WordPress Platform Populer Tapi Paling Tidak Aman? Baca Dulu

95
Wordpress platform tidak aman
Wordpress platform tidak aman
3 min read

Sejak tahun 2017  Grup Exabytes menjadi bagian dari WordCamp. Di tahun 2019 Exabytes juga telah menjadi sponsor platinum untuk WordCamp Jakarta tanggal 16 Februari 2019 dan kembali menjadi sponsor platinum di WordCamp Kuala Lumpur 1-2 November 2019 di Berjaya Times Square, Kuala Lumpur Malaysia.

Dengan pencapaian ini Exabytes ingin terus menjadi komitmen dan solusi untuk bisa membantu mereka dengan menyediakan hosting dengan kebutuhan yang tepat di WordPress Hosting milik kami.

Source: https://w3techs.com/technologies/overview/content_management/all

Salah satu dari pembicara yang menarik perhatian  Exabytes adalah dengan tema Secure Your WordPress Website atau Amankan Situs Web WordPress Anda. Seperti yang kita telah ketahui bahwa WordPress sendiri adalah platform CMS terbesar di dunia dengan market share sebesar 34.8% di seluruh dunia. Dan akan terus bertambah setiap tahunnya.

Faktanya WordPress mendapatkan predikat sebagai CMS yang paling tidak aman untuk digunakan (haha).

WordPress is the most hacked Content Management System (CMS)

Sucuri.net

Menurut data yang dilansir sucuri.net pada tahun 2018, Sebanyak 90% dari seluruh CMS yang terkena retas adalah WordPress dan 63.3% diantaranya WordPressnya sudah diupdate. Lalu, bagaimana mengatasinya?

Tidak perlu takut tips dibawah ini untuk menghindari diretasnya Situs Web WordPress Anda.

1. Lakukan Pemindaian Menggunakan Sucuri Site Check

Daftar Isi

Sucuri adalah sebuah platform yang bisa membantu memberikan pengamanan lebih untuk WordPress Anda. Untuk mencobanya bisa langsung mengunjungi halaman berikut https://sitecheck.sucuri.net

WordPress Platform Populer Tapi Paling Tidak Aman? Baca Dulu
Sucuri Site Check

Namun pada versi non-berbayar ini terdapat banyak keterbatasan hanya sebatas pengecekkan 1 sisi saja.

Jika membutuhkan layanan sucuri yang lain bisa langsung mencoba paket penjualan sucuri pro dari Exabytes mulai dari serendah Rp 239.000/bln.

2. Lakukan Pengecekkan Malware dengan Quttera

Quttera adalah alat pemindaian online dan antivirus online. Dapat memindai iFrames berbahaya, eksploitasi JavaScript, PDF yang rusak dan banyak lagi yang dapat mengamankan Situs WordPress.

WordPress Platform Populer Tapi Paling Tidak Aman? Baca Dulu
Quttera Scan

Sangat mudah digunakan, Quttera akan mengunduh seluruh konten URL ke server remote Quttera, lalu memindai file-per-file, memberikan pengguna laporan yang dihasilkan oleh informasi yang relevan.

Setiap deteksi diberikan tingkat pengamanan yang tepat sesuai dengan masalah yang dihadapi.

Karena tingginya penggunaan alat ini, kadang-kadang semua server mungkin kelebihan beban, yang mencegah pemindaian URL.

Jika tertarik bisa mengunjungi Quttera.com dan mencoba pemindaian gratis.

3. Cek dengan VirusTotal Apakah WordPress Kita Terjangkit Virus atau Tidak (GRATIS)

Sehat atau tidaknya sebuah WordPress kurang lengkap tanpa menyertakan VirusTotal. Pindai WordPress Anda dan pastikan WordPress Anda sehat dan tidak terjangkit virus berbahaya. Jika telah terkena virus berbahaya bisa langsung menghubungi support Exabytes untuk mendapatkan peanggulangan segera.

WordPress Platform Populer Tapi Paling Tidak Aman? Baca Dulu
Virus Total

Exabytes juga menjual paket penjualan pengamanan web hosting dengan perlindungan adaptif dari Imunify360 yang menyertakan perlindungan AI yang mampu membantu pengecekkan berkala pada WordPress, mulai dari Rp 480.000/bln.

4. Pindai Menggunakan WPScan

WPScan gratis digunakan untuk penggunaan non-komersial, pemindai kerentanan keamanan WordPress yang ditulis untuk para profesional keamanan dan pengelola blog untuk menguji keamanan situs WordPress.

Baca Juga  10 Plugin WordPress Terbaik di Tahun 2019

Namun untuk melakukan WPScan dibutuhkan kemampuan mahir dikarenakan harus berurusan dengan Konsol dan diutamakan bagi mereka yang nyaman dengan antarmuka command-line

WordPress Platform Populer Tapi Paling Tidak Aman? Baca Dulu
WPScan

Bagaimana dengan artikel diatas? Jangan lupa kirimkan komentar kamu dibawah ini ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here