Mengapa Tidak Membangun Website Untuk Sekolah Hari Ini? Simak 10 Alasan Pentingnya!

0
3352

Memiliki website untuk sekolah bukanlah hal yang asing lagi. Dikarenakan banyak informasi yang harus diberikan sebuah sekolah, akan sangat sulit jika sistem admin merilis informasi tersebut satu per satu secara langsung kepada orang tua. Selain itu, karena setiap sekolah ingin menjangkau audiens dan mendapatkan murid baru, memiliki website dapat membantu mereka untuk mencapai hal tersebut. 

Oleh karena itu, website sangatlah penting untuk sekolah karena bisa mengolah banyak manfaat. Namun sayangnya, masih ada beberapa sekolah yang belum menyadari pentingnya presensi online untuk sekolah mereka sehingga memiliki website belum termasuk salah satu urgensinya. 

Apakah kamu salah satunya? Jika iya, yuk langsung saja simak 10 alasan pentingnya memiliki website untuk sekolah di artikel ini!

Inilah 10 alasan pentingnya memiliki website untuk sekolah

Dari berbagai macam manfaat yang dimiliki sebuah website, inilah beberapa alasan pentingnya memiliki website untuk sekolah yang perlu kamu ketahui sekarang juga. 

Sekolah Dapat Menjangkau Audiens Lebih Banyak 

Yang pertama, dengan website sekolah kamu dapat menjangkau audiens yang lebih banyak. Karena banyak orang yang akan ingin tahu tentang sekolahmu, cara yang paling mudah untuk dicari adalah melewati browsing di internet. Dengan memiliki presensi online, sebuah sekolah akan dengan mudah ditemukan oleh orangtua calon murid. 

Selanjutnya dengan website tersebut, sekolah akan semakin dikenal bukan hanya di satu daerah lagi. Namun dari daerah lainnya dan mungkin secara internasional karena akses terhadap sekolah yang gampang. Sehingga memperluas jangkauan suatu sekolah. 

Profil Sekolah Dapat Tersebar

Terkait dengan alasan sebelumnya, salah satu alasan pentingnya memiliki website untuk sekolah adalah agar profil sekolah dapat tersebar secara gampang. Seperti yang sudah diketahui, website sekolah dapat menampilkan lokasi, nama kepala sekolah, kurikulum, visi misi dan lain hal yang berhubungan dengan profil sebuah sekolah. Sehingga, memiliki website yang berisi dengan informasi tersebut akan menyebarkan profil sekolah di setiap visitor yang mengunjungi website. 

Informasi Kegiatan Sekolah Bisa Lebih Dikenal 

Dengan adanya website sekolah maka segala kegiatan atau kabar terbaru sekolah dapat diunggah dan bisa dikenal oleh calon murid yang ingin daftar. Contohnya, kegiatan seperti rapat kelas, study tour, ekstrakurikuler, event pensi dan segala lingkungan sekolah dengan berbagai informasi yang lain dapat ditampilkan. Dengan demikian, para visitor website bisa mengetahui segala kegiatan yang diadakan sekolah kamu. 

Lalu sekolah untuk menampilkan segala prestasi dan penghargaan yang telah dicapai. Kesuksesan yang telah diraih bisa menjadi pengukur kesuksesan dalam membanggakan sekolah dan bisa membangun sekolah untuk bisa lebih maju lagi. Dengan ini, segala prestasi yang ditampilkan juga bisa menarik perhatian masyarakat. 

Orang Tua bisa Dapat Melihat Kegiatan Anak 

Seperti alasan sebelumnya, alasan pentingnya website sekolah adalah agar sekolah bisa terus mempertahankan hubungan antara wali murid dan dengan siswa/i nya. Dengan website, sekolah bisa mengeluarkan newsletter setiap bulan dimana orang tua bisa melacak progres serta kemajuan sekolah dan anak-anaknya. 

Tak hanya itu, website juga dapat dimanfaatkan oleh orang tua siswa/i sebagai akses untuk melihat hasil rapor atau nilai ujian yang diterima.

website untuk sekolah
website untuk murid (source: adobe photostock )

Dengan informasi kegiatan sekolah pun bisa diunggah ke website, orang tua akan bisa lebih sadar atas aktivitas yang dilakukan oleh anaknya di sekolah. 

Meningkatkan Pembelajaran Sekolah

Jika kita memaksimalkan website sekolah lebih baik, website dapat dijadikan platform untuk meningkatkan pembelajaran sekolah secara daring. Ini bisa membantu sekolah yang saat ini belum bisa melakukan kegiatan belajar mengajar dengan tatap muka dikarenakan pandemi.

Misalnya untuk mengakses modul materi pembelajaran, platform untuk ujian online atau CBT, absensi online dan lain sebagiannya. Tentu saja

Meningkatkan Kredibilitas Sekolah

Ini merupakan alasan terpenting jika memiliki website sekolah. Meningkatkan kredibilitas sekolah menjadi salah satu tujuan utama untuk membangun website bagi para sekolah. Setiap sekolah pasti ingin meningkatkan kepercayaannya kepada orangtua dan masyarakat umum karena hal tersebut bisa menjadi salah satu faktor yang berdampak bagi reputasi sekolah. 

Salah satu cara untuk meningkatkan kredibilitas tentunya dengan memiliki website yang terpercaya dan aman. Dengan memiliki website, pihak sekolah akan lebih mudah untuk membuktikan bahwa lembaganya sudah mempunyai kualitas dan melewati legalitas pendidikan yang sesuai. 

website untuk sekolah
website dapat meningkatkan kredibilitas (source: adobe stock)

 

Membantu Orang Tua Untuk Mendaftarkan Anaknya 

Selanjutnya, website sekolah akan memudahkan sebuah sekolah untuk memberikan informasi tentang pendaftaran apalagi disaat tahun ajaran baru. Memiliki website juga memungkinkan sekolah untuk menerapkan pendaftaran online untuk memudahkan calon siswa siswi.

Selain itu, website sekolah bisa menjadi platform untuk para calon murid yang ingin berkenalan dengan sekolah kamu dan mencari tahu tentang kegiatan sebelumnya. Sehingga membantu sekolah untuk mengenalkan kepada orang tua siswa yang hendak mendaftarkan anaknya.

Dapat Mengurangi Dokumen Manual

Alasan pentingnya memiliki website yang selanjutnya adalah karena bisa mengurangi dokumen manual. Dengan website, kamu bisa mengunggah segala peringatan secara online dan orang tua maupun murid bisa mengakses nya kapanpun dan sistem perbaikannya pun sama. Karena kamu tidak harus memberi surat, pekerjaan manual “paperwork” dapat dikurangi. 

Mempermudah Interaksi dan Komunikasi

Sebuah website dapat merepresentasikan presensi online sekolah kamu. Jika website kamu juga mewadahi portal bantuan dan layanan kontak, itu akan mempermudah interaksi dari pihak sekolah dan siswa/i. Semua siswa akan bisa mengakses dan melihat gambaran segala aktivitas akademik secara online dengan cepat.

Selain terhadap siswa, website bisa menjadi media untuk orang tua Jadi mempermudah interaksi jika orang tua membutuhkan kontak pihak sekolah untuk dihubungi. Dan juga kontak sekolah ini bisa juga dipergunakan untuk pihak di luar sekolah berkomunikasi dengan sekolah untuk kebutuhan lainnya.

Agar Bisa Setara dengan Sekolah Lainnya

Yang terakhir, memiliki website akan menyetarakanmu dengan sekolah lainnya. Karena nyatanya sudah banyak sekolah yang memiliki website responsif dan fungsional. Alhasil memiliki website yang sesuai dan tepat akan membantu sekolah agar dapat bersaing dengan sekolah lainnya dan meningkatkan kualitas sekolah tersebut. 

Kebanyakan orangtua di masa kini akan lebih sensitif di saat memilih sekolah untuk anaknya dan jika sekolah tidak memiliki website yang tepat, hal tersebut bisa mengurangi kesan terhadap citra sekolah. Karena website memberikan kesan yang positif dan kredibel  

Kesimpulan 

Meskipun sudah memiliki semuanya seperti; kualitas guru yang bagus, fasilitas yang bagus, dan kurikulum yang sesuai, tidak memiliki website akan menjadi kekurangan yang sangat fatal. 

pentingnya website untuk sekolah
website sekolah (source: adobe stock)


Jadi dengan 10 alasan pentingnya memiliki website sekolah yang sudah tertera, tunggu apa lagi? Yuk langsung buat saja website untuk sekolah mulai hari ini. Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Exabytes dan PANDI meluncurkan program #WebsiteUntukSekolah dimana dapat menjadi solusi untuk sekolah yang membutuhkan layanan website untuk sekolah.

Dengan layanan ini, Anda dapat memiliki website dengan mudah, dapat menjaga website dengan aman dan tidak perlu khawatir dengan pengelolaan website karena semua akan dibantu oleh tim profesional dari Exabytes.

Kunjungi Exabytes untuk informasi lebih lengkap.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments