6 Tips Membuat Judul Konten Yang Menarik Pembaca

0
2012

Tips membuat judul konten yang menarik pembaca. Hal pertama yang akan dilihat seseorang saat melihat konten adalah judul. Judul konten merupakan faktor penting dalam menjual konten. Bagi mereka yang memiliki website e-commerce, calon pelanggan kamu akan membuat kesan pertama tentang brand kamu dari judul yang kamu gunakan. Tujuan utama judul konten kamu bukan hanya untuk menjual barang atau jasa kamu. Mereka juga harus bisa membuat pembaca ingin membaca seluruh artikel.

Dalam kegiatan digital marketing, judul atau title dari suatu konten digunakan untuk SEO, email marketing dan sosial media marketing. Oleh karena itu, disarankan untuk membuat judul dengan konten yang menarik dan memikat.

Jadi bagaimana cara kamu membuat judul konten yang menarik dan engaging? Berikut adalah beberapa tips membuat judul konten yang menarik pembaca.

Mengapa Judul Konten Memiliki Peran Yang Sangat Penting?

Menurut data dari Copyblogger, hanya 2 dari 10 orang yang melanjutkan membaca sebuah artikel setelah membaca judulnya. Artinya, 80% orang hanya membaca judulnya saja dan tidak membaca keseluruhan artikelnya.

80% tentu bukan angka yang kecil. Dan menjadi tolok ukur pentingnya membuat judul artikel yang bagus dan menarik untuk diklik.

tips membuat judul konten yang menarik pembaca

Jika kamu ingin orang membaca semua konten kamu, kamu harus meyakinkan mereka sejak awal dengan judul yang menarik. Minta mereka untuk mengklik postingan kamu dan melihat lebih dekat apa yang kamu ulas.

Apa Saja Syarat Agar Judul Konten Menarik?

Sebelum menyelami tips membuat judul konten yang menarik, kita perlu mengetahui beberapa syarat yang harus dipenuhi agar judul artikel kamu layak diklik:

Meyakinkan Pembaca

Kesan pertama yang harus muncul saat membaca judul adalah meyakinkan. Konten harus mengesankan informasi dan memuaskan rasa ingin tahu pemirsa.

Dengan mengklik judul tersebut, pembaca berharap dapat memperoleh informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan akurat. Bukan postingan dengan kalimat yang rumit dan spam kata kunci yang tidak jelas.

Relevan

Judul artikel harus mencerminkan keseluruhan konten. Misal judul artikelnya 21+ Rekomendasi Template Blogger Gratis dan Keren 2021, maka kontennya harus benar-benar berisi rekomendasi template untuk blogger yang gratis dan keren.

Jangan mengulas topik lain yang tidak berhubungan, apalagi berisi nasehat singkat, lalu langsung dialihkan ke konten lain.

Memuat Kata Kunci

Untuk artikel bertujuan untuk SEO, diperlukan kata kunci. Kata kunci harus relevan dengan konten dan digunakan sesuai dengan praktik SEO on-page.

Dengan mengoptimalkan kata kunci pada judul artikel, konten kamu akan mendapatkan posisi yang ideal di halaman pencarian. Tentu saja, perhitungkan faktor pengoptimalan lain yang kamu dan pesaing kamu lakukan.

Mudah Untuk Dibaca

Judul artikel harus mudah dicerna oleh pembaca sekilas. Artinya, susunan kata tidak boleh membingungkan, rancu, atau menimbulkan ambiguitas yang membuat orang takut untuk mengklik.

Panjang Judul Harus Efektif

Judul kamu tidak boleh terlalu pendek dan tidak boleh terlalu panjang. Jika kamu menargetkan SEO sebagai sumber lalu lintas utama, panjang judul yang disarankan menurut rekomendasi Yoast SEO adalah 50-60 karakter.

Jika karakter judul postingan lebih panjang dari 60 karakter, kamu akan menerima peringatan dari Yoast SEO bahwa judul kamu tidak cukup SEO friendly dan tidak akan terbaca sepenuhnya di hasil pencarian.

Lain halnya jika kamu membidik trafik terbanyak dari media sosial atau sumber lain, jumlah karakter mungkin tidak relevan bagi kamu.

Menarik dan Menimbulkan Rasa Penasaran

Rasa ingin tahu adalah salah satu daya tarik yang membuat orang ingin mengklik judul kamu. Keingintahuan bukan berarti clickbait. Tapi kamu juga bisa menggunakan clickbait untuk artikel non-SEO.

Kamu bisa menggunakan kata-kata menarik yang membangkitkan rasa ingin tahu, seperti Rahasia …, Tip Ampuh …, Tip Cepat …, dan lain-lain.

Tips Membuat Judul Konten Yang Menarik

tips membuat judul konten yang menarik pembacanya

Setelah memahami syarat-syarat di atas, sekarang kita akan lanjut ke tips membuat judul konten yang menarik.

Menyesuaikan Dengan Isi Konten

Hal pertama yang harus diperhatikan saat membuat judul konten adalah mencocokkan konten dengan konten itu sendiri. Hindari membuat judul konten yang panjang dan tidak berhubungan dengan isi konten. Tujuannya adalah apa yang akan disampaikan melalui konten yang dapat diterima oleh masyarakat umum.

Misalnya saat membuat konten tentang produk domain. Seperti judulnya, kamu bisa mencatat jenis produk yang dibahas dan manfaatnya bagi audiens. Jadi, hanya dengan membaca judul kontennya saja, pembaca sudah tahu apa yang akan dibawakan oleh konten tersebut.

Menggunakan Angka

Kamu juga dapat menggunakan angka untuk membuat judul konten yang menarik. Biasanya artikel yang menggunakan angka pada judulnya berisi tips, trik, dan rekomendasi. Jenis konten listicle yang ditulis dengan urutan 1, 2, dst adalah yang paling populer dan disukai oleh masyarakat umum. Memang, isi daftarnya mudah dibaca dan menghemat waktu untuk umum.

Membuat Perbandingan

Pernahkah kamu melihat judul yang membandingkan produk X dan produk Y? Judul dengan konten yang menarik dengan membandingkan dua produk atau lebih juga dianggap lebih mudah menarik perhatian mereka. Rasa penasaran setelah membaca judul konten dengan perbandingan membuat penonton tertarik untuk membaca lebih detail.

Juga berkat perbandingan ini, mereka dapat memutuskan produk mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Memasukkan Kata Kunci Dalam Judul

Untuk membuat konten yang dioptimalkan untuk SEO, pastikan untuk memasukkan kata kunci yang digunakan dalam judul juga. Tujuan yang jelas adalah untuk mendapatkan lebih banyak klik dan kunjungan dari publik. Semakin banyak yang kamu dapatkan, semakin mudah konten yang kamu buat akan dibagikan di berbagai platform media sosial.

Kata kunci dalam judul juga membantu konten yang dihasilkan untuk mendapatkan peringkat yang baik di SERP. Lalu lintas website juga dapat ditingkatkan melalui langkah ini.

Membuat Kalimat Pertanyaan

Terakhir, kamu bisa mengajukan pertanyaan untuk membuat judul konten lebih menarik. Namun, pastikan pertanyaannya adalah sesuatu yang ingin diketahui audiens. Sebaliknya, mengajukan pertanyaan yang tidak sesuai dengan kebutuhan justru akan menyebabkan konten kehilangan penonton. Jadi sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu untuk membuat judul konten yang menarik dengan frase pertanyaan.

Optimalkan Teknik FOMO (Fear of Missing Out)

Sosial zaman sekarang tidak ingin ketinggalan berita atau trend saat ini. Mereka semua ingin menjadi yang terdepan untuk tahu dan mengikuti trend. Kamu bisa membuat title dengan menggunakan metode FOMO sehingga orang-orang akan lebih tertarik untuk melihat kontenmu.

Kesimpulan

Judul konten adalah bagian pertama yang dilihat calon pembaca sebelum mengklik artikel dan membaca konten lengkapnya. Untuk itu judul konten harus menarik, informatif, dan membuat pembaca ingin mengklik.

Tips membuat judul konten yang menarik dalam artikel ini terdiri dari 5 poin. Jangan gunakan semuanya sekaligus, tetapi dapat menginspirasi kamu sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jika semuanya disatukan, kejatuhannya akan sangat dilebih-lebihkan dan kata-katanya bisa terlalu panjang. Topik pembicaraan juga bisa jadi kabur karena terlalu banyak kata mubazir yang sebenarnya bisa disingkat.

Atau mungkin judul konten terdengar seperti clickbait sehingga pengguna yang cerdas pasti akan menghindari judul posting kamu. Jadi kamu memang harus bijak dalam menggunakannya.

Semoga bermanfaat!

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments