Tanpa Modal, Inilah 7 Langkah Mendukung Bisnis Online Agar Bisa Eksis dan Sukses

106
Tanpa Modal, Cara Mendukung Bisnis Online Agar Sukses
Berkah Ramadhan
7 min read

Exabytes Friends, kamu memiliki teman yang saat ini merintis bisnis online? Atau malah kamu sendiri yang lagi membangun bisnis online?

Memang sih, bisnis online menjadi salah satu ladang penghasilan yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang. Mudah dilakukan, tidak membutuhkan tempat dan biaya yang efisien menjadikan bisnis online sebagai cara menghasilkan uang. Hanya butuh internet, media bisnis untuk promosi dan produk jasa yang dijual, kita sudah bisa melakukan bisnis online.

Tapi, dalam setiap usaha pasti selalu ada naik-turunnya, bukan? Pasti ada kendala atau struggle yang dialami oleh pemilik bisnis online lho. Salah satunya adalah mempromosikan bisnisnya. Promosi ini penting banget agar bisnismu bisa terjangkau ke calon konsumenmu supaya mereka tertarik untuk membeli. Kalau nggak ada promosi, gimana orang-orang bisa tau?

Salah satu cara promosi yang cukup efektif dilakukan adalah dengan menggunakan sosial media. Banyak sosial media yang bisa kita gunakan mulai dari Instagram, Facebook, WhatsApp hingga TikTok. Sosial media inilah menjadi wadah kita berpromosi sekaligus berinteraksi dengan calon pelanggan kita.

Tapi, sering kali dalam melakukan promosi, kita tidak memiliki biaya lebih untuk mempromosikan dikarenakan kita telah menghabiskan budget untuk produksi atau produk yang akan dijual. Lalu gimana sih agar kita bisa berpromosi tanpa mengeluakan uang untuk buat ads atau mengajak endorsement dengan influencer?

Untuk kamu yang saat ini baru berbisnis online atau ingin mendukung temanmu berbisnis online, coba yuk ikuti tips di bawah ini. Langkah-langkah di bawah ini nggak harus mengeluarkan uang kok alias gratis dan nggak berat untuk dilakukan. Ikuti tipsnya di bawah ini

Follow Akun Bisnisnya

Follow akun bisnis online

Pertama yang perlu dilakukan untuk mendukung bisnis online tanpa modal yakni dengan follow akun bisnis tersebut. Ketika kita mampir ke sosial media, jumlah followers menjadi perhatian kita kan? Daripada membeli followers yang pastinya juga wasting money, sebaiknya dukung dengan hal kecil. Yakni bantu untuk follow akun itu.

Dengan kita memfollow akunnya, orang-orang yang mengecek akun tersebut akan mengecek apakah followersnya asli atau bukan. Kalau asli, maka sudah bisa dipastikan kamu mendapatkan nilai plus kepercayaan dari orang lain sebelum membeli.

Bagikan Postingan

Bagikan postingan atau share post

Hal kedua yang harus kamu lakukan adalah membagikan postingan sosial medianya ke orang banyak. Share a post ke WhatsApp, Line, Facebook, Telegram, Twitter dan sosial media lainnya. Kalau dipasarkan di Instagram, bisa dishare di IG Story atau kalau di Twitter bisa dishare di Fleets. Hal ini memunculkan peluang besar bahwa bisnis kamu bisa terlihat orang banyak.

Baca Juga  Mari Mengenal Konsep 4P, Product, Price, People, Promotion untuk Melejitkan Omzet Bisnis Online Anda.

Dengan membagikan postingan, kamu turut membantu bisnismu atau teman yang memiliki bisnis agar mendapatkan exposure ke orang-orang. Ini sangat bermanfaat lho untuk yang memiliki bisnis. Jadi jangan dianggap remeh ya.

Klik ‘Like’ Di Postingan

Mendukung Bisnis Online Tanpa Modal dengan Like Postingan

Tips selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan klik ‘like’ atau menyukai postingan bisnis di sosial media. Algoritma Instagram selalu berubah setiap waktunya. Agar postingan kita bisa dilihat oleh banyak orang, salah satunya adalah dengan tombol like.

Dari situlah, Instagram nanti akan mengumpulkan jenis postingan apa sih yang kamu like sehingga secara nggak langsung postingan yang mirip atau yang relevan akan muncul di home atau timeline kamu. Nggak hanya di Instagram tetapi di Twitter juga demikian. Kalau followers atau teman mutualan Twittermu ngelike tweet, maka akan muncul di home kamu.

Tentu saja ini sangat berguna ketika sudah memiliki bisnis. Kamu bisa meminta teman-temanmu untuk klik ‘like’ pada postinganmu, maka nanti postingan tersebut bisa saja muncul di timeline teman-temanmu juga sehingga bisnismu bisa diketahui orang lain.

Tag Temanmu

Tag temanmu di sosial media

Ketika kamu memposting bisnismu di sosial media, usahakan untuk tag temanmu. Hal ini dapat membuat teman-temanmu melihat apa yang kamu posting. Tandai teman-teman yang dirasa akan menyukai produk atau postinganmu. Postingan ini bisa saja review setelah membeli atau mengajak teman-temanmu yang lain untuk ikutan membeli. Siapa tahu mereka tertarik untuk mencoba.

Bisa juga tag ke orang lain yang topiknya relevan. Jangan sampai menandai orang dengan acak yang nggak relevan dengan postinganmu. Kamu pun bisa mengajak mereka untuk mengecek produk apa yang kamu jual sehingga mereka tertarik untuk mengecek postinganmu bahkan membelinya.

Komen Positif di Postingannya

Tanpa Modal, Inilah 7 Langkah Mendukung Bisnis Online Agar Bisa Eksis dan Sukses - 2021

Dengan memberikan komen positif, kamu turut mendukung bisnis mereka lho. Ajak juga teman-temanmu untuk komentar baik mengenai bisnis yang dijalankan di postingannya.

Komentar ini bisa berbentuk semangat, testimoni positif atau hanya emoticon aja lho. Ikut meramaikan komentar juga menambah engagement postingan tersebut lho.

Posting Foto dan Berikan Review

Bantu Bisnis Online dengan Bantu Posting Foto dan Berikan Reviw

Ingin mendukung lebih bisnis temanmu? Coba kamu bantu dengan memposting foto produknya di sosial mediamu deh.

Contohnya kamu baru saja membeli dessert box temanmu. Posting foto yang menarik lalu tandai akun temanmu atau bisnisnya. Lalu kamu tulis review yang menarik yang bisa mempromosikan bisnisnya. Dengan testimoni postingan ini, orang-orang akan semakin percaya bahwa jualanmu disenangi oleh orang lain lho. Maka mereka pun akan semakin percaya untuk membeli produk tersebut deh.

Baca Juga  5 Potensi Bisnis Yang Bisa Dilakukan Saat Covid 19

Ikut Membeli, Bukan Minta Gratisan Aja

Apa kamu pernah bercanda ke temanmu yang mulai jualan online untuk minta gratisan? Sebaiknya kamu kurangi ya hal ini atau nggak melakukannya lagi ya.

Friends, coba deh kita pikirin sejenak. Ketika temanmu mulai untuk berbisnis online berarti dia telah memikirkan budget yang harus dikeluarkan untuk bisnisnya. Biaya produksi, biaya packing dan lainnya yang pastinya itu nggak sedikit lho yang dikeluarkan. Andaikan saja kamu nyeletuk “eh minta gratisannya dong atau diskon, nanti aku bantu share deh,” dan ternyata celetukan ini malah menurunkan semangat temanmu. Belum juga profit, eh malah udah defisit atau nggak untung.

Sebagai teman yang baik, kamu bisa membantu mereka dengan membeli produknya. Meskipun hanya 1 saja tetapi itu akan sangat bermanfaat lho buat mereka. Dengan itu, mereka tahu kalau kamu mendukung usahanya untuk maju. Kamu ingin dong temanmu juga sukses dalam berbisnis? 

Lalu kalau nggak punya uang, gimana dong caranya buat ngedukung? Berikan semangat untuknya bahwa bisnis yang dijalaninya akan berjalan lancar dan sukses. Kalimat penyemangat atau encouragement itu bisa membantu banget lho secara mentally. Yakinkan dia bahwa dia bisa dan kamu juga bisa berikan saran yang membangun untuk perkembangan bisnisnya.

Dan jangan lupa ikuti cara-cara di atas tadi. Langkah tersebyt bisa kamu lakukan tanpa mengeluarkan uang atau modal sepeser pun lho. Kamu hanya perlu membagikan postingan, tag temanmu, komen positif hingga ikut posting dan review di sosial media milikmu. Percaya deh, temanmu akan sangat berterima kasih karena dengan usaha kecilmu untuk membantu mereka.

Itulah 7 langkah untuk mendukung bisnis online agar bisa eksis dan sukses. Meskipun terlihat sederhana tetapi hal ini bisa memberikan dampak positif untuk orang-orang yang merintis bisnis online lho.

Untuk kamu para pebisnis online, jangan patah semangat ya. Tetap berusaha dan konsisten. Agar bisnis online kamu bisa eksis dan sukses, kamu bisa menyimak panduan bisnis online di sini ya. Atau kamu ingin belajar banyak tentang bagaimana melakukan marketing yang baik dan meningkatkan penjualan? Nggak ada salahnya buat ikutan Event Exabytes setiap minggunya. Cek segera event Exabytes di Website Event Exabytes ya, friends.

Semoga artikel ini dapat membantumu. Semangat!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
Berkah Ramadhan