10 Tips Agar WordPress Optimal Yang Ampuh Untuk Digunakan

0
2065

Semua orang pasti ingin website miliknya dapat diakses dengan cepat dan mudah, apalagi website yang kamu miliki adalah website bisnis. Website yang berfungsi optimal bisa menjadi strategi efektif untuk lebih unggul dari kompetitor. Kalau menggunakan WordPress, ada banyak tips agar WordPress optimal yang bisa kamu lakukan.

Sebuah website yang lambat tidak hanya akan memberikan kesan yang buruk bagi pengunjung, tapi juga membuat mereka enggan membukanya lagi. Halaman website yang membutuhkan waktu lebih dari 5 detik dalam mengaksesnya berpotensi memiliki bounce rate hingga 90%.

Kondisi website yang lambat disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari performa server milik web hosting yang kurang optimal, kesalahan konfigurasi, hingga plugin yang terlalu banyak, layanan SEO yang kurang maksimal dan sebagainya.

Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan 10 tips agar WordPress optimal yang bisa Anda lakukan pada halaman WordPress yang Anda kelola, Berikut ini adalah beberapa tips & trik yang bisa digunakan agar WordPress lebih optimal.

Berikut 10 Tips Agar WordPress Optimal

Pilihan Web Hosting Yang Support Website WordPress Anda

web hosting - Tips Agar WordPress Optimal

Salah satu hal penting dalam mengoptimalkan website Anda adalah dengan memilih layanan web hosting untuk meningkatkan kecepatan akses website khususnya WordPress. Hosting memang menjadi bagian yang penting dari optimalisasi sebuah website.

Dalam memilih perusahaan hosting untuk WordPress terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Tidak sekedar menawarkan space yang besar untuk database website Anda. Namun juga harus dapat memberikan kemuahan dalam mengatur website mulai dari update versi, tema sampai plugin.

Kemudian pastikan bahwa perusahaan hosting yang Anda pilih memiliki rekam jejak yang terbukti memberikan performa website WordPress yang baik, juga memiliki layanan pelanggan yang siap membantu Anda kapan saja. Terdapat beberapa provider hosting yang menawarkan fitur khusus untuk layanan SEO mempercepat WordPress.

Selain itu, WordPress hosting juga bisa digunakan bagi mereka yang ingin mempercepat akses websitenya. Tentu saja ini akan lebih optimal jika dimanfaatkan oleh para pemilik website yang menggunakan WordPress.

Dengan Memilih Tema Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Memilih tema untuk website WordPress juga harus dipertimbangkan. Kaena jika sangat mempengaruhi jika bukannya memberikan kemudahan kepada pengunjung dan pelanggan, tapi kita justru menyerang mereka. Karena akses website yang lemot. Sehingga dapat menyebabkan website yang jarang Anda kunjungi

Gunakan CDN

Content Delivery Network atau CDN adalah jaringan server yang terdistribusi secara geografis, yang bekerja sama untuk mempercepat proses menampilkan website di browser pengguna.

Seperti yang Anda ketahui, cache adalah ruang penyimpanan sementara yang berfungsi untuk mempercepat loading. CDN bekerja dengan menyimpan konten statis situs web ke dalam cache, sehingga saat pengguna berkunjung lagi, server terdekatnya akan langsung memuat kontennya untuk mengurangi jumlah permintaan HTTP eksternal.

Ada berbagai CDN yang bisa Anda gunakan. Beberapa host WordPress menawarkan paket CDN yang dapat dibeli bersama layanan hosting. Salah satu CDN terbaik yang ada saat ini adalah Cloudflare, yang menawarkan paket gratis maupun berbayar.

Setelah Cloudflare diaktifkan, instal dan aktifkan plugin Cloudflare WordPress. Plugin ini memungkinkan Anda mengonfigurasi pengaturan CDN langsung dari dashboard.

Lakukan Optimasi Gambar

Sebuah website akan lebih menarik jika terdapat ilustrasi atau gambar didalamnya. Namun jika menggunakan gambar dengan ukuran besar yang terlalu banyak akan mempengaruhi kecepatan website WordPress Anda. 

Pasalnya, untuk mempercepat akses sebuah website yang berikutnya adalah mengoptimasi gambar di website tersebut. 

Terdapat dua cara yang bisa Anda terapkan dalam optimasi gambar di WordPress. Pertama dengan menggunakan plugin WordPress seperti WP-Smush yang bersifat otomatis. Kemudian yang kedua, dengan mengompress gambar secara manual dengan menggunakan tools seperti TinyPNG, Photoshop, dan PhotoScape. Karena Idealnya, setiap gambar yang diunggah tidak melebihi 100 KB.

Hapus Plugin yang Tidak Digunakan

Plugin merupakan aspek penting yang mendukung fungsi website pada WordPress. Namun apabila plugin yang terinstall tidak digunakan, maka akan menjadi suatu masalah. Karena dapat mempengaruhi performa website Anda, sebab plugin tersebut akan memakan banyak resource dan menyebabkan website menjadi lemot 

Oleh karena itu, menghapus plugin yang tidak digunakan merupakan cara mempercepat website WordPress yang efektif. Tindakan pertaman yang dapat dilakukan adalah memilah terlebih dahulu mana plugin yang ingin dicopot dan mana plugin yang harus dipertahankan. Setelah itu, lakukan langkah mencopot plugin yang tidak diperlukan.

Cara mencopot plugin adalah Anda masuk ke menu Plugins pada dashboard WordPress,namun sebelum itu ada harus tau cara install WordPress ,setelah masuk ke menu plugins pilih plugin yang akan dihapus, kemudian pilih Delete.

Gunakan WordPress Versi Terbaru

WordPress adalah platform pembuat website open source yang selalu berkembang dan terus berkembang. Anda harus selalu melakukan update WordPress versi terbaru. Upadate dilakukan untuk memperbarui fitur dan menghilangkan bug pada versi sebelumnya. Sama seperti itu dari sisi kecepatan, WordPress yang tidak update lebih lemot dan rentan serta mudah terkena ancaman seperti malware, virus, dan ancaman hacker.

Memilih Tema yang Ringan, Cepat, dan Asli

Dalam memilih tema pada WordPress, sebaiknya Anda memilih tema yang ringan, sehingga ketika website diakses tidak memperberat load website Anda. Saat memilih tema untuk WordPress, jangan hanya melihat dari tampilan saja. Ketika ada pengunjung akan mengakses website Anda, loading pada website akan menjadi lama, sehingga kemungkinan besar mengunjung tidak akan mengunjungi website Anda . Selain itu, sebaiknya Anda menggunakan tema WordPress yang mendukung layanan SEO agar lebih disenangi mesin pencari dan lebih diutamakan oleh Google.

Optimalkan Konten Website Yang Akan Ditampilkan

Konten pada website juga sangat mempengaruhi performa sebuah website, dengan mengoptimalkan konten untuk membuat website Anda menjadi lebih ringan dan cepat saat diakses. Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan:

  • Menampilkan kutipan, bukan postingan penuh
  • Mengurangi jumlah postingan di halaman
  • Menghapus widget yang tidak digunakan
  • Menghilangkan plugin dan widget yang tidak dibutuhkan
  • namun minimal pembaca bukan minimal penggunaan widget

Ini bukan hanya membantu membuat halaman website yang dinamis, namun juga meringankan beban kerja dari website Anda, sehingga website akan lebih cepat diakses dan tidak lemot.

Mengaktifkan Caching WordPress

Mengaktifkan caching WordPress adalah salah satu cara untuk mempercepat loading WordPress agar website lebih optimal. Langkah ini akan semakin efektif apabila layanan hosting Anda mendukung pengelolaan caching yang baik. 

Cache adalah media penyimpanan sementara data atau halaman HTML dan konten sebuah website, yang berfungsi untuk mengurangi penggunaan resource. Ketika penggunaan resource berkurang, loading website Anda bisa menjadi lebih stabil.

Kabar baiknya, Anda bisa mengaktifkan caching WordPress ini dengan bantuan beberapa plugin mempercepat loading WordPress. Seperti WP Super Cache, W3 Total Cache, WP Super, LiteSpeed ​​dan Autoptimize. 

Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan instalasi plugin, dan mengaktifkan pengaturan cache yang sudah tersedia.

Basis Data Optimasi

Setelah menggunakan WordPress untuk beberapa waktu, basis data Anda akan memiliki banyak informasi yang mungkin tidak dibutuhkan lagi. Untuk mempercepat website WordPress, Anda dapat mengoptimalkan database kamu untuk menyingkirkan semua informasi yang tidak perlu itu.

Ada banyak data sampah yang ikut tersimpan. Sebagai contoh, tags yang tidak digunakan, sisa-sisa revisi, bahkan komentar-komentar spam dari para pengunjung website.

Tentu, sampah yang menumpuk dan tidak dihilangkan ini akan menjadi beban database. Pada akhirnya, akan membuat loading WordPress Anda semakin lambat.

Yang pertama, gunakan plugin seperti WP-Optimize dan WP-Sweep. Kedua, membersihkan tabel database secara manual. Dan yang ketiga cara mempercepat loading WordPress tanpa plugin yaitu dengan fitur Weekly Automatic Database Optimization di layanan hosting.

Perkecil CSS, Javascript, dan HTML

Sekali lagi, pastikan kembali jangan sampi ada file-file yang memberatkan akses website Anda. Lakukan pengecakan jangan sampai terdapat file-file website yang memperberat load website Anda. Caranya dengan melakukan minify pada file-file CSS, Javascript, dan HTML di website Anda dengan bantuan beberapa plugin di WordPress. Contohnya seperti WordPress Minify dan W3 Total Cache. Karena dengan menggunakan plugin berikut Anda tidak perlu melakukan minify dengan cara manual.

Tips Agar WordPress Optimal

Mudah Bukan untuk Mengoptimalkan WordPress?

Demikian adalah penjelasan untuk tips & trik dalam mengoptimalkan WordPress yang bisa Anda terapkan ntuk mengoptimalkan kinerja website. Karena akses website yang lemot tidak hanya memberikan kesan buruk pengunjung terhadap website Anda, hal seperti ini juga mempengaruhi SEO. Itulah sebabnya ini menjadi penting untuk memastikan bahwa situs web berjalan dengan efisien dan efektif.

Nah, sekarang Anda dapat mencoba beberapa tips & trik mengoptimalkan website WordPress yang sudah kami rangkum pada artikel ini. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mempelajari beberapa tips & trik yang berguna untuk mengoptimalkan WordPress dan meningkatkan kinerja. Jangan lupa untuk memastikan menguji kecepatan situs sebelum dan sesudahnya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments