Keuntungan Menggunakan Penyedia Layanan yang Sama untuk Domain dan Web Hosting

0
2088

Ketika anda membuat sebuah website, terdapat 2 hal utama yang perlu untuk anda miliki. Hal pertama yaitu registrasi nama domain anda, dan hal kedua yaitu anda memerlukan web hosting. Domain merupakan URL dari website anda contohnya “Exabytes.com” sedangkan web hosting merupakan server untuk menyimpan file dari website anda.

Menggunakan Penyedia Yang Sama Untuk Web Hosting dan Registrasi Domain
Terdapat 2 hal utama yang anda perlukan dalam membuat website yaitu web hosting dan domain. (Sumber: pixabay)

Saat memulai pembuatan website, anda perlu memutuskan pada perusahaan apa anda mendaftarkan nama domain anda, serta anda juga perlu menentukan penyedia layanan untuk web hosting

Terdapat 2 opsi dalam memilih penyedia domain dan web hosting, opsi pertama adalah anda menggunakan penyedia yang sama untuk keduanya dan opsi kedua menggunakan penyedia yang berbeda. Kedua opsi tersebut memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. 

Dahulu, lebih disarankan untuk anda menggunakan penyedia yang berbeda, namun seiring berkembangnya zaman opsi tersebut menjadi kurang disarankan. Lantas, mengapa menjadi seperti itu? Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap alasan mengapa hal itu terjadi, terus simak artikel berikut.

Dahulu, Menggunakan Penyedia Terpisah Lebih Menguntungkan

Awal-awal adanya web hosting, banyak pelanggan disarankan untuk mencari layanan web hosting dan domain dari penyedia yang terpisah, hal ini dilakukan untuk menghindari monopoli. Mengurangi monopoli penyedia layanan web hosting dan domain terhadap perusahaan atau kehadiran online seseorang seperti alamat website dan konten website mereka.

Misalnya, apabila anda menempatkan website dan layanan domain di bawah penyedia yang sama tetapi lupa membayar biaya hosting penyedia, hasil yang paling mungkin terjadi adalah website anda akan mati kecuali anda melakukan pembayaran. 

Situasi tersebut menjadi lebih buruk dengan kueri penagihan yang panjang karena anda mungkin tidak dapat mentransfer domain mereka ke registrar baru hingga masalah sudah teratasi. Hal tersebut merupakan masalah yang merepotkan. 

Namun, seiring berjalannya waktu, terjadi perkembangan hingga hal tersebut mulai dapat teratasi. Saat ini, memiliki penyedia layanan web hosting dan domain yang sama adalah pilihan yang lebih baik daripada memiliki penyedia terpisah. 

Bahkan jika anda ingin mendapatkan sesuatu yang sederhana seperti shared hosting, anda harus mempertimbangkan untuk membeli web hosting dan pendaftaran domain dari penyedia yang sama. Mengapa saat ini terjadi perubahan? Berikut merupakan penjelasannya.

Alasan Menggunakan Penyedia yang Sama Lebih Baik

Tidak seperti dulu, saat ini lebih umum untuk menggunakan penyedia yang sama untuk web hosting dan registrasi domain. Adapun beberapa hal yang menjadikan hal ini lebih menguntungkan saat ini yaitu sebagai berikut:

Harga

Membeli domain dan paket web hosting pada penyedia yang sama dapat menghemat banyak biaya yang anda keluarkan. Dengan menggunakan penyedia yang sama, terdapat kemungkinan besar bahwa anda akan memiliki semua fitur dari awal hingga akhir. 

Keuntungan Menggunakan Penyedia Layanan yang Sama untuk Domain dan Web Hosting - 2024
Menggunakan layanan web hosting dan registrasi domain pada penyedia yang sama dapat menghemat biaya. (Sumber: pixabay)

Terdapat pula keuntungan dimana banyak penyedia web hosting menawarkan pendaftaran nama domain secara gratis apabila anda menggunakan layanan mereka untuk web hosting. Pada jangka waktu panjang penghematan kecil ini dapat berdampak besar nantinya. 

Namun, perlu anda perhatikan juga bahwa beberapa penyedia sengaja memikat dengan harga murah dan kemudian membombardir anda dengan tarif perpanjangan yang tinggi. Jadi, perlu anda pastikan ketika memilih penyedia, pastikan kesepakatan yang dibuat baik dan transparan.

Mengelola 1 Akun Lebih Mudah

Terdapat banyak konsumen yang ingin memiliki lebih dari 1 website. Semakin banyaknya website yang anda miliki tentunya akan membuat pengelolaannya menjadi lebih rumit.  Solusi dari permasalahan ini adalah dengan menggunakan penyedia layanan web hosting dan registrasi domain yang sama.

Walaupun anda memiliki banyak website, akan lebih mudah untuk mengelolanya dengan menggunakan 1 akun tunggal. Hal ini tidak hanya memudahkan pengelolaan web hosting dan domain anda, namun juga memungkinkan anda untuk memahami domain atau website mana yang lebih perlu diperhatikan.

Lebih Mudah Untuk Melakukan Peningkatan pada Website

Menggunakan penyedia layanan web hosting dan registrasi nama domain yang sama dapat memungkinkan anda merasa nyaman dalam membuat perencanaan untuk upgrade website. Anda tidak perlu mengkhawatirkan untuk mengklaim kembali domain dan hosting anda dari penyedia yang berbeda.

Dalam kebanyakan kasus, ketika terdapat 2 penyedia yang berbeda, terdapat peluang dimana nama domain mengalami kadaluwarsa dan menimbulkan masalah bagi pelanggan, meskipun hosting dan file website berfungsi. 

Menjaga layanan menjadi hanya 1 penyedia, memungkinkan penyedia untuk memahami prioritas anda sehingga mereka dapat memberitahu anda tentang adanya pembaruan, peningkatan, paket baru, dan sebagainya sesuai keperluan.

Kenyamanan

Alasan terakhir adalah dalam segi aspek kenyamanan. Alasan ini mungkin terdengar cukup subjektif, namun akan terdengar lebih sulit ketika anda harus membeli domain dan web hosting dari 2 penyedia yang terpisah ketika anda bisa menggunakan 1 untuk mendapat semua layanan.

Menggunakan 2 penyedia, akan sulit bagi anda untuk menghubungi 2 penyedia yang berbeda untuk melakukan permintaan domain dan web hosting. Menggunakan 1 penyedia, tidak hanya anda dapat menghemat waktu tetapi anda juga dapat berfokus pada tugas penting lainnya yang penting bagi bisnis anda.

Dengan ini, selesai sudah pembahasan mengenai mengapa anda perlu membeli layanan web hosting dan registrasi domain dari penyedia yang sama. Terdapat banyak alasan mengapa hal tersebut lebih disarankan, mulai dari segi biaya hingga kenyamanan dalam mengelolanya. 

Namun, pada akhirnya hal tersebut menjadi keputusan anda untuk lebih memilih apakah ingin menggunakan penyedia yang sama atau berbeda. Terdapat banyak perusahaan yang menyediakan jasa web hosting dan registrasi domain

Salah satu penyedia yang ada adalah Exabytes. Berbicara mengenai Exabytes, selanjutnya akan dibahas mengenai keunggulan Exabytes sebagai penyedia layanan web hosting.

Keunggulan Web Hosting Exabytes

Kami menyarankan anda untuk menggunakan layanan cPanel Hosting dari Exabytes untuk web hosting website anda. Terutama bagi anda yang menggunakan registrasi domain dari Exabytes namun belum menggunakan jasa web hosting kami, kami sangat menyarankan untuk menggunakan layanan dari penyedia yang sama.

Keuntungan Menggunakan Penyedia Layanan yang Sama untuk Domain dan Web Hosting - 2024
Menggunakan cPanel hosting Exabytes sebagai layanan web hosting. (Sumber: pixabay)

Seperti yang dibahas pada artikel sebelumnya, menggunakan penyedia yang sama untuk web hosting dan domain akan memudahkan anda dalam mengelola serta menghemat biaya. Tidak hanya itu, layanan web hosting Exabytes sendiri juga memiliki berbagai keunggulan apabila dibandingkan dengan penyedia web hosting lainnya, adapun keunggulannya sebagai berikut:

Dioptimalkan untuk Kecepatan Website

Kecepatan website merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan dalam web hosting dan pengelolaan website anda. cPanel Hosting Exabytes merupakan produk yang sangat cepat, stabil, serta andal dengan adanya banyak fitur yang dapat menyempurnakan website anda. Terdapat pula penyimpanan NVMe SSD untuk memaksimalkan performa.

Aman dan Tangguh

Selain kecepatan, keamanan juga merupakan hal yang sangat penting, web hosting yang tidak aman dapat menyebabkan masalah besar seperti kebocoran data dan sebagainya. Exabytes menggunakan konfigurasi direktori yang dilindungi oleh kata sandi, penolakan alamat IP, SSL/TLS, dan pengaturan kunci GnuPG untuk membatasi akses.

Gratis Backup Harian

Ketika menggunakan layanan web hosting sering terjadi masalah dimana anda kehilangan data dikarenakan terjadinya suatu kekeliruan. Layanan web hosting Exabytes menawarkan fitur gratis backup harian. Hanya dengan 1x klik anda dapat mengembalikan data anda sepenuhnya sehingga anda tidak perlu cemas kehilangan data.

Garansi

Layanan web hosting Exabytes menawarkan garansi 100 hari uang kembali. Anda akan dilindungi oleh program jaminan bebas risiko 100 hari dan bisa mendapatkan pengembalian dana 100% selama 100 hari ke depan tanpa pertanyaan.

Panel Kontrol yang Ramah Pengguna

Web hosting Exabytes memiliki panel kontrol yang disederhanakan dan mudah digunakan, hal ini dilakukan untuk memudahkan pengoperasian harian dan melakukan manajemen pada backend anda.

5 keunggulan diatas sangatlah bermanfaat, namun keunggulan dari layanan web hosting dari Exabytes tidak hanya sampai situ saja. Exabytes juga dapat menyediakan unlimited subdomain dan parked domain, kemudian unlimited monthly data transfer, serta berbagai keuntungan lainnya seperti email greylisting, hosting advisor, dan sebagainya.

Tunggu apa lagi, segera gunakan layanan web hosting dan registrasi domain dari Exabytes dan dapatkan berbagai keunggulannya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments