VPS Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Kelebihannya

0
2427

Ketika kamu ingin membangun sebuah website, salah satu hal penting yang perlu kamu pikirkan adalah hosting. Hosting akan menjadi tempat penyimpanan situs web kamu dan VPS adalah salah satu opsi hosting yang dapat akan gunakan.

VPS hosting biasanya digunakan untuk membawa website online. Sekalipun digunakan oleh beberapa pengguna, hosting jenis ini menggunakan teknologi virtualisasi dengan sumber daya khusus (private) di server.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, bisa disimak pengertiannya, kelebihan dan kekurangannya, cara kerjanya dan fungsinya? Dan bagaimana cara memilih layanan VPS murah Indonesia yang banyak diminati saat ini?

Apa Itu VPS?

vps adalah

VPS adalah jenis web hosting yang biasa digunakan untuk membangun website. Seperti namanya, tier VPS sendiri di atas shared hosting atau hosting “murah” sering digunakan secara berkelompok.

VPS erat kaitannya dengan teknologi virtualisasi, dimana satu server fisik akan diubah menjadi beberapa mesin virtual atau sistem virtual, sehingga dapat menjalankan sistem operasi dan aplikasi yang berbeda.

VPS adalah server virtual yang menjadikan server non-fisik. Dalam virtualisasi, server yang menggunakan teknologi virtual dengan perangkat keras server fisik akan dibagi menjadi banyak sumber daya yang berbeda. Teknologi virtual ini menciptakan server fisik yang dapat menjalankan beberapa server virtual.

Jadi kamu dapat mengatakan bahwa VPS hosting mirip dengan shared hosting karena kamu masih berbagi server dengan pengguna lain tetapi pada saat yang sama seperti dedicated server karena kamu akan dialokasikan sumber daya kamu sendiri, akan memiliki akses untuk memodifikasi server pengaturan dan bahkan mengaktifkan dan menonaktifkan mesin virtual kamu.

Biasanya pemilik website menyewa VPS karena traffic websitenya sudah tinggi, bahkan sudah mencapai batas pemakaian yang disarankan di shared hosting atau lainnya.

Namun, kamu mungkin tidak memerlukan sumber daya dari server khusus, jadi VPS dianggap sebagai pilihan yang baik karena dapat memenuhi kebutuhan kamu, tetapi tidak terlalu banyak.

Kamu biasanya akan memiliki banyak penawaran untuk dipilih terkait paket VPS. Setiap paket yang ditawarkan biasanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga kamu harus lebih jeli sebelum memilih.

Tidak hanya spesifikasi, fitur, layanan dan harga dari masing-masing paket tentunya berbeda sehingga kita bisa memilih paket VPS yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Setidaknya ada 5 hal atau faktor yang harus dipertimbangkan atau diperhitungkan ketika memilih rencana VPS yaitu, kebutuhan pengunjung, bandwidth dan kecepatan server, sumber daya dan teknologi, kualitas bahan, dan keamanan data.

Bagaimana Cara Kerja Dari VPS Hosting?

Server adalah komputer tempat web hosting kamu menyimpan file dan database yang diperlukan untuk situs web kamu. Setiap kali pengunjung mengunjungi situs web kamu, browser mereka mengirimkan permintaan ke server, yang kemudian mentransfer file yang diperlukan melalui internet.

Tujuan VPS hosting adalah untuk menyediakan server virtual yang meniru server fisik meskipun server tersebut sebenarnya digunakan bersama di antara banyak pengguna.

Menggunakan teknologi virtualisasi, penyedia hosting memasang lapisan virtual di atas sistem operasi (OS) server. Lapisan ini membagi server menjadi beberapa partisi dan memungkinkan setiap pengguna untuk menginstal sistem operasi dan perangkat lunak mereka.

Karena alasan ini, Virtual Private Server (VPS) bersifat virtual dan pribadi karena kamu memiliki kendali penuh atas itu. Server ini diisolasi dari server pengguna lain di tingkat sistem operasi.

Bahkan teknologi VPS mirip dengan proses mempartisi komputer ketika kamu ingin menjalankan beberapa sistem operasi (misalnya Windows dan Linux) tanpa melakukan reboot.

Memilih VPS berarti kamu membangun situs web pada platform yang lebih aman dengan sumber daya yang terjamin (memori, ruang disk, inti CPU, dll.). Dengan VPS hosting, kamu mendapatkan akses tingkat root seperti menyewa dedicated server tetapi dengan harga yang lebih rendah.

Baca juga: Bagaimana Memilih Provider VPS yang Tepat Untuk Bisnis

Apa Fungsi dan Kegunaan Dari VPS?

Sebagai server, komputer merupakan tempat penyimpanan database dan file-file yang diperlukan untuk website. Jika pengunjung datang ke situs web kamu, permintaan atau request dikirim oleh browser ke server, yang kemudian mengirimkan file yang diperlukan melalui internet.

Tujuan atau fungsi VPS adalah untuk menyediakan server virtual yang meniru server fisik dengan banyak pengguna bersama.

VPS bersifat pribadi karena kamu memiliki kontrol penuh. VPS diisolasi dari server pengguna lain di tingkat sistem operasi. Teknologi ini mirip dengan proses membuat partisi di komputer saat menggunakan beberapa sistem operasi tanpa harus melakukan reboot.

Selanjutnya, VPS bersifat virtual karena terdapat lapisan virtual di atas sistem operasi server, yang membagi server menjadi beberapa partisi. Setiap pengguna dapat menginstal sistem operasi dan perangkat lunak.

Dengan menggunakan VPS hosting, situs web kamu menjadi platform yang lebih aman berkat sumber daya yang terjamin (core CPU, ruang disk, memori, dll.) yang saya bagikan dengan pengguna lain.

Plus, kamu mendapatkan akses yang sama di tingkat dasar, seolah-olah kamu menyewa dedicated server meskipun lebih terjangkau.

Setelah berbagai penjelasan di atas, mungkin kamu masih belum mengerti cara menggunakan dan mengoperasikan VPS, berikut langkah-langkah cara menggunakan VPS.

  • Login VPS via SSH access
  • Update server
  • Buat akun baru dan ubah hak aksesnya
  • Aktifkan public key authentication
  • Setup firewall untuk VPS

Bagaimana dengan fungsi VPS? Berikut beberapa fungsinya yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan performa website atau bisnis online kamu.

File Hosting

Layanan VPS juga dapat membantu kamu mengamankan berbagai data kamu, karena VPS memungkinkan kamu untuk meng-host file besar yang dapat diakses secara pribadi atau diakses oleh pengunjung situs web.

Website Traffic Super Tinggi

Jika kamu memiliki website dengan traffic yang sangat tinggi, VPS adalah solusi layanan yang cocok untuk website kamu. Jika saat ini kamu menggunakan shared hosting, kamu dapat mengalihkan layanan ke VPS untuk menjaga performa situs.

Web Hosting Skala Besar

Jika kamu memiliki bisnis website builder atau web developer, layanan VPS sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan web hosting klien kamu. Dengan VPS ini, kamu akan memiliki lebih banyak fleksibilitas untuk mengontrol situs web yang berbeda dengan kebutuhan kamu masing-masing.

Server Percobaan

Layanan VPS biasanya menawarkan harga yang relatif murah sehingga kamu bisa mendapatkan fitur yang cukup untuk sebuah server selama masa percobaan.

Jika kamu berada dalam tahap pengembangan perangkat lunak, aplikasi, sistem operasi atau kerangka kerja, VPS akan sangat berguna bagi kamu untuk tujuan pengujian.

VPS Sebagai VPN

VPS sebagai VPN dapat digunakan jika kamu memiliki bisnis atau organisasi yang membutuhkan jaringan pribadi untuk individu dan karyawan. VPS adalah VPN yang berguna untuk menyimpan data penting dan dapat bertukar data dengan aman melalui jaringan VPN.

Remote Desktop

VPS juga dapat memberi kamu fleksibilitas untuk mengakses dan menggunakan komputer atau server jarak jauh, yang berarti kamu memiliki kendali penuh atas berbagai server tanpa batasan lokasi.

Kelebihan dan Kekurangan Dari VPS

Jika kamu benar-benar membutuhkannya untuk situs web kamu, VPS hosting adalah pilihan terbaik. Di bawah ini akan kami uraikan beberapa kelebihan VPS sekaligus kekurangan dari virtual private server.

Kelebihan

  • Lebih cepat dan lebih dapat diandalkan daripada shared hosting.
  • Sumber daya server yang dijamin, seperti memori atau daya pemrosesan, sehingga fluktuasi sumber daya yang tersedia kecil atau tidak ada.
  • Masalah situs web dan lalu lintas yang dihasilkan oleh pengguna lain tidak memengaruhi situs kamu.
  • Kamu diberikan akses superuser (root) ke server.
  • Keamanan lebih terjamin karena file dan database disimpan dan disembunyikan dari pengguna server lain.
  • Layanan ini mudah diperluas. Saat situs web kamu tumbuh dan berkembang, kamu dapat dengan mudah meningkatkan sumber daya server kamu (RAM, CPU, ruang disk, bandwidth, dll.).

Kekurangan

  • Lebih mahal dari shared hosting.
  • Membutuhkan pengetahuan teknis tambahan untuk mengelola server.
  • Pengaturan server yang salah menimbulkan risiko keamanan yang tinggi.

Jadi, VPS Adalah …

VPS Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Kelebihannya - 2024

Berikut adalah penjelasan tentang apa itu VPS, cara menggunakannya, dan kelebihannya. Namun, pasti ada masalah, kita sudah tahu kelebihan VPS, tapi apa kekurangannya? Salah satu yang paling jelas adalah bahwa biaya hosting VPS jauh lebih mahal daripada shared hosting.

Hal ini tentunya berkaitan dengan fasilitas dan pelayanan yang diberikan. Jadi sebenarnya harga yang dibayarkan berbanding lurus dengan kualitas. Dapat dikatakan bahwa jenis layanan ini tidak ramah untuk bisnis baru dengan dana terbatas.

Oleh karena itu, Exabytes Indonesia menawarkan VPS murah berkualitas. Berbagai fitur dan dukungan dalam VPS Exabytes yaitu dengan penyimpanan yang lebih besar dan cepat, dilengkapi dengan teknologi NVMe SSD super cepat, dikonfigurasi dalam 1 menit pada prosesor performa tinggi akan membuat website kamu lebih cepat.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments