8+ Tipe Email Marketing Untuk Kemajuan Bisnis Anda

0
2111

Marketing merupakan upaya memasarkan produk atau jasa agar lebih dikenal banyak orang. Produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan seseorang atau organisasi akan cenderung lebih dipilih. Nah, di era digital seperti sekarang ini, kegiatan tersebut bisa dilakukan secara digital termasuk menggunakan satu atau beberapa tipe email marketing.

Sudah tahukan apa itu email marketing dan mengapa strategi marketing satu ini semakin banyak digunakan dewasa ini? Jika masih butuh informasi lebih lanjut seputar email marketing yang merupakan salah satu strategi pemasaran digital, yuk cari tahu melalui artikel satu ini!

Sekilas tentang Email Marketing

Mengenal apa itu email marketing
Email marketing cocok untuk bisnis yang ingin menjangkau lebih banyak pelanggan. (Sumber: shutterstock)

Bisnis Anda adalah tanggungjawab Anda. Oleh sebab itu sangat penting untuk memilih strategi pemasaran atau marketing yang tepat. Email marketing bisa menjadi cara tepat untuk menjangkau audiens atau pelanggan secara lebih personal.

Sebenarnya, apa itu email marketing? Email marketing merupakan alat fleksibel yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa. Tentunya, marketing akan dilakukan dengan memanfaatkan email sebagai media atau alat yang tepat.

Bagi pebisnis yang baru saja mengenalkan atau launching produk atau jasa, email marketing bisa sangat membantu agar calon pelanggan mengenal produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Jadi, bagi siapapun  yang ingin memasarkan produk atau jasa secara digital, email marketing bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Dengan mengirimkan email sebagai salah satu bentuk pemasaran, Anda bisa langsung memasarkan produk kepada pelanggan yang ada pada list atau daftar email. 

Ikuti tren email marketing agar selalu mendapatkan informasi terkini seputar email marketing.

Keunggulan Email Marketing

Keunggulan email marketing
Keunggulan email marketing menjadi alasan dibalik keputusan pebisnis melakukan strategi marketing satu ini. (Sumber: flickr)

Sebagai salah satu strategi pemasaran, email marketing tentunya memiliki sejumlah keunggulan. Hal tersebut juga yang kemudian membedakan email marketing dengan strategi pemasaran digital lainnya. 

Bukan tidak mungkin keunggulan tersebut menjadi salah satu alasan mengapa pada akhirnya semakin banyak pebisnis atau perusahaan yang memasarkan produk atau jasa melalui email.

Kira-kira apa saja yang bisa Anda dapatkan saat menerapkan email marketing? Berikut adalah beberapa keunggulan email marketing yang akan melengkapi langkah perjalanan dalam pemasaran digital yang sudah Anda lakukan sejauh ini:

Email Marketing Itu Mudah Digunakan

Email marketing merupakan media pemasaran yang mudah digunakan. Saat ini, hampir semua orang memiliki email terutama mereka yang menjalankan bisnis. Dalam membuat email marketing, Anda harus bisa membuat isi pesan yang kreatif, unik, dan menarik sehingga penerima email penasaran untuk membuka pesan masuk yang diterimanya.

Agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda juga bisa menggunakan beberapa email marketing tools yang memang didesain untuk membagi para marketer dan pebisnis yang memasarkan produk secara online.

Biaya Pemasaran Lebih Terjangkau

Selain mudah, email marketing Indonesia juga tidak memerlukan biaya yang besar sehingga lebih terjangkau. Bahkan bukan tidak mungkin strategi marketing satu ini Anda terapkan tanpa biaya sekalipun.

Bisa Menjangkau Calon Pelanggan Secara Luas

Salah satu kelebihan digital marketing dibandingkan pemasaran konvensional adalah kemungkinan untuk menjangkau calon pelanggan atau target audiens yang lebih luas. Hal tersebut bisa Anda realisasikan bahkan hanya dengan email marketing. 

Pemasaran produk atau jasa satu ini memerlukan koneksi internet. Namun, justru internetlah yang akan menghubungkan orang-orang tanpa batasan jarak dan waktu.

Ini tentunya menjadi peluang bagi Anda untuk mengirimkan email marketing kepada target audiens atau calon pelanggan dimanapun mereka berada. Sekalipun mereka yang tinggi di luar negeri.

Jika Anda penasaran dengan apa saja berbagai keunggulan email marketing selain beberapa poin di atas, silahkan baca artikel satu ini.

Manfaat Email Marketing

Manfaat email marketing untuk bisnis
Email marketing memberikan banyak manfaat bagi bisnis. (Sumber: flickr)

Dengan segudang kelebihan yang ditawarkan pada para penggunanya, sudah pasti email marketing bermanfaat untuk melakukan promosi dan pemasaran. Sudah pernah mencoba email marketing sebelumnya?

Bagi Anda yang berencana menerapkan email marketing sebagai salah satu strategi pemasaran secara online, ketahui beberapa manfaat email marketing yang bagus untuk mengembangkan bisnis. Apa saja? Berikut ulasannya:

Email Marketing Bersifat Pribadi

Salah satu manfaat email marketing yang bisa perusahaan atau pelaku bisnis rasakan adalah menerapkan strategi pemasaran yang bersifat lebih pribadi. Biasanya, audiens akan memberikan perhatian yang lebih pada tipe email marketing yang bersifat pribadi. 

Saat mereka merasa nyaman dengan email yang diterimanya, mereka cenderung memilih promosi yang Anda tawarkan terlepas dari apapun bentuk penawaran menarik tersebut. Apakah berupa potongan harga atau diskon, produk gratis, voucher belanja, dan lain sebagainya. 

Karena email dikirimkan secara personal, pastikan terlebih dahulu untuk menggali informasi seputar calon penerima email termasuk ketertarikan dan kebiasan berbelanja. Dengan begitu, email akan lebih tepat sasaran.

Informasi Lebih Cepat Terkirim

Dengan adanya teknologi berupa email, pelaku bisnis bisa mengirimkan informasi apapun kepada calon pelanggan dengan lebih cepat. Bahkan, hal tersebut bisa berlangsung dengan biaya yang minim sehingga akan sangat terjangkau. 

Pelaku bisnis online cukup memastikan ketersediaan koneksi internet dan menggunakan perangkat (device) yang mendukung untuk mengirimkan informasi atau pesan via email. 

Dalam hitungan detik, calon pelanggan atau prospek akan menerima email dari Anda. Secepat itu, bukan?

Kampanye Menjadi Lebih Terukur

Manfaat lain dari email marketing adalah memungkinkan Anda untuk menjalankan kampanye yang lebih terukur. Melalui pemasaran via email, Anda atau tim marketing bisa dengan mudah memantau informasi secara detail seperti berapa banyak penerima yang sudah membaca email, jumlah pesan yang terkirim, dan lain sebagainya. 

Tipe Email Marketing untuk Kemajuan Bisnis

Tipe email marketing
Maksimalkan pemasaran dan promosi menggunakan berbagai tipe email marketing yang tersedia. (Sumber: flickr)

Penasaran dengan jenis email marketing yang saat ini tersedia dan bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan pemasaran dan promosi yang dilakukan?

Saat hendak menjalankan email marketing, salah satu hal penting yang harus kamu pahami dengan baik adalah penggunaan tipe email marketing yang tepat sesuai dengan tujuan dan kebutuhan. 

Itulah kenapa Anda harus sudah familiar dengan beberapa tipe atau jenis email marketing berikut ini:

Welcome Email

Sebagai pengguna aktif email, pastinya Anda sudah sering mendapatkan notifikasi email berupa welcome email meskipun tidak pernah menyadari hal tersebut. Welcome email merupakan salah satu jenis email marketing yang bisa Anda gunakan untuk memasarkan produk secara digital.

Jenis email marketing satu ini merupakan kesan pertama (first impression) pelaku bisnis pada pelanggan saat pelanggan baru melakukan pendaftaran atau pembuatan akun. 

Pada kenyataannya, welcome email juga berperan dalam memperkenalkan bisnis Anda dan memberikan saran sehingga pelanggan baru akan tahu apa yang sebaiknya mereka lakukan. 

Thank You Email

Seperti namanya, thank you email merupakan ucapan terima kasih atau sambutan hangat pada audiens yang terlibat dengan brand atau bisnis Anda. Misalnya, saat audiens melakukan registrasi, mendownload ebook, atau mengikuti sebuah acara yang Anda selenggarakan baik secara offline maupun online.

Bahkan, jenis email marketing satu ini juga bisa Anda kirimkan pada mereka yang baru saja melakukan pembelian pertama. Melalui email tersebut, Anda menunjukkan apresiasi yang juga akan membangun kedekatan antara audiens atau pelanggan dengan bisnis Anda. 

Newsletter

Banyak bisnis, organisasi, perusahaan, atau brand yang mengirimkan newsletter agar bisa tetap diingat oleh para audiens atau pelanggan. Tidak bisa dipungkiri kalau jenis email marketing satu ini merupakan alat yang bisa mengedukasi pelanggan setia maupun calon pelanggan potensial tentang apa yang Anda lakukan di tengah-tengah mereka.

Newsletter tidak hanya terbatas pada informasi berupa artikel dan pemberitaan terbaru. Setiap pelaku email marketing bebas menentukan tema newsletter yang dikirimkan kepada audiens. 

Namun, untuk mendapatkan newsletter, biasanya audiens harus terlebih dahulu memilih atau menyetujui untuk berlangganan. Sehingga mereka akan terus menerima newsletter secara rutin baik harian, mingguan, atau bulanan. 

Email Promosi

Jenis atau tipe email marketing lain yang juga tidak kalah sering digunakan adalah email promosi. Dari namanya saja, seperti Anda sudah bisa menebak tujuan dari email tersebut. Ya, email promosi bisa Anda manfaatkan untuk mengirimkan berbagai bentuk promosi pada calon pelanggan atau prospek agar hasilnya bisa lebih terukur. 

Email promosi tidak hanya menguntungkan pihak pebisnis atau pengirim email saja tetapi juga penerima email. Melalui email promosi, pelanggan atau target audiens bisa mengetahui penawaran khusus apa saja yang bisa mereka dapatkan dari bisnis Anda. Jadi, pengalaman berbelanja mereka akan jauh lebih menarik.

Email Transaksi

Email transaksi atau transactional email merupakan pesan email yang terjadi karena adanya tindakan tertentu yang seseorang lakukan. Sehingga memungkinkan mereka untuk menyelesaikan tindakan tersebut. 

Transactional email tidak harus selalu berhubungan dengan pembelian atau pemesanan. Tetapi bisa juga terjadi ketika audiens mengisi formulir karena sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti webinar digital marketing. 

Email Katalog

Agar memudahkan audiens atau pelanggan mengetahui produk apa saja yang Anda tawarkan, Anda bisa mengirimkan katalog melalui email. Email katalog merupakan salah satu bentuk hard selling yang bisa memengaruhi penerima email untuk segera membuat keputusan berupa pembelian produk yang tercantum dalam katalog tersebut.

Selain penggunaan gambar dengan kualitas terbaik, jangan lupa juga untuk mencantumkan harga dan keterangan masing-masing produk.

Email Undangan Acara

Email undangan acara adalah salah satu bentuk mengapresiasi pelanggan. Mereka yang dilibatkan dalam acara tertentu akan merasa lebih dihargai dan diperhatikan. Jadi, akan lebih baik untuk mengundang pelanggan menghadiri acara yang Anda selenggarakan dengan mengirim email.

Tombol call-to-actin atau CTA bisa kamu sertakan untuk menarik para pendaftar atau peminat. Namun, penulisan email undangan acara harus dilakukan secara hati-hati agar penerima tertarik untuk bergabung. Buatlah isi email yang singkat, padat, namun informatif dan menarik.

Email Sponsor

Email sponsor merupakan tipe email marketing yang mampu menentukan target promosi. Melalui email sponsor, Anda juga bisa mengirimkan email ke penerima sesuai target yang tepat.

Tipe email marketing satu ini memanfaatkan iklan bergambar yang artinya Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk bisa menikmati layanan tersebut. Akan tetapi, email sponsor bisa menjangkau pelanggan yang berbeda serta mendapatkan arahan baru. 

Email Survey

Jika Anda ingin mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dalam menggunakan produk atau jasa, gunakan saja email survey. Respon atau hasil survei nantinya bisa Anda gunakan sebagai bahan evaluasi guna meningkatkan layanan dan kualitas produk agar lebih baik. Sehingga semakin bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Kesimpulan

Email marketing sangat berguna terutama bagi Anda yang menjalankan bisnis secara online di tengah kompetisi yang begitu kuat. Dengan menggunakan berbagai tipe email marketing, target dan tujuan bisnis bisa lebih mudah dicapai.

Namun, jika tidak tahu harus memulainya dari mana, Anda bisa mulai dengan memilih email marketing Indonesia dari Exabytes. Jadi, tunggu apalagi? Segera gunakan layanan email marketing terbaik satu ini dan dapatkan lebih banyak peluang penjualan maupun subscribe dari target audiens Anda!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments