10 Web Development Framework Terbaik Yang Mesti Kamu Pelajari di 2021

1030
Web Development Framework Terbaik 2021
8 min read

Hi Exabytes Friends!

Dunia digital semakin berkembang pesat, sudah banyak pelaku bisnis yang sudah merasakan perkembangannya dan mulai membutuhkannya untuk menciptakan keberadaan online yang lebih menonjol. Hal ini membuatnya penting bagi mereka untuk membuat  website dan aplikasi yang terbaik, yang mampu menyelesaikan masalah atau memenuhi kebutuhan pengguna atau pelanggan. 

Oleh karena itu, untuk mendukung pengembangan aplikasi web yang memiliki sumber daya web, web API, dan layanan web, dibutuhkan sebuah kerangka kerja perangkat lunak yang disebut dengan kerangka aplikasi web atau Web Application Framework. Cek juga artikel menarik tentang VPS Exabytes.

Saat teknologi mulai berkembang sangat pesat, ada banyak Web Development Framework yang memiliki fitur-fitur canggih, yang dapat meningkatkan lalu lintas situs website Anda. Web Development Framework menawarkan cara yang lebih pasti untuk membuat dan mengatur aplikasi web apapun yang ada di World Wide Web (WWW).

Web Development Framework bertujuan untuk mengatur pengeluaran tambahan yang terkait dengan aktivitas umum yang berfungsi dalam pengembangan web. Misalnya, beberapa Web Application Framework menyediakan perpustakaan untuk memberikan akses ke database, mengelola sesi, dan kerangka kerangka kerja untuk pengembangan perangkat lunak.

Kerangka kerja untuk platform pengembangan web adalah bagian terpenting dari situs website manapun. Contoh kerangka kerja yang paling umum adalah Ruby on Rails, Django, Meteor, Vue, dan beberapa nama lainnya. Dengan meningkatnya standar aplikasi web, sangat tidak masuk akal untuk menciptakan kembali teknik yang telah disempurnakan tersebut. Selain itu, pengembang web harus mengawasi tren terbaru yang lebih relevan dengan kerangka kerja terbaik untuk pengembangan web.

Apa itu Web Framework?

Web Framework adalah kerangka kerja atau sebuah konsep dimana perangkat lunak membuat fungsionalitas standar. Fungsi ini dapat diubah dengan hati-hati dengan kode tambahan yang ditulis oleh pengguna. Oleh karena itu web framework menyediakan perangkat lunak khusus untuk aplikasi yang dirancang untuk membantu platform pengembangan web. 

Web Framework dapat membantu Anda mendapatkan struktur data dalam aplikasi dan kerangka kerja tersebut dapat menyajikan fitur-fitur pendukung yang lebih mudah kepada Anda. Kerangka kerja ini memfasilitasi posisi untuk memulai, sehingga fokus utama lebih diutamakan pada fitur-fitur ini daripada detail konfigurasinya.

10 Web Development Framework Terbaik 2021

Berikut ini 10 web development framework terbaik yang mesti kamu pelajari di tahun 2021 adalah sebagai berikut :

Ruby on Rails

Web Development Framework Terbaik 2021 : Ruby On Rails

Ruby on Rails adalah web development framework yang sangat dinamis yang ditemukan oleh David Heinemeier Hansson. Ruby on rails digunakan untuk membangun aplikasi yang 10x lebih cepat daripada Java framework klasik. Selain itu, Rails terdiri dari semua yang dibutuhkan untuk membentuk aplikasi web berbasis database, memanfaatkan pola MVC. 

Situs website yang telah memasukkan Ruby on Rails adalah GitHub, Basecamp, Twitter, Airbnb, GroupOn, Shopify, Hulu, dan sebagainya.

Bahasa yang digunakan: Ruby

Rilis: Rails 6.1.2.1

Django

Django adalah salah satu framework backend yang dapat diandalkan yang membantu mengembangkan kualitas aplikasi web dengan lebih kuat. Django menggunakan ‘Konvensi atas Konfigurasi’, serta pola DRY. Django menyediakan perlengkapan dan teknik bagi para pengembang untuk membangun situs website yang lebih aman, mengimplementasikan fitur keamanan dalam kerangka untuk pengembangan web terbaik. 

Baca Juga  Mengenal Framework: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Hal ini dilakukan dengan maksud untuk bersaing dengan tenggang waktu yang bergerak cepat sambil memenuhi persyaratan yang sulit dari pengembang web yang lebih berpengalaman. Aplikasinya sangat scalable, cepat, serbaguna, dan aman. Perusahaan yang menggunakan Django adalah Pinterest, Disqus, YouTube, Spotify, Instagram, dan perusahaan raksasa terpopuler lainnya.

Bahasa yang digunakan: Python

Rilis: Django 3.0.7

Laravel

Web Development Framework : Laravel

Pada tahun 2011, Taylor Otwell mengembangkan kerangka kerja yang diberi nama Laravel. Mirip dengan framework pengembangan kontemporer lainnya, framework ini berfungsi pada model arsitektur MVC yang menggunakan PHP. Kerangka kerja Laravel sangat sederhana, elegan, dan mudah dibaca. 

Laravel memiliki dukungan API dan juga berisi sejumlah besar paket yang dapat memperluas jangkauannya. Laracasts adalah situs website tutorial dengan ribuan video tentang Laravel, PHP, dan teknologi frontend dalam ekosistem Laravel. Dengan Laracast ini, Anda dapat langsung mulai mempelajari dan mengembangkan Laravel. Hal ini berfungsi untuk menjadi kerangka kerja terbaik untuk situs website seperti Lingkungan, Perjalanan, Deltanet, Pemberi Pinjaman, dan masih banyak lagi.

Bahasa yang digunakan: PHP

Rilis : Laravel 7.15.0 

ASP.NET

Web framework yang sangat membantu untuk membangun aplikasi web dinamis untuk PC dan perangkat seluler adalah ASP.NET. ASP.NET diciptakan oleh Microsoft yang memungkinkan para pemrogram dapat  membangun situs website, aplikasi, dan layanan yang dinamis. 

Asp.net Core adalah versi terbaru dari asp.net dan terkenal dengan kecepatan, produktivitas, dan kekuatannya. Ini terbukti sebagai web framework yang memiliki kinerja tinggi namun ringan dalam pengembangan web dengan menggunakan .NET. 

Beberapa perusahaan populer yang menggunakan ASP.NET adalah TacoBell, GettyImages, StackOverflow, dan masih banyak lagi.

Bahasa Yang Digunakan : C#

Rilis : Asp.net Core 4.8

Express

Express adalah web development framework open source gratis yang menyediakan berbagai fitur untuk pengembangan secara mobile dan website. Express dianggap sebagai salah satu framework backend terbaik karena merupakan kerangka kerja yang minimalis, fleksibel, dan teratas untuk pengembangan web di Node.js. 

Dan Express berfungsi juga di Java, yaitu salah satu bahasa pemrograman terkemuka di dunia, yang digunakan untuk membangun aplikasi web backend, dimana bahasa pemrograman ini sangat disukai oleh pengembang web di seluruh dunia. 

Selain itu, mengembangkan API yang kompeten akan sangat membantu. Ini dianggap sebagai salah satu komponen Express utama dari rata-rata perangkat lunak yang ada. Perusahaan yang menggunakan Express yang digunakan untuk proyek mereka adalah MuleSoft, Accenture, Myntra, Uber, Myspace, dan masih banyak lagi.

Bahasa yang digunakan: JavaScript

Rilis: 4.17.1

Angular

Web Development Framework Terbaik 2021 : Angular

Angular adalah salah satu web development framework terbaik untuk para pengembang. Angular adalah web framework open source gratis yang berbasis TypeScript yang dikelola oleh Tim Google Angular. Kerangka kerja ini digunakan untuk membangun aplikasi website yang berfungsi sangat tinggi. 

Ada banyak aplikasi web yang dibangun dengan bantuan framework Angular karena aplikasinya yang mudah sekali dirawat. Situs web yang dibuat dengan menggunakan framework ini adalah Upwork, Lego, PayPal, Netflix, dan lain sebagainya.

Bahasa Yang Digunakan: JavaScript

Rilis: Angular 9.1.11

Spring

Framework Spring, ditemukan oleh Pivotal Software yaitu sebuah framework yang paling populer untuk pengembangan web di platform Java. Fitur utamanya dapat digunakan oleh aplikasi Java, tetapi ekstensi untuk membentuk aplikasi web di atas platform Java Enterprise Edition. Meskipun tidak mewajibkan pola pemrograman yang tepat, ia telah mendapatkan popularitas di Komunitas Java, dengan tambahan model JavaBeans Enterprise. 

Baca Juga  Mengenal Framework: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

Para pengembang terutama menggunakan Spring untuk membuat aplikasi web yang berkinerja tinggi dan kuat. Aplikasi dan sistem berbasis JVM yang sederhana, fleksibel, dan cepat dapat dibentuk dengan web framework terbaik ini. Perusahaan yang memanfaatkan Spring adalah Deleokorea, Intuit, Zalando, MIT, Zillow dan masih banyak lagi.

Bahasa Yang Digunakan : Java

Rilis: Framework Spring 5.2.5

Promo VPS Exabytes: https://www.exabytes.co.id/server/vps-linux-ssd

Meteor

Web Development Framework Terbaik 2021 : Meteor

MeteorJS atau Meteor adalah web framework yang menyediakan cara yang jauh lebih sederhana untuk membentuk aplikasi web dan perangkat seluler. Ini mendukung pembuatan prototipe instan dan menghasilkan kode lintas platform untuk iOS, Android, dan Web. Menurut Builtwith, saat ini terdapat 19.913 website yang menggunakan Meteor. Beberapa di antaranya adalah WishPool, HaggleMate, dan Telescope.

Bahasa yang digunakan : JavaScript

Elemen Rilis : Meteor 1.10

Vue

Vue.js adalah framework JavaScript dengan menggunakan pola MVVM. Biasanya digunakan untuk membangun UI dinamis dan aplikasi Halaman Tunggal. Anda dapat dengan mudah menerapkan framework open source ini untuk memperkuat aplikasi Anda. 

Antarmuka pengguna yang lebih baik dapat dirancang dengan bantuan alat opsionalnya. Dengan Vue, Anda dapat dengan mudah mengintegrasikan semua fitur karena Vue adalah framework yang lebih fleksibel untuk pengkodean. Perusahaan yang menggunakan framework ini untuk proyek mereka adalah Gitlab, Behance, Grammarly, 9GAG dan lain sebagainya.

Bahasa yang digunakan : JavaScript

Ember

Web development framework terbaik yang terakhir adalah Ember.js. Ember.js didasarkan pada pola model-view-view-model. Ini adalah framework JavaScript open source, yang dapat membantu pengembang web untuk membentuk aplikasi web satu halaman yang dapat diperluas dengan memanfaatkan idiom umum dan praktik terbaik ke dalam sebuah framework. 

Meskipun dianggap sebagai framework untuk web, Ember.js ini mendukung juga pembuatan aplikasi mobile dan desktop. Contoh penting dari aplikasi desktop Ember adalah Apple Music, atribut aplikasi desktop iTunes. 

Merek dagang Ember dimiliki oleh Tilde Inc. Komunitas pengembang Ember terus berkembang, dan selalu merilis fitur baru. Perusahaan besar seperti Heroku, Microsoft, Netflix, dan Google menggunakan framework ini secara teratur.

Bahasa yang digunakan : JavaScript

Rilis: Ember 3.18.1

Kesimpulan

Framework bertindak sebagai elemen paling penting dalam mengembangkan aplikasi web dan di dalam artikel ini kami memberikan 10 web development framework terbaik 2021 dan paling terkenal. Masing-masing framework dalam platform yang tersedia dapat digunakan untuk pengembangan web yang memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing.

Kami harap 10 web development framework terbaik yang kami bahas di dalam artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan takut untuk mengambil framework dan mulai mengerjakannya, hal ini akan memberi Anda pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu. Anda akan menemukan banyak kesamaan di antara framework, bahkan di berbagai bahasa dalam kategori yang sama. Ingatlah bahwa perusahaan besar selalu bermigrasi dan mencoba hal baru sepanjang waktu.

Anda juga bisa memulai mendevelop aplikasi tersebut di VPS bertenaga prosesor terbaru kami dan penyimpanan SSD terbaru. Silahkan mencoba VPS Linux SSD Exabytes dengan mengunjungi Exabytes Indonesia.

Credit : Machyuliyah

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak