13 Tips Cara Membuat Artikel Menarik

252
Cara Membuat Artikel Menarik
9 min read

Jika ingin membuat pembaca tertarik untuk membaca artikelmu, kamu harus memikirkan struktur artikel dan isi tulisan yang menarik serta berkualitas bagi pembaca. Usahakan membuat artikel dengan kualitas yang baik, informatif, dan edukatif sehingga membuat pengunjung blog terus meningkat setiap harinya. 

Lalu bagaimana cara membuat artikel menarik dan berkualitas? Yuk, simak artikel dibawah ini!

Cara Membuat Artikel
Cara Membuat Artikel (Adobe Stock)

Apa itu Artikel?

Artikel adalah sebuah kalimat yang disusun oleh seorang penulis dengan sebuah tujuan yang terkandung di dalam tulisan tersebut. Setiap orang berhak menulis sebuah artikel untuk mengemukakan pandangan mereka terhadap suatu hal. 

Menulis artikel yang menarik dan berkualitas memang bukan hal yang mudah untuk itu kita perlu berlatih dan memiliki wawasan serta pandangan yang luas sehingga memunculkan ide – ide kreatif untuk kita tuangkan ke dalam kata -kata.

Tujuan dan Manfaat Artikel

Pembuatan dan publikasi artikel memiliki tujuan dan manfaat tertentu bagi si penulis dan pembacanya. Adapun beberapa tujuan dan manfaat artikel adalah sebagai berikut:

  • Sebagai sarana untuk menyampaikan gagasan penulis kepada masyarakat.
  • Sebagai sarana publikasi hasil pemikiran secara ilmiah melalui jurnal ilmiah.
  • Membantu penulis untuk berpikir secara sistematis dan melatih penggunaan bahasa secara baik dan teratur.
  • Membantu penulis untuk memahami tujuan menulis sehingga diharapkan memiliki kompetensi dalam menulis artikel.
  • Cara untuk menjelaskan atau membahas suatu masalah sesuai dengan bidang ilmu tertentu.
  • Memberikan dampak akademis kepada penulis artikel.
Cara Membuat Artikel
Cara Membuat Artikel (Adobe Stock)

Jenis – Jenis Artikel

Secara umum, ada lima jenis artikel yang sering kita baca sehari-hari. Mengacu pada pengertian artikel di atas, adapun jenis-jenis artikel adalah sebagai berikut:

Artikel Narasi

Jenis artikel ini berisi cerita atau peristiwa yang disampaikan secara kronologis atau dengan urutan waktu (awal, tengah, dan akhir). Di dalam artikel jenis ini terdapat tokoh, konflik, dan penyelesaian masalah. Contoh karangan narasi adalah cerpen, hikayat, biografi, autobiografi.

Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi adalah jenis artikel berupa karangan yang menggambarkan tentang suatu hal kepada pembacanya, sehingga pembaca seolah-olah dapat merasakan, melihat, dan mendengar isi dari deskripsi.

Artikel Eksposisi

Artikel eksposisi adalah jenis artikel yang isinya menjelaskan atau memberikan informasi mengenai suatu topik agar menambah pengetahuan pembacanya. Artikel eksposisi biasanya dilengkapi dengan gambar, grafik, dan informasi pendukung lainnya.

Artikel Argumentasi

Artikel argumentasi adalah suatu karangan yang tujuannya ingin membuktikan kebenaran sebuah pendapat dengan menyajikan data/ fakta sebagai alasan. Di dalam artikel argumentasi biasanya terdapat unsur opini dan data, serta fakta sebagai pendukung opini.

Artikel Persuasi

Artikel persuasi adalah informasi yang isinya bertujuan untuk mempengaruhi pembaca sehingga bersedia untuk melakukan suatu hal sesuai yang disampaikan oleh penulis.Artikel seperti ini banyak digunakan dalam kampanye-kampanye, misalnya kampanye anti Narkoba yang isinya menjelaskan tentang bahaya Narkoba.

Cara Membuat Artikel
Cara Membuat Artikel (Adobe Stock)

13 Tips Cara Membuat Artikel Menarik

Sebenarnya membuat artikel itu tidak begitu sulit asalkan kamu tahu bagaimana caranya. Lalu bagaimana cara membuat artikel yang menarik? Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menulis sebuah artikel:

Mencari Ide

Hal yang paling utama dalam membuat sebuah tulisan adalah mencari ide untuk konten artikel kamu yang dapat membuat artikel yang menarik untuk pembaca. Segala hal yang besar bermula dari sebuah ide.

Ide yang menarik dapat ditemukan dimana dan kapan saja, bisa ketika sedang bersantai, dapat dari membaca artikel dan referensi tulisan orang lain, atau dapat juga ketika kamu sedang berinteraksi dengan orang lain. Setiap ide yang muncul sangatlah berharga, jangan lupa catat ide – ide tersebut dalam sebuah notes.

Untuk mencari inspirasi ide menulis terutama menulis artikel blog bisa melakukan beberapa hal juga seperti membuka sosial media, menonton film atau youtube, membaca blog atau artikel orang lain dan masih banyak lagi yang bisa kamu baca juga di sini.

Tentukan Topik Yang Menarik

Cara membuat artikel selanjutnya adalah menentukan topik. Setelah mendapatkan ide maka tentukan topik yang menarik untuk artikel kamu. Dalam memilih sebuah topik kamu harus dapat menentukan dengan seksama.

Usahakan selain memilih topik yang menarik, pilih juga topik yang informatif dan edukatif bagi pembaca. Topik menarik juga bisa dari hal yang sedang viral atau ngetren belakangan ini. Misalnya tentang Olimpiade Tokyo 2020 yang sedang hangat diperbincangkan di berbagai platform.

Atau bisa juga tentang topik yang belum pernah dibicarakan tapi sepertinya akan seru kalau diulik lebih lanjut. Disini kamu perlu untuk kreatif untuk menentukan topik artikel yang akan ditulis.

Menentukan Judul Artikel

Judul adalah penentu apakah artikel kita akan dibaca atau tidak oleh para pembaca. Judul yang baik adalah terdapat subjek, objek dan predikat yang jelas namun hal seperti ini jarang dilakukan oleh blogger karena dianggap terlalu panjang dan tidak dapat memikat para pembaca. 

Tulis judul yang dapat membuat pembaca penasaran dengan isi artikel kamu contohnya “5 Tips Menguasai Membuat Artikel Dalam Sebulan” dengan judul seperti ini menekankan bahwa pembaca dapat menguasai membuat artikel hanya dengan cara dan waktu yang singkat.

Selain itu, jika kamu ingin membuat artikel kamu lebih menarik, kamu harus menggunakan setidaknya satu kata yang unik. Kata ini merujuk pada Rahasia, Tips & Trik, Alasan, Fakta, Pelajaran, Ide, dan lain sebagainya. Kata-kata seperti itu akan menarik bagi para pembaca.

Oh ya, perlu diingat, cara membuat artikel yang menarik pun judul memang penting tetapi jangan sampai click bait yang memuat hoax ya. Pastikan judul kamu relevan dengan artikel yang kamu tulis.

Menulis Dengan Bahasa Yang Dimengerti

Tulisan yang mudah dipahami adalah postingan yang ditulis oleh penulis yang menguasai atau paham cara isi artikel nya. Artikel yang berkualitas miliki isikan lebih detail, jelas, mendalam, dan juga mudah dipahami. Tulislah artikel dengan bahasa yang dimengerti, Jangan menulis informasi yang “melenceng” dari tema atau judul yang ditulis.

Melakukan Research

Artikel merupakan karangan non fiksi berdasarkan peristiwa atau kejadian yang tengah terjadi. Berbeda dengan karya fiksi berupa cerpen atau prosa sehingga kamu harus melakukan beberapa research lebih dahulu. 

Cara membuat artikel yang baik bisa berdasarkan data statistik, kutipan penulis ternama, buku populer, media televisi, dan lain-lain. Pastikan juga kamu memberikan keterangan referensi atau sumber-sumber yang dimasukkan bagian rujukan artikel.

Buka dengan Kalimat yang Menarik


Kalimat pembuka yang baik dapat memuat pembaca melanjutkan untuk membaca artikel sampai selesai. Kalimat pembuka pada artikel jangan terlalu panjang, sisipkan pertanyaan yang membuat pembaca menjadi penasaran. 

Tulis kalimat awal yang membuat pembaca penasaran karena hal ini dapat menarik pembaca untuk membaca artikel kamu lebih lanjut.

Pasang Gambar Yang Menarik


Memberikan sebuah gambar merupakan salah satu menghias artikel kamu. Gambar membuat artikel kamu lebih berwarna sehingga dapat mengurangi kejenuhan pembaca. Perlu diingat, bahwa gambar pada artikel harus disesuaikan dengan isi artikel kamu ya. Selain itu, jika kamu ingin memuat gambar dalam artikel dari sumber lain, jangan lupa mencantumkan sumbernya juga ya!

Gunakan Heading


Heading sangat penting untuk pembaca. Heading berfungsi untuk menyusun level – level heading dan subheading pada website. Heading mempermudah pembaca untuk memahami informasi dari artikel kamu karena pengunjung website tidak selalu membaca semua text di dalam artikel kamu. 

Dalam sebuah blog dengan menggunakan tag heading dapat mempermudah google dan mesin pencari lainnya untuk mengindex tulisan kamu. Selain itu, juga mempermudah pembaca untuk datang ke blog kamu. Heading juga mempermudah pengguna untuk menyortir halaman lebih cepat.

Isi Dengan Konten Yang Berkualitas

Tulislah konten yang akurat dalam menyampaikan informasi. Berikan data dan fakta yang jelas ketika menulis sebuah artikel. Artikel tidak harus panjang yang terpenting semua informasi dapat tersampaikan secara baik dan benar dan gunakanlah kata “anda” “kamu” “kita” agar terlihat akrab oleh pembaca. 

13 Tips Cara Membuat Artikel Menarik - 2021
Ilustrasi Content Article (Sumber: Adobe Stock Photo)

Buatlah konten yang memorable bagi pembaca sehingga membuat mereka kembali membaca artikel kamu dan merekomendasikan kepada teman – temannya.

Untuk membuat konten menarik dan berkualitas untuk blog, bisa melakukan beberapa hal juga seperti konten yang up to date, dan yang pasti harus orisinil atau asli, dan masih banyak lagi yang bisa kamu baca juga di sini.

Tutup Artikel Dengan Kalimat Yang Berkesan


Ketika membuat kalimat pembuka yang menarik maka kalimat penutup pun harus berkesan bagi pembaca. Di akhir artikel kamu juga bisa membuat kesimpulan yang mempermudah pembaca untuk mengambil inti dari artikel kamu.

Selain  itu, penulis juga menyarankan beberapa hal untuk dilakukan, atau mengajak pembaca untuk ikut berpendapat atau komentar bagaimana isi artikelnya, apakah menarik atau bermanfaat dan lain sebagainya.

Lakukan Pengecekan atau Proses Editing

Melakukan pengecekan atau proses editing tak hanya bertujuan menajamkan isi artikel dengan gaya bahasa tertentu, tapi juga membuat artikel menjadi menarik. Tulisan harus memenuhi semua persyaratan, informatif, jelas dan enak dibaca. Jika sudah selesai, tulisan harus diperiksa aspek kebahasaannya. Tak berhenti di situ, tulisan diuji kembali dalam proses proof reading untuk mengecilkan resiko kesalahan dalam tulisan.

Menempatkan Kata Kunci yang Sesuai

Terakhir, cara membuat artikel yang perlu diperhatikan adalah pastikan untuk menempatkan kata kunci atau keyword yang sesuai dalam artikel tersebut. Kata kunci tersebut harus disematkan dalam dalam judul dan deskripsi artikel. 

Jika kamu menulis artikel untuk blog, pastikan keyword yang sesuai harus disematkan dalam judul dan deskripsi artikel karena ini akan berpengaruh terhadap SEO On Page

Hal ini merupakan salah satu trik SEO. Dengan menempatkan kata kunci, mesin pencari seperti Google, Bing, dan lain sebagainya akan lebih mudah dalam menemukan artikel kamu. Untuk menentukan kata kunci, kamu dapat memanfaatkan tools yang disediakan Google, misalnya Google Keyword Planner.

Optimalkan SEO

Hal lainnya yang perlu kamu lakukan dalam cara membuat artikel untuk kebutuhan bisnis adalah mengoptimalkan SEO atau Search Engine Optimization. Mengikuti aturan-aturan SEO membuat artikel menjadi lebih mudah ditemukan dalam mesin pencari. Dengan demikian, menggunakan teknik SEO dalam pembuatan artikel sangat penting dilakukan, khususnya untuk kebutuhan bisnis. 

Itulah beberapa tips cara membuat artikel dan apa saja yang harus diperhatikan agar kamu bisa menghasilkan tulisan yang baik dan menggiring pembaca untuk membaca hingga akhir. Tentu agar semakin sempurna, kamu harus membiasakan untuk menulis dan memperkaya sumber tulisan dari beberapa artikel yang ada di internet sebagai referensi menulis. 

Terima kasih sudah membaca!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments