Strategi Domain Yang Efektif di Ramadhan Untuk Meningkatkan Traffic

0
1164

Hendak menjalankan bisnis online? Tetapi, apakah yakin bahwa semua persiapan sudah dilakukan dengan matang, termasuk memilih nama domain sekaligus layanan hosting? Domain harus bisa merepresentasikan suatu bisnis atau brand sehingga bisa menarik lebih banyak calon pembeli. 

Intip dan cari tahu bersama yuk seperti apa strategi domain yang efektif di Ramadhan dan bulan-bulan berikutnya, terutama bagi pemula!

Mengapa Memilih Nama Domain Begitu Penting?

Sebelum lebih jauh berbicara tentang strategi domain yang efektif di Ramadhan, sebaiknya pahami dulu mengapa suatu bisnis atau perusahaan harus memilih nama domain yang tepat.

Nama domain adalah alamat situs web yang merupakan bagian dari DNS atau domain name system yang memungkinkan pengguna internet untuk bisa menggunakan kombinasi kata dibandingkan sederet angka yang panjang.

Itu artinya, domain memiliki peran dan fungsi yang penting. Bahkan domain juga merupakan kesan pertama para audiens atau pelanggan yang mereka punya tentang brand kamu.

Tidak hanya itu, nama domain juga akan mempengaruhi hasil SEO dan menjadi identitas bisnis.

Itulah mengapa nama domain yang tepat begitu penting bagi bisnis online, layaknya logo dan nama brand. Berbicara tentang logo, apakah kamu ingin membuat logo namun belum menemukan desainer logo yang bisa dipercaya? Nah, kamu bisa memilih jasa desain logo dari Exabytes yang sudah pasti berkualitas.

Strategi Domain yang Efektif Agar Traffic Bisnis Meningkat

Strategi domain yang efektif di Ramadhan, cara memilih yang tepat
Sumber: pixabay

Dengan mengetahui peran penting domain untuk bisnis online, maka kamu akan lebih berhati-hati dalam membuat pilihan. Sebisa mungkin juga akan menghindari kesalahan memilih domain agar benar-benar mendapatkan domain yang sempurna.

Dalam memilih domain juga perlu strategi, bukan? Berikut adalah strategi domain yang efektif di Ramadhan ataupun di waktu lain untuk kesuksesan bisnis:

Pilih Ekstensi Domain yang Tepat

Memilih ekstensi domain yang tepat sebagai salah satu strategi domain yang efektif di Ramadhan
Sumber: pixabay

Sudah siap untuk membangun strategi domain yang efektif di Ramadhan agar memberikan dampak baik bagi bisnis yang dijalankan? Salah satu hal yang harus kamu persiapkan adalah pilihan ekstensi domain yang tepat.

Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa peluang untuk bisa mendapatkan domain pilihan masih terbuka lebar. Lebih tertarik untuk memilih ekstensi domain populer seperti domain.COM?

Ekstensi domain tersebut merupakan salah satu generic top level domain (gTLD), yaitu domain yang paling umum digunakan oleh berbagai pengguna untuk berbagai jenis situs web. Selain domain.COM, domain.NET, domain.XYZ, dan domain.BIZ juga merupakan gTLD.

Namun, sebagai ekstensi domain populer, banyak pihak di berbagai penjuru dunia juga mengincar domain dengan ekstensi domain.COM. Oleh sebab itu, setelah mendapatkan nama domain yang pas, sebaiknya segera cek ketersediaan domain.

Domain yang masih tersedia artinya bisa kamu daftarkan dan gunakan untuk bisnis online. Sementara domain yang sudah tidak tersedia artinya sudah digunakan oleh pihak lain. Apabila ingin menggunakan domain tersebut, tentunya kamu harus melakukan berbagai upaya termasuk menghubungi pemilik domain incaranmu.

Mengingat kemungkinan domain sudah digunakan oleh pihak lain, tentunya kamu juga harus punya rencana B, yaitu memilih ekstensi domain lain, selain domain.COM. 

Pilih ekstensi domain yang pas untuk web bisnis dan hindari ekstensi domain yang dikhususkan untuk pihak tertentu. Misalnya, domain.SCH untuk sekolah atau ekstensi domain lain yang mengharuskan pengguna memenuhi persyaratan yang ketat untuk bisa mendapatkannya.

Tampil Beda Dari Para Kompetitor

Strategi domain yang efektif di Ramadhan yang berikutnya adalah memastikan bahwa bisnis atau brand kamu tampil unik dan berbeda dari kompetitor. Dengan begitu, akan lebih banyak atensi yang tertuju pada bisnis kamu dibandingkan bisnis kompetitor.

Dengan kata lain, kamu bisa sebisa mungkin menghindari memilih domain yang mirip dengan kompetitor atau brand terkemuka nasional. Ini adalah strategi sekaligus tips untuk bisa mendapatkan lebih banyak calon pelanggan potensial.

Salah satu cara agar bisa tampil beda adalah dengan memilih ekstensi domain unik. Selengkapnya bisa kamu pelajari di artikel satu ini.

Pertimbangkan Domain Brandable

Domain brandable yang unik tentunya lebih baik dibandingkan dengan memilih domain generik. Perlu diingat bahwa nama domain adalah cara pengunjung bisa menemukan, mengingat, dan membagikan bisnis kamu di web. Domain juga merupakan pondasi bagi brand yang turut membangun brand awareness

Domain brandable itu unik dan berbeda dari domain lain pada umumnya di antara kompetitor. Untuk bisa menemukan domain yang brandable, coba buat kata baru, gunakan kata yang sudah ada, atau manfaatkan domain name generator.

Pikirkan Tujuan Jangka Panjang, Bukan Jangka Pendek

Dalam menjalankan bisnis, tentunya kamu harus memiliki tujuan jangka panjang. Hal tersebut juga berlaku saat memilih domain. Strategi domain yang efektif di Ramadhan selanjutnya adalah dengan memikirkan tujuan jangka panjang, bukan jangka pendek.

Seiring dengan semakin lama suatu bisnis berjalan, semakin banyak pula tujuan yang ingin dicapai. Target audiens semakin luas, traffic semakin tinggi, dan penjualan semakin banyak. Sehingga memungkinkan untuk bisa mendapatkan profit yang lebih.

Oleh sebab itu, dengan memikirkan kebutuhan dan perkembangan bisnis dalam jangka panjang, kamu harus bisa memilih domain yang tepat. Pastikan bahwa nama domain tersebut akan menjadi domain yang mewakili bisnis kamu di dunia digital termasuk untuk branding dan sales.

Untuk mengenal lebih jauh apa itu branding, silahkan baca artikel ini.

Hal tersebut juga akan membantu menghindari perubahan nama domain di masa mendatang. Membeli domain baru artinya kamu harus memulai lagi dari awal. Selain harus melakukan riset kembali untuk menemukan nama domain yang pas, kamu juga harus kembali melakukan branding dan optimasi situs web.

Jadi, saat memilih nama domain, pikirkan jangka panjang. Dengan begitu, hasil dari upaya dalam mengoptimasi situs web menggunakan teknik SEO juga bisa kamu lihat di kemudian hari.

Jangan Lupakan SEO

pentingnya mempertimbangkan SEO saat menyusun strategi domain yang efektif di Ramadhan
Sumber: pixabay

Mengapa masih belum yakin dengan strategi domain yang efektif di Ramadhan yang sudah kamu rancang? Pada dasarnya, memilih domain tidak sulit. Coba pertimbangkan kebutuhan SEO dan algoritmanya. Untuk bisa mengoptimasi situs web menggunakan SEO, kamu bisa menghindari penggunaan angka, tanda baca, typo, dan kata yang sulit dieja.

Jadi, saat hendak memilih nama domain yang diharapkan memberikan dampak baik bagi traffic bisnis, pilihlah domain yang disukai oleh mesin pencari, terutama Google. 

Dibandingkan menggunakan domain yang menggunakan terlalu banyak keyword, Tahukah kamu kalau Google ternyata lebih menyukai keyword yang berkualitas? 

Dengan kata lain, kamu bisa menambahkan keyword pada nama domain, namun jangan berlebihan.

Alhasil, potensi untuk mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian teratas juga semakin meningkat. Pemilihan nama domain turut melengkapi upaya optimasi yang kamu lakukan untuk web bisnis.

Dapatkan jasa SEO dari para profesional seperti di Exabytes agar kamu bisa mendapatkan hasil terbaik dan sesuai harapan.

Lindungi Bisnis Dengan Memilih Lebih Dari Satu Domain

Dengan strategi domain yang efektif di Ramadhan, kamu akan merasa bahwa melindungi bisnis dengan beberapa nama domain adalah keputusan yang tepat. Meski sudah menggunakan domain yang sesuai dengan brand atau bisnis, tidak ada salahnya membeli domain lain.

Kamu bisa menggunakan beberapa nama domain untuk mengarahkan pengguna internet ke domain utama bisnis. Strategi domain yang efektif satu ini dapat memperluas jangkauan audiens serta mendapatkan lebih banyak traffic.

Ternyata, strategi satu ini juga bisa diaplikasikan ke media sosial. Saat ini, ada banyak platform media sosial yang memiliki banyak pengguna aktif. Nah, kamu bisa memilih media sosial yang banyak digunakan oleh target audiens bisnismu.

Atau bisa juga menargetkan platform media sosial untuk bisnis lebih sukses seperti yang dijelaskan dalam artikel satu ini.

Jika domain utama menggunakan domain premium, kamu bisa membeli domain murah dari Exabytes sebagai pendukung domain utama namun tetap lebih baik dibandingkan menggunakan domain gratis.

Segera Daftarkan Nama Domain Pilihanmu

Dengan strategi domain yang efektif di Ramadhan, kamu mungkin bisa lebih mudah dan lebih cepat dalam mendapatkan domain yang sempurna. Jika sudah punya nama domain dan domain tersebut masih tersedia, sebaiknya segera daftarkan domain tersebut.

Tujuannya agar kamu bisa menggunakan domain tersebut untuk mendapatkan dan meningkatkan traffic bisnis dan menghindari domain didapatkan oleh pihak lain.

Jadi, segera beli domain di Exabytes sekarang juga! Ingin cek harga domain murah? Tentu kamu juga bisa menghubungi Exabytes yang mampu mengerti kebutuhan pelanggan yang berbeda-beda.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments