Web Hosting Adalah: Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya

0
2490

Hosting atau web hosting adalah layanan yang ditawarkan kepada orang-orang yang ingin membuat website. Tujuannya adalah agar situs web harus terlihat melalui internet dan dapat diakses 24 jam sehari oleh siapa saja yang membutuhkan.

Tidak berhenti sampai di situ, web hosting juga berfungsi untuk melindungi website dari virus atau spam dengan memasang SSL atau Secure Socket Layer. Meski memiliki banyak tujuan dan fungsi, memilih layanan web hosting juga perlu berhati-hati.

Berikut adalah definisi, cara kerjanya, dan jenis web hosting yang perlu kamu ketahui sebelum meng-hosting situs web pribadi atau bisnis.

Apa Itu Web Hosting?

Apa itu web hosting? Seperti disebutkan sebelumnya, web hosting juga bisa disebut sebagai hosting. Pada dasarnya, hosting adalah layanan online yang memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan situs web atau aplikasi.

Adaptasi buku Cepat & Mudah Membuat Website Keren dengan WordPress oleh Ali Zaenal, layanan web hosting adalah penyedia layanan internet untuk menempatkan informasi di halaman web, hosting email, database, dll.

Web hosting ini memungkinkan seseorang untuk tidak perlu menyediakan komputer khusus untuk tetap online di kantor atau di rumah, tetapi cukup bekerja dengan penyedia hosting.

Mencermati pengertian di atas, sebagian orang beranggapan bahwa web hosting mirip dengan istilah nama domain. Padahal, kedua istilah tersebut sangat berbeda.

Web hosting adalah tempat penyimpanan semua data situs web sedangkan nama domain adalah alamat unik situs web yang biasanya diakhiri dengan .com .net, dll. Tanpa layanan web hosting, website tidak akan ada tidak memiliki tujuan.

apa itu web hosting

Cara Kerja Dari Web Hosting

Jika kamu ingin membangun situs web, kamu harus terlebih dahulu menemukan host web yang menawarkan ruang server. Server web hosting menyimpan semua file, konten, dan database di server.

Ketika seseorang memasukan nama domain di bidang alamat browser, server host mentransfer semua file yang diperlukan untuk menyelesaikan permintaan.

Pada dasarnya, web hosting bekerja dengan cara yang sama seperti kamu menyewa rumah. Kamu harus membayar biaya sewa bulanan untuk menjaga agar sever tetap beroperasi penuh.

Untuk web atau blog sederhana, kamu dapat membeli hosting EBiz 13 Mini. Jika nanti situs web tumbuh dan lalu lintas menjadi lebih sibuk. Kamu dapat meningkatkan ke paket hosting dengan kapasitas yang lebih besar.

Jika kamu ingin menggunakan layanan kami, kamu tidak perlu mengetahui bahasa pemrograman teknis untuk mengelola situs web kamu. Akun hosting Exabytes menawarkan antarmuka pengguna grafis yang memungkinkan kamu mengelola semua aspek situs web kamu.

Misalnya, kamu dapat mengunggah HTML dan file lain ke server, menginstal sistem manajemen konten seperti WordPress, mengakses database, dan mencadangkan situs web kamu.

Meskipun platform hosting cPanel banyak digunakan oleh web host, untuk beberapa pengguna dengan pengetahuan teknis minimal, menggunakan alat canggih ini bisa sedikit membingungkan. Inilah mengapa tim kami membuat dasbor terpisah untuk pengguna Exabytes.

Control panel Exabytes memiliki antarmuka pengguna yang menarik, intuitif, dan sangat sederhana, bahkan untuk pemula di dunia hosting. Hingga saat ini, control panel Exabytes telah membantu pelanggan kami mengelola dan mengembangkan semua aspek akun hosting mereka dengna mulus.

Selain menyediakan ruang server untuk website, penyedia web hosting juga menyediakan layanan lain yang berkaitan dengan pengelolaan website, seperti:

  1. Hosting email
  2. Page builder
  3. Tool developer
  4. Pencadangan situs web otomatis
  5. Layanan dukungan pelanggan (mungkin bisa melalui live chat)
  6. Instalasi perangkat lunak dengan sekali klik (misalnya untuk WordPress atau Drupal)
  7. Sertifikat SSL (untuk mengamankan situs web menggunakan protokol https://)

Jenis-Jenis Dari Web Hosting

Jika seperti properti, ada banyak jenis aset yang tersedia, bukan? Dari apartemen, kost, rumah, villa. Hal yang sama berlaku untuk hosting, karena setiap jenis hosting memiliki spesifikasi dan harga yang berbeda.

Jadi, sebelum kamu mendaftar hosting, pastikan kamu memilih jenis hosting yang tepat untuk kebutuhan website kamu, ya!

Berikut ini adalah pengertian beberapa jenis hosting yang biasa ditawarkan oleh penyedia hosting.

Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis hosting yang servernya digunakan bersama oleh banyak pengguna secara bersamaan.

Seperti menyewa kamar di motel dengan hanya satu kamar mandi, dapur, listrik dan air bersama. Jadi kamu harus berbagi fasilitas tersebut dengan penghuni lainnya.

Sama dengan shared hosting. Kamu akan berbagi fasilitas penyimpanan, seperti ruang disk, kecepatan, dll. Jadi ketika pengguna menggunakan terlalu banyak sumber daya, situs web kamu juga akan menderita.

VPS Hosting

VPS atau Virtual Private Server adalah jenis server hosting pribadi yang sumber dayanya hanya digunakan oleh satu pengguna. Dengan demikian, server tidak akan terpengaruh oleh penggunaan pengguna lain.

Dalam jenis hosting ini, kamu memiliki kebebasan untuk mengatur dan mengelola sumber daya yang tersedia dengan otonomi penuh. Ini berarti kamu harus memiliki keterampilan teknis dalam manajemen server.

Demikian pula, VPS ini seperti apartemen satu kamar yang menawarkan fasilitas pribadi. Dimana setiap apartemen memiliki meteran sendiri untuk listrik, air, kamar mandi, dan dapur. Berbeda dengan kost-kostan, semua fasilitas ini terintegrasi dengan ruangan lain.

Cloud Hosting

Apa itu cloud hosting? Jadi cloud hosting menghosting sumber daya seperti VPS, tetepi mudah digunakan seperti shared hosting. Artinya, kamu tidak perlu memiliki keahlian teknis untuk mengelola server untuk dapat menggunakan jenis cloud hosting ini.

Apakah kamu masih bingung dengan pengertian layanan cloud hosting? Bayangkan kamu membuka cabang restoran di beberapa lokasi. Tujuannya adalah agar antrian tidak membanjiri satu toko pun.

Begitu juga dengan cloud hosting, pengalaman memuat di beberapa server secara bersamaan. Jadi ketika salah satu server mati, situs masih aktif dan berjalan dengan cadangan dari server lain.

WordPress Hosting

WordPress hosting adalah jenis hosting khusus untuk pengguna WordPress yang spesifikasinya sangat mirip dengan shared hosting.

Perbedaannya adalah bahwa host WordPress dikonfigurasikan secara khusus untuk pengguna WordPress. Dimana pengguna akan lebih mudah membuat website hanya dengan beberapa klik.

Seperti shared hosting, hosting jenis ini juga harus berbagi fasilitas penyimpanan dengan pengguna lain. Jadi ketika pengguna lain menggunakan sumber daya secara berlebihan, kamu juga akan terpengaruh.

Jadi kita bandingkan, kamu seperti menyewa kamar motel dengan bentuk dan tata letak yang sama dengan kamar lainnya. Kamu hanya perlu mengatur sedikit sesuai dengan keinginan kamu, kamar motel langsung siap huni.

Sama seperti WordPress hosting. Kamu hanya perlu menginstal plugin dan mengedit konten di WordPress, maka situs web kamu dapat dipublikasikan.

Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah server yang hanya digunakan oleh satu pengguna. Dengan dedicated server yang didedikasikan untuk kamu, kamu tidak perlu khawatir website kamu akan down.

Selanjutnya, kamu memiliki kebebasan untuk mengelola dan mengkonfigurasi server sesuai dengan kebutuhan kamu. Jadi, kamu harus memiliki pengetahuan tentang manajemen server.

Dibandingkan dengan itu, dedicated hosting adalah rumah pribadi yang kamu beli dari pengembang real estat. Kamu bebas mengatur dan mengelola rumah kamu.

cPanel Hosting

cPanel hosting adalah control panel web hosting yang berfungsi untuk manajemen hosting. Web hosting ini adalah hosting yang memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengatur domain dan pengaturan terkait hosting, seperti menambahkan subdomain, domain tambahan, pengaturan email, web hosting, bahkan menginstal databse dan banyak lagi.

Colocation Hosting

Colocation hosting hampir mirip dengan dedicated hosting karena pengguna memiliki kontrol penuh atas akses ke server. Jenis hosting ini juga memberi pengguna akses fisik ke server.

Oleh karena itu, bisnis yang menggunakan colocation hosting perlu melakukan pemeliharaan fisik dan memikirkan masalah internet, sumber daya listrik, penyimpanan server, dan masalah teknis lainnya.

Colocation hosting adalah salah satu jenis yang paling mahal dibandingkan dengan yang lainnya.

Email Hosting

Email hosting adalah layanan hosting yang dirancang khusus untuk membuat email bisnis. Keuntungan menggunakan layanan email hosting adalah filter email spam, blast email lebih cepat dan tentunya bisnis lebih tentatif seperti yang namanya email bisnis.

Web Hosting Adalah: Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya - 2024

Fungsi Dari Web Hosting

Web hosting memiliki banyak fungsi. Fungsi-fungsi ini sangat penting bagi kamu untuk menjalankan situs web.

Berikut adalah fungsi dari web hosting:

  • Mempermudah pemilik website untuk mengelola dan mengakses website.
  • Server situs web tidak akan crash dengan mudah.
  • Layanan hosting dapat membantu konsumen atau calon pembeli dengan mudah mengakses toko online dengan lancar 24 jam sehari.
  • Dapat digunakan untuk menyimpan data, seperti file, dokumen, dll.

Jadi, Web Hosting Adalah …

Sekarang kamu tahu apa itu web hosting dan segala sesuatu tentangnya, terutama jika kamu ingin membuat situs web baru. Secara keseluruhan, hosting situs web adalah layanan yang kamu butuhkan jika kamu ingin membuat situs web kamu online.

Dengan memperkenalkan situs web kamu ke internet, kamu dapat menjangkau jutaan pengguna di seluruh dunia.

Web hosting yang baik akan menampilkan konten situs web kamu di internet, memberikan pengalaman menjelajah yang tak terlupakan bagi pengunjung situs web kamu, dan menarik sebanyak mungkin pengguna untuk mengunjungi situs web kamu.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments