Wix vs WordPress, Apa Bedanya dan Mana Yang Terbaik?

0
2177

Di pembahasan tentang cara memilih CMS yang tepat, ada 5 CMS yang dibahas. Beberapa diantaranya adalah WordPress dan Wix, kedua platform ini digunakan oleh banyak website populer di dunia.

Misalnya saja WordPress yang telah digunakan oleh TechCrunch dan Guggenheim, sedangkan untuk Wix digunakan oleh website populer seperti Adam Grant dan Karlie Kloss.

Berdasarkan pembahasan tersebut, WordPress adalah pembuat situs website populer di dunia dengan jumlah market share sebanyak 42% dari seluruh dunia, berbeda dengan Wix yang hanya memperoleh market share sebanyak 10% saja.

Akan tetapi, Anda tidak bisa memilih hanya berdasarkan kepopuleran semata. Maka dari itu, kami akan melakukan beberapa perbandingan antara Wix vs WordPress untuk mengetahui mana platform terbaik untuk digunakan.

Harapan kami, melalui perbandingan ini Anda dapat memutuskan platform mana yang tepat dengan kebutuhan Anda. Tapi sebelum masuk ke pembahasan inti, kami akan kembali mengulas secara singkat apa itu WordPress dan Wix.

​Sekilas tentang Wix dan WordPress

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang perbedaan dan perbandingan Wix dengan WordPress lebih jauh lagi, baiknya kita mengulas sedikit kedua platform tersebut.

​Wix

wix

Wix merupakan CMS layanan pembuatan website khusus toko online, dengan menggunakan Wix kamu tidak harus membeli domain sendiri, kamu bisa menggunakan subdomain bawaan dari Wix sebagai alamat website.

Subdomain ini cocok untuk Anda yang masih baru membangun website untuk bisnis, pilihan template yang ada di Wix juga bervariasi sesuai kebutuhan. Jadi, proses pembuatan website menjadi lebih mudah, karena banyaknya pilihan template yang tersedia.

​WordPress

wordpress

WordPress adalah CMS yang sangat terkenal dan paling banyak digunakan, CMS yang satu ini cocok digunakan untuk Anda yang tidak mengerti teknis tentang bahasa pemrograman. Hanya dengan bantuan tema yang powerful dan plugin, memudahkan Anda dalam membuat website.

CMS WordPress memiliki tampilannya yang sederhana yang merupakan kelebihan, sehingga para pemula bisa mempelajari WordPress secara otodidak. Tidak hanya itu, dukungan komunitas yang besar dapat mempermudah Anda belajar tentang cara membuat website .

Bagaimana sudah ada pilihan dari keduanya? Jika iya, kami sarankan untuk tidak buru-buru. Kenapa? Karena tentu saja perbedaan berdasarkan ulasan singkat tersebut kurang lengkap, maka kami sarankan untuk membaca sampai selesai tentang perbedaan antara Wix dengan WordPress di bawah ini.

​Perbedaan Wix dengan WordPress

perbedaan wix dengan wordpress

Oh iya di dalam artikel ini kita membahas perbedaan Wix dengan WordPress Self Hosted di WordPress.org, bukan WordPress.com. Anda bisa membaca perbedaan WordPress.com dengan WordPress.org yang dihosting sendiri.

Dalam pembahasan ini, kami membagi perbedaan Wix dengan WordPress menjadi beberapa bagian diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Harga.
  • Kemudahan dalam penggunaan.
  • Plugin.
  • Pilihan template.
  • Kemudahan blogging.
  • Fungsi e-commerce.
  • Kemudahan dalam backup data.

Kita bahas satu-satu agar lebih tergambar lagi untuk menggunakan yang mana diantara keduanya.

Biaya Pembuatan Wix vs WordPress

Hal pertama adalah biaya pembuatan yang merupakan salah satu faktor penting dalam memilih platform mana yang akan digunakan. Alasan kami biaya pembuatan dibahas di awal adalah agar Anda kedepannya bisa memastikan bahwa Anda bisa melakukan apapun sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia.

​Wix

Anda bisa menggunakan Wix secara gratis. Akan tetapi, layanan gratis yang ditawarkan Wix memiliki dua kelemahan.

Pertama, Wix versi gratis akan memunculkan iklan di bagian atas dan bawah website. Kekurangan kedua Anda tidak bisa menggunakan domain khusus, jadi alamat domain Anda nantinya seperti username.wix.com/namawebsite.

Layanan gratis yang disediakan Wix juga tidak terdapat add-on seperti Favicons, Google Analytics dan lainnya. Jika Anda ingin menggunakan domain sendiri, maka Anda perlu beralih ke akun Wix premium.

Paket premium termurah di Wix adalah $4.50/bulan untuk berlangganan selama satu tahun, sedangkan jika Anda ingin mengambil yang bulanan biayanya lebih mahal yaitu $7.00/bulan, setiap paket di Wix memiliki batasan ruang penyimpanan dan bandwidth yang berbeda-beda.

Jika kebutuhan Anda khusus untuk bisnis, harga paling murah di paket business dan eCommerce yaitu $17/bulan.

​WordPress

Selanjutnya kita akan bahas biaya pembuatan website menggunakan WordPress, kita tahu bahwa WordPress adalah CMS open source dan tersedia gratis bagi siapa saja yang ingin menggunakannya untuk kebutuhan apapun.

Biaya yang dibutuhkan hanya untuk pembelian domain dan hosting saja, selebihnya tidak ada biaya tambahan. Ada banyak penyedia domain dan WordPress hosting yang bisa Anda gunakan, cek panduan kami tentang cara memilih domain dan hosting terbaik.

Biaya yang perlu Anda keluarkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang Anda telah siapkan, Anda bisa memulai dengan paket basic di penyedia hosting WordPress seperti Exabytes Indonesia dengan harga hemat dan fitur powerfull yang sudah termasuk domain di dalamnya.

Namun, biaya yang Anda keluarkan tersebut sudah termasuk penggunaan berbagai kebutuhan seperti penambahan plugin untuk Google Analytics dan lainnya. Apalagi di WordPress Anda bisa memilih tema gratis untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan.

Jika Anda menggunakan WordPress untuk membangun bisnis eCommerce, maka WordPress hadir dengan dukungan penuh untuk pembuatan eCommerce. Cukup dengan instal plugin WooCommerce maka Anda sudah bisa membuat toko online.

Kami telah mendokumentasikan panduan membuat toko online dengan WooCommerce, Anda bisa pelajari lebih lanjut disana.

​Kemudahan Penggunaan Wix vs WordPress

Kebanyakan pengguna memilih salah satu dari Wix dan WordPress karena keduanya menawarkan kemudahan pembuatan website tanpa menggunakan coding. Di artikel ini kita akan melihat mana yang lebih mudah digunakan oleh pemula yang tidak memiliki pengalaman coding.

​Wix

Wix menawarkan kemudahan untuk membangun website Anda sendiri, antarmuka yang sederhana membuat penggunanya dapat membuat website tanpa pengetahuan coding sedikitpun yaitu hanya dengan drag n drop saja.

Anda juga bisa dengan mudah menulis konten karena user interface dari Wix yang sangat ramah pengguna pemula.

​WordPress

WordPress juga memberikan kemudahan yang sama dengan Wix, hanya saja cara kerjanya berbeda. Jika Wix menggunakan sistem drag n drop, WordPress hadir dengan konsep editor blok dan Anda bisa membuat halaman yang memukau hanya dengan menambahkan blok saja.

Blok yang tersedia bermacam-macam, ada blok untuk semua elemen umum seperti teks, judul, tombol gambar untuk latar belakang, galeri dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tidak hanya itu saja, WordPress memberikan Anda akses ke banyak tema untuk digunakan kapan saja. Masing-masing tema bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda, WordPress juga memiliki berbagai macam plugin untuk membuat tampilan halaman yang memukau.

Misalnya Anda bisa menggunakan elementor untuk membuat website yang cantik tanpa sepengetahuan coding sedikitpun. Cek panduan menggunakan elementor di WordPress untuk membuat website versi Anda sekarang!

​Desain dan Tata Letak Website

Desain adalah faktor penting dalam membangun website yang sukses. Tentunya Anda menginginkan website dengan tampilan yang tidak hanya terlihat bagus, tetapi bisa digunakan dengan mudah oleh pengunjung website.

Di bawah ini adalah perbandingan antara Wix vs WordPress.

​Wix

Wix menyediakan lebih dari 900+ template untuk digunakan dan semuda desain yang tersedia sudah dibuat dengan menggunakan HTML5 sehingga sepenuhnya sudah responsif. Anda juga bisa mengatur tata letak sesuai keinginan.

Hanya saja ada satu kekurangan yang dimiliki Wix yaitu setelah Anda memilih template, maka Anda tidak bisa mengubahnya atau menggantinya ke template lainnya. Anda bisa memodifikasi dan menyesuaikan tata letaknya kapan saja, tetapi Anda tidak bisa mengganti ke template yang lainnya.

​WordPress

WordPress juga menyediakan ribuan tema gratis dan berbayar, tema gratis biasanya terbatas dari sisi dukungan dan fitur. Tema yang berbayar, menawarkan dukungan premium dan menawarkan banyak fitur di dalamnya.

Anda bisa mendownload tema gratis di direktori WordPress.org dan untuk tema berbayar biasanya tersedia di website yang menjual template seperti Themify dan lain sebagainya.

Lebih penting lagi, Anda bisa mengubah tema WordPress kapan pun yang Anda butuhkan dan mengganti tema dengan tema lain sesuai keinginan.

​Plugin dan Aplikasi

Di WordPress kita sudah mengenal dengan yang namanya plugin, sedangkan di Wix plugin disebut dengan Aplikasi. Keduanya ini sangat membantu Anda untuk mengembangkan fitur website. Tapi bagaimana perbandingan antara Wix vs WordPress?

​Wix

Wix hadir dengan lebih dari 200+ aplikasi yang bisa digunakan, aplikasi ini dapat membantu Anda menambahkan fitur seperti galeri, tombol media sosial dan lain sebagainya. Hanya saja kekurangan Wix, koleksi aplikasinya masih terbatas.

​WordPress

Sedangkan WordPress tersedia puluhan ribu plugin gratis yang tersedia di direktori WordPress.org. Belum lagi plugin premium yang banyak pilihannya. Banyak orang bilang, fitur apapun bisa dibuat dengan bantuan plugin WordPress.

Anda bisa membuat fitur apapun dengan plugin WordPress baik itu menyempurnakan blog, website perusahaan atau ecommerce, untuk menggunakan plugin cek cara install plugin di WordPress.

​Wix vs WordPress, Mana yang Terbaik?

Jika kita simak pembahasan di atas, WordPress mengalahkan Wix dari sisi biaya pembuatan website dimana WordPress memiliki paket fleksibel dan tersedia di berbagai perusahaan hosting.

Dari kemudahan penggunaan, keduanya memang menawarkan kemudahan yang sama. Hanya saja WordPress dari sisi desain dan tata letak masih jauh lebih banyak pilihan dan WordPress bisa mengganti tema kapanpun.

WordPress juga telah mengalahkan Wix dari pilihan plugin/aplikasi yang tersedia, jadi dengan WordPress Anda bisa menambahkan banyak fitur apapun dengan plugin.

Jika dilihat dari perbandingan ini, WordPress jauh lebih unggul dari pada Wix sebagai platform pembuatan website untuk berbagai jenis web.

Jika Anda akan membuat website dengan menggunakan WordPress, cek panduan kami tentang cara membuat website tanpa coding dan ikuti petunjuk langkah demi langkahnya.

Good luck!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments