Panduan Branding: Mengapa Semua Bisnis Memerlukannya?

354
9 min read

Punya bisnis tapi belum memulai branding? Untuk bisa memahami konsep branding itu sendiri, kamu juga harus bisa membedakan antara brand vs branding. Bisnis tanpa brand mungkin tidak bisa berjalan dengan maksimal. Itulah kenapa kamu sangat membutuhkan branding yang tepat.

Mengetahui berbagai jenis branding dan strategi branding yang tepat sangatlah penting. Jika tertarik untuk melakukan branding tapi tidak tahu dari mana mulainya, kamu bisa terlebih dahulu membuat tujuan bisnis dan memahami apa dan seperti apa consumer behaviour serta pengaruhnya untuk bisnis.

Di artikel kali ini, kita akan mengupas apa itu branding dan mengapa semua bisnis memerlukannya tanpa melihat jenis dan ukuran bisnis yang dijalankan.

Apa Itu Branding

Apa itu branding
Ketahui apa itu branding dan mengapa branding penting untuk setiap bisnis. (Sumber: flickr – Adolfo Arreage)

Biasanya setiap bisnis memiliki brand masing-masing, namun tidak semua tahu cara branding yang tepat dan sesuai sasaran. Oleh karena itu, kamu juga harus memahami apa saja perbedaan brand vs branding agar tidak salah langkah. 

Branding bisa kita katakan sebagai praktik pemasaran, di mana sebuah bisnis atau perusahaan menciptakan nama, simbol, atau desain yang bisa dengan mudah diidentifikasi sebagai milik perusahaan. Karena kebutuhan tersebut tidak bisa kamu lakukan sembarangan, kamu bisa membaca tips membuat logo.

Logo perusahaan tidak hanya harus unik tetapi juga powerful dan juga mewakili perusahaan atau bisnis. Alhasil, masyarakat terutama target pelanggan bisa dengan mudah mengenali sebuah bisnis kapanpun dan di mana pun mereka melihat logo tersebut. Sebenarnya, pembuatan logo bisa melibatkan desain logo online

Branding yang dilakukan dengan baik dan memiliki tujuan branding yang jelas akan membuat sebuah brand mudah dikenali oleh konsumen. Dengan demikian, banyaknya jumlah pesaing tidak akan berpengaruh apabila sebuah bisnis memiliki brand yang sangat kuat. Untuk kamu yang ingin belajar personal branding, bisa simak caranya di sini!

Brand vs Branding

brand vs branding
Mengetahui perbedaan brand vs branding akan meminimalisir kekeliruan saat mengimplementasikan strategi branding yang tepat. (Sumber: pixabay – mohamed_hassan)

Lalu apa perbedaan brand vs branding? Istilah brand pertama kali digunakan oleh orang-orang Inggris di abad kesembilan belas yang merupakan bentuk memberi tanda kepada hewan-hewan ternak dan budak. Caranya adalah dengan memberi cap besi panas pada tubuh mereka.

Kita bisa mengartikan brand sebagai identitas diri yang membedakan antar sesama baik produk, tempat, maupun manusia. Sementara branding adalah kegiatan komunikasi yang bertujuan untuk memperkuat dan mempertahankan sebuah brand guna memberikan perspektif kepada orang yang melihatnya.

Unsur-unsur Branding

Memahami branding memang cukup kompleks dan menjadi tantangan tersendiri bagi para pebisnis. Akan tetapi, kamu harus melakukannya karena bisnis kamu harus terlihat berbeda dan unik di antara para kompetitor.

Berikut adalah beberapa unsur branding yang harus kamu tahu sebelum memulai strategi branding melalui berbagai media termasuk video marketing.

Nama Merek atau Brand

Nama merek atau brand merupakan unsur branding yang paling utama. Brand akan menjadi identitas sebuah produk sehingga masyarakat luas bisa mengenalinya dengan mudah. 

Logo

Logo setiap brand itu berbeda-beda dan tidak boleh sama. Dengan begitu, logo harus dibuat seunik mungkin agar berbeda dari produk serupa yang juga ditawarkan di pasaran. Masyarakat atau konsumen akan lebih mudah mengingat logo yang unik.

Brand Ambassador

Unsur branding lainnya adalah brand ambassador, yaitu seseorang yang akan memperkenalkan sebuah brand. Brand ambassador bisa jadi seorang co-founder, maskot, atau publik figure yang akan bekerja sama dalam memasarkan produk. 

Jika bisnismu berfokus pada pemasaran digital, coba gunakan jasa digital marketing agar hasilnya lebih maksimal. 

Tampilan Visual

Kamu bisa mengaplikasikan tampilan visual pada desain produk, kemasan, dan lain sebagainya. Untuk menambah pencitraan terhadap sebuah produk, tidak ada salahnya untuk menggunakan warna yang cerah dan elegan.

Suara

Suara untuk kebutuhan branding bisa berupa lagu, nada, atau bunyi tertentu. Tujuannya adalah agar brand semakin menarik dan diingat oleh khalayak.

Kata-kata

Selain suara, branding juga membutuhkan kata-kata seperti tagline, jingle, akronim, atau slogan. Biasanya slogan atau tagline yang menarik bisa meninggalkan kesan mendalam. Sembari menyiapkan kata-kata yang tepat untuk branding, kamu juga bisa mulai mempelajari apa itu content marketing yang akan membantu proses branding bisnis yang sedang kamu jalankan.

Mengapa Branding Penting untuk Bisnis

Mengapa branding penting untuk bisnis
Ada 6 alasan mengapa branding penting untuk bisnis (Sumber: flickr – Elysia Communications)

Tidak masalah jika kamu masih bertanya apa saja manfaat branding dan mengapa sebuah bisnis membutuhkannya, terlebih jika kamu adalah seorang pemula di dunia bisnis. Pada umumnya, ada banyak manfaat branding yang juga menjadi alasan pebisnis mulai melakukan branding, seperti berikut:

Membuat Masyarakat Menyadari Kehadiran Brand

Brand awareness atau kesadaran merek adalah salah satu alasan kenapa bisnis harus melakukan branding. Ini tentu saja menjadi salah satu alasan penting dari perlunya branding. 

Masyarakat terutama konsumen yang menjadi target marketing harus tahu brand apa yang kamu tawarkan. Untuk mendapatkan kesan pertama yang positif saat mulai branding, pastikan sebuah brand memiliki logo yang menjadi ciri khas atau identitas perusahaan. 

Bisnis yang berfokus pada pemasaran atau marketing secara digital juga harus mengenali berbagai jenis digital marketing. Kemudian, mereka bisa memilih jenis pemasaran digital yang paling sesuai dengan target pasar dan target penjualan yang ingin dicapai.

Meningkatkan Nilai Produk dan Bisnis

Branding yang kuat bisa meningkatkan nilai bisnis menjadi aset yang sangat berharga. Perusahaan atau bisnis bisa menggunakan aspek tersebut sebagai alat untuk tetap bisa eksis di mata konsumen. Tidak hanya itu, branding juga membantu meningkatkan nilai bisnis karena memiliki pengaruh penting di industri yang ditekuninya.

Ini juga akan membantu perusahaan atau bisnis mendapatkan investor dengan lebih mudah. Hal ini sangat mungkin terjadi apabila brand kamu sudah memiliki tempat yang baik di dalam marketplace. 

Untuk realisasinya, kamu bisa menggunakan berbagai cara, di mana salah satunya adalah menggunakan facebook Ads.

Facebook Ads akan membantu mengiklankan brand kamu di Facebook, yaitu media sosial yang memiliki banyak pengguna aktif setiap harinya. Jangan lupa juga untuk mencari tahu biaya Facebook Ads agar sesuai dengan budget!

Branding Menjadi Atribut Promosi

Saat tiba waktunya untuk mempromosikan produk atau jasa yang kamu tawarkan, branding menjadi atribut yang efektif. Mengapa demikian? Branding akan mewakili kesan yang perusahaan ingin tampilkan. 

Konsumen yang tertarik dengan kesan tersebut akan menyukainya. Pada akhirnya, mereka akan penasaran dan tertarik untuk membeli produk yang kamu promosikan. Untuk kebutuhan promosi dan pemasaran secara digital, kamu bisa memanfaatkan keberadaan Google Ads Indonesia.

Google menjadi salah satu mesin pencari yang banyak digunakan, terutama di Indonesia. Inilah kesempatan untuk melakukan promosi. Gunakan jasa iklan Google Ads terpercaya yang mampu mengelola kebutuhan iklan dan promosi bisnismu dengan baik dan profesional.

Menarik Pelanggan Baru

Tantangan dalam berbisnis baik secara online maupun offline adalah menarik pelanggan baru. Dari pelanggan itulah sebuah bisnis atau perusahaan akan mendapatkan penghasilan melalui penjualan produk atau jasa.

Branding yang kuat mampu menciptakan kesan yang positif di mata pelanggan. Inilah yang menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk menggunakan produk atau jasa karena mereka percaya pada brand tersebut.

Untuk mampu menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan tetap setia pada brand kamu, marketing funnel juga tidak kalah penting untuk kamu pelajari mulai dari sekarang.

Membuat Produk Berbeda dari Pesaing

Kompetisi adalah hal yang tidak bisa kita hindari, terutama di dunia bisnis. Akan selalu muncul para kompetitor baru dari waktu ke waktu. Kamu harus berupaya agar konsumen tetap setia memilih produk yang kamu tawarkan.

Produk yang unik dan berbeda dari pesaing akan mampu menarik perhatian pelanggan setia dan pelanggan baru. Mereka akan lebih tertarik untuk membeli produk milikmu dibandingkan produk para kompetitor.

Menciptakan Kepercayaan di Pasar

Kepercayaan dari pelanggan sangatlah berharga namun tidak mudah untuk didapatkan. Untuk membangun kepercayaan, kamu bisa melakukannya melalui branding yang dirancang dengan baik. 

Perusahaan yang terlihat profesional bisa menarik lebih banyak konsumen, klien, atau pelanggan. Dengan brand yang tepat, perusahaan atau bisnis akan terkesan sebagai pakar di industri.

Strategi Branding

strategi branding
Strategi branding yang tepat bisa memberikan hasil maksimal. (Sumber: Unsplash – Van Tay media)

Jika sudah memiliki brand dan konsep branding, maka tiba saatnya untuk memilih strategi branding. Pemilihan strategi tersebut akan mempengaruhi implementasi branding. 

Terdapat banyak strategi branding beserta contohnya di media informasi konvensional dan online. Para marketer menggunakannya untuk meningkatkan brand produk. Ketidakberhasilan menjadi kendala utama dalam penerapan branding.

Agar mendapatkan strategi yang tepat, coba pertimbangkan beberapa strategi marketing di bawah ini:

Membuat Logo

Logo sangat penting terutama bagi perusahaan baru atau toko online yang baru merintis. Melalui visual gambar, seseorang akan mengingat toko atau perusahaan hanya dengan melihat sebuah logo.

Memanfaatkan Marketplace Terkenal

Banyak bisnis pemula yang menggunakan marketplace terkemuka sebagai strategi branding. Hal tersebut bisa menunjang visitor dan pengenalan produk di dunia maya. Kamu bisa memilih salah satu dari beberapa platform marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan lainnya.

Menggunakan Website Sebagai Media Branding

Website bisa juga kamu gunakan sebagai media branding. Strategi branding satu ini juga akan sangat membantu karena akan semakin banyak orang yang mengetahui brand atau bisnis milikmu. Pengguna internet bisa menemukan website kamu melalui mesin pencari yaitu Google.

Agar berada di mesin pencari terkemuka tersebut, kamu bisa melakukan optimasi website yang dikenal dengan istilah SEO atau Search Engine Optimization. Selain itu, ada juga Google Ads namun cara ini membutuhkan budget karena kamu harus menentukan biaya per klik iklan yang muncul di Google.

Cari tahu juga bagaimana cara menggunakan Google Trends yang akan membantu upaya kamu agar website berada di hasil pencarian Google. Melalui tools tersebut, kamu bisa melakukan riset kata kunci atau keyword yang banyak digunakan. 

Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu topik hanya yang banyak diperbincangkan yang bisa menjadi inspirasi artikel atau blog untuk website milikmu.

Pemasaran Melalui Media Sosial

Di zaman sekarang, strategi branding menggunakan media sosial yang dibutuhkan. Pengguna media sosial selalu meningkat setiap harinya. Perusahaan yang ingin mengembangkan bisnisnya bisa menggunakan berbagai platform media sosial untuk personal branding

Sudah tahu cara memilih strategi social media marketing? Jika belum, maka kamu bisa membaca artikel ini! Akan lebih baik jika fokus pada satu platform media sosial baik itu Instagram, Facebook, Titkok, atau lainnya.

Kesimpulan

Setelah mengetahui apa itu branding dan apa bedanya brand vs branding, kamu akan semakin paham mengapa branding sangat penting untuk setiap jenis dan ukuran bisnis. 

Dari beberapa strategi branding yang tersedia, kamu bisa memilih salah satu atau mengkombinasikan semuanya. Yang terpenting adalah memastikan bahwa branding yang hendak kamu lakukan membuat unsur-unsur branding yang seharusnya ada.

Untuk kebutuhan branding dan promosi, kamu bisa melibatkan Exabytes. Perusahaan satu ini dikenal sebagai penyedia hosting terkemuka yang juga menyediakan jasa desain logo, jasa digital marketing, hingga pembuatan website.

Siapkan brand kamu dan mulai branding bisnis sekarang!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments