Apa Itu Payment Gateway? Pengertian, Manfaat dan Keuntungannya

0
1987

Kemudahan dalam membayar pesanan atau pembelian melalui website toko online tentunya tidak begitu saja hadir. Nyatanya, kemudahan tersebut bisa pembeli nikmati karena adanya payment gateway. Apakah kamu tahu apa itu payment gateway?

Dengan adanya sistem payment gateway, para pelaku bisnis bisa mengatur urusan pembayaran dan penjualan dengan lebih mudah. Jadi, bagi kamu yang akan membuat website bisnis, toko online, atau e-commerce, penting untuk memastikan pilihan payment gateway terbaik di Indonesia.

Yuk cari tahu bersama apa itu payment gateway, manfaat, serta keuntungan yang bisa pengguna dapatkan. 

Apa Itu Payment Gateway?

apa itu payment gateway
Kemudahan dalam bertransaksi yang juga menawarkan berbagai metode pembayaran bisa didapatkan dari sistem payment gateway. (Sumber: shutterstock)

Rasanya, PayPal sudah tidak lagi asing di telinga terlebih dewasa ini semakin banyak orang yang melakukan pembayaran secara digital. Pembayaran menggunakan PayPal tentunya memudahkan orang-orang dalam bertransaksi bahkan di berbagai negara. Nah, PayPal merupakan salah satu contoh dari payment gateway. 

Di Indonesia sendiri, ada banyak pilihan gateway mulai dari Doku, Midtrans, hingga Xendit. Tidak sedikit pula pelaku bisnis yang memilih payment gateway lain seperti NicePay atau FirstPay.

Jadi, apa sebenarnya payment gateway itu? Payment gateway adalah media yang bisa digunakan untuk bertransaksi secara digital atau online. Media tersebut disediakan oleh layanan aplikasi e-commerce

Dengan adanya payment gateway, pemilik website atau toko online bisa memproses kartu kredit atau pembayaran lain yang mendukung berjalannya sebuah bisnis.

Kita juga bisa mengartikan apa itu payment gateway sebagai sistem transaksi online yang berfungsi untuk melakukan otorisasi terhadap proses pembayaran. Sehingga memungkinkan pembeli melakukan pembayaran melalui transfer bank, menggunakan kartu kredit, atau berbagai pilihan pembayaran lainnya.

Belum punya website namun berencana mengelola toko online? Mulai siapkan konsep bisnis dan gunakan jasa pembuatan website dari Exabytes. Kamu juga bisa memilih hosting murah serta nama domain yang tepat untuk bisnis.

Cek domain guna memastikan ketersediaan nama domain unik yang akan kamu gunakan untuk toko online atau website bisnismu.

Ada beberapa sistem penunjang sistem payment gateway, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sistem verifikasi alamat (address verification system) yang merupakan sistem verifikasi tagihan otomatis kepada pihak penagih sesuai data yang ada termasuk nomor telepon, kartu kredit, dan lainnya.
  • Kode keamanan (security code) yaitu sistem yang hanya memungkinkan transaksi diselesaikan melalui alamat penagihan yang sudah terdaftar
  • 3D secure password yaitu sistem keamanan berlapis guna memastikan bahwa hanya pemilik alamat penagihan yang dapat bertransaksi

Seperti Apa Perkembangan Payment Gateway di Indonesia?

perkembangan payment gateway Indonesia
Perkembangan payment gateway di Indonesia semakin mempermudah dalam bertransaksi saat membeli produk secara online. (Sumber: shutterstock)

Familiar dengan Xendit, Doku, atau Midtrans? Ya, ketiganya merupakan pilihan payment gateway terbaik yang bisa pebisnis pilih sesuai dengan kebutuhan dan pertimbangan masing-masing.

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau payment gateway di Indonesia diresmikan pada tahun 2017, tepatnya pada tanggal 4 Desember di Jakarta oleh Bank Indonesia. 

Payment gateway di tanah air dikenal sebagai Gerbang Pembayaran Nasional atau GPN yang sudah sah berdasarkan Peraturan BI No. 19/8/PBI/2017 dan Peraturan Anggota Dewan Gubernur No.19/10/PADG/2017.

Peraturan Anggota Dewan Gubernur mengatur sistem payment gateway tanah air untuk mengintegrasikan berbagai instrumen pembayaran nasional. Juga untuk membuat lokal pembayaran perbankan di tanah air. Pemerintah bahkan membentuk pihak khusus yang berfungsi dalam pengelolaan serta pengembangan payment gateway di Indonesia.

Adapun tujuannya adalah untuk mendukung kesuksesan GPN yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi berbagai pihak. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apa itu payment gateway dan tujuannya.

Manfaat Penggunaan Payment Gateway

manfaat payment gateway
Payment gateway hadir memberikan berbagai manfaat bagi para pelaku bisnis online dan pembeli. (Sumber: pixabay)

Nah, setelah mengetahui apa itu payment gateway, kini saatnya untuk mencari tahu apa saja manfaat dari teknologi satu ini. Seperti yang kita tahu kalau payment memberikan kemudahan bertransaksi. Akan tetapi, ada sejumlah manfaat lain dari payment gateway, diantaranya adalah:

Proses Transaksi Dapat Berjalan Lebih Cepat, Praktis, dan Fleksibel

Manfaat payment gateway yang pertama adalah proses transaksi. Dimana setiap transaksi yang pembeli atau pelanggan lakukan dapat berjalan lebih cepat, praktis, dan fleksibel.

Sebelum payment gateway hadir, sebagian besar toko online menggunakan transfer bank untuk transaksi. Akan tetapi, cara satu ini ternyata cukup merepotkan. Bagaimana tidak? Pembeli harus menyimpan bukti pembayaran dan kemudian harus mereka tunjukkan kepada penjual.

Transaksi yang dilakukan antar bank berbeda tentunya juga mengharuskan pembeli mengeluarkan biaya tambahan. Bukan tidak mungkin hal tersebut akan membuat calon pembeli mengurungkan niatnya sehingga pada akhirnya memutuskan untuk tidak melakukan transaksi.

Payment gateway Indonesia memungkinkan penjual online memiliki semua akun bank di Indonesia. Ini berarti semakin besar kemungkinan pembeli akan melakukan transaksi. Dengan satu rekening bank saja, mereka bisa menautkannya dengan payment gateway agar bisa mengirim atau menerima dana untuk berbagai transaksi.

Hal tersebut tentunya membuat transaksi tidak hanya berjalan dengan cepat, tetapi juga menjadi lebih praktis dan fleksibel. Dimana setiap pembeli bisa memilih metode pembayaran sesuai preferensi masing-masing.

Keamanan Terjamin dan Meminimalisir Tindak Kejahatan

Maraknya tindak kejahatan siber membuat kekhawatiran orang-orang dalam bertransaksi secara online. Namun, payment gateway Indonesia hadir sebagai solusi terbaik yang dapat menjamin keamanan atas setiap transaksi yang terjadi di toko online atau e-commerce.

Melalui keamanan berlapis, tindak kejahatan siber bisa dicegah. Sehingga payment gateway akan sangat berguna bagi semua pihak yang terlebih dalam transaksi, terutama pembeli. Setiap data atau informasi yang mereka bagikan dalam melakukan pembayaran akan terjaga keamanannya.

Ketahui apa saja jenis cyber crime agar kamu bisa semakin berhati-hati dalam beraktivitas secara online, bukan hanya saat berbelanja.

Transfer dari Berbagai Jenis Rekening

Mengetahui apa itu payment gateway serta manfaatnya akan semakin membuat pelaku bisnis sadar akan pentingnya menggunakan sistem satu ini. Manfaat lain dari payment gateway adalah transfer dari berbagai jenis rekening. Itu artinya transaksi dari bank berbeda bukanlah suatu masalah. 

Baik penjual maupun pembeli tidak hanya mempunyai banyak rekening bank yang tentunya akan begitu merepotkan. Mereka tetap bisa bertransaksi menggunakan rekening yang sama. 

Rekap Pembayaran dan Pembelian yang Lebih Mudah

Mengetahui bahwa payment gateway memberikan manfaat dalam proses rekap pembayaran dan pembelian akan semakin membantu kamu memahami apa itu payment gateway, bukan? Uang yang diterima penjual secara digital tentunya akan mempermudah dalam melakukan perekapan data.

Dengan kata lain, pemiliki bisnis atau penjual tidak perlu menulis rekapanan secara manual karena data terekam dengan jelas. Sehingga mereka bisa mengakses riwayat transaksi dengan mudah. Data statistik real-time mempermudah pencatatan keuangan sehingga akan lebih minim kesalahan pencatatan.

Keuntungan Menggunakan Payment Gateway

keuntungan menggunakan payment gateway
Kehadiran payment gateway tentunya memberikan keuntungan yang  bisa dinikmati setiap pihak yang terlibat dalam sebuah transaksi. (Sumber: pixabay)

Keuntungan penggunaan payment gateway akan semakin melengkapi pemahaman apa itu payment gateway. Kira-kira apa saja keuntungan yang bisa pengguna dapatkan?

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan payment gateway:

Tidak Merepotkan Pelanggan

Siapa sih yang tidak ingin setiap urusannya berjalan dengan cepat dan mudah? Bahkan saat membeli produk saja, setiap individu tidak ingin repot. Tentunya, hal tersebut bisa terwujud dengan adanya apa itu payment gateway.

Pelanggan tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran yang mereka lakukan dengan adanya fitur konfirmasi otomatis. Penjual juga akan mendapatkan notifikasi real-time di bagian dashboard.

Transaksi Tanpa Batasan

Sudah tahu apa itu payment gateway namun masih ragu memilihnya? Tahukah kamu kalau sistem satu ini memberikan peluang cuan lebih tinggi karena tidak adanya batasan transaksi?

Tanpa adanya batasan atau limit, siapapun bisa melakukan transaksi berulang kali hingga ribuan kali setiap harinya. Ini membuktikan kalau payment gateway tidak hanya bermanfaat bagi pebisnis tetapi juga pembeli.

Kemudahan bagi Pelanggan Melakukan Pembayaran

Adanya payment gateway sangat menguntungkan termasuk bagi pelanggan atau pembeli dimana mereka bisa melakukan pembayaran dengan mudah. Bahkan tersedia berbagai pilihan metode pembayaran yang bisa setiap individu sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.

Misalnya, mereka yang tidak ingin repot bertransaksi menggunakan transfer bank bisa membayar pesanan dengan memilih pembayaran menggunakan virtual account. Pemilik sekaligus pengguna aktif kartu kredit tentunya bisa memanfaatkan opsi pembayaran kartu kredit yang tersedia.

Dengan kata lain, setiap pembeli leluasa memilih metode pembayaran termasuk melalui retail outlet seperti Alfamart.

Terjaminnya Transaksi Pembayaran

Pada umumnya, penyedia payment gateway melengkapi sistemnya dengan komponen pelindung yang sangat baik. Dengan demikian, data pelanggan akan terjamin sehingga tetap aman meski mereka harus mereka bagikan kepada pihak tidak dikenal, dalam hal ini penjual atau pemilik toko online.

Tidak Memerlukan Toko Fisik

Siapa bilang jika bisnis sulit berkembang? Di era digital seperti sekarang ini, setiap bisnis bisa berkembang melalui kehadiran online dan branding yang dilakukan.

Bahkan, ada begitu banyak media yang akan mendukung strategi digital marketing yang mereka terapkan untuk keuntungan bisnis. Untuk bisa mencapai tujuan bisnis seperti meningkatkan sales bahkan tidak mengharuskan kamu memiliki toko fisik. Itu artinya, kamu tetap bisa menjalankan bisnis tanpa harus mengurus toko fisik. 

Jangkauan yang Lebih Luas

Payment gateway hadir dengan jangkauan yang lebih luas. Maksudnya adalah mereka yang menggunakan sistem tersebut dapat menjangkau pembeli potensial dengan lebih luas bahkan ke setiap pelosok negeri. 

Juga memungkinkan kamu melebarkan sayap bisnis hingga ke luar negeri terlebih jika memilih payment gateway yang memungkinkan transaksi global.

Kesimpulan

Sudah siap mendapatkan keuntungan yang besar melalui penjualan yang meningkat? Jika demikian, kini saatnya untuk mengenal lebih jauh apa itu payment gateway dan memilih salah satu penyedia yang terbaik. 
Namun, jika belum memiliki website atau toko online, kamu bisa menghubungi Exabytes untuk mendapatkan berbagai layanan mulai dari domain, hosting, pembuatan website, hingga SSL yang semuanya penting bagi setiap toko online.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments