Cari Tahu Tentang SSL: Pengertian, Jenis, dan Keuntungannya!

55
Cari Tahu Tentang SSL
7 min read

Sekarang ini, individu atau organisasi yang mengutamakan kehadiran online memiliki website. Akan tetapi, mengelola website tidak semudah yang kamu pikirkan karena ada banyak hal yang harus diperhatikan termasuk keamanan website itu sendiri.

Website yang aman mampu memberikan rasa nyaman dan kepercayaan dari para pengunjungnya. Untuk hal tersebut, Secure Socket Layer atau SSL mengambil peran penting.

Dengan menggunakan SSL, kamu bisa meyakinkan para pengunjung website bahwa mereka bisa menjelajahi website kamu tanpa khawatir akan ketidakamanan. SSL menjadi sangat penting terutama bagi e-commerce atau bisnis yang melakukan transaksi yang melibatkan login credential, kartu kredit, dan informasi sensitif lainnya.

Nah, jika kamu penasaran apa itu SSL dan apa saja fungsi SSL certificate, maka kita bisa mencari tahu bersama di sini melalui artikel satu ini.

Pengertian SSL

Pengertian SSL
Pengertian SSL (sumber: Flickr – Alimam Miya)

Apa yang ada di benak kamu saat berbicara tentang pengertian SSL? Ya, SSL berhubungan dengan keamanan digital. SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer yang merupakan standar keamanan yang berfungsi melindungi privasi dan data sensitif di internet dengan menggunakan teknologi enkripsi.

SSL pertama kali dikembangkan oleh Netscape di tahun 1995 dengan tujuan memastikan privasi, autentikasi, dan integritas pada komunikasi internet. Saat ini, SSL mulai dikenal sebagai TLS atau Transport Layer Security.

Jadi, kalau sebagian orang menyebutnya dengan TLS sedangkan sebagian lain menyebutnya SSL, maka kamu tidak perlu bingung karena kedua istilah tersebut sama saja. Sekadar informasi, SSL ini tidak bisa dibuat secara sembarangan karena hanya dikeluarkan oleh entitas terpercaya di dunia yang disebut dengan Certificate Authority atau Otoritas Sertifikat. Salah satu CA terkemuka adalah DigiCert.

Namun, entitas ini bukanlah satu-satunya. Saat hendak memilih SSL, kamu bisa mempertimbangkan produk dari CA lain seperti Sectigo dan Entrust.

Jenis-Jenis SSL

Jenis-jenis SSL
Jenis-jenis SSL (sumber: Pixabay – Skylarvision)

Sebelum membeli SSL dari penyedia SSL Indonesia yang terpercaya, kamu harus terlebih dulu tahu apa saja jenis SSL. Jadi, kamu tahu jenis mana yang sesuai dengan kebutuhan website karena ada jenis SSL yang tidak bisa digunakan oleh sembarangan pihak.

Domain Validation (DV) SSL

Jika dibandingkan dengan menggunakan SSL gratis, tentu saja DV SSL akan lebih baik. Meski bertujuan untuk mengamankan komunikasi antara web server dan web browser, tapi jenis SSL yang satu ini terbilang murah.

Proses penerbitannya juga terbilang mudah dan cepat karena hanya membutuhkan bukti kepemilikan domain dan email. SSL Certificate jenis ini cocok untuk website entry-level atau website individu namun tetap ingin memastikan keamanan para pengunjungnya.

Baca Juga  Simak 7 Alasan Kenapa Keamanan Website Penting Untuk Bisnis

Organization Validation (OV) SSL

Sesuai namanya, jenis OV SSL menggunakan validasi organisasi atau badan usaha. Proses penerbitan sertifikat SSL ini lebih lama dibandingkan jenis sebelumnya karena pihak Certificate Authority harus mengecek legalitas bisnis pemohon melalui dokumen yang disediakan.

Untuk verifikasi, kamu harus mampu menyediakan dokumen usaha seperti akta perusahaan, SIUP, atau TDP. Singkatnya, bukti kepemilikan website bukan satu-satunya persyaratan yang harus dipenuhi agar sertifikat bisa diterbitkan.

Extended Validation (EV) SSL

Lalu bagaimana dengan EV SSL? Extended Validation (EV) SSL menjadi standar validasi yang paling tinggi bagi perusahaan atau organisasi yang hendak mendapatkan SSL. Dengan SSL jenis ini, pengguna akan mendapatkan nilai prestise yang tidak bisa diberikan oleh dua jenis SSL sebelumnya.

Akan tetapi, persyaratan yang diberikan juga sangat ketat sehingga tidak semua perusahaan atau organisasi yang bisa menggunakan Sertifikat SSL satu ini. Kamu bisa menggunakan SSL ini sebagai metode branding dengan adanya gembok hijau serta nama perusahaan yang ditampilkan di URL website.

Keuntungan SSL

SSL sangat penting untuk semua jenis website meski website tersebut tidak menjual produk atau jasa. Bahkan blog pribadi juga membutuhkan solusi keamanan yang kita kenal dengan SSL ini. Para pemilik website membutuhkan SSL dan bisa mendapatkannya bahkan tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak.

Ada begitu banyak keuntungan atau manfaat SSL yang bisa dirasakan oleh pemilik atau pengelola dan pengunjung website. Penasaran? Berikut adalah beberapa manfaat atau keuntungan penggunaan SSL.

Melindungi Informasi Sensitif

Melindungi Informasi Sensitif
Melindungi informasi sensitif (sumber : Pixabay – Mohamed Hassan)

Tidak ada jaminan jika informasi yang dikirim pada komunikasi antara web server dan web browser akan selalu aman. Oleh karena itu, SSL mengambil peran untuk mengenkripsi data atau informasi apapun yang dikirim melalui internet.

Dengan demikian, tidak ada pihak manapun yang bisa membaca data kecuali pihak penerima yang dituju. Tentunya ini bisa mencegah pencurian dan penyalahgunaan data yang semakin hari semakin mengkhawatirkan. Informasi tersebut bisa berupa username, password, kartu kredit, atau informasi kontak seseorang. Ini yang menjadi salah satu alasan kenapa website membutuhkan SSL.

Enkripsi dan Autentikasi

Data yang terenkripsi jauh lebih aman dibandingkan dengan data tanpa enkripsi. Sehingga bisa meminimalisir kecemasan akan bocornya data pribadi seseorang. Saat mengunjungi sebuah website terutama ketika memberikan informasi atau file melalui server, SSL bisa memastikan bahwa kamu mengunjungi website yang benar bukan website phishing.

Website phishing ini bisa terlihat sama dengan website resmi semua instansi atau organisasi sehingga bisa mengecoh para pengguna internet yang masih awam perihal penggunaan SSL. Dengan demikian, pihak tidak bertanggungjawab akan mengumpulkan data atau informasi yang bisa mereka gunakan untuk berbagai tindak kejahatan cyber.

Baca Juga  Mengapa Web Security Itu Penting?

Mempercepat Hasil SEO

Mempercepat hasil SEO
Mempercepat hasil SEO (sumber : Pixabay – Diggitymarketing)

SSL mungkin tidak secara langsung memberikan manfaat untuk Search Engine Optimization (SEO) kamu, tapi menjadi salah satu pertimbangan mesin pencari dalam menentukan ranking di hasil pencarian. Saat ini, mesin pencari akan lebih mengutamakan website yang dinyatakan aman yang ditandai dengan HTTPS pada nama URL dimana S mengindikasikan bahwa website diamankan oleh SSL.

Google sebagai salah satu mesin pencari terbesar sudah mengumumkan bahwa memiliki SSL menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan ranking di mesin pencari. Dengan kata lain, algoritma yang dibuat memungkinkan website dengan SSL mendapatkan ranking yang lebih tinggi pada halaman hasil mesin pencari atau yang bisa kita sebut dengan SERP (Search Engine Result Page).

Indikator Kepercayaan

Bagaimana orang-orang bisa percaya jika mereka merasa tidak aman saat menggunakan internet? Jika website belum diamankan menggunakan SSL, maka pengunjungnya akan mendapatkan notifikasi bahwa mereka berada di jaringan tidak aman. Ini tentu saja berbahaya bagi mereka yang ingin melakukan transaksi di website tersebut.

Dengan adanya notifikasi tersebut, bukan tidak mungkin mereka akan mencari website lain yang mampu memberikan rasa aman. Bukankah kepercayaan adalah hal penting terutama di dunia digital dimana orang-orang yang datang kepada kamu harus benar-benar yakin bahwa kamu adalah pilihan tepat bagi mereka?

Untuk memperkuat keyakinan mereka pada kehadiran online kamu, pastikan kamu menggunakan SSL berbayar bukan SSL gratisan. Salah satu indikator penggunaan SSL adalah ikon gembok yang ada di samping nama URL website.

Jika ingin melakukan yang lebih, maka kamu bisa memilih SSL yang akan menampilkan detail organisasi di detail sertifikat SSL. Tidak jarang pula organisasi besar dan instansi memanfaatkan green bar, sebuah fitur dari SSL yang menampilkan nama perusahaan dengan jelas pada sertifikat SSL yang terpasang.

Kesimpulan

SSL atau Secure Socket Layer menjadi kebutuhan para pemilik website terlebih jika mereka ingin memastikan bahwa setiap data sensitif pengunjung dienkripsi sehingga tidak akan bocor atau jatuh ke tangan orang yang tidak berkepentingan. Pemilihan jenis SSL Certificate bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta jenis website.

Dengan berbagai keuntungan SSL yang ditawarkan, tidak heran jika semakin banyak pemilik atau pengelola website mencari produk SSL Certificate terbaik. Terlebih, SSL menjadi persyaratan Google sebagai mesin pencari untuk mendapatkan ranking yang tinggi di hasil pencarian. Jika masih bingung, kamu bisa menghubungi Exabytes agar mendapatkan SSL yang tepat.

Sekarang saatnya kamu beralih ke HTTPS dan dapatkan lebih banyak kepercayaan dari pengguna internet. Alhasil, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih. Semoga artikel ini bermanfaat!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments