50 Template WordPress Gratis Terbaik Untuk Website di 2022

484
25 min read

Saat hendak membuat website, kamu bisa memilih platform WordPress yang bisa digunakan gratis dan tanpa harus memiliki kemampuan coding. WordPress dikenal luas sebagai platform populer karena digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Kamu juga bisa menikmati berbagai template WordPress yang paling sesuai dengan website impian.

Jika penasaran dengan template WordPress apa yang bisa kamu pilih untuk kebutuhan website bisnis online, coba cari tahu dengan membaca artikel ini.

Sekilas tentang WordPress

Sekilas tentang WordPress
WordPress menjadi salah satu platform CMS yang populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. (Sumber: pixabay – TheDigitalArtist)

WordPress adalah Content Management System (CMS) gratis yang membantu penggunanya membuat website dengan mudah. Banyak individu, perusahaan, dan universitas yang menggunakan platform ini. 

WordPress memulai sejarahnya di tahun 2003 saat kedua pengembangnya yaitu Matt Mullenweg dan Mike Little merasa kesulitan karena tidak memiliki publishing secara online terutama ketika fitur B2 atau Cafelog dihentikan.

Di tahun 2004, mereka merilis WordPress versi pertama yang sederhana dengan fitur editor WordPress. Perkembangan platform pembuatan website satu ini dibuktikan dengan hadirnya fitur-fitur canggih yang mempermudah penggunanya. Bahkan ada dua alamat WordPress yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan, yakni WordPress.com dan WordPress.org.

Ingin membuat website tanpa bantuan sang ahli? Sekarang kamu bisa belajar cara membuat website menggunakan WordPress untuk bisa membangun brand secara online melalui situs.

Template WordPress Gratis Terbaik untuk Website

Template WordPress gratis
Ada banyak pilihan template WordPress gratis yang bisa digunakan untuk membuat website. (Sumber: flickr – high5 themes)

Template menjadi hal penting dalam pembuatan website. Agar tampilan website yang dibuat bisa sesuai dengan keinginan dan konsep yang kamu miliki, ada banyak template WordPress gratis yang patut kamu coba.

Saat memutuskan untuk membuat situs web, ada dua pilihan yaitu membuatnya sendiri menggunakan CMS sederhana atau menggunakan jasa pembuatan website profesional. Keputusan tersebut bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Berikut adalah template toko online WordPress yang bisa pengguna dapatkan secara gratis.

OceanWP

Oceanwp

Ocean WP menjadi salah satu tema WordPress yang populer yang cocok untuk majalah, bisnis, dan blog profesional. Jika kamu butuh fitur yang banyak dari platform pembuatan website, maka kamu bisa menggunakan template satu ini. Jangan lupa untuk memastikan bahwa situs kamu adalah website user-friendly.

Shapely

Shapely

Rekomendasi template selanjutnya untuk para pengguna WordPress adalah Shapely. Meski hadir sebagai template gratis, tapi desain pixel nya sempurna dengan fitur yang lengkap. Para penggunanya bahkan bisa melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan situs masing-masing. Untuk menggunakannya, kamu bisa langsung download template WordPress satu ini sekarang juga!

Hueman

Hueman
Hueman menjadi solusi untuk siapa pun yang ingin membuat website responsif dengan berbagai fitur menarik. (Sumber: data pribadi)

Hueman adalah template yang responsif dan hadir dengan berbagai fitur menarik. Template WordPress satu ini ditujukkan untuk website khusus majalah, berita, dan blog yang kaya konten. Template ini sudah mendapatkan rating tinggi dari para pengguna WordPress. Agar bisa membuat website yang tidak hanya responsif tetapi juga menarik, kamu juga harus memperhatikan user interface website tersebut.

IonMag

Ionmag

Meski menjadi template gratis, tetapi IonMag memiliki tampilan responsif dan elegan. Kamu yang hendak membuat website berita, majalah, koran, penerbitan, review, dan blog tentunya bisa mempertimbangkan template WordPress ini. Sebagai pengguna, kamu bisa menikmati berbagai fitur seperti page builder drag-and-drop yang kuat, TD composer, dan fitur lainnya.

Karena pembuatan website harus memperhatikan berbagai hal termasu user interface dan user experience, pastikan kamu tahu perbedaan UI Design dan UX Design.

Storefront

Storefront

Apabila kamu ingin memiliki toko online, mulailah dari situs yang bisa kamu buat menggunakan WordPress. Platform ini menawarkan banyak template termasuk Storefront. Dengan template ini, tampilan situs menjadi menarik. Storefront dibuat oleh para developer WooCommerce dan bisa mengintegrasikan platform e-commerce ke website untuk berjualan.

Zakra

Zakra

Untuk kamu yang ingin menjalankan situs yang ringan namun powerful, maka Zakra harus ada di daftar template WordPress pilihan. Performa dari tema satu ini optimal dan cepat. Memilih template satu ini berarti kamu bisa menggunakan page builder apapun yang bisa memberikan pengalaman mengedit frontend yang baik. Jika tertarik dengan template WordPress company profile, kamu bisa membaca artikel satu ini.

University Hub

university hub sebagai salah satu template WordPress
University Hub adalah salah satu template WordPress gratis untuk website pendidikan.(Sumber: data pribadi)

University Hub adalah tema WordPress yang responsif dan gratis untuk pembuatan situs pendidikan seperti sekolah, perguruan tinggi, universitas, atau lembaga pendidikan lainnya. Fitur-fitur yang tersedia sudah pasti lengkap sehingga bisa memenuhi kebutuhan pembuatan situs sebuah lembaga pendidikan. Tidak hanya itu, tampilan yang modern menjadi kelebihan lain dari template ini.

Editorial

Editorial

Untuk kamu yang masih bingung dalam memilih template WordPress, ada Editorial yang mungkin sesuai harapan. Template satu ini memang responsif dan gratis, tetapi desain yang diberikan sangat modern sehingga cocok untuk segala jenis situs termasuk blog pribadi dan majalah online. Hal menarik lain dari Editorial adalah bahwa template ini cocok untuk berbagai ukuran layar. 

Newspaper X

Newspaper X

Apabila kamu bermaksud membuat situs majalah online, maka Newspaper X menjadi pilihan yang tepat. Template ini berbasis Bootstrap dan menawarkan fitur-fitur yang memudahkan para pengguna melakukan pengaturan pada website WordPress mereka. 

Ada slot untuk memasang iklan di blog seperti Adsense sehingga kamu tidak perlu repot untuk memasang plugin tambahan agar bisa memasang iklan. Agar situs semakin maksimal, cari tahu dan pahami apa itu litespeed cache for WordPress.

Mia Ittalloni

Mial-Ittalloni

Sebagai pemilik bisnis kuliner, kamu bisa membuat situs baru menggunakan template WordPress Mial Ittalloni. Proses pemasangan template satu ini cukup mudah hanya dengan mengikuti petunjuk yang informatif. Kamu bisa mengatur bagian tertentu yang sesuai dengan fungsi dan tampilan. Dalam membuat situs, WordPress hosting menjadi bagian penting selain template

Enigma

Enigma

Karena Enigma begitu responsif, template ini cocok untuk berbagai jenis situs seperti bisnis, portofolio, blog, dan lain sebagainya. Pengguna bisa langsung menjalankan situs mereka karena template ini didukung oleh WooCommerce. Secara default, ada empat halaman layout, dua halaman template, dan lima widget. Jika ingin menampilkan gambar yang ada di Flickr, kamu bisa melakukannya melalui widget kustom.

Sydney

Sydney

Agar bisa dikenal lebih luas melalui internet, maka individu maupun perusahaan bisa membuat situs menggunakan Sydney. Template WordPress satu ini bisa menjadi pilihan terbaik bahkan untuk digunakan di tahun 2022. 

Meski gratis, tapi ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat menggunakannya. Kamu bisa melakukan pengaturan dengan berbagai pilihan pengaturan seperti mengunggah logo, menggunakan Google font, dan lainnya.

Hestia

Hestia merupakan salah satu template WordPress gratis
Tampilan one-page yang halus dan desain modern bisa menjadi alasan menggunakan Hestia sebagai template untuk situs WordPress. (Sumber: data pribadi)

Tampilan one-page dari Hestia sangat halus dan bersih. Tidak heran jika template WordPress ini mampu mencuri perhatian para pengunjung situs. Desain modern memungkinkan kamu untuk membuat situs profesional baik untuk startup, firma, atau agensi kreatif. Kustomisasi template ini sangat mudah dengan adanya kompatibilitas Elementor page builder.

ColorMag

ColorMag

Jika memiliki rencana untuk membuat situs editorial termasuk situs berita dan majalah, pilihan tepat apabila kamu menggunakan ColorMag. User interface template ini efisien dan teroptimasi SEO (Search Engine Optimization). Fitur yang beragam dan dukungan khusus menjadi alasan kenapa kamu harus mencoba ColorMag.

Zerif Lite

Zerif-Lite

Zerif Lite cukup populer dan bahkan sudah dipasang lebih dari 100 ribu kali. Dengan update yang dilakukan secara terus-menerus, pengguna WordPress bisa menikmati performa terbaik dari platform satu ini. Ini bisa menjadi pilihan tepat untuk situs bisnis, freelancer, fotografi, dan portofolio pribadi.

Customizr

Customizr

Seperti namanya, template satu ini memungkina pengguna untuk mengubah atau menyesuaikan template. Customizr bisa menjadi pilihan para profesional atau pemula agar situs mereka mobile-friendly. Pengguna template ini bisa menginstal ikon media sosial serta atau fitur premium seperti blurb. Sangat mudah untuk bisa mengintegrasikan Customizr dengan plugin populer.

Parallax One

Parallax-One

Ingin memiliki situs dengan tampilan efek parallax yang menarik? Jika demikian, maka kamu bisa memilih Parallax One sebagai template WordPress. Agar website bisa ditampilkan dengan baik di semua jenis perangkat (device), fitur responsif mobile-friendly akan sangat membantu.

Flash

Flash

Apapun jenis situs yang hendak kamu buat, tidak perlu bingung memilih template karena ada Flash. Tema satu ini dirancang khusus untuk enam jenis situs termasuk situs untuk menampilkan produk makanan. Saat memilih Flash versi gratis, kamu bisa menggunakan fitur berupa integrasi dengan page builder SiteOrigin dan Toolkit. Dengan begitu, tampilan situs menjadi user-friendly.

Bistro

Bistro

Untuk memaksimalkan situs restoran, coba gunakan Bistro sebagai template pilihan terbaik. Terdapat plugin built-in yang akan menampilkan menu yang tersedia di restoran kamu. Fitur dari template ini memang sederhana tetapi berfungsi dengan optimal. Fitur-fitur tersebut sangat banyak mulai dari tampilan yang responsif hingga fitur untuk menampilkan Google Map.

Vantage

Vantage - template WordPress
Vantage hadir sebagai pilihan terbaik template WordPress untuk situs portofolio atau situs perusahaan profesional. (Sumber: data pribadi)

Vantage akan sangat membantu mereka yang ingin membuat website portfolio atau situs perusahaan secara rapi dan profesional. Tampilannya sangat atraktif dan modern sehingga cocok untuk para pemilik bisnis online. Integrasi dengan plugin canggih seperti page builder dan meta slider menjadi salah satu fitur unggulan dari Vantage.

Writee

Writee

Bagi kamu para blogger wisata atau petualang, silahkan gunakan Writee sebagai tema blog. Slider gambar lebar penuh di beranda memungkinkan kamu menampilkan blog yang ingin kamu tampilkan. Template ini memiliki tata letak bawaan, widget khusus, pilihan warna, dan masih banyak lagi.

Barletta

Barletta

Hadir sebagai template WordPress modern, Barletta cocok untuk blog wisata, makanan, fotografi, gaya hidup, seni, dan mode. Tipografi template ini terkenal tajam dan menawarkan opsi tampilan gambar yang indah. Dengan beberapa pilihan sidebar dan tata letak, kamu tidak perlu lagi ragu untuk menggunakan template ini.

Mantranews

Mantranews

Untuk kebutuhan pembuatan situs portal berita, blog pribadi, blog kreatif, atau penerbit, salah satu template yang bisa digunakan adalah Mantranews. Terdapat berbagai fitur mulai dari opsi warna, kategori, widget khusus, hingga tata letak website. Tema gratis ini juga menawarkan fitur posting terkait dan slider kategori unggulan.

Styled Store

Styled-Store

Rekomendasi template gratis untuk situs adalah Styled Store dengan desain elegan. Pemilik toko online bisa memilih template gratis ini terlebih jika ingin menampilkan kesan brilian pada website. Fitur penting dan fungsi yang progresif membuat kamu semakin yakin untuk menggunakan template ini.

Belise Lite

Belise-Lite

Tema WordPress gratis ini membuat Beise Lite menjadi pilihan sempurna untuk situs bisnis kuliner dan restoran. Desain dari template ini elegan, rapi, dan modern dengan opsi warna sederhana dan klasik. Belise Lite sangat kompatibel dengan plugin WooCommerce dan juga mendukung customizer yang memudahkan pengguna melakukan penyesuaian tema.

Spacious

Spacious

Pengunjung akan terpesona dengan tampilan website yang rapi dan minimalis. Kamu bisa merealisasikannya dengan memilih Spacious sebagai template untuk website WordPress milikmu. 

Template ini menawarkan versi gratis dan berbayar yang menawarkan fitur terbaik, seperti halaman layout pre-built dan custom widget area. Agar bisa menambahkan logo brand atau tautan media sosial, kamu bisa menggunakan customizer.

Striker

Striker

Meski tema dengan fitur-fitur spesial sangat menggoda, tetapi untuk beberapa alasan website sederhana sudah lebih dari cukup. Jika itu yang kamu inginkan, tidak usah ragu memilih striker yang memang cocok untuk pemula di dunia situs. 

Striker menawarkan desain yang fresh namun bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pengguna template ini bahkan bisa menambahkan logo, header, background, dan tautan media sosial.

Virtue

Virtue

Virtue merupakan tema berbasis bootstrap yang hadir dengan kemudahan dalam kustomisasi. Baik pengguna pemula maupun para profesional sangat menyukai hal tersebut. Entah kamu bergerak di bidang marketing atau menjadi pengelola instansi, template ini bisa memenuhi kebutuhan situs yang berbeda. 

Salah satu fitur terbaiknya adalah integrasi schema microdata yang sangat membantu dalam meningkatkan hasil pencarian dan ranking Google.

FoodHunt

FoodHunt

Bisnis restoran yang kamu jalankan membutuhkan website terlebih di era digital seperti sekarang ini. FoodHunt bisa memberikan solusi untuk kamu yang hendak membuat situs restoran. Jika ingin menampilkan menu dalam bentuk video, coba manfaatkan tombol media sosial yang ada di bagian header dan di bawah slider.

Brasserie

Brasserie

Jika bisnismu bergerak di industri makanan, maka kamu bisa memilih Brasserie sebagai template situs. Fungsional dari template ini terbilang optimal yang bisa kamu lihat dari tampilan home page di bagian atas yang berupa slider. Sedangkan di bagian bawah slider ada tombol Call to Action (CTA) yang memudahkan pengunjung situs melakukan reservasi.

iFeature

iFeature

Tema multifungsi yang bernama iFeature bisa digunakan untuk berbagai jenis situs. Template ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan drag-and-drop. Karena iFeature responsif terhadap perangkat populer seperti tablet dan smartphone, pengunjung situs akan merasa nyaman saat mengunjungi situs milikmu.

Illdy

Illdy

Dengan kebutuhan pembuatan situs yang beraneka ragam, Illdy bisa mengerti hal tersebut. Template ini dirancang khusus untuk portofolio, bisnis, majalah, dan blog dengan berbagai jenis konten. Kerangka Bootstrap mampu memberikan kerangka situs yang kokoh. Terdapat juga tata letak dan opsi warna tanpa batas yang semakin memanjakan pengguna.

Garfunkel

Garfunkel

Garfunkel bisa menjadi pilihan terbaik untuk siapapun yang hendak membuat blog pribadi dan profesional. Template ini hadir dengan tata letak di home page yang menampilkan postingan blog di grid. Tidak hanya itu, para pengguna WordPress yang memilih tema ini akan menemukan widget khusus, tayangan slide galeri, template halaman, dll.

Astra

50 Template WordPress Gratis Terbaik Untuk Website di 2022 - 2022

Untuk bisa membuat situs portofolio, blog, atau situs toko online, pengguna WordPress bisa memilih Astra sebagai pilihan tema. Salah satu kelebihan dari tema ini adalah ukuran yang ringan sehingga tidak akan memengaruhi kecepatan situs. Tema ini juga sudah terintegrasi dengan kode schema.org. Karena mobile-friendly, situs kamu akan berjalan dengan baik di perangkat seluler.

Ashe

50 Template WordPress Gratis Terbaik Untuk Website di 2022 - 2022

Blogger atau freelancer bisa memanfaatkan tema gratis untuk WordPress seperti Ashe. Dengan tema ini, pengguna bisa menampilkan situs pribadi atau blog dengan elegan dan profesional. Hal yang menarik adalah tema ini juga mendukung Instagram slider. Fitur ini akan sangat berguna untuk kamu yang perlu menghubungkan website dengan Instagram.

Optimizer

50 Template WordPress Gratis Terbaik Untuk Website di 2022 - 2022

Tema WordPress grati selanjutnya adalah Optimizer yang memungkinkan para penggunanya untuk membuat  situs apapun tanpa harus menjadi seorang profesional. Tema ini dirancang dengan HTML5 & CSS3 yang responsif dan ramah Search Engine Optimization (SEO). Pengguna juga bisa merasakan pengalaman menggunakan live editor saat hendak melakukan kustomisasi secara penuh pada website.

Moesia

Moesia

Jika ingin menghadirkan konsep modern dan tradisional secara bersamaan pada sebuah situs, Moesia adalah pilihan Template WordPress yang tepat. Keunggulan template ini terletak pada beranda atau home page. Di sana, kamu bisa memilih satu dari sebelas blok yang terpasang dan mengaturnya sesuai kebutuhan. Di samping itu, kamu juga bisa mengakses Google Fonts.

Corporate Plus

50 Template WordPress Gratis Terbaik Untuk Website di 2022 - 2022

Corporate Plus adalah template yang atraktif meski hadir sebagai tema klasik. Pengguna template ini bisa memasang slider dengan lebar penuh. Template ini sangat sesuai untuk situs WooCommerce yang juga bisa memperluas wawasan bisnis. Ini berarti kamu bisa menjual produk dalam bentuk fisik dan digital di situs milikmu.

Magzma

50 Template WordPress Gratis Terbaik Untuk Website di 2022 - 2022

Ingin punya majalah atau blog yang kaya konten? Kini kamu tidak perlu lagi bingung memilih tema karena ada Magzma. Tema ini menawarkan tampilan modern dan elegan dan dibangun dengan praktik SEO terbaik. Tema ini juga bisa digunakan untuk berbagai situs seperti gaya hidup, olahraga, musik, otomotif, dan lain sebagainnya. 

Emotions Lite

50 Template WordPress Gratis Terbaik Untuk Website di 2022 - 2022

Jika ingin mendapatkan opsi template WordPress gratis lainnya untuk kebutuhan WordPress Indonesia, coba saja Emotions Lite. Selain minimalis, template ini juga hadir dengan desain yang bersih dan temanya fleksibel. Unlimited colors, halaman template, dan kemampuan mengubah gaya header menjadi fitur yang tidak boleh kamu abaikan dari template satu ini.

Marketeer

50 Template WordPress Gratis Terbaik Untuk Website di 2022 - 2022

Masih perlu rekomendasi template gratis? Pengguna WordPress bisa mencoba Marketeer, template yang cocok untuk toko online atau e-commerce. Template ini mengimplementasikan easy digital download plugin ke dalam situs. Plugin ini adalah solusi e-commerce digital yang lengkap untuk WordPress.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui contoh website e-commerce sebagai referensi, artikel ini akan cocok untukmu!

Deadline

Deadline

Pemilik bisnis yang ingin membuat situs yang berfokus pada kemudahan dalam pembacaan konten bisa memilih template seperti Deadline. Di bagian home page, template ini menawarkan kemampuan menyorot postingan utama. Situs dengan konten yang kaya atau memiliki banyak kategori tidak akan lagi ragu untuk menerapkan tema ini.

Athena

Athena-1

Tampilan situs yang lebih menarik dan hidup sangat mungkin dibuat apabila kamu memilih Athena sebagai template. Dengan banyaknya fitur yang tersedia, memang tidak salah jika para pebisnis, blogger, dan profesional membuat situs dengan tema satu ini. Selain layout blog grid-style, kamu juga punya pilihan kustomisasi tambahan termasuk pilihan area widget dan tautan media sosial.

Edge

Edge

Mewujudkan impian memiliki situs dengan tema responsif dan minimalis akan terasa lebih mudah dengan Edge. Template ini menawarkan tampilan sederhana yang bisa kamu kustomisasi. Bagian putih yang ada pada situs bisa kamu tambahkan gambar agar terlihat lebih cantik.

Make

Make

Yang membuat Make berbeda dari tema WordPress gratis lainnya adalah desainnya. Pengguna termasuk kamu bisa melakukan kustomisasi dan memodifikasi website agar sesuai kebutuhan. Selain opsi kustomisasi, terdapat juga halaman editor drag-and-drop. Apabila kamu ingin mengontrol layout halaman dan mengelola konten, maka Make adalah tema terbaik untukmu.

Shoplsle

Shopisle

Kamu yang hanya ingin menggunakan template terbaik bisa memilih Shoplsle untuk WooCommerce. Template ini memungkinkan kamu membuat website e-commerce dengan tampilan yang profesional tanpa harus mengeluarkan biaya. Ada banyak fitur yang melengkapi pengalaman pengguna saat menerapkan tema ini seperti efek paralaks dan gambar layar penuh.

Donovan

Donovan

Website majalan atau portal berita online menarik bisa dibuat dengan template Donovan. Template ini mampu menghadirkan aspek minimalisme yang bisa memengaruhi kenyamanan pembaca atau pengunjung situs. 

Donovan fokus pada menampilkan artikel-artikel agar pembaca bisa menemukannya dengan mudah. Kamu bisa juga membagi daftar isi berdasarkan kategori tertentu agar konten bisa lebih mudah ditemukan.

Xtron

Xtron

Portofolio pribadi online menjadi hal wajib untuk setiap profesional masa kini. Kamu bisa menampilkannya melalui situs yang dibuat menggunakan tema Xtron yang akan menunjukkan sisi personal dan profesional dengan seimbang. Xtron memang termasuk dalam kategori tema yang sederhana tetapi sangat elegan dan profesional.

Shopstore

Shopstore

Siapa yang hendak membuka toko online? Jika kamu adalah salah satunya, pilih Shopstore sebagai pilihan tema WordPress. Tema ini mampu menyelesaikan masalah tampilan situs toko online milikmu. 

Optimasi situs untuk perangkat desktop dan perangkat seluler sangat mungkin dilakukan dengan tema ini. Karena tema ini terintegrasi dengan WooCommerce, kamu bisa membuat situs dengan lebih mudah. 

Pen

Pen

Pen membantu blogger menerapkan konsep minimalis pada tampilan blog mereka. Sehingga mereka bisa fokus pada tulisan tanpa harus memikirkan komponen blog lainnya. Setelah mengaplikasikan tema satu ini, pembaca akan lebih fokus pada tulisan atau artikel kamu.

Kesimpulan

Dari sekian banyak template WordPress di atas, kamu bisa menentukan pilihan yang paling tepat. Semua template tersebut bisa kamu gunakan secara gratis namun menawarkan fitur-fitur yang mumpuni.


Jika ingin membuat situs menggunakan jasa pembuatan website, silakan hubungi Exabytes. Kamu juga bisa sekaligus memilih nama domain, paket hosting, dan sertifikat SSL untuk situs baru milikmu. Jadi, tunggu apa lagi?

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments