7 Cara Membuat Konten Menarik dan Berkualitas Untuk Blog

57
Konten Menarik
8 min read

Hi, Exabytes Friends! 

Seperti yang sama-sama kita ketahui, bahwa menulis konten blog tulisan yang menarik dan berkualitas adalah merupakan sebuah pilihan. Sebaliknya, membuat konten yang asal-asalan juga merupakan sebuah pilihan. Namun, jika kita mau berfikir berulang kali, untuk apa membuat konten yang asal-asalan? Hal ini tentu saja sangat membuang buang waktu, serta energi yang kamu miliki. Jadi sebenarnya semua itu adalah pilihan dan kembali lagi ke diri kamu masing-masing!

Untuk sebagian orang, mungkin semuanya sudah jelas, yaitu membangun konten yang bermanfaat dan menarik untuk dikunjungi secara berkala oleh para pembaca. Salah satu goal menulis konten yang menarik dan berkualitas adalah untuk meningkatkan peringkat SEO, mendapat traffic dan lead.

7 Cara Membuat Konten Menarik dan Berkualitas Untuk Blog

Search Engine seperti Google sekalipun sangat mengapresiasi konten yang ditulis dengan menarik dan berkualitas. Salah satu kriterianya adalah konten yang tidak mengandung unsur menduplikat atau mengcopy tulisan orang lain. Oleh karenanya, keorisinilan atau keaslian dari sebuah konten sangat dipertimbangkan oleh beberapa orang. 

Nah, Exabytes Friends, setelah kalian membaca beberapa paragraf di atas, kalian pasti sudah mendapat sedikit gambaran seperti apa cara membuat konten yang dibungkus menarik dan tentunya berkualitas untuk blog. Eits tapi di bawah ini akan dibahas lebih banyak dan dikupas secara tuntas cara untuk membuat konten yang eye catching, menarik, berkualitas, dan tentunya meningkatkan minat baca orang lain. Yuk simak selengkapnya di bawah ya, guys!

Kupas Tuntas 7 Cara Membuat Konten Blog yang Menarik dan Berkualitas 

Apapun alasan kalian untuk menulis blog, entah itu untuk berbisnis, sekedar hobi, atau apapun itu, ada baiknya dilakukan dengan sungguh-sungguh agar hasilnya juga memuaskan untuk diri sendiri, dan banyak orang. Alhasil, untuk mewujudkan itu, kamu perlu membuat konten blog yang menarik dan berkualitas. Gimana caranya? Simak 7 tips di bawah ini

Buatlah Konten yang Orisinil atau Asli

7 Cara Membuat Konten Menarik dan Berkualitas Untuk Blog

Seperti yang telah dibaca sedikit diatas dan dijelaskan di paragraf sebelumnya, bahwa menulis konten untuk blog yang orisinil atau asli adalah salah satu cara agar dilirik oleh Search Engine Google. Hal itu nantinya akan sangat berdampak untuk eksistensi blog yang kamu buat. Selain itu, blog yang kamu buat dengan keaslian tersebut nantinya juga akan mendapatkan traffic dan lead. 

Google sangat mengapresiasi berbagai konten yang dibuat tanpa unsur duplikasi atau copy, yang dikenal sebagai konten orisinil atau asli. Jika konten kamu mengandung keaslian, sudah pasti eksistensi nya dijamin oleh Google. Namun, tidak dengan waktu yang singkat ya, Exabytes Friends, you need to keep up the hard work! 

Baca Juga  13 Cara Untuk Mencari Inspirasi Konten Blog Anda Selanjutnya

Sampaikan Apa Saja Hal Yang dapat Dilakukan Secara Langsung Oleh Pembaca di Konten Blog mu!

7 Cara Membuat Konten Menarik dan Berkualitas Untuk Blog

Kebanyakan orang mengunjungi  Search Engine Google yaitu dilandasi dengan suatu maksud. Salah satunya yaitu untuk mencari jawaban dari sebuah pertanyaan. Nah, jika kamu ingin kontenmu mengandung unsur manfaat atau informatif, ada baiknya kamu menulis dan menyampaikan sesuatu yang memang mereka dapat lakukan secara langsung. Mari kita ambil satu contoh, misalnya orang sedang mencari jawaban diet sehat seperti apa, lalu apa yang dapat ia lakukan untuk berdiet sehat? Maka kamu dapat menulis informasi yang berkaitan dengan hal tersebut. Tentunya sampaikan sesuatu yang dapat mereka terapkan di rumah masing-masing secara langsung.

Tulislah Konten yang Singkat, Padat, dan Jelas

7 Cara Membuat Konten Menarik dan Berkualitas Untuk Blog

Selama perjalanan menulis dilakukan, usahakanlah kamu menulis yang memang dibutuhkan oleh pengunjung blogmu. Jangan menulis informasi yang “melenceng” dari tema atau judul yang ditulis. Salah-salah blogmu malah akan disebut blog sesat jika informasi yang kamu tulis tidak sesuai dengan judul yang dipilih. Selain itu, setelah selesai menulis kamu juga perlu mengoreksi apakah ada yang kurang jelas dari penyampaian yang kamu tulis. Selain itu, jangan terpaku dengan jumlah kalimat atau kata yang ditulis. Banyak sekali artikel yang paragrafnya terlalu banyak, tetapi informasinya hanya berkecimpung di situ saja, alias pembahasannya tidak jelas dan cenderung berinti sama.

Oleh karena itu, usahakan membungkus konten yang “SPJ” yaitu singkat, padat, jelas, ya, Exabytes Friends!

Tambahkan Gambar atau Video Yang Berkaitan Dengan Konten Yang Ditulis

7 Cara Membuat Konten Menarik dan Berkualitas Untuk Blog

Bayangkan, jika kamu membaca sesuatu yang banyak tapi tidak diselingi gambar atau sesuatu yang menarik, dari mana kamu mendapatkan motivasi untuk membaca hal tersebut sampai habis? Kamu pasti akan bosan dan memilih untuk keluar dari laman blog yang seperti itu. Untuk itu dengan tips menulis konten yang satu ini, diharapkan dapat membuat kalian paham bahwa suatu gambar dan video sangat penting untuk dimasukan ke dalam artikel untuk blog yang akan kamu post nantinya.

Tambahkanlah video atau gambar yang menarik, tapi perlu diingat ya guys, gambar atau video yang kalian cantumkan harus jelas. Jika kalian mengambil karya orang, usahakan cantumkan darimana kamu mendapat gambar atau video tersebut. Selain itu, gambar dan video yang kamu cantumkan juga harus berkaitan dengan tema yang kamu bahas. 

Buatlah Konten yang Kamu Tulis Stay Up to Date!

7 Cara Membuat Konten Menarik dan Berkualitas Untuk Blog

Paragraf demi paragraf, tulisan demi tulisan, para pengunjung di blogmu akan lebih suka membaca informasi yang up to date. Maksimalkanlah diri kamu dalam meriset sesuatu yang sedang hangat dibicarakan oleh banyak orang. Setelah selesai melakukan riset, buatlah poin-poin apa yang sedang orang banyak pertanyakan mengenai hal yang sedang hangat diperbincangkan tersebut. Tentunya, kalian juga harus membungkus apik dan rapih hal tersebut dengan sangat informatif.

Baca Juga  13 Alasan Mengapa Kamu Harus Mulai Blogging Sekarang

Karena bayangkan saja, percuma saja jika konten yang kamu bahas up to date, namun tidak informatif. Jadi, dalam hal ini kamu juga harus bisa memposisikan dirimu sebagai pembaca. Kira-kira apa ya yang mereka pertanyakan terkait hal yang sedang hangat diperbincangkan, setelah itu buatlah tulisan yang menjawab pertanyaan mereka! 

Sajikanlah Konten Blog Yang Akurat dan Informatif

7 Cara Membuat Konten Menarik dan Berkualitas Untuk Blog

Nah, Exabytes Friends, seperti yang sudah disebutkan diatas, dalam menulis konten untuk blogmu, tulislah sesuatu yang informatif, ya! Juga, selain informatif, kamu harus menyajikan sesuatu atau informasi yang akurat. Akurat artinya sesuatu dan informasi yang kamu tulis adalah benar adanya, tidak mengandung unsur hoax. Apalagi, jika kamu menulis blog untuk suatu perusahaan. Jika sesuatu yang kamu tuliskan tidak akurat, maka hasilnya akan fatal untuk diri kamu dan perusahaan.

Kembali lagi, riset sebelum menulis sangat diperlukan dalam hal ini. Nah, guys, Jika sesuatu dan informasi yang kamu sampaikan di blog adalah akurat adanya, sudah pasti pembaca akan puas. Dan kemungkinan besar jika kamu menulis konten selanjutnya, pembaca tidak akan melewatkan membaca sesuatu yang kamu tulis! 

Ciptakanlah Engaging Content

7 Cara Membuat Konten Menarik dan Berkualitas Untuk Blog

Apa itu engaging content? Engaging content adalah konten yang menawarkan sesuatu yang baru, perspektif atau pandangan baru, pengetahuan, sesuatu yang bermanfaat, menginspirasi, atau entertaining. Dan, kriteria engaging content adalah 6 informasi yang sudah dijelaskan diatas. Buatlah konten kamu at least memiliki 5 hal dari ke 6 hal diatas.

Jika sudah seperti itu, dapat dipastikan pembaca akan senang membaca konten yang kamu tulis dalam blog mu. Buatlah konten yang kamu sajikan semenarik dan seinformatif seperti penyampaian di atas, dan juga tidak mengurangi unsur berkualitasnya ya, Exabytes Friends! 

Nah, Exabytes Friends, 7 cara diatas bisa banget loh teman-teman terapkan jika memang goals dan purpose teman-teman adalah menciptakan konten yang menarik dan berkualitas. Jangan lupa juga untuk selalu menulis dengan hati, karena jika kalian menulis dengan hati, maka hasilnya akan sangat mengesankan.

Eits, jika kamu saat ini masih bingung ingin menulis apa atau terhambat, bisa jadi karena kamu mengalami writer’s block lho. Kalau kamu masih sering bergumam “saya sudah menulis dengan hati, tapi sering mentok gak dapet ide nih,” tenang aja, kamu bisa cari cara mencari inspirasi untuk konten blog mu disini ya!

Jika kamu menyukai tantangan atau ingin suatu hal yang baru di blog kamu, kamu bisa banget ikutan Lomba Blog Exabytes lho. Lomba ini sudah mulai dengan batas akhir sampai 17 September. Jangan sampai kelewatan dan segera daftarkan dirimu serta ajak juga teman-temanmu.

7 Cara Membuat Konten Menarik dan Berkualitas Untuk Blog

Sekarang, kamu bisa mulai menerapkan 7 tips diatas dari hari ini ya, guys! Semoga informasi diatas dapat memberikan pandangan baru untuk teman-teman yang hobi menulis ataupun teman-teman yang memang bermata pencaharian dalam dunia blog! Good luck!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here