10+ Panduan Mudah Membuat Blog Gratis Untuk Pemula

160
Panduan Membuat Blog Gratis Untuk Pemula
Berkah Ramadhan
16 min read

Kamu orang yang gemar bercerita? Mulai dari menceritakan keseharianmu yang menarik, cerita kesuksesan yang pernah diraih, bercerita tentang tempat-tempat yang kamu datangi. Jika kamu biasanya hanya bercerita dengan teman-temanmu baik secara langsung atau sekadar chatting, kini kamu bisa menjangkau audiens yang lebih luas di internet.

Terlebih untuk kamu yang hobi menuliskan cerita, ada cara agar kamu bisa membagikan kisahmu ke orang banyak dan juga sebagai penyimpan kenangan yang bisa kamu kunjungi sewaktu-waktu. Kamu kini bisa bercerita secara online dengan membuat blog, bahkan kamu tidak perlu merogoh sepeserpun uang dalam pembuatan blog ini!

Apa Itu Blog

Tampilan blog berisi banyak aspek.

Blog atau singkatan dari web log ialah jurnal pribadi seseorang yang diunggah ke internet, di mana dia dapat menceritakan atau membagi informasi atau pendapat tentang berbagai topik. Blog memiliki kronologi terbalik, yaitu postingan yang paling atas adalah postingan paling terbaru yang diunggah, bukan postingan pertama.

Di blog, kamu bisa menulis apapun yang kamu mau bagikan seperti cerita keseharian, resep memasak, berbagai tips dan trik, berpendapat tentang sesuatu isu dan masih banyak lagi. Tipe konten yang bisa kamu bagikan di blog sangat beragam. Bisa dengan bentuk tulisan, ditambahkan foto, video atau animasi gambar.

Saat ini karena jaman semakin berkembang, blog juga merujuk pada situs web atau halaman web yang diperbarui secara berkala, dan dapat digunakan untuk penggunaan pribadi atau untuk memenuhi kebutuhan bisnis online.

Blog juga dapat digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna lain di internet dengan cara mengaturnya agar bisa diakses publik. Ketika blog sudah tersetting publik, maka orang yang ingin melihat tulisan atau cerita kamu cukup mengetikkan alamat situs blog kamu di URL bar aplikasi browser mereka dari smartphone/PC. 

Melansir dari First Site Guide, menurut Statista, Wix, BuiltWith, hingga 2021 terdapat 570 juta blog dari 1.8 miliar website yang eksis di internet. Jutaan blog itu diantaranya berasal dari platform blog gratis seperti WordPress, Blogspot, Tumblr, Wix dan lain-lain. 

Banyak sekali jumlah orang yang sudah membawa cerita mereka ke online dan menuliskannya di blog?

Alasan Memulai Blogging

Kegiatan blogging. - Membuat Blog Gratis Untuk Pemula

Melihat banyaknya orang yang sudah menulis blog atau yang biasa disebut blogging dan kamu masih ragu untuk memulai? Oke, mari mimin yakinkan kamu sekali lagi. Masa, sih, tidak mau ikutan memulai blogging sekarang dan menjadi seorang blogger?

Mengasah Kemampuan Menulis

Dengan blogging, karena kamu terbiasa menuangkan kisah dalam bentuk tulisan maka secara perlahan kemampuan menulismu akan terasah. Blogging juga bisa dicoba untuk orang yang ingin mempunyai kemampuan menulis tapi tidak tahu harus latihan awal dari mana. Maka, cobalah dengan menulis blog!

Kenangan Bisa Terdokumentasi

Karena situs blog tidak akan kadaluarsa atau hilang, kecuali kamu melanggar aturan dan memposting hal yang tidak baik, maka segala konten yang pernah kamu tuangkan di blog bisa kamu kunjungi sewaktu-waktu.

Membangun Relasi

Yup, dengan mempunyai blog kamu bisa mendapatkan kenalan baru di internet. Baik itu sesama blogger lainnya atau pembaca setia blog kamu. Orang yang menyukai konten atau topik yang kamu tulis di blog bisa menuliskan komentar di tempat yang tersedia.Kamu bisa menyapa balik mereka dan mengucapkan terima kasih sudah menuliskan komentar.

Untuk Portofolio Profesional dan Personal Branding

Blog juga bisa kamu jadikan portofolio personal kamu. Jika kamu kerap menuliskan tentang memasak, menulis insight tentang bisnis, atau menuliskan perjalanan ke suatu negara, itu adalah portfolio kamu dalam bidang menulis.Β 

Food blog bisa menjadi portfolio profesional.

Personal branding juga ikut terbentuk dalam penulisan blog kamu. Orang akan mengingatmu sebagai Chef dengan resep uni, Businessman, hingga Travel Guide. Siapa tahu, kan, kamu bisa dihire untuk pekerjaan-pekerjaan tersebut.

Bisa Mendapatkan Uang

Biasanya, orang bisa menghasilkan uang (monetize) dari website jika menggunakan layanan berbayar atau membeli WordPress hosting pada blognya. Tapi masih ada cara lain untuk mendapatkan uang dari blog tanpa mengeluarkan uang dan membeli ini-itu. 

Jika blog kamu memiliki banyak pengunjung atau biasa disebut traffic yang tinggi, maka kamu bisa beriklan di salah postingan blog kamu. Misal, kamu buat post tentang hobi merajutmu dan menyajikan langkah langkah dalam proses kamu merajut. Di akhir post kamu bisa mempromosikan produk rajutan kamu entah itu topi atau sweater rajut.Β 

Unggahlah foto terbaik produk kamu dan tinggalkan kontak yang bisa dihubungi pembaca jika mereka berminat membeli.

Gratis dan Mudah Dilakukan

Iya, benar! Tunggu apalagi? Membuat blog gratis dan mudah dilakukan, tanpa ribet. Kamu tidak perlu mempersiapkan dana sepeserpun karena adanya platform open-source yang bisa membuat blog gratis untuk pemula blogger. Dengan sifatnya yang open-source platform ini bisa dengan mudah dipelajari dan dijelajahi fitur-fiturnya oleh pemula yang ingin menulis blog.

Langkah Membuat Blog Gratis Untuk Pemula

Kamu sudah mengetahui apa itu blog dan bagaimana blog bisa bermanfaat hingga memberikan keuntungan materi untuk kamu. Nah sekarang saatnya bikin blog yuk. Simak panduan blog yang akan mimin beri tahu, ya!

Baca Juga  Cara Install WordPress dari 0 Hingga Online

Targetkan Audiens Pembaca Blogmu

Tentu kamu ingin dong blog kamu dibaca oleh banyak orang? Nah sebelum kamu memulai blog, kamu harus riset terlebih dahulu, blog seperti apa yang banyak audiensnya dan tipe-tipe audiens seperti apa yang akan membaca blog dengan topik tersebut. 

Tentukan dan ketahui siapa audiens blog.

Seperti contoh, jika kamu ingin lebih banyak wanita yang sudah menikah atau ibu-ibu usahakanlah menjadi blog yang sekiranya akan mereka cari. Misalnya, blog memasak atau tips dalam relationship.

Tentukan Topik

Jika kamu sudah tahu siapa yang akan menjadi pembacamu, maka kurang lebih kamu sudah punya gambaran topik yang menarik akan disajikan ke mereka. Tips dari mimin, topik blog mu haruslah sesuatu yang benar-benar kamu sukai dan sudah familiar. Agar penulisan blog dan ide-ide kontenmu tetap lancar. 

Selain itu, tentu saja kamu sudah memastikan betul bahwa blog dengan topik ini ada cukup audiensnya atau yang dicari-cari oleh audiens melalui keyword yang mereka ketikkan di search engine browser, misal.

Memilih Platform

Setelah itu, kamu sekarang pada tahap yang akan menentukan perjalanan blogging kamu ke depannya, yaitu memilih platform blogging. Ada dua platform yang biasanya menjadi pilihan membuat blog gratis untuk pemula: WordPress dan Blogspot. 

Keduanya sama sama gratis, open-source sehingga mudah dipelajari pemula, banyak penggunanya. Tapi tentu saja ada perbedaan WordPress dan Blogspot.

WordPress

WordPress ialah aplikasi open-source yang dibangun bahasa pemrograman PHP dan database MySQL, yang keduanya juga bersifat open-source, dulu digunakan sebagai mesin blog. Namun sekarang, WordPress juga dapat dan banyak digunakan sebagai sebuah sistem manajemen konten (atau biasa disebut dengan CMS / Content Management System) 

Tampilan WordPress.

WordPress mempunyai 2 platform yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Terdapat perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org.Salah satunya ialah WordPress.com mempunyai opsi untuk digunakan penuh secara gratis sedangkan WordPress.org harus membeli WordPress hosting dan membeli domain.

Membuat blog gratis untuk pemula lebih cocok menggunakan WordPress.com atau WordPress Hosted.Β 

Blogspot

Blogspot

Selain WordPress.com, Blogspot.com (atau disebut juga dengan Blogger) juga termasuk penyedia layanan pembuatan website secara gratis di mana kita juga bisa membagikan cerita apapun dengan blog. Blogspot tersambung dengan Google, karena telah dibeli Google pada tahun 2003, sehingga kita bisa login dengan menggunakan akun Google.

Blogspot.com mempunyai layanan di antaranya dapat menggunakan layanan Google Ads untuk beriklan, dapat menggunakan custom CSS dalam kustomisasi desain blog serta terdapat multi blog yang memungkinkan sebuah blog dapat diisi oleh kumpulan para blogger Blogspot.com lainnya.

Buat Akun Blog 

Setelah kamu memutuskan untuk memakai layanan WprdPress.com atau Blogspot.com yang sesuai dengan kebutuhan dan ketertarikan kamu, saatnya bikin akun blog tidak pakai lama!

Berikut dijabarkan panduan blog untuk WordPress dan Blogspot. Kamu bisa mengikuti salah satunya ya.

Membuat Blog Dengan WordPress

Berikut Mimin akan berikan langkah-langkah membuat akun blog gratis untuk pemula dengan WordPress.com

Go to WordPress.com

Pertama-tama kamu kunjungi dulu situ WordPress.com. Lalu kamu bisa melihat ada tombol β€˜Start Your Website’

Membuat WordPress/

Registrasi dengan Email

Ini adalah 1 dari 3 langkah pertama dalam membuat akun WordPress.com. Kamu bisa mengisikan kolom email dengan email kamu. Pastikan kamu bisa mengaksesnya ya!

Lalu isi dengan username dan password. Ke depannya, dua hal inilah yang akan digunakan ketika login ke akun WordPress.com dan bisa diubah sewaktu-waktu. Kalau sudah, klik tombol β€˜Create your account’

Registrasi email di WordPress.

Atau kamu bisa langsung membuat akun dengan menghubungkan ke email Google yang tersign-in di gadget kamu, selanjutnya kamu tinggal mensetting username dan password.

Tentukan Domain WordPress

Kamu diminta untuk menuliskan nama domain untuk WordPress.com. Nama domain ini bisa diubah nantinya sewaktu-waktu saat kamu sudah mempunyai akun WordPress. Disini mimin akan mengisikan nama domain sesuai username mimin tadi β€˜perjalananexa.wordpress.com’

Ketika mimin selesai mengetikkan, langsung terdapat pilihan domain yang bisa mimin pilih, termasuk perjalananexa.id yang bisa mimin beli domainnya dengan layanan WordPress hosting

10+ Panduan Mudah Membuat Blog Gratis Untuk Pemula - 2021

Akan tetapi karena ingin membuat blog gratis untuk pemula Mimin pilih domain perjalananexa.wordpress.com yang Free lalu klik β€˜Select’.

Memilih Paket atau Plan

Tahap terakhir dalam pembuatan akun blog WordPress.com ialah memilih paket layanan untuk WordPress.com. Memang, WordPress dapat digunakan secara gratis namun WordPress juga menyedia paket layanan premium, untuk business atau e-commerce dengan harga-harga yang tertera.

Setiap paket memiliki keuntungan yang disesuaikan dengan kesuksesan online yang ingin diraih. Misal, jika kamu ingin dalam blog WordPress terdapat fitur checkout/purchasing produk, kamu bisa memilih paket eCommerce.

Tetapi karena sedang membuat blog gratis untuk pemula maka kamu klik link β€˜start with a free site’ dan voila! kamu sudah mempunyai blog di internet, lho. Keren, nggak?

Membuat Blog Dengan Blogspot

Kamu memilih menggunakan platform Blogspot.com? Tidak masalah! Mimin akan beri tahukan juga langkah-langkah membuat blog gratis untuk pemula dengan Blogspot.com.

Go to Blogspot.com

Kamu bisa kunjungi situ Blogspot.com dan akan menemukan halaman depannya. Untuk membuat blog gratis, klik tombol β€˜CREATE YOUR BLOG’

10+ Panduan Mudah Membuat Blog Gratis Untuk Pemula - 2021

Pilih Akun Google untuk Digunakan

Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke accounts.google.com dan di situ terdapat beberapa akun Google yang sudah log in di komputer kamu. Kamu tinggal pilih deh mau pakai akun Google atau Google email yang mana.

Tentukan Nama Blog

Lalu Blogspot akan meminta kamu untuk menentukan nama yang nantinya akan dipajang di bagian atas halaman blog kamu. Kalau mimin memberikan nama β€˜Perjalanan Exa’ lalu klik β€˜NEXT’

10+ Panduan Mudah Membuat Blog Gratis Untuk Pemula - 2021

Pilih URL Blog

Kemudian, kamu diminta untuk menentukan URL blog. URL blog ini nantinya yang akan menjadi alamat situs blog kamu yang bisa kamu bagikan ke teman atau di media sosial. Mimin menuliskan perjalananexa.blogspot.com dan untungnya URL ini masih tersedia.

Baca Juga  5 Cara Mudah Mengganti Permalink WordPress Dengan Aman
Tentukan URL blog di Blogspot.

Jika sudah, klik β€˜NEXT’

Tuliskan Display Name’

Langkah selanjutnya ialah menentukan Nama Penulis Blog yang nantinya pengunjung blog akan tahu siapa nama penulis dari blog yang sedang mereka kunjungi. Kamu bisa menuliskan nama lengkapmu di sini. 

10+ Panduan Mudah Membuat Blog Gratis Untuk Pemula - 2021

Lalu, klik β€˜FINISH’ dan kamu sudah mempunyai akun blog dengan Blogspot!

Tentukan Domain Yang Tepat

Kamu tadi di awal membuat blog gratis dengan WordPress dan Blogspot sudah menentukan domain, tetapi kamu juga bisa mengubahnya sekarang jika kamu menemukan nama domain lebih baik lagi. Nama domain ini adalah alamat blog kamu yang tentunya berbeda satu dengan blogger yang lain. Kamu tentu mau dong alamat blog kamu mudah diingat orang.

Ada dua tips utama dalam menentukan domain yang tepat. Karena banyak sekali keuntungan domain jika ditentukan dengan tepat.

Domain Harus Unik

Domain kamu harus unik sehingga mudah diingat orang dan belum ada blog dengan domain sejenis di internet. Kamu bisa mengeceknya dengan Domain Name Generator. Domain juga harus singkat dan mudah dilafalkan.

Hindari penggunaan Ini Pada Domain

Jangan sampai kreativitasmu dalam menentukan domain kelewat batas. Berikut beberapa hal yang harus dihindari dalam menentukan domain.

  • Jangan memakai angka, karakter, tanda-sambung pada domain. Contohnya, perjalananexa.wordpress.com lebih baik daripada perjalanan-exa12.wordpress.com
  • Jangan sampai terdapat salah ketikan pada domainmu. Seperti perjilananexa.wordpress.com karena kata yang benar seharusnya β€˜perjalanan’.
  • Jangan menggunakan candaan, bahasa daerah lain atau puns walaupun sangat lucu dan sedang viral. Kamu ingin blog kamu terlihat profesional, kan?

Voila, sekarang kamu sudah memiliki blog sendiri deh. Perhatikan kembali ya step di atas agar kamu melakukannya dengan tepat.

Setelah memiliki blog, tentu saja blog kamu jangan dianggurin gitu aja dong. Ada langkah selanjutnya nih yang harus dilakukan nih. Hmm apa saja sih? Yuk ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Pilih Tema dengan Desain Menarik

Kamu sudah membuat akun blog dan menentukan domain, saatnya kamu memilih desain tema agar blog kamu tidak plain dan lebih berwarna serta ciamik.

Pada WordPress kamu bisa klik pada Menu disamping kanan yaitu β€˜Design’ β†’ β€˜Themes’. Lalu muncul pilihan tema-tema yang bisa kamu pilih. Saat ini, WordPress mempunya 150 tema untuk pengguna gratis.

Pilih Tema di platform WordPress
Memilih Tema di WordPress

Pada Blogspot kamu bisa memilih dari Menu di samping kanan. Pilihlah β€˜Themes’ lalu terdapat banyak pilihan tema yang bisa kamu pilih jika kamu ingin tema simple atau tema travel, misal.

Pilih tema yang diinginkan
Memilih Tema di Blogspot

Kustomisasi Desain pada Blog

Ketika kamu sudah memilih tema kamu bisa melakukan beberapa perubahan pada desain blog seperti warna yang ingin diubah atau jenis huruf mengetikan judul blog, menambahkan tagline, ikon,hingga menambah widgets, menu dan navigasi baru

Pada WordPress, kamu bisa pergi ke β€˜Design’ β†’ β€˜Customize’

kustomisasi design pada WordPress
Kustomisasi Tema di WordPress

Sedangkan pada Blogspot, kamu pilih β€˜Themes’ β†’ di paling atas ada My Theme atau tema yang sudah kamu pilih β†’ klik tombol β€˜Customize’.

Klik tombol customize
Kustomisasi Tema di Blogspot

Buat Postingan Pertama

Jika dirasa desain blog kamu sudah sempurna, maka saatnya kamu membuat postingan blog pertamamu!

Pada halaman home WordPress kamu, lihat menu di samping kanan, pilih β€˜Sites’ β†’ β€˜Post’ β†’ β€˜Add new post’. Atau kamu juga bisa langsung klik tombol Write yang berada di kiri atas.

Membuat postingan pertama dengan Add New Post
Add New Post di WordPress

Selanjutnya kamu akan dihadapkan dengan halaman yang nyaris kosong. Pada Add title kamu bisa mengetikkan judul postingan dan di bawahnya kamu langsung bisa menuliskan apa yang ingin kamu ceritakan, sehabis itu klik β€˜Publish’

Dashboard content
Membuat Post di WordPress

Pada Blogspot kamu bisa klik Menu di samping kanan yaitu β€˜New Post’ dan kamu tinggal mengetikkan tulisan pada kolom yang tersedia dari mulai judul hingga tuliskan apa yang ingin kamu ceritakan di bawahnya. Lalu klik β€˜Publish’ dan β€˜Confirm’.

Membuat postingan blog di Blogspot.
Membuat Post di Blogspot

Promosi Blog ke Jejaring Sosial 

Jika kamu sudah mempublish beberapa postingan blog ke blog kamu maka gak ada salahnya aku promosikan blog atau memberi tahu teman-teman atau followers di media sosial kalau kamu telah menulis blog. 

Kamu bisa menautkan alamat URl blog di profil media sosial kamu atau menuliskan link postingan blog terbarumu di media sosial sehingga teman-teman kamu bisa mengklik dan mengunjunginya!

Optimasi Blog dengan SEO

Tentu kamu ingin dong blog kamu eksis dibicarakan di internet dan memiliki banyak pengunjung. Selain rajin dan disiplin dalam membuat postingan blog, mengusahakan konten berkualitas yang disajikan dalam postingan blog, kamu juga harus mengoptimasi blog dengan SEO.

SEO mudah dipelajari pemula WordPress maupun Blogspot, kok! Kamu bisa-bisa saja mejeng di rangking teratas pencarian jika kamu membuat postingan blog dengan memuat keyword yang sedang dicari orang belakangan ini, menggunakan strategi judul yang tepat, dan basic pengajaran SEO lainnya.

Menghasilkan Uang dengan Blog

Jika kamu mengaplikasikan basic SEO pada blogmu dan dapat mejeng di SERP (Search Engine Result Page), blog kamu akan high traffic atau banyak pengunjung. High traffic dapat kamu manfaatkan untuk mendapatkan uang dengan cara beriklan pada postingan blogmu di WordPress atau menggunakan layanan Google Adsense pada Blogspot sehingga bisa dimonetize.

Penutup

Selesai sudah panduan dari mimin Exabytes dalam membuat blog gratis untuk pemula. Selamat blogging ya dan jika kamu sudah ketagihan menuliskan blog dan merasa tulisanmu menarik dan bermanfaat, boleh banget mengikuti Lomba Blog Exabytes Season 2 karena ada hadiah gadget untuk kamu. Siapa tahu kan, kamu bisa menang deh πŸ˜‰.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
Berkah Ramadhan