Cari Tahu Fitur Terbaru dari Plesk Obsidian

68
10 min read


Tertarik Pindah Hosting ke Exabytes?

Segera Dapatkan Diskon Pindah Hosting 50% selama 1 tahun.

Ya, saya tertarik


Hi Exabytes Friends!

Plesk merupakan salah satu aplikasi hosting control panel yang populer khususnya di kalangan penyedia hosting Eropa. Plesk secara efektif memungkinkan pengembangan aplikasi dengan menyediakan akses ke web sederhana dan lebih aman yang dikelola oleh perusahaan hosting.

Namun, terdapat kekurangan yaitu interface dari Plesk cenderung kompleks dibandingkan control panel lain. Tapi tenang Friends, Plesk Obsidian ini punya beberapa pembaruan loh! Salah satunya pembaruan mengenai interface nya.

Jadi, baca sampai akhir ya supaya kamu tahu apa aja sih fitur-fitur yang diperbarui dari Plesk Obsidian!

Tampilan Baru

Kali ini, Plesk Obsidian memodifikasi tampilannya berdasarkan feedback yang diberikan oleh para penggunanya. Beberapa tampilan baru yang lebih fresh dari Plesk Obsidian yaitu menu di sebelah kiri yang dapat diperkecil sehingga lebih efisien dan tidak memakan tempat.

Cari Tahu Fitur Terbaru dari Plesk Obsidian

Fitur global search yang terbaru juga menyediakan experience yang menjadi spotlight sehingga pengguna dapat mengetahui experience apa yang telah disoroti. Selanjutnya, interface yang tersedia pun diatur menjadi lebih ringan dan lebih mudah untuk dilihat. Terakhir, situs web dan domain nya pun juga didesain ulang loh. Seperti penggunaan kembali WordPress Toolkit yang dapat membantu melakukan pengaturan, update, dan cek keamanan. 

Ada juga fitur at-a-glance overview yang berisi tentang tinjauan-tinjauan singkat, serta akses fungsi yang sudah terstruktur sehingga dapat memudahkan pengguna. Tampilan barunya pun juga sudah lebih rinci dari sebelumnya dan terdapat overview untuk semua situs secara bersamaan loh, Exabytes Friends.

SSL It!

SSL It ini berfungsi untuk mengamankan server. Plesk Obsidian akan selalu dilakukan pre-installed dengan clear installation dan penginstallan ketika ada upgrade terbaru. Dengan menggunakan SSL It, Beberapa hal yang bisa didapatkan jika menggunakan SSL It yaitu dapat memperpanjang sertifikat dari berbagai Certificate Authorities loh guys. Selain itu kamu bisa mengamankan domain, webmail, subdomain, dan lainnya.

Cari Tahu Fitur Terbaru dari Plesk Obsidian

Dengan menggunakan SSL It kita dapat secara otomatis menginstall dan memperbarui sertifikat Let’s Encrypt untuk domain, mengelola HSTS, OCSP Stapling, dan HTTP ke HTTPS, memantau status SSL/TLS dengan bantuan indikator yang ada di halaman domain, menggunakan TLS versi terbaru dan chipers, serta bisa mendapatkan peringkat A+ dari SSL labs.

Repair Kit

Cari Tahu Fitur Terbaru dari Plesk Obsidian

Fitur ini dapat mendeteksi secara otomatis dan menyelesaikan permasalahan yang ada. Para pengguna juga dapat melihat daftar proses yang sedang berjalan di server serta total penggunaan RAM, CPU, dan penggunaan disk yang ada pada proses yang sedang berjalan di server. Fitur repair kit pada Plesk Obsidian ini juga berencana untuk diupgrade agar pengguna dapat melihat daftar MySQL Queries untuk menemukan penyebab masalah yang terjadi loh.

Advanced Monitoring

Cari Tahu Fitur Terbaru dari Plesk Obsidian

Fitur Advanced Monitoring ini bisa didapatkan secara manual oleh pengguna jika sudah memasang dan memperbarui ke Plesk Obsidian. Dengan menggunakan fitur Advanced Monitoring, para pengguna dapat mengetahui informasi tentang ketersediaan server dan masalah yang berkaitan tentang konsumsi sumber daya seperti CPU, RAM, dan disk melalui e-mail yang bersangkutan atau aplikasi Plesk tersebut. Selain itu, Advanced Monitoring ini dapat dikombinasikan dengan grafik Grafana yang baru juga loh Friends, agar dapat mempermudah pengguna untuk membacanya.

More secure, More robust, More useful and Faster out of the box

Pada pembaruan Plesk Obsidian kali ini, akan lebih aman dan kuat sehingga jika terjadi kemacetan pada layanan dapat segera dilakukan restart secara otomatis. Serta perbaikan pada layanan PHP-FPM dan Apache untuk melakukan restart pun lebih dapat diandalkan daripada versi sebelumnya. 

Baca Juga  5 Alasan Kenapa Kamu HARUS Mulai Bisnis Online SEKARANG
Cari Tahu Fitur Terbaru dari Plesk Obsidian

Selain kedua pembaruan tersebut, situs web yang dibuat memiliki HTTP dan HTTPS yang ramah SEO (Search Engine Optimization) secara default. Kini modul PageSpeed juga akan dikompilasikan dengan NGINX yang memiliki kecepatan dan kemampuan tinggi dalam menangani jumlah koneksi yang banyak atau traffic yang tinggi. Entry Point Plesk juga sudah dioptimalkan loh Friends agar dapat digunakan di Clouds seperti Amazon, Digital Ocean, dan lainnya.

PHP Composer (Dependency Manager for PHP) support, v2.0 

Di pembaruan kali ini, pengguna dapat menggunakan PHP Composer tanpa perlu mengakses SSH dan dapat menjalankan composer yang paling berguna melalui UI tanpa akses SSH. Selain itu, ketika pengguna ingin menginstall dan memperbarui dependensi dapat dilakukan hanya dengan satu klik saja loh Friends. Pengguna tidak perlu memusingkan tentang apa saja step dan opsi yang harus dijalankan untuk menginstall dependensi. Plesk sudah menyediakan cara mudah yang sudah dirancang hanya dengan klik sebuah tombol saja. 

Cari Tahu Fitur Terbaru dari Plesk Obsidian

Namun, para pengguna juga perlu meninjau dependensi yang diinstall sehingga keputusan untuk memperbarui akan menjadi hal yang baik dan masuk akal. Plesk Obsidian juga memiliki rencana ke depannya untuk menghadirkan indikator yang menunjukkan apakah ada masalah keamanan dengan versi yang telah diinstal. Pengguna juga bisa mendapatkan versi PHP secara otomatis yang ditentukan dalam composer.json dan composer pun dijalankan menggunakan PHP handler yang benar (bukan default system).

File Manager UX Improvements

Peningkatan kualitas fitur ini berupa file manager yang dapat mengupload secara massal dan mengekstrak file berupa RAR, TAR, TAR.GZ, dan TGZ serta ditambah dengan fitur file search dengan hanya mencari nama file tersebut, dapat berupa keyword yang ada pada nama file atau keseluruhan nama file. Hal tersebut tentunya akan sangat membantu para pengguna, terutama ketika lupa dengan nama file keseluruhan dan hanya mengingat salah satu keyword nya saja.

Cari Tahu Fitur Terbaru dari Plesk Obsidian

Tak sampai situ saja, Plesk Obsidian juga sudah merancang beberapa pembaruan lain seperti quickly preview image and text sehingga pengguna dapat melihat tanpa membuka file manager melalui panel. Selain itu, akan terdapat fitur file manager yang secara otomatis dapat menyimpan pencarian pengguna dan otomatis akan terbuka saat pengguna mengetikkan nama file. Fitur ini dapat membantu dan menghemat waktu pengguna sehingga tidak kesulitan saat mencari file. Salah satu fitur yang sudah direncanakan di Plesk Obsidian ini juga sangat menarik nih Friends. Buat para pengguna yang secara tidak sengaja menghapus file nya di file manager bisa langsung me-restore file tersebut melalui file manager UI meskipun sebelumnya tidak diback-up. Canggih banget kan Friends?

Move domains between subscriptions

Cari Tahu Fitur Terbaru dari Plesk Obsidian

Dengan fitur ini, para pengguna dapat mengatur bisnisnya dan menjauhkan beberapa situs tertentu yang bersangkutan dengan keamanan. Serta dapat memisahkan antara situs performance dan produksi pada bisnis pengguna. Fitur ini pun menjadi fitur yang telah lama dinanti-nanti oleh para pengguna. 

Baca Juga  Tips Berburu Diskon 12.12

Restriction of server-side operations for Plesk Admins

Pada pembaruan kali ini, Plesk Obsidian menyediakan tingkat kontrol yang lebih besar dan dapat dilakukan oleh pengguna Plesk, namun hal tersebut belum bisa dilakukan oleh pengguna Plesk dengan mode akses yang terbatas. Hal itu dapat diterapkan untuk administrator Plesk dan administrator tambahan serta memungkinkan untuk menyempurnakan alat dan pengaturan administrasi server mana yang tersedia untuk administrator ketika Restricted Mode diaktifkan, alat dan pengaturan administrasi hosting web mana yang tersedia untuk administrator dalam Power User View saat Restricted Mode diaktifkan, serta layanan dan sumber daya langganan mana yang tersedia untuk administrator dalam Power User View ketika Restricted Mode diaktifkan.

Cari Tahu Fitur Terbaru dari Plesk Obsidian

Dengan cara ini pengguna dapat memberikan akses administrator pelanggan ke Plesk dibandingkan dengan akses reseller atau pelanggan. Pengguna juga tetap dapat mengontrol akses ke bagian operasional seperti pembaruan, reboot, shutdown, dan lain-lain.

Notifications

Cari Tahu Fitur Terbaru dari Plesk Obsidian

Kali ini, pemberiahuan e-mail diupgrade dengan format yang lebih baik misalnya pesan dengan format HTML akan lebih mudah dibaca daripada teks bias. Desain yang ada pun membuat pesan lebih menarik dilihat serta dapat membantu menonjolkan pesan yang akan disampaikan. Selanjutnya, pemberitahuan pada panel pun sudah tersedia saat ini. Pesan-pesan penting yang muncul akan langsung ditampilkan untuk pengguna Plesk. Sehingga pesan-pesan tersebut dapat segera diketahui dan ditindaklajuti agar dapat diselesaikan secara cepat.

Mail Improvements

Cari Tahu Fitur Terbaru dari Plesk Obsidian

Sekarang, surat untuk domain dapat diamankan dengan sertifikat SSL/TLS. Tak hanya itu, server surat dan webmail Plesk pun diamankan dengan sertifikat SSL/TLS yang mengamankan Plesk itu sendiri. Para pengguna e-mail pun dapat menerima pemberitahuan ketika 95% ruang penyimpanan mereka telah terisi. Sehingga pengguna dapat segera mengelola ruang penyimpanan khususnya kotak surat. Sekarang administrator Plesk juga bisa mengubah kata sandi pelanggan, reseller, dan pengguna tambahan dengan otomatis mengirim password reset link ke e-mail. Terakhir, pengguna juga dapat mengatur ulang password meskipun tidak memiliki akses ke alamat e-mail utama.

Plesk Backup Optimizations

Saat ini Plesk Obsidian juga menyediakan optimasi untuk mem-backup data. Terdapat beberapa ketentuan yang harus diperhatikan oleh pengguna nya nih Friends. Ruang kosong minimum untuk mencadangkan dan memulihkan data yang perlu dipersiapkan meliputi ruang disk server gratis diperluka untuk membuat dan memulihkan cadangan di penyimpanan cloud seperti Google Drive, Amazon S3, dll. 

Cari Tahu Fitur Terbaru dari Plesk Obsidian

Lalu ruang disk tambahan juga diperlukan jika ingin mengembalikan single subscription dari cadangan full server dan mencadangkan server ke penyimpanan cloud. Nah, pembaruan yang juga menguntungkan yaitu cadangan yang disimpan dalam penyimpanan cloud dapat dihapus empat kali lebih cepat dari sebelumnya.

Revised Docker (Services in Docker the more convenient way to deliver) 

Cari Tahu Fitur Terbaru dari Plesk Obsidian

Plesk Obsidian mengatur layanan dan secara otomatis akan mengintegrasikannya dengan situs web para penggunanya, Friends. Dengan menyebarkan layanan tambahan untuk situs web seperti Varnish, MongoDB, dll hanya dengan klik menggunakan integrasi Docker yang telah diperbarui.

Nah, itu dia beberapa fitur terbaru Plesk Obsidian. Lebih bagus dari sebelumnya kan?

Nantikan artikel selanjutnya ya Friends!

Credit to: Salma Nur Hanina
View her LinkedIn: 
https://www.linkedin.com/in/salma-nur-hanina-b39baa192/

3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here