13+ Cara Cek Plagiasi Secara Online dan Gratis

0
2028

Dalam hal memastikan orisinalitas sebuah artikel, tentunya kamu perlu memahami cara cek plagiasi, bukan? Apalagi saat ini isu plagiarisme ditanggapi serius oleh banyak orang. Bahkan untuk membuat artikel media seperti ulasan blog, Google tidak pernah mau mentolerirnya!

Suka atau tidak suka, terserah kamu untuk memastikan konten kamu benar-benar asli. Nah, biar lebih yakin, yuk ikuti beberapa cara cek plagiasi secara online dan gratis di artikel berikut ini!

Cara Cek Plagiasi Secara Online dan Gratis

Ada banyak cara untuk memeriksa orisinalitas karya kamu. Hal ini penting agar kedepannya tidak ada masalah plagiarisme. Selain itu, jika artikel kamu tidak dijiplak, tentu akan menginspirasi orang lain untuk membaca karya kamu yang lain ya.

cara cek plagiasi secara online

Bagian berikut akan membahas 10+ cara cek plagiasi secara online dan gratis!

Quetext

Quetext adalah cara lain untuk mengecek plagiarisme dokumen yang gratis namun tetap aman untuk penggunaan sehari-hari. Menggunakannya cukup sederhana, kamu hanya perlu membuat akun dan kemudian kamu siap melakukannya!

Namun sayangnya, versi gratis situs ini hanya menawarkan batasan setiap dokumen yang akan diuji maksimal 500 kata. Tapi jangan khawatir, jika kamu mendaftar versi berbayar, kamu bisa mengecek hingga 100.000 kata atau sekitar 200 halaman lho!

Unicheck

Sama seperti cara cek plagiarisme di turnitin, saat ini Unicheck sudah dikenal hampir di seluruh dunia di segala bidang pekerjaan. Pengoperasiannya cukup mulus dengan akurasi saat mengakses lebih dari 40 miliar website, data pendidikan dan berbagai file perpustakaan organisasi yang membuat namanya semakin bersinar.

Selain itu, Unicheck memiliki antarmuka yang sangat menarik dan sederhana serta dapat dipasang di sistem e-learning, yang akan sangat membantu memeriksa plagiarisme kamu. Cara cek plagiarisme 3000 kata bisa diselesaikan dengan situs ini.

Copyscape

Cara cek plagiasi secara online berikutnya adalah dengan menggunakan Copyscape, yang dapat membantu kamu mencegah bentuk-bentuk penipuan dan plagiarisme konten yang sering disebabkan oleh orang yang mencuri artikel kamu dari situs versi implementasi yang telah kamu terbitkan.

Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menyalin dan menempel URL yang diinginkan dan secara otomatis akan mendeteksi kesamaan teks dengan halaman web lain.

Sayangnya, versi gratis Copyscape memiliki batasan penggunaan. Jadi, untuk menggunakan situs web ini lebih luas lagi, kamu perlu menggunakan layanan premium.

Dustball

Dustball adalah cara yang cukup mudah untuk mengecek plagiarisme suatu dokumen, karena kamu cukup copy paste dokumen yang ingin diperiksa ke kolom yang tersedia. Selain itu, kamu juga bisa mengecek dokumen berbasis Microsoft Word secara langsung.

Sayangnya, pengguna metode pemeriksaan plagiarisme ini dibatasi hanya untuk 1000 pengguna per hari di seluruh dunia. Jadi ketika tertulis “Free Limit Reached”, itu berarti kamu tidak dapat menggunakan layanan hari itu lagi. Untuk terus menggunakan kamu bisa menggunakan versi berbayar ya.

Hasil yang diberikan oleh Dustball berupa “OK” untuk artikel anti plagiat dan “Plagiarism?” untuk peringatan yang ditemukan sebagai plagiarisme.

Duplichecker

Cara cek plagiasi secara online selanjutnya adalah Duplichecker yang bisa mengecek hingga 1000 kata dengan setiap pendeteksiannya. Situs web ini menyediakan layanan pemeriksaan plagiarisme khusus untuk memeriksa konten untuk plagiarisme. Hasil akhirnya adalah persentase kesamaan konten kau dengan konten lain.

Berbeda dengan metode pengecekan plagiarisme online lainnya, Duplichecker menyediakan 3 layanan dasar untuk membantu kamu mengecek keaslian artikel kamu, yaitu menyalin teks, memasukkan tautan dan mengunggah dokumen.

Selain itu, situs web ini juga menyediakan layanan lain, seperti pemeriksaan tata bahasa, interpretasi, otoritas domain, keyword position center, pemeriksa backlink, dan lainnya.

Small SEO Tools

Kamu dapat menggunakan pemeriksa plagiarisme online berikutnya di Small SEO Tools. Situs ini terbilang sangat mudah karena dapat langsung mendeteksi artikel kamu yang mirip dengan beberapa halaman yang diterbitkan sebelumnya.

Untuk melihat hasilnya, akan diberikan persentase di akhir pemeriksaan dengan cara yang sama seperti pemeriksaan plagiarisme di turnitin. Hasilnya juga sangat informatif sehingga lebih mudah dipahami.

Selain sebagai cara untuk mengecek plagiarisme dokumen, layanan lain yang disediakan oleh Small SEO Tools adalah grammar checker, reverse image search, word counter, what is my IP address, PDF ke word converter, internet speed test dan SEO checker.

Writecheck

Writecheck memang bukan pemeriksa plagiarisme gratis, tapi layanan yang diberikan tidak main-main. Selain pemeriksaan mesin, pemeriksaan plagiarisme juga dilakukan secara manual oleh sejumlah ahli profesional yang akan memberikan saran untuk tulisan kamu.

Gak cuma itu, kamu juga bisa cek grammar di situs ini. Harga yang ditawarkan adalah $7.95 untuk setiap file yang kamu kirimkan.

Copyleaks

Cara cek plagiarisme online selanjutnya bisa dilakukan dengan Copyleaks. Sebelum melakukan pengecekan, kamu harus terlebih dahulu membuat akun di copyleaks.com dan baru setelah itu kamu bisa mengecek apakah artikel atau tulisan kamu jiplakan.

Copyleaks banyak digunakan oleh penulis karena situs ini menggunakan teknologi AI untuk membuat hasil deteksi lebih akurat.

Free to use, plagiarism checker ini hanya digunakan 20 kali per bulan, dengan berbagai jenis file yang bisa di cek seperti DOC, DOCX, PPT dan PDF. Kelebihannya situs ini sudah menyediakan banyak bahasa untuk free plagiarism checker.

PaperRater

PaperRater adalah pemeriksa plagiarisme gratis terbaru yang akan dibahas. Selain berfungsi sebagai pemeriksa plagiarisme, situs ini juga dapat membantu kamu memeriksa tata bahasa dan ejaan dalam tulisan kamu. Ada juga korektor online yang akan memberi saran tentang tulisan kamu.

PaperRater adalah solusi yang tepat bagi kamu yang perlu memeriksa plagiarisme dalam bahasa Inggris. Meskipun gratis untuk diakses, kamu juga dapat mengakses versi berbayar untuk fitur yang lebih menarik.

PlagTracker

Berbeda dengan Copyleaks, PlagTracker merupakan website pemeriksa plagiarisme berbayar atau lebih dikenal dengan premium. Meski berbayar, layanan yang diberikan tentu tidak main-main.

Sementara beberapa pemeriksa plagiarisme gratis mungkin hanya menyertakan 1000 kata, PlagTracker dapat mendeteksi hingga 5000 kata. Jadi cocok banget buat kamu yang lagi cari cek plagiasi 3000 kata.

Pemeriksa plagiarisme online sangat berguna karena menyertakan program yang diperlukan untuk para profesional, seperti kesalahan tata bahasa, kesalahan sintaksis, dan banyak lagi!

cara cek plagiasi secara online dan gratis

Plagiarism Checker

Cara mudah lain untuk mengecek plagiarisme secara online adalah dengan menggunakan situs Plagiarism Checker, yang memeriksa frase dalam dokumen dari bagian Google dan Yahoo dengan batas maksimal masing-masing 1000 kata.

Sayangnya, setelah dirilis pada tahun 2006, situs ini tidak lagi diperbarui sehingga terkadang hasilnya tidak sesuai dengan kondisi saat ini.

Plagiarism Detector

Cara cek plagiarisme gratis selanjutnya adalah dengan menggunakan plagiarism checker. Penggunaannya sangat mudah karena kamu hanya perlu menyalin artikel kamu ke kotak yang tersedia dan menunggu prosesnya selesai. Setelah kamu mendapatkan hasilnya, kamu dapat melihat seberapa unik dan miripnya dokumen kamu.

PlagScan

PlagScan adalah pemeriksa plagiarisme online yang dianggap memiliki banyak manfaat. Dengan menggunakan website ini, kamu dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan kamu.

Sementara PlagScan biasanya tersedia untuk akademisi, mereka yang ingin memeriksa tulisan mereka sebelum diterbitkan dapat melakukan hal yang sama! Pada PlagScan terdapat 4 level user yang dapat dipilih yaitu Single User, School, Higher Education dan Enterprise.

Namun, sebagai alat pengecekan plagiarisme dokumen, PlagScan hanya dapat digunakan secara gratis selama beberapa hari setelah mendaftar keanggotaan dan dapat dilanjutkan dengan versi berbayar. Pengembalian dapat berupa persentase sekitar 2.000 kata per pencarian.

Plagiarisma

Kemudian kamu juga dapat memeriksa apakah artikel kamu dijiplak di Plagiarisma. Kelebihan dari situs ini adalah menawarkan lebih dari 190 bahasa.

Beberapa jenis file yang dapat diperiksa di situs web plagiarisme adalah TXT, HTML, RTF, DOC, DOCX, XLS, XLSX, PDF, ODT, EPUB, FB2, dan PDB, dengan hasil akhir persentase di bagian plagiarisme.

Viper Anti Plagiarism Scanner

Berbeda dengan yang lain, Viper merupakan aplikasi pemeriksa plagiarisme online berbasis aplikasi yang perlu kamu unduh sebelum menggunakannya. Namun tentunya fitur yang ditawarkan tidak kalah hebatnya dengan pemeriksa plagiarisme berbasis web lainnya yang bisa membantu kamu mengecek konten kamu.

Pengecekan plagiarisme dengan Viper sangat cepat lho, hanya sekitar 30 detik saja. Fungsinya dapat diakses dengan berbayar dan gratis. Namun jangan khawatir, dengan Viper versi berbayar kamu akan mendapatkan fitur yang sama dengan yang kamu bayar.

Jadi jangan lupa cek plagiasi di situs-situs gratisan ini ya Exabytes friends.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments