berjalan lambat atau loading lama
  • Website sering mengalami downtime
  • Website pernah atau malah sering dihack atau diretas
  • Butuh banyak waktu untuk mengoptimalkan server daripada mengelola website
  • Banyak kendala saat memperbarui website

Kalau tanda-tanda di atas sedang kamu alami, berarti kamu perlu banget untuk berpindah atau upgrade hostingmu ke WordPress Hosting.

Karena website yang lambat akan membuat pengunjung website pergi dan jika website diretas, maka kamu akan kehilangan kepercayaan. Padahal website yang memiliki kinerja yang baik dan optimal bisa membantu kamu menghasilkan lebih banyak uang dan meningkatkan kredibilitas di mata pengunjung website.

Baca Juga  Perbedaan WordPress dan Blogspot; Yang Mana Yang Harus Kamu Pilih?

Kelebihan WordPress Hosting

Kalau kamu menganggap bahwa hosting hanya untuk tempat penyimpanan data saja, itu tidak sepenuhnya benar lho. Banyak sekali kelebihan WordPress Hosting yang perlu kamu ketahui.

Lalu, apa saja sih kelebihan WordPress Hosting?

Kelebihan WordPress Hosting

Beberapa kelebihan WordPress Hosting yang perlu kamu ketahui yakni :

Resource Besar

Kelebihan pertama adalah resource yang besar. Setiap website memiliki kebutuhan tersendiri mengenai resource dan memory yang diperlukan. Resource ini digunakan untuk menyimpan data-data yang diperlukan di website. Oleh karena itu, kamu perlu sekali menggunakan hosting dari sekarang agar website kamu bisa bekerja secara optimal.

Keamanan

Dengan menggunakan WordPress Hosting, kamu tak perlu khawatir soal keamanannya karena sudah dijamin oleh perusahaan penyedia hosting. Jadi kamu tak perlu cemas terhadap serangan dadakan seperti malware, virus atau cybercrime.

Cepat

Sudah pasti dengan menggunakan hosting, kecepatan pun meningkat. Page loading website pun akan lebih cepat dibandingkan menggunakan shared hosting lho meskipun traffic website sedang ramai. Kalau website kamu cepat, pengunjung pun jadi senang dan betah untuk berada di websitemu.

Manajemen Yang Mudah

Ketika website kamu memiliki banyak pengunjung atau klien, maka penting sekali untuk mengelola dengan teratur. Dengan menghosting website WordPress kamu, kamu bisa mengaturnya dengan mudah tanpa perlu melakukan banyak hal. Sehingga kamu pun bisa menghemat waktu dan bisa mengembangkan website lebih baik lagi.

Pembaruan dan Backup Otomatis

Dengan menggunakan hosting, kamu nggak perlu repot lagi melakukan pembaruan karena ini sudah otomatis lho. Mulai dari versi WordPress terbaru, pembaruan PHP hingga pembaruan tema dan plugin. 

Tak hanya pembaruan saja tetapi bisa juga melakukan backup otomatis. Tergantung dari paket hosting yang kamu beli, ada yang menawarkan harian, mingguan atau bulanan untuk layanan backup ini. Tentu saja ini sangat memudahkan penggunanya.

Bebas Downtime

Website yang down memang menjadi masalah buat beberapa pemilik website. Tapi kalo down terus menerus, kamu akan kehilangan pengunjung dan mereka pun enggan buat datang lagi karena sudah dianggap buruk. Dengan hosting, masalah ini dapat teratasi meskipun traffic sedang ramai.

Dukungan Tim Ahli

Dengan menggunakan hosting ini, kamu bisa mendapatkan dukungan ahli terpercaya dan responsif dari perusahaan penyedia hosting. Ini akan sangat membantumu bila kamu ada kendala sewaktu-waktu atau untuk mengoptimasi WordPress kamu.

Hemat Biaya

Harga untuk WordPress Hosting memang lebih mahal dibandingkan shared hosting tetapi dengan banyak kelebihan yang disediakan, tentu saja ini akan membuatmu menghemat biaya. Ini bisa menjadi win-win solution karena website kamu bisa bebas downtime, lebih aman dan lebih cepat dengan menggunakan hosting.

Keunggulan WordPress Hosting Exabytes

Jika saat ini kamu lagi berpikir untuk menggunakan WordPress Hosting terutama setelah membaca informasi di atas, kamu bisa menggunakan WordPress Hosting terbaik dari Exabytes yang berkualitas dengan banyak keunggulan.  

Baca Juga  Buat Toko Online Dengan WordPress Sekarang di EDD For Customer
WordPress Hosting Terbaik dari Exabytes Indonesia

Beberapa kelebihan WordPress Hosting Exabytes yang perlu kamu ketahui yakni :

Dilengkapi dengan Plesk Obsidian

WordPress Hosting di Exabytes dilengkapi dengan fitur Plesk Obisidian. Plesk merupakan salah satu aplikasi hosting control panel yang populer khususnya di kalangan penyedia hosting Eropa. Tool ini secara efektif memungkinkan pengembangan aplikasi dengan menyediakan akses ke web sederhana dan lebih aman yang dikelola oleh perusahaan hosting.

Dengan fitur Plesk dalam WordPress Hosting akan memberikanmu banyak kemudahan dan keunggulan lho yaitu :

  • Dijamin 300% lebih cepat 

Tak perlu khawatir lagi soal downtime, website kamu akan bekerja dengan super cepat hanya dengan beberapa klik saja lho.

  • Tingkat keamanan yang tinggi

Plesk telah menggunakan praktik terbaik dari pakar keamanan WordPress dan WordPress Codex untuk melindungi website kamu. Jadi nggak perlu lagi khawatir soal keamanan websitemu.

  • Mudah melakukan pengaturan di website

Sekarang mudah banget untuk mengelola beberapa situs di website WordPress, plugin, tema WordPress hingga akun email juga.

  • Kemudahan staging WordPress

Nggak perlu pusing untuk mengedit website secara langsung, dengan fitur ini kamu bisa menggandakan WordPress kamu dan membangun staging untuk merubah tampilan website kamu.

Otomatis Scan Malware , Virus dan Perbaikan Website

Nggak perlu lagi khawatir dengan malware, serangan DDoS atau virus karena sudah dilengkapi fitur Patchman dimana akan menjaga website kamu tetap aman.

Dukungan Teknologi Server Terbaik

WordPress Hosting terbaik Exabytes didukung oleh teknologi server terbaik yang bisa membuat kinerja website kamu lebih baik lagi dari sebelumnya

  • NGINX Ready

NGINX adalah teknologi web server yang dipercaya menagani website dengan trafik tinggi atau e-commerce terkemuka.

  • Dukungan  HTTP/2

Dengan dukungan HTTP/2 akan memungkinkan website kamu 300% lebih cepat dibandingkan website lain yang masih menggunakan teknologi HTTP.

  • Gratis SSL

Sertifikasi SSL Gratis akan mudah sekali diaktifkan dan membantu melakukan enskripsi halaman dan pengunjung website pun mendapatkan rasa percaya dan aman.

Downtime Monitoring

Sudah nggak perlu repot lagi kalau website down karena di Exabytes selalu rutin melakukan downtime monitoring. Setiap 5 menit, server kami akan melakukan pengecekkan guna memastikan WordPress Hosting yang digunakan berjalan maksimal. Jadi websitemu akan bebas downtime deh.

Jaminan Anti Lemot dengan SSD

Selamat tinggal website lemot karena dengan menggunakan WordPress Hosting terbaik Exabytes, kamu nggak akan mengalaminya. Didukung oleh kombinasi penyimpanan SSD di Data Center kelas dunia dan didukung oleh ISP Tier III dengan jaminan garansi network uptime 99,9%.

Demikian artikel kali ini mengenai WordPress Hosting beserta kelebihannya. Semoga artikel ini bisa membantu kamu ya memahami tentang hosting jenis ini dan bisa meyakinkan dirimu untuk menggunakan WordPress Hosting mulai sekarang. Exabytes Indonesia pun menyediakan WordPress Hosting terbaik yang bisa menjadi solusi untuk website milikmu. Kunjungi laman Exabytes Indonesia untuk informasi lebih lanjut.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
Berkah Ramadhan