7+ Rekomendasi Plugin Kalender WordPress Terbaik & Gratis

270
blog exabytes indonesia
9 min read

Pengguna WordPress yang berencana mengadakan acara bisa menggunakan plugin kalender WordPress. Saat ini, ada banyak pilihan plugin atau widget yang bisa kamu dapatkan secara gratis maupun berbayar. Plugin tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan membantu pengguna mengatur berbagai acara dengan lebih mudah.

Terlepas dari jenis plugin kalender WordPress manapun yang hendak kamu pilih dan pasang, pastikan kamu juga mengetahui bagaimana cara install plugin WordPress agar proses pemasangan berjalan dengan mudah dan cepat tanpa hambatan.

Jika penasaran dengan plugin mana yang tepat untuk kebutuhan penggunaan kamu, temukan beberapa rekomendasi plugin kalender WordPress melalui artikel satu ini.

Plugin Kalender WordPress Terbaik

Bagi kalian yang ingin melengkapi website dengan kalender namun masih belum tahu plugin mana yang harus dipasang, berikut adalah beberapa pilihan plugin kalender WordPress yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

The Events Calendar

The events calendar

Salah satu plugin kalender WordPress yang banyak digunakan oleh pengguna WordPress adalah The Events Calendar. Dengan banyaknya pengguna yang sudah memasang plugin satu ini, kamu akan semakin yakin bahwa plugin tersebut memang bisa menjadi pilihan terbaik.

Antarmuka atau user interface dari plugin kalender satu ini memang terbilang sederhana, namun memiliki berbagai fitur canggih yang akan sangat membantu pengguna dalam membuat serta mengatur acara. Kamu bisa mendapatkannya secara gratis.

Akan tetapi, jika ingin menikmati lebih banyak fitur, maka kamu bisa memilih versi premium atau berbayar. Untuk mempublikasikan acara, ada tiga mode yang bisa kamu pilih, di antaranya adalah bulan, hari, dan daftar.

Selain itu, ada juga tool pencarian yang akan memudahkan pengunjung website mencari acara tertentu dalam kalender.

Plugin ini juga memungkinkan penggunanya untuk membuat reservasi acara atau check-in pengunjung. Mereka juga bisa menautkannya ke Google Maps dengan tampilan yang mobile-friendly.

Jika ingin menambahkan add-on, kamu bisa mendapatkannya secara gratis seperti event ticket yang bisa digunakan untuk menjual tiket serta mengelola peserta acara. 

Sayangnya, pengguna gratis The Event Calendar tidak bisa membuat acara berulang dan menampilkannya di Google Maps. Dengan kata lain, fitur tersebut hanya bisa digunakan apabila kamu menjadi pengguna premium plugin satu ini.

Untuk kamu yang sedang membangun website dan ingin menikmati plugin kalender seperti The Event Calendar, ada berbagai pilihan template WordPress gratis yang bisa disesuaikan dengan jenis bisnis atau tujuan pembuatan website.

All-in-One Events Calendar

All-in-One Event Calendar

Rekomendasi plugin kalender WordPress selanjutnya adalah All-in-One Events Calendar. Seperti plugin pada umumnya, plugin ini juga menawarkan dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar atau lisensi pro. Karena sudah digunakan oleh banyak orang, ini berarti bahwa plugin ini memang cocok dengan kebutuhan dan keinginan pengguna WordPress pada umumnya.

Plugin kalender WordPress ini bisa kamu gunakan dengan mudah, di mana antarmukanya sangat sederhana namun memungkinkan kamu menggunakan beragam fitur canggih. Salah satu fiturnya adalah Timely Network yang akan memudahkan kamu saat hendak menambahkan acara dengan bekerja sama atau berkolaborasi dengan kolega.

Meski kamu memilih versi gratis, tapi kamu memiliki kesempatan untuk menikmati berbagai fitur penting seperti filter acara atau fitur yang memungkinkan penggunanya untuk berbagai informasi dengan mudah. 

Ingin menampilkan Google Maps dan membuat acara berulang? Tenang saja, kamu bisa menikmati keduanya meski sebagai pengguna versi gratis. Ini juga bisa menjadi alasan kenapa kamu harus memasang plugin satu ini. 

Agar bisa memasang semakin banyak plugin, jangan lupa untuk memilih web hosting yang tepat saat hendak membuat website. Atau kamu juga bisa melakukan migrasi hosting dengan menghubungi Exabytes

Event Calendar WD

Calendar Event WD

Jika masih penasaran dengan plugin kalender WordPress, maka pastikan kamu mencari tahu lebih dalam tentang Event Calendar WD. Plugin kalender ini akan menampilkan dan mengelola berbagai acara dalam website WordPress milikmu. Setelah memasang plugin ini, kamu juga bisa mengatur acara menggunakan tampilan yang elegan.

Acara bisa kamu tampilkan dengan rinci baik harian, mingguan, bulanan, maupun daftar acara secara keseluruhan. Juga tersedia opsi untuk menampilkan acara yang diinginkan saja. Plugin ini juga memungkinkan penggunanya untuk memesan dari tampilan kalender.

Fitur yang melimpah termasuk SEO-friendly bisa menjadi alasan tepat kenapa kamu menggunakan Calender Event WD. Google Maps, event search, dan social share turut melengkapi fitur yang memberikan kenyamanan dalam menggunakan plugin ini.

Agar tetap bisa menikmati plugin kalender WordPress, pastikan domain kamu tidak expired. Sekarang, kamu bisa mencoba cek domain dan memperpanjangnya sehingga website tetap bisa diakses oleh para pengguna internet, terutama pelanggan atau klien setia.

My Calendar

My Calendar

Untuk kamu yang masih bingung dalam menentukan plugin kalender WordPress mana yang hendak dipasang, mengapa tidak mencoba My Calendar? Ya, My Calendar menjadi salah satu pilihan populer plugin gratis bagi pengguna yang ingin menambahkan kalender yang interaktif ke website mereka.

Belum memiliki website tapi sudah memikirkan berbagai plugin yang dibutuhkan termasuk kalender? Jika salah satu alasan mengapa kamu belum membangun website bisnis karena masih mempertimbangkan nama dan ekstensi domain, coba domain ID yang memberikan banyak manfaat.

Seperti plugin kalender lainnya, My Calendar akan menambahkan section baru ke dashboard WordPress milikmu, di mana kamu bisa memasukkan dan mengatur acara dalam kalender. Masing-masing acara bisa kamu buat dengan tanggal dan waktunya masing-masing. 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat berbagai kategori dan tag yang akan membantu dalam mengatur setiap acara agar bisa lebih mudah ditemukan oleh audiens. Lokasi acara juga bisa kamu tambahkan dengan cepat saat membuat acara kalender yang baru.

Ingin membuat berbagai acara? Kamu bisa melakukannya dengan My Calendar melalui grup acara dan bahkan kamu bisa mengubahnya secara bersamaan. Hal tersebut akan sangat menghemat lebih banyak waktu, terlebih jika kamu harus mengelola begitu banyak acara. 

Events Manager

Event manager sebagai salah satu plugin kalender WordPress

Events Manager adalah plugin kalender WordPress milik Marcus Sykes yang digunakan oleh ratusan ribu pengguna. Plugin kalender ini menawarkan fleksibilitas dan fitur yang bisa dinikmati secara gratis. 

Antarmuka yang sederhana dan kemudahan dalam membuat serta mengatur acara secara berulang menjadi kelebihan dari plugin ini.

Events Manager memungkinkan permintaan acara publik. Ini berarti bahwa anggota website atau pengunjung tamu bisa membuat acara tanpa harus terlebih dahulu menjadi admin. 

Namun kamu tidak perlu khawatir karena kontrol penuh permintaan tersebut ada di tangan kamu. Dengan kata lain, kamu bisa memutuskan apakah akan menyetujui atau menolak permintaan acara yang diajukan. Sebagai pengguna gratis, kamu bahkan bisa mengelola lokasi seperti menampilkan Google Maps dan gambar lokasi. 

Beberapa hal lain yang bisa kamu lakukan dengan plugin kalender ini adalah mengelola pemesanan, membuat beberapa jenis tiket beserta harganya, dan menambahkan pajak. Jika ingin mendapatkan fitur lain yang memungkinkan kamu mengelola diskon dan mengintegrasikan PayPal, kamu harus membeli lisensi premium.

Google Calendar Events

Google Calendar Event

Dengan Google Calendar Events, pengguna WordPress bisa membuat serta mengelola acara melalui Google Calendar. Plugin ini dilengkapi dengan fitur yang tidak kalah menarik dan canggih dari plugin kalender serupa. 

Kamu bisa mengontrol tampilan kalender dan acara dengan menggunakan shortcode maupun melalui kustom stylesheet.

Meskipun plugin ini tidak mendukung sistem tiket, tetapi kamu masih bisa menggunakan layanan pihak ketiga agar bisa menjual tiket acara dengan menambahkan URL halaman tiket ke acara yang kamu buat di Google Calendar.

Modern Events Calendar

Modern events calendar

Rekomendasi lain untuk plugin kalender WordPress berbayar adalah Modern Events Calendar. Plugin ini bisa menerima booking atau pesanan dari pengunjung website

Apabila website milikmu membutuhkan kalender yang juga akan mengambil dan mengatur pesanan dari pengunjung, plugin premium ini cukup menarik dan terbilang terjangkau.

Seperti namanya, desain dari kalender ini sangat modern. Sebagai pengguna, kamu bisa menyesuaikan tampilan default plugin agar sesuai dengan keinginan melalui setting dan kontrol plugin

Desain dari plugin ini juga sangat responsif di perangkat mobile, jadi pengunjung bisa melihat jadwal dan melakukan pemesanan melalui smartphone mereka.

Setiap acara yang kamu tambahkan ke kalender bisa diintegrasikan dengan Google Maps apabila lokasinya relevan. Selain itu, sangat mungkin bagi kamu untuk menambahkan gambar ke setiap acara agar kalender semakin terlihat menarik. 

EventOn

EventOn

Untuk pengguna yang lebih suka plugin kalender WordPress premium, maka EventOn harus ada di daftar milikmu. Plugin yang dikembangkan oleh Ashan Jay memiliki desain minimalis dengan fitur premium. Lebih dari 40 ribu pengguna sudah memasang plugin kalender ini.

Agar kamu bisa mengatur kalender yang lebih responsif di perangkat mobile, EventOn menghadirkan shortcode generator. Editor tampilan dari plugin kalender ini memungkinkan kamu untuk menyesuaikan kalender agar bisa senada dengan gaya website. Opsi yang tersedia untuk tampilan kalender juga sangat beragam seperti grid, daftar, atau tile.

Kamu juga dapat menambahkan gambar, deskripsi, dan Google Maps. Acara berulang bisa kamu buat dalam periode apapun. Untuk yang ingin mengatur jadwal dengan cepat, EventOn sangatlah cocok dijadikan sebagai pilihan plugin kalender. 

Amelia

Amelia- plugin kalender WordPress

Bagi kamu yang sedang mencari plugin kalender WordPress yang mudah digunakan serta to the point, Amelia bisa menjadi pertimbangan. Plugin ini menawarkan kemampuan yang sederhana dalam memenuhi permintaan, menerima janji temu, serta membuat daftar acara. 

Alasan paling umum mengapa pengguna banyak yang memilih plugin ini adalah kesederhanaan tampilan dan penggunaan dari Amelia. Kamu hanya perlu memasang plugin dan meletakkan widget di tempat yang diinginkan. Kemudian, lakukan konfigurasi dengan sangat mudah.

Plugin ini menawarkan berbagai kelebihan seperti rincian opsi kalender, pemberitahuan SMS, janji yang berulang, atau menangani bidang khusus. 

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi plugin kalender WordPress terbaik yang bisa kamu dapatkan secara gratis maupun berbayar. Dengan banyaknya plugin yang tersedia untuk WordPress, kamu harus bisa melihat plugin mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan agar tidak salah pilih.

Jika sedang mencari layanan web hosting yang tepat untuk kebutuhan website milikmu, maka jangan ragu untuk menghubungi Exabytes

Jadi, plugin kalender WordPress mana yang akan kamu pilih? Tentukan sekarang dan buat acara dengan lebih cepat!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments