Perbedaan Microsoft Office 365 dan Microsoft Office 2019

1994
Perbedaan Microsoft 365
7 min read

Hi, Exabytes Friends!

Di dalam keseharian, Anda pasti pernah menggunakan Microsoft Office bukan? Baik untuk keperluan pekerjaan ataupun bisnis? Nah, versi mana yang Anda gunakan? Apakah Anda sudah memakai Microsoft Office 365 yang dilengkapi fitur cloud?

Atau Anda masih menggunakan Office non-cloud, dimana versi terakhirnya adalah Microsoft Office 2019? Office 2019, yang merupakan penerus Office 2016, akan segera digantikan oleh Office 2021 pada semester kedua tahun ini.

Microsoft Office masih menjadi alat presentasi favorit banyak orang. (Sumber: Adobe Photo Images)
Microsoft Office menjadi tools favorit banyak orang dalam bekerja. (Sumber: Adobe Photo Images)

Di kesempatan kali ini, kami akan membahas perbedaan Microsoft Office 365 dan Microsoft Office 2019, jadi simak terus artikel ini sampai akhir!

Microsoft Office 2019

Pada September 2018, Microsoft di website resminya, www.microsoft.com, mengumumkan bahwa Microsoft Office 2019 tersedia untuk Windows dan Mac. Office 2019 adalah versi lokal dari Word, Excel, PowerPoint, Outlook, Project, Visio, Access dan Publisher. Berikut penjabaran lengkapnya.

Perbedaan Microsoft Office 365 dan Microsoft Office 2019 - 2021
Microsoft Office. (Sumber: Adobe Photo Stock)

Office 2019 menyediakan fitur baru dan pembaruan untuk aplikasi lokal bagi pengguna dan profesional TI. Seperti rilis Saluran Layanan Jangka Panjang Windows (LTSC), Office 2019 memberikan serangkaian penyempurnaan yang bermanfaat bagi pelanggan yang tidak dapat tersambung ke cloud atau menerima pembaruan rutin.

Office 2019 menghadirkan fitur ke seluruh aplikasi untuk membantu pengguna membuat konten yang menarik dengan cepat. Di PowerPoint 2019, Anda dapat membuat presentasi sinematik dengan fitur baru seperti Morf dan Zoom. Fitur penintaan yang disempurnakan di seluruh aplikasi di Windows, seperti kotak pensil yang berpindah, sensitivitas tekanan, dan efek miring juga memungkinkan Anda membuat dokumen dalam cara yang alami.

Excel 2019 menambahkan fitur analisis data baru yang canggih, termasuk rumus dan bagan baru serta penyempurnaan PowerPivot.

Word 2019 dan Outlook 2019 membantu Anda fokus pada hal yang paling penting. Alat Pembelajaran seperti Baca dengan Lantang dan Penspasian Teks memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan konten. Mode Fokus membantu menyingkirkan gangguan dan meletakkan konten pada posisi yang paling sesuai. Selain itu, Kotak Masuk Prioritas memindahkan email yang kurang penting sehingga Anda dapat lebih fokus untuk bekerja. Untuk daftar lengkap fitur baru di Office 2019.

Office 2019 juga menyertakan manfaat TI baru untuk keamanan yang disempurnakan dan administrasi yang disederhanakan. Di Office 2013, Microsoft telah memperkenalkan Klik-untuk-Menjalankan (C2R) yang merupakan teknologi penyebaran modern, dan teknologi tersebut kini digunakan untuk menyebarkan dan memperbarui Office di ratusan juta perangkat di seluruh dunia. 

Dengan Office 2019, Microsoft memindahkan versi Office lokal ke C2R untuk meminimalkan biaya dan meningkatkan keamanan. Manfaat C2R mencakup pembaruan keamanan bulanan yang dapat diprediksi, aplikasi terkini pada saat penginstalan, penghematan penggunaan jaringan melalui teknologi optimasi unduhan Windows 10, serta jalur pemutakhiran yang mudah ke Office 365 ProPlus. 

C2R menawarkan kemampuan manajemen yang fokus pada perusahaan seperti produk berbasis Penginstal Microsoft (MSI), dan akan mendukung pemutakhiran di tempat ketika Anda beralih ke Office 2019 dari produk berbasis MSI yang lebih lama.

Microsoft Office 365

Apa itu Microsoft Office 365? Seperti yang telah disinggung di atas, Microsoft Office 365 adalah versi Office yang tersambung ke cloud, yang memberikan pengalaman Office yang paling produktif dan aman dengan total biaya kepemilikan paling rendah untuk penyebaran dan pengelolaan. 

Microsoft jenis ini diperuntukkan bagi pengguna yang sudah siap untuk beralih ke cloud, sementara yang belum siap dipersilahkan untuk tetap menggunakan Microsoft Office 2019.

Microsoft 365
Microsoft 365. (sumber: Adobe Photo Stock)

Microsoft Office 365 memulai sebagai bundel lisensi untuk pelanggan perusahaan di 2017 – kombinasi Windows, Office, dan Mobilitas dan Keamanan Perusahaan (EMS). Ini mewakili visi Microsoft untuk masa depan alat produktivitas Microsoft – serangkaian aplikasi dan layanan terintegrasi yang menjadikan kecerdasan buatan (AI) dan inovasi mutakhir lainnya bekerja untuk Anda.

Efektif mulai 21 April 2020, Microsoft Office 365 resmi menanggalkan kata ‘office’ dan beralih menjadi Microsoft 365 saja.

Perbedaan Microsoft 365 dan Office 2019

Di atas sudah sempat dibahas bahwa perbedaan mendasar dari keduanya yaitu, Office 2019 diperuntukkan bagi pelanggan yang belum siap untuk beralih ke cloud. Lalu, apa saja perbedaan lainnya dengan Microsoft 365?

Biaya

Office 2019 adalah pembelian sekali atau bayar biaya sekali seumur hidup, tidak seperti Microsoft 365 di mana Anda harus membayar biaya berlangganan setiap bulan atau setiap tahun jika ingin lebih hemat.

Aplikasi Office

Di Office 2019 Anda mendapatkan aplikasi Office seperti Excel, Word, dan PowerPoint, sementara di Microsoft 365 Anda dapat itu semua ditambah dengan Outlook. Anda akan selalu memiliki fitur, peralatan baru, pembaruan keamanan, dan perbaikan bug terkini. Pengguna PC juga mendapatkan Access dan Publisher.

Pembaruan Fitur

Di Office 2019, pembaruan keamanan disertakan, tetapi Anda tidak akan mendapatkan fitur baru. Pemutakhiran ke rilis utama tidak disertakan. Sementara dengan Microsoft 365, versi Office Anda akan selalu ditingkatkan. Anda akan mendapatkan semua fitur dan pembaruan terkini, serta perbaikan bug dan pembaruan keamanan terkini.

Fleksibilitas

Di Office 2019, skema pembelian satu kali yang dapat diinstal di PC atau Mac. Sementara dengan Microsoft 365, Anda dapat menginstal Microsoft 365 di semua perangkat dan masuk ke 5 perangkat sekaligus. Artinya, Office dapat digunakan di mana saja pada perangkat apa pun, termasuk PC, Mac, tablet, dan telepon. Anda juga dapat berbagi langganan hingga dengan lima orang.

Fitur tingkat lanjut di tablet dan telepon

Di Office 2019, Anda bisa instal aplikasi seluler gratis dan dapatkan fitur pengeditan dasar di tablet atau ponsel dengan layar di bawah 10,1 inci. Sementara dengan Microsoft 365 Anda bisa instal aplikasi seluler gratis dan dapatkan fitur tambahan ketika masuk ke aplikasi Office di perangkat Anda.

Penyimpanan online ekstra

Karena Office 2019 adalah non-cloud, maka tidak ada fitur penyimpanan online ekstra. Sementara dengan Microsoft 365 Anda bisa simpan file dengan aman di awan dan akses file dari mana saja. Anda bisa mendapatkan 1 TB penyimpanan cloud OneDrive per pengguna, hingga untuk 6 pengguna, termasuk Anda sendiri.

Dukungan Teknis

Dukungan teknis awal disertakan hanya untuk menginstal Office 2019, sementara dengan Microsoft 365 Anda bisa hubungi Microsoft untuk seluruh langganan tanpa biaya untuk bantuan dengan masalah teknis, atau untuk dukungan langganan dan tagihan.

Manfaat Microsoft 365

Microsoft 365 adalah kumpulan aplikasi dan layanan cloud yang dapat digunakan agar lebih produktif untuk membuat atau mengakses dokumen yang disimpan di berbagai perangkat di mana pun. 

Hanya dengan login ke komputer Anda menggunakan akun Microsoft 365 dan kerjakan file Anda melalui penyimpanan Cloud. Masuk melalui Microsoft 365 memberikan Anda akses yang sama di semua hal yang Anda kerjakan tidak bergantung pada perangkat apa yang Anda gunakan.

Poin manfaat Microsoft 365 sebenarnya sudah banyak disebutkan di atas, karena perbedaan yang cukup mencolok dengan Office 2019. Namun berikut kami jabarkan lagi untuk lebih jelasnya:

Simpan Microsoft 365 di Saku 

Microsoft Office 365 beroperasi di Cloud, sehingga dokumen dapat disimpan di PC dan tetap dikerjakan di ponsel atau tablet. Dengan demikian walau sedang bepergian, perjalanan Anda bisa menjadi jauh lebih produktif karena bisa tetap bekerja.

Kolaborasi Lebih Baik

Anda bisa menyimpan file secara online dengan ukuran 1TB per user di Cloud. Anda dapat berbagi dan memberi dokumen kepada orang dalam atau luar perusahaan, dari mana saja Anda bekerja dan kapanpun dibutuhkan.

Selalu Up-To-Date

Auto update adalah fitur kekinian yang menawarkan kepraktisan. (Sumber: Adobe Photo Images)
Auto update adalah fitur kekinian yang menawarkan kepraktisan. (Sumber: Adobe Photo Images)

Dengan Cloud, Anda akan selalu bekerja dengan versi Microsoft 365 terbaik dan terbaru, karena selalu terupdate secara otomatis. Dengan demikian, tidak akan ada masalah dengan update software lagi.

Amankan Data

Tak perlu khawatir hard disk macet, laptop hilang atau terinfeksi virus dan malware. Simpan data di Cloud online demi keamanan terbaik. Anda juga dapat menghapus data dari jauh jika perangkat mobile hilang atau dicuri.

Lebih Produktif Dari Sebelumnya

Anda bisa menyelesaikan projek jauh lebih cepat ketika tim Anda bekerja di versi dokumen yang sama. Satu dokumen terpusat pada OneDrive dapat meningkatkan kualitas data dan menempatkan setiap anggota tim pada halaman yang sama.

Setup dan Manajemen Mudah

Microsoft 365 tidak memerlukan ahli IT untuk menjalankannya karena instalasi yang mudah. Microsoft memberikan dukungan sempurna 24/7 untuk menjawab pertanyaan mengenai setup, secara GRATIS.

Tanpa Kesulitan Lisensi

Microsoft 365 mencakup seluruh lisensi dan bisa digunakan perusahaan secara luas. Setiap orang memiliki versi Microsoft 365 yang sama dan semua pengguna akan mendapatkan update secara bersamaan.

Penutup

Untuk Anda yang belum menggunakan Microsoft Office 365 sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai bersama tim anda. Gunakan Office 365 dan atur semua data dalam satu tempat. Struktur yang terbuka dan terhubung memungkinkan informasi mengalir dengan baik di antara pengguna.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk Office 365, Exabytes menyediakan Office 365 untuk Anda. Beli Office 365 agar semuanya lebih terorganisir, kunjungi Exabytes segera.

Sekian artikel mengenai perbedaan Microsoft Office 2019 vs Microsoft Office 265. Semoga artikel ini menambah wawasan baru untuk Anda.

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments