Mau Menang Lomba Blog Exabytes Season 2? Ikuti 10 Kiat Jitu Ini!

395
Kiat Jitu Menang Lomba Blog Exabytes Season 2
7 min read

Udah tahu dong kalau Exabytes sudah membuka kembali pendaftaran Lomba Blog Exabytes. Yup, Lomba Blog Exabytes Season 2 kembali dibuka nih! Buat yang belum tau informasi lengkapnya, cek di artikel ini ya.

Pasti di antara kalian pengen dong bisa menang di Lomba Blog Exabytes Season 2. Apalagi hadiah tahun ini nggak kalah keren deh : tablet, smartphone, smartwatch dan wireless earphone loh! Wih cakep banget dah.

Mau Menang Lomba Blog Exabytes Season 2? Ikuti 10 Kiat Jitu Ini! - 2021

Maka dari itu, coba yuk ikuti kiat jitu lomba di bawah ini agar kamu bisa menang di Lomba Blog Exabytes Season 2. Apa saja sih? Scroll yuk ke bawah.

Pahami Tema Lomba

Yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah memahami dulu tema lomba Exabytes Season 2. Tema yang kali ini sedikit berbeda dengan tahun lalu lho.

Tema Lomba Blog Exabytes Season 2 adalah “Peluang Usaha Online di Tahun 2021”. Kamu harus menulis artikel sesuai dengan tema ini, jangan sampai melenceng ya. Kalau melenceng, kamu akan didiskualifikasi lho.

Kamu bisa menulis baik itu apa saja peluang yang ada, tips hingga kisah menarik yang bisa diceritakan yang bisa menyemangati orang-orang yang membaca artikel blogmu untuk mulai berusaha secara online di tahun 2021. 

Siapa tahu, sehabis membaca artikel kamu mereka jadi terinspirasi untuk menerima tantangan baru dan membuka usaha online sendiri. Wah, hebat!

Cari Inspirasi

Langkah kedua adalah cari inspirasi untuk menulis artikel. Setelah tahu temanya, coba deh kamu Google tentang tema yang ada. Kamu bisa membaca berita atau artikel serupa. Atau bisa juga menonton video Youtube lho.

Tips Menang Lomba : Cari Inspirasi

Kalau ngerasa belum menemukan ide untuk menulis, kamu bisa scroll di sosial media seperti Twitter atau Instagram misalnya. Siapa tahu ada thread menarik atau postingan yang oke yang relate dengan tema itu.

Masih kurang? Coba buka forum seperti Quora misalnya atau di medium. Bisa juga cari inspirasi di grup Facebook hingga bertanya ke orang terdekat lho. Intinya banyak cara kok buat dapat inspirasi untuk menulis asal kita nggak berhenti mencarinya.

Siapkan Waktu Luang Untuk Menulis

Ini yang terpenting, siapkan waktu luang untuk menulis. Menulis itu nggak gampang lho. Kamu perlu fokus dan emosi pun harus stabil saat menulis agar bisa membuat konten atau artikel yang berkualitas. Kosongkan jadwalmu untuk menulis, misalnya bisa kamu lakukan pas hari libur.

Idealnya waktu yang enak buat nulis tuh sekitar malam hari atau pagi hari. Pas pagi hari, otak biasanya masih fresh lho buat menangkap ide dan masih semangat buat melakukan aktivitas baru.

Baca Juga  DIPERPANJANG! Lomba Blog Exabytes Masih Dibuka Sampai 6 Juni!
Siapkan waktu dan buat kerangka agar menang Lomba Blog Exabytes 2

Tapi kalau kamu bukan morning person, it’s alright. Kamu bisa menulis pas malam hari kok. Tapi ingat ya jangan bergadang kemalaman karena nggak baik buat kesehatanmu.

Jika kamu saat ini ngerasa terhambat atau mengalami writer’s block saat nulis, simak deh artikel ini yang bisa ngebantu kamu mensiasati agar bisa nulis lagi.

Buat Judul Yang Menarik

Hal yang pertama kali dibaca oleh pembaca maupun tim juri adalah judul lho! Pastikan kamu membuat judul yang menarik dan catchy ya.

Judul nggak harus sama persis dengan nama tema kok, kamu bebas buat modifikasi dan menyesuaikan dengan kreativitasmu. Eits tapi judulnya juga jangan clickbait atau malah hoax lagi. 

Bikin Konten Yang Berkualitas

Kiat lainnya agar menang Lomba Blog Exabytes Season 2 adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Konten kamu akan dinilai bukan hanya tulisan artikelnya saja lho. Dalam membuat konten, tentu saja harus menarik dan berkualitas pastinya. 

Sebaiknya rencanakan dulu kerangka atau draft yang akan dibuat agar kamu dengan mudah mengikuti alurnya saat membuat konten. Rencanakan apakah kamu akan membuat foto, memasukkan data serta infografis atau menyisipkan video. Ini penting lho sebagai penunjang konten kamu agar pembaca tidak bosan membaca tulisan melulu dan ada visualisasinya.

Optimalkan SEO

Setelah bikin konten yang berkualitas, saatnya buat mengoptimalkan SEO. Pastikan blog kamu telah memiliki plugin SEO dan kamu bisa mengoptimalkan SEO di dalam kontenmu.

Contohnya seperti menambahkan kata kunci atau keyword fokus, memberikan atribut ALT text di gambar yang kamu sisipkan, dan lainnya. SEO penting banget lho agar artikel kamu bisa ada di peringkat atas halaman pencarian. Jadi jangan sepelekan ya SEO di blog kamu.

Ikuti Semua Ketentuan Penulisan

Tips selanjutnya agar bisa menang Lomba Blog Exabytes Season 2 adalah ikuti semua ketentuan penulisan Lomba Blog. Buat yang lupa-lupa ingat, nih diingatkan kembali di bawah ini ya :

  1. Tema Artikel : “Peluang Usaha Online di Tahun 2021”
  2. Artikel yang dibuat minimal 1.000 kata
  3. Ditulis menggunakan bahasa Indonesia
  4. Judul artikel bebas, tetapi harus sesuai dengan Tema Lomba
  5. Dalam artikel WAJIB mencantumkan 3 keywords dan 3 backlink (Do Follow)
  6. Artikel merupakan karya sendiri yang bersifat original, fresh, dan tidak menyalin konten dari website atau blog lain (bukan plagiat)
  7. Artikel tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, konten dewasa, dan hal-hal lain yang melanggar hukum
  8. Disarankan untuk memasukkan penunjang konten seperti gambar, foto, ilustrasi, infografis atau video
  9. Peserta dilarang untuk menyebutkan brand competitor lain pada artikel yang dilombakan
  10. Artikel belum pernah dipublikasikan dan diikutsertakan di lomba manapun
Baca Juga  Inilah Pemenang Lomba Blog Exabytes Season 2

Jadi pastikan ya kamu telah mengikuti ketentuan penulisan di atas, jangan sampai diskip ya!

Patuhi Syarat & Ketentuan dan Tata Cara Lomba

Selain ketentuan penulisan, kamu juga harus mematuhi syarat dan tata cara lomba seperti yang telah tertera di laman Lomba Blog Exabytes Season 2.

Beberapa tata cara lomba yang perlu kamu lakukan adalah wajib memasang banner lomba yang telah disediakan, wajib sign up atau mendaftar di website Exabytes, harus like postingan Lomba Blog Exabytes Season 2 dan follow semua akun sosial media Exabytes Indonesia. Postingannya yang di bawah ini ya.

Dan yang tak ketinggalan adalah wajib posting dan share link artikel yang diikutsertakan tersebut di akun sosial media peserta. Jangan lupa tag akun sosial media Exabytes @exabytes_id dengan hashtag #LombaBlogExabytesSeason2 #ExabytesID ya.

Cek Kembali Artikel

Sebelum mendaftar, sebaiknya cek terlebih dahulu artikel atau konten yang telah kamu buat. Pastikan tidak ada yang terlewat sebelum submit.

Ketika kamu telah mendaftar artikel blog di sini, kamu akan mendapatkan email dari tim Exabytes. Tim akan memberitahu apakah artikel kamu bisa diakses, telah memenuhi syarat dan ketentuan umum hingga ketentuan penulisan.

Bila tim memberitahu bahwa ada yang kurang misalnya lupa memasukkan banner atau backlink, kamu akan diminta untuk merevisi agar kamu bisa berkesempatan menang Lomba Exabytes Season 2. 

No Plagiat!

Last but not least, no plagiat! Segala bentuk plagiarisme atau menyalin konten milik orang lain dilarang keras ya. Meskipun kamu telah mengikuti semua syarat, ketentuan penulisan hingga tata cara lomba tetapi jangan sampai kamu plagiat ya. Hal ini akan membuat kamu langsung didiskualifikasi dari lomba. Be original!

Dilarang plagiat di Lomba Blog Exabytes Season 2

Agar konten kamu nggak dicap plagiat, ada baiknya kamu cek dulu di duplicate checker atau plagiarism checker atau tools serupa yang ada di Google. Ini bisa mendeteksi apakah konten kamu mirip dengan milik orang lain. 

Mudah kan untuk mengikuti 10 tips di atas? Semoga dengan tips di atas, kamu bisa menang Lomba Blog Exabytes Season 2 ya.

Siapkan dirimu untuk menciptakan artikel semenarik mungkin dan daftarkan sebelum tanggal 30 April 2021 ya. Nantikan pengumumannya di tanggal 10 Mei mendatang.

Wish you luck, Exabytes Friends!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak