Penjelasan Blog: Sejarah, Fungsi, Jenis, dan Manfaat

0
1974

Ada banyak cara untuk mencari informasi dengan cepat tanpa harus pergi ke perpustakaan atau tempat lain untuk mengakses berita terbaru. Salah satu metode yang paling efektif adalah mengakses internet, yang berisi banyak konten web dan artikel. Blog adalah salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan informasi dengan cepat dari berbagai sumber yang bisa kamu pilih sendiri.

Pada artikel ini, kami akan memberikan informasi terbaru tentang penjelasan blog, penggunaan blog dan jenis blog. Sehingga kedepannya kamu bisa membuat situs blog sendiri dengan aturan dan persiapan konten yang benar.

Pengertian Blog

Blog merupakan singkatan dari “weblog” yang merupakan jenis website yang menampilkan berbagai konten informasi baik dalam bentuk artikel, foto, video, maupun tautan. Konten dalam blog biasanya disajikan dalam bentuk artikel.

Sementara itu, istilah lain yang berkaitan dengan blog, yaitu bloggerBlogger merupakan orang yang menjalankan sebuah blog. Termasuk menulis dan mempublikasikan postingan-nya secara teratur.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa pada mulanya blog digunakan sebagai media untuk berbagi cerita.

penjelasan blog

Namun, seiring berjalannya waktu blog juga digunakan untuk mempublikasikan konten lain yang berkaitan dengan iklan dan pemasaran. Banyak organisasi, lembaga, dan perusahaan yang menggunakan blog sebagai saluran pemasaran sekaligus membangun brand awareness di mata masyarakat.

Isi konten blog biasanya disesuaikan berdasarkan bidang-bidang tertentu, seperti kesehatan, keuangan, otomotif, dan lain-lain.

Maka dapat disimpulkan bahwa blog adalah jurnal online berbentuk situs web yang menampilkan informasi yang berisi kronologi dan posting-an terbaru yang muncul pertama di bagian atas.

Isi dari konten blog adalah berupa teks, gambar, video, GIF animasi, dan beberapa juga ada berupa hasil scan buku harian atau jurnal offline fisik lama.

Sejarah Blog

Secara umum diketahui bahwa blog pertama adalah Links.net, dibuat oleh Justin Hall, ketika dia masih menjadi mahasiswa Swarthmore College pada tahun 1994. Tentu saja, pada waktu itu mereka tidak disebut blog, dan dia hanya menyebutnya sebagai beranda pribadinya.

Baru pada tahun 1997 istilah “weblog” diciptakan. Penciptaan kata telah dikaitkan dengan Jorn Barger, dari blog awal Robot Wisdom yang berpengaruh. Istilah ini dibuat untuk mencerminkan proses “mencatat web” saat dia menjelajah.

1998 menandai contoh pertama yang diketahui dari sebuah blog di situs berita tradisional, ketika Jonathan Dube membuat blog Hurricane Bonnie untuk The Charlotte Observer. “Weblog” disingkat menjadi “blog” pada tahun 1999 oleh programmer Peter Merholz. Tidak sampai lima tahun kemudian Merriam-Webster mendeklarasikan kata mereka sebagai kata terbaik tahun ini.

Blog asli diperbarui secara manual, sering kali ditautkan dari halaman utama atau arsip pusat. Ini tidak terlalu efisien, tetapi kecuali kamu adalah seorang programmer yang dapat membuat platform blog kustom kamu sendiri, tidak ada pilihan lain untuk memulai.

Selama tahun-tahun awal ini, beberapa platform “blogging” yang berbeda muncul. LiveJournal mungkin adalah situs awal yang paling dikenal. Dan kemudian, pada tahun 1999, platform yang kemudian menjadi Blogger dimulai oleh Evan Williams dan Meg Hourihan di Pyra Labs.

Fungsi Blog

Fungsi dari blog, pada umumnya, adalah untuk mewadahi ide atau konten dari penulis atau pengelola blog. Blog yang bersifat daring dapat membantu pendistribusian konten yang lebih efektif, cepat, dan mudah. Dibanding harus membagikan tulisan yang dicetak secara fisik, blog tampak menjadi opsi yang jauh lebih baik. Berikut ini adalah beberapa fungsi blog yang paling utama yang menarik untuk diketahui :

Bantu Asah Kemampuan Menulis

Fungsi blog yang pertama adalah untuk membantu kamu mengasah kemampuan dalam bidang tulis-menulis. Menulis merupakan keahlian penting yang berguna untuk didalami dan dilakukan. Untuk ini, kamu bisa melatih diri dengan cara memiliki blog dan mengisinya dengan buah pikiran kamu mengenai topik-topik yang menarik minat.

Blog Sebagai Media Publikasi

Fungsi blog yang kedua adalah sebagai media publikasi. Selain untuk mengasah kemampuan menulis dan menuangkan buah pikiran, kamu juga bisa menggunakan blog untuk mempublikasikan apa-apa yang telah kamu tulis tersebut. Memiliki blog berarti bebas untuk menerbitkan apa saja karya tulis kamu untuk dinikmati oleh pembaca lainnya.

Blog Sebagai Bukti Profesionalitas

Fungsi blog yang ketiga adalah sebagai bukti profesionalitas. Blog dapat digunakan sebagai sarana untuk menonjolkan atau menunjukkan kelebihan kamu di bidang tertentu. Misalnya, kamu adalah seorang beauty enthusiast. Maka, kamu bisa menggunakan blog pribadi untuk berbagi hal-hal atau pengetahuan, serta tips-tips di bidang kecantikan ini.

Blog untuk Personal Branding

Fungsi blog yang ke empat adalah sebagai sarana untuk branding. Tulisan-tulisan atau konten yang ada di blog pribadi kamu dapat diakses dan dibaca oleh siapa saja. Hal ini bisa kamu manfaatkan sebagai sebuah keunggulan branding saat, misalnya, akan melamar pekerjaan. Jejak digital yng positif yang tercermin dalam postingan blog kamu dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan poin tambah bagi recruiter.

Penghasil Uang

Fungsi blog yang kelima adalah sebagai sarana penghasil uang. Selain untuk menuangkan opini pribadi layaknya buku harian, blog juga dapat dimanfaatkan untuk urusan bisnis. Pertama, kamu bisa menggunakan Ads Google. Blog dengan trafik kunjungan yang tinggi dapat dengan mudah bekerja sama dengan layanan iklan milik Google ini.

Kedua, lewat endorsement produk. Popularias blog kamu bisa mendatangkan opportunity seperti tawaran kerjasama endorsement dengan berbagai macam produk. Misalnya jika kamu aktif menulis tentang kecantikan dan traffic blog kamu tinggi, maka dapat menarik brand-brand kecantikan untuk mengirimkan produknya untuk diulas di blog.

Jenis Blog

Berikut ini penjelasan mengenai 4 jenis blog yang sering dijumpai di internet.

Blog Pribadi

Jenis blog yang pertama adalah blog pribadi. Blog pribadi biasanya lebih berorientasi pada kehidupan pribadi si blogger dibandingkan audiens itu sendiri. Blog pribadi umumnya memuat konten artikel, foto, maupun gambar yang berkaitan dengan hobi dan minat si blogger. Blog pribadi juga biasanya lebih terbuka untuk berdiskusi, khususnya melalui kolom komentar. Sebab, blog pribadi biasanya dikunjungi oleh orang-orang yang memiliki minat dan pemikiran yang sama.

Niche Blog

Niche blog biasanya dikategorikan berdasarkan topik tertentu. Ruang lingkup dan topik blog yang satu ini ditentukan sendiri oleh blogger sendiri berdasarkan minat atau ketertarikannya terhadap suatu topik. Beberapa bentuk niche blog di antaranya adalah blog perjalanan, blog fashion, blog gaya hidup, blog makanan, hingga blog otomotif.

Setiap kategori blog tersebut biasanya hanya fokus memuat informasi berupa artikel, gambar, maupun video yang berhubungan dengan satu topik saja. Kendati demikian, pada dasarnya tidak ada keharusan blogger untuk memilih satu topik saja.

Blog Bisnis

Jenis blog selanjutnya yaitu blog bisnis yang mengacu pada situs web suatu perusahaan. Blog bisnis umumnya dibuat untuk menarik perhatian konsumen dan menerbitkan konten yang dimaksudkan untuk berjualan secara soft selling maupun hard selling.

Beberapa blog perusahaan biasanya juga memiliki fitur khusus untuk melakukan transaksi jual beli. Melalui fitur ini, kamu bisa membeli produk yang dijual oleh suatu bisnis secara langsung melalui blog perusahaan.

Blog Afiliasi

Jenis blog selanjutnya adalah blog afiliasi. Jenis blog ini biasanya memuat konten berisi tautan yang mengarahkan pembaca ke blog lain yang menjual produk tertentu. Blog afiliasi ini umumnya digunakan untuk melakukan promosi produk secara soft selling maupun hard selling dalam konten yang dipublikasikan, namun kegiatan transaksi hanya bisa dilakukan di blog pihak ketiga.

apa itu blog

Manfaat Blog

Blog merupakan web yang bisa dibuat oleh semua orang karena desainnya yang dibuat mudah untuk diakses dan dimanfaatkan oleh banyak orang. Beberapa manfaat dari blog adalah sebagai berikut :

Sebagai Media Publikasi

Untuk blog sendiri, berfungsi sebagai media publikasi yang bisa dibilang cukup efektif, karena kamu tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Jenis publikasi ini lebih mengutamakan peningkatan pengunjung melalui metode organic search tanpa harus memasang iklan maupun menggunakan teknik SEM (Search Engine Marketing).

Untuk Menghasilkan Uang

Dengan membuat blog, kamu juga dapat menghasilkan uang sendiri. Hanya dengan menentukan topik sesuai dengan minat keahlian dan menggunakan struktur yang menarik untuk pembaca.

Membangun Branding

Seringkali seorang blogger memanfaatkan blog untuk menciptakan personal branding. Dengan menulis informasi yang menarik terkait suatu bidang, seseorang bisa jadi lebih mudah dikenal. Setelah terkenal penulis juga bisa memanfaatkannya untuk hal-hal lain yang positif.

Mengasah Kemampuan Menulis

Hal inilah yang sering dilakukan oleh para blogger, mereka sering berlatih dan menghabiskan waktunya dengan menulis untuk melatih hasil tulisan yang lebih berkualitas.

Penjelasan Blog Adalah …

Jadi melalui blog kamu sebagai blogger dapat menulis pandangan, opini, dan banyak hal lain yang kamu lakukan setiap hari. Bahkan, kamu bisa mengubahnya menjadi sumber penghasilan, apalagi jika kamu fokus pada satu topik yang bisa menarik pembaca.

Hal yang sama berlaku ketika kamu menjalankan bisnis atau perusahaan. Untuk meningkatkan kesadaran dan kepercayaan pelanggan, salah satu cara terbaik adalah membuat blog menarik yang berisi banyak informasi penting.

Saya berharap melalui artikel ini, kamu dapat belajar banyak tentang blog. Jika kamu memiliki pendapat atau pertanyaan, jangan ragu untuk membagikannya di bagian komentar di bawah.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments