Rekomendasi 12 Situs Freelance Yang Dapat Menghasilkan Uang

86
13 min read


Tertarik Pindah Hosting ke Exabytes?

Segera Dapatkan Diskon Pindah Hosting 50% selama 1 tahun.

Ya, saya tertarik


Hi Exabytes Friends!

Kamu baru saja lulus kuliah? Atau ingin mencari uang jajan tambahan? Bingung harus kerja apa dan dimana? Atau masih belum mendapatkan pekerjaan? Nah, menjadi freelancer bisa menjadi salah satu solusi bagus untukmu nih.

Freelancer itu artinya pekerja lepas dimana seseorang bekerja sendiri yang tidak terikat kontrak atau komitmen dengan perusahaan atau orang lain dalam jangka waktu panjang. Biasanya freelancer kerja di rumah atau di working space dengan deadline yang sudah ditentukan oleh perjanjian antara freelancer dengan orang yang menawarkan pekerjaan atau proyek. Biasanya pekerjaannya pun dikerjakan secara remote dan online dalam bentuk file yang pastinya memudahkan kedua belah pihak.

Rekomendasi 12 Situs Freelance Yang Dapat Menghasilkan Uang

Keuntungan Menjadi Freelancer

Mungkin saat ini kamu masih ragu untuk menjadi pekerja lepas. Tapi sebenarnya freelancer banyak dipilih oleh orang-orang terutama anak muda atau kaum milenial di zaman sekarang lho. Seorang freelancer bisa fleksibel menyesuaikan waktu untuk mengambil pekerjaan atau proyek. Saat ini, banyak orang yang enggak mau terpaku bekerja kantoran dengan working hours yang telah ditentukan oleh perusahaan. Dengan menjadi freelancer, kamu bisa punya waktu bebas asal kamu memang mengumpulkan hasil pekerjaanmu sesuai deadline yang ditetapkan.

Enggak cuma lebih bebas soal waktu, banyak sekali bidang pekerjaan untuk freelancer. Biasanya bidang pekerjaan industri kreatif seperti audio video kreatif, desain grafis, pendidikan dan bahasa sangat diperlukan. Tapi karena beragamnya pekerjaan zaman sekarang, semakin banyak juga lowongan untuk freelance seperti konsultasi hukum, marketing hingga pengembangan website dan aplikasi. 

Selain itu, menjadi freelancer juga membuatmu bisa berinteraksi dengan orang-orang dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Jadi kamu bisa menambah networking baru. Dan yang terpenting, menjadi freelancer juga membuatmu bisa mengambil beberapa pekerjaan sekaligus yang sesuai dengan kemampuan atau minatmu. Kamu pun bisa mengeksplorasi hidden skills dan talent yang kamu miliki. 

Solusi Freelancer : Situs Freelance

Eits, freelancer itu banyak dicari kok kalau kamu juga bisa mencari peluangnya. Nah salah satu peluangnya adalah di situs freelance. Sudah banyak beberapa situs atau website yang menyediakan informasi lowongan freelancer dengan berbagai proyek khusus yang sesuai dengan bidang dan kemampuanmu kok.

Kelebihan situs freelance adalah beragam pekerjaan yang bisa calon freelancer incar sesuai dengan kemampuan dan nominal imbalan yang diinginkan. Meskipun menerapkan sistem bidding dimana harus menawarkan proposal terbaik agar diterima oleh pemberi jasa, situs freelance dianggap lebih membantu karena calon klien akan mengepost pekerjaan atau proyek yang dibutuhkan dibandingkan freelancer yang mencari calon klien sendiri. Selain itu situs freelance ini aman karena terjamin perlindungannya antara freelancer dan pemberi jasa. Jadi enggak perlu takut kalau pekerjaanmu sudah deal dan diberikan tetapi enggak mendapatkan bayaran.

Rekomendasi 4 Situs Freelance di Indonesia

Mungkin masih banyak yang berpikir kalau sebenarnya situs freelance lebih banyak dari luar negeri. Dan berasumsi kalau dari luar negeri berarti sulit dan ribet. Tapi, sudah banyak kok situs freelance di Indonesia. 

Nah berikut ini rekomendasi situs freelance di Indonesia yang bisa Exabytes Friends telusuri nih. Simak dalam ulasan di bawah ini

Sribulancer

situs freelance indonesia sribulancer dewaweb

Sribulancer merupakan salah satu website freelance yang berkembang di Indonesia. Di website ini, ada 8 katagori utama dengan 138 sub katagori khusus. Pekerjaannya sendiri mulai dari pengembangan website, aplikasi mobile, bisnis pemasaran online, penulisan artikel, fotografi, editor video, desain grafis, penerjemah hingga konsultasi hukum ada di situs ini. Lengkap banget pilihannya!

Untuk pembayarannya, Sribulancer menyediakan transfer melalui bank. Mereka juga menerima mata uang rupiah dan USD lho. Sribulancer juga terdapat dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Sudah pasti situs ini terpercaya kok karena diklaim sebagai sarana online yang mempertemukan klien dengan lebih dari 23 ribu freelancer yang terdaftar. Jadi kamu enggak perlu ragu deh.

Projects.co.id

Rekomendasi 12 Situs Freelance Yang Dapat Menghasilkan Uang

Selanjutnya ada Projects.co.id yang bisa menjadi refrensi situs freelance. Projects.co.id adalah project and digital product marketplace atau tempat transaksi project dan transaksi produk secara online. Transaksi project yang dimaksud adalah transaksi yang menawarkan project dan mencari project antara owner (pemberi kerja) dan worker (pekerja). Sementara transaksi jual beli produk digital antara seller (penjual produk) dan buyer (pembeli produk). Semua pekerjaan (proyek) maupun produk digital berbentuk file yang dapat dikerjakan atau diperjualbelikan antara kedua belah pihak. Disini Projects.co.id menjadi mediator, fasilitator dan penjamin hubungan kerja yang win-win solution antara owner dan worker serta buyer dan seller.

Untuk project freelance yang ditawarkan adalah jasa penulisan dan penerjemah, desain grafis, data entry dan data mining, audio, video dan fotografi, internet marketing dan social media, mobile programming dan masih banyak lagi. Di Projects.co.id sudah tertera berapa hari tenggat waktu pengumpulan hasil pekerjaan dengan imbalan yang ditawarkan di setiap postingan.

Baca Juga  Cara Install Wordpress SUPER Fast

Sribu

Rekomendasi 12 Situs Freelance Yang Dapat Menghasilkan Uang

Sribu adalah salah satu situs freelancer dimana berfokus pada jasa untuk desain online. Sribu ini anak perusahaan dari Sribulancer lho yang telah diulas di atas. Sribu menghubungkan antara klien yang membutuhkan desain dengan komunitas desainer melalui sistem konten. Di situs ini, ada 20 jasa katagori desain yang tersedia. Mulai dari desain logo, desain kemasan, produk, label, banner, stationery, merchandise, cover buku, desain interior hingga desain website dan aplikasi mobile tersedia disini. Lengkap banget ya? 

Sribu telah melayani banyak klien di bidang UKM dan perusahaan besar dan memiliki komunitas besar khusus desainer. Sistem kinerja di Sribu yakni para desain grafis akan memasukkan karya kepada pemberi proyek. Selanjutnya pemberi proyek yang akan memilih karya mana yang disukai yang dikonteskan selama 7 hari. Buat kamu yang bisa desain grafis bisa mencoba jadi freelance disini.

Gobann

Rekomendasi 12 Situs Freelance Yang Dapat Menghasilkan Uang

Next, ada situs freelance menarik bernama Gobann yang diklaim sebagai Biggest Micro Jobs in Indonesia. Kenapa menarik? Karena semua jasa yang ditawarkan di situs ini memiliki nominal yang sama yakni Rp 50.000 saja. Gobann memiliki sistem yang mempunyai menu utama bernama Kangtao dan Demand. Kangtao adalah sebutan untuk freelancer yang ingin menawarkan jasa kepada calon klien. Sementara Demand adalah permintaan jasa dari calon klien. 

Bidang pekerjaan yang ditawarkan pun mulai dari jasa membuat caption di Instagram dari bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris, jasa membuat logo, membuat karikatur, jasa ketik, jasa desain portfolio atau resume dan masih banyak lagi. Dan semua ini hanya dibanderol jasanya senilai Rp 50.000. 

Rekomendasi 8 Situs Freelance di Luar Indonesia

Untuk Exabytes Friends yang ingin mencoba mencari pekerjaan freelance yang lebih challenging dan profesional dengan nominal upah yang lebih tinggi, kamu bisa mencoba menelusuri beberapa situs freelance berikut ini :

Freelancer

Rekomendasi 12 Situs Freelance Yang Dapat Menghasilkan Uang

Situs ini merupakan situs freelancer global berbasis di Australia yang terbesar dan terpercaya berdasarkan jumlah pengguna dan proyek. Platform ini telah menghubungkan lebih dari 41 juta pemberi proyek dan freelancer di 247 negara. Ada berbagai banyak bidang yakni design, entri data, pengembang website, marketing, penulisan naskah, fotografer, akuntan hingga legal. 

Fitur yang tersedia di situs ini juga cukup mudah digunakan dan detail. Untuk postingan pekerjaan freelance akan dijelaskan deskripsi proyek, keahlian yang dibutuhkan, deadline proyek dan berapa upah yang ditawarkan. Selain itu kita bisa melihat berapa orang yang melamar di postingan proyek tersebut. Oh ya, sebenarnya ada versi English dan versi Indonesia namun untuk versi Indonesia untuk upahnya tetap mata uang USD. Jadi kamu perlu memiliki kartu kredit atau PayPal untuk menerima pembayaran melalui platform ini.

99Designs

Rekomendasi 12 Situs Freelance Yang Dapat Menghasilkan Uang

Hampir mirip dengan Sribu tetapi berbasis di Indonesia, 99designs adalah global creative platform yang mewadahi freelancer khususnya di bidang desain. Ada lebih dari 90 katagori pekerjaan desain mulai desain logo, website, business and advertising, ilustrasi, layout buku dan banyak lagi. 

Ada dua sistem yang ditawarkan di 99designs yakni calon pemberi proyek akan hire designer itu sendiri atau mengadakan kontes untuk memilih desain terbaik yang sesuai dengan pemberi proyek butuhkan. Untuk kontes sendiri, para freelance bisa memasukkan karya design kita yang nanti akan dipilih oleh calon pemberi proyek. Untuk pembayarannya sendiri dengan mata uang Euro. Jika kamu memiliki keterampilan di bidang design, mungkin platform freelance ini cocok untukmu.

Upwork

Rekomendasi 12 Situs Freelance Yang Dapat Menghasilkan Uang

Next, ada Upwork dimana diperuntukan untuk freelancer profesional. Proyek yang ditawarkan di platform ini lebih kompleks dan besar yang berjangka cukup panjang. Upwork telah digunakan oleh perusahaan besar ternama seperti Microsoft dan Airbnb. Untuk katagori pekerjaannya sendiri seperti bidang IT dan networking, website developer, design creative, customer service, admin support dan lainnya. 

Sistem kinerja di Upwork yaitu perusahaan akan memposting proyek yang dibutuhkan lalu pekerja lepas dapat melamar untuk mengerjakannya. Pekerja bisa memilih antara kontrak jangka panjang atau kontrak jangka pendek (untuk mengerjakan satu tugas). Platform Upwork juga memungkinkan pemberi proyek dan pekerja lepas berkomunikasi dengan mudah melalui online chat dan video call untuk memastikan proyek yang dikerjakan.

Baca Juga  5 Cara Meningkatkan Kredibilitas Website

Guru

Rekomendasi 12 Situs Freelance Yang Dapat Menghasilkan Uang

Rekomendasi selanjutnya ada Guru yang merupakan platform yang dirancang untuk membantu perusahaan menemukan dan mempekerjakan freelancer ahli dari seluruh dunia. Guru telah digunakan lebih dari 3 juta orang di seluruh dunia. Platformnya fleksibel dan hemat biaya memungkinkan orang mempekerjakan freelancer untuk pekerjaan apa saja. Katagori pekerjaan pun mulai dari pemrograman, penerjemah, desain grafis, marketing dan lainnya. 

Ada dua jenis pilihan yang tersedia untuk calon freelancer yaitu free member dan paid member. Untuk free member kita tidak merogoh uang sama sekali namun proses pembayaran minim. Sementara untuk layanan paid member lebih cepat proses pembayarannya dan lebih banyak pekerjaan yang didapat.

Toptal

Rekomendasi 12 Situs Freelance Yang Dapat Menghasilkan Uang

Toptal merupakan platform yang diperuntukan untuk freelancer yang terbaik di bidangnya. Platform ini menjanjikan dapat menyewa 3% freelancer global teratas. Banyak perusahaan besar yang menggunakan jasa Toptal untuk menyewa jasa pekerja lepas. Toptal bekerja dengan merekrut pakar industri dengan mencocokkan perusahaan dengan freelancer untuk memasikan keduanya kompatibel dan cocok.

Untuk menjadi freelancer di platform ini, ada proses penyaringan yang ketat mulai dari bahasa, keterampilan hingga kepribadian. Selain itu, ada juga live screening exercise dan harus berpartisipasi dalam tes pengujian. Meskipun kedengaran susah, tetapi Toptal menjamin memberikan reward yang besar untuk freelancer di Toptal. Jika kamu sudah berkecimpung di dunia freelance dengan portofolio dan track record yang bagus, mungkin platform ini tepat digunakan untukmu untuk mencari pengalaman yang baru dan lebih profesional.

PeoplePerHour

Rekomendasi 12 Situs Freelance Yang Dapat Menghasilkan Uang

PeoplePerHour memiliki sekitar 2.4 juta freelancer yang digunakan hampir 1 juta bisnis. Situs yang berbasis di Inggris ini menghubungkan bisnis ke komunitas freelancer internasional yang layanannya selalu dipantau dan diberi peringkat setiap kali mereka menyelesaikan proyek atau pekerjaan. Ada 9 katagori utama bidang pekerjaan freelance tersedia, antara lain technology and programming, marketing, branding and sales, musik dan audio dan lainnya.

Platform ini tidak dikenakan biaya namun yang pasti ada persaingan ketat antar pekerja lepas. Di PeoplePerHour, kita bisa menjadi pekerja lepas dengan harga tetap atau dihitung per jam.

PubLoft

Rekomendasi 12 Situs Freelance Yang Dapat Menghasilkan Uang

Jika kamu suka atau jago menulis, mungkin PubLoft akan menjadi platform yang cocok untukmu. Platform ini bertujuan untuk membantu bisnis dengan konten marketing seperti contohnya menulis artikel. PubLoft membantu pekerja lepas untuk mengisi saluran pekerjaan klien dan memungkinkan untuk fokus menyelesaikan pekerjaan daripada terus menerus menjual layanan. Menariknya, semakin lama freelancer bekerja di PubLoft maka semakin banyak mereka dibayar.

Saat ini PubLoft menerima aplikasi dari penulis lepas dengan beberapa syarat. Syaratnya yaitu portofolio sudah terbukti dan jelas lalu bisa menguasai bahasa Inggris (American English). Penulis lepas di PubLoft juga memiliki critical thinking skills dan kemampuan menulis yang jelas dan singkat. Dan syarat yang terakhir adalah kemampuan untuk meneliti dan melaporkan dengan benar sebuah topik.

Fiverr

Rekomendasi 12 Situs Freelance Yang Dapat Menghasilkan Uang

Terakhir, ada Fiverr yang merupakan marketplace layanan freelance terbesar di dunia yang begitu populer. Fiverr mewadahi 9 katagori utama jenis bidang pekerjaan freelance. Kamu akan menemukan beragam pekerjaan unik yang tidak ditemukan di situs freelance lainnya seperti voice over, editor atau pembuat konten podcast, penulis cover letter, songwriters, UX writings, animator dan masih banyak lainnya.

Fiverr menawarkan biaya jasa kepada pelanggannya dengan harga $5. Tetapi kini Fiverr enggak hanya mematok harga segitu, tak jarang bahkan lebih tinggi dari segitu kok. Oh ya, di Fiverr menerima berbagai mata uang selain USD kok namun sayangnya sampai saat ini belum ada mata uang rupiah.

Kesimpulan

Banyak sekali peluang untuk menghasilkan uang. Salah satunya adalah menjadi pekerja lepas atau freelancer. Freelancer banyak dipilih terutama oleh kaum milenial zaman sekarang karena bebas menentukan waktu atau lebih fleksibel dan bisa memilih pekerjaan atau proyek yang diinginkan sesuai dengan keinginan dan kemampuan yang dimiliki. Salah satu peluang menjadi freelancer adalah situs freelance

Ada beberapa rekomendasi situs freelance yang ada di Indonesia yaitu Sribulancer, Projects.co.id, Sribu dan Gobann. Sementara untuk di luar Indonesia ada Freelancer, 99Designs, Upwork, Guru, Toptal, PeoplePerHour, PubLoft dan Fiverr.

Bagaimana nih Exabytes Friends, apakah kamu tertarik untuk mencoba menjadi freelancer? Hilangkan rasa ragumu dan mulai mencoba dari sekarang. Semoga sukses ya!

Credit to Audina Chairun Nisa

View her LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/audina-chairun-nisa-760303158

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here