Masih berkaitan dengan Tutupnya retail-retail raksasa Indonesia yang disinyalir akibat perubahan perilaku konsumen Indonesia ke arah online. Salah satu platform yang sedang di gandrungi saat ini di Indonesia adalah Instagram, setelah Youtube dan Facebook. Dari tahun ke tahun pengguna Instagram Indonesia terus meningkat secara signifikan.

10 Bisnis Online Omzet Milyaran yang berawal dari Instagram

Indonesia adalah negara ke-4 di dunia dengan jumlah pengguna Instagram terbanyak, dan nomor 2 di Asia. Tercatat ada lebih dari 45 juta pengguna Instagram Indonesia hingga tahun 2017 iniย (sumber: Jakartaglobe.id).

Instagram berevolusi dari sekadar layanan berbagi foto populer yang kini menjadi salah satu sarana berpromosi yang sangat menjanjikan, terutama di Indonesia. Bahkan, banyak bisnis-bisnis beromzet milyaran rupiah berawal dari Instagram.

Buat website murah

10 Bisnis Online Indonesia dengan follower terbanyak di Instagram

Berikut 10 bisnis online dengan follower terbanyak di Instagram:
1. Custyjogja (follower: 400rb)

Bisnis online kue Jogja Cushy Cheese
@cushyjogja

@cushyjogja atau dikenal dengan nama Jogja Cushy Cheese adalah bisnis kue yang digadang oleh selebram sekaligus Youtuber, Ria Yunita atau lebih dikenal dengan nama Ria Ricis. Berbeda dengan pola bisnis di Instagram lainnya yang toko onlinenya terkenal terlebih dahulu baru kemudian orang berbondong-bondong mem-follow pemilik toko online itu.
Toko kue keju ini diawali dengan viralnya Ria sebagai selebram kemudian Ia membangun Jogja Cushy Cheese setelahnya.

2. Cookiehijab (follower: 400rb)
Didirikan oleh wanita dari kota kembang yang lebih dikenal dengan Nisa Cookie. Berbeda dengan para pesaingnya, Cookiehijab lebih banyak mengimpor produk mereka. Pantauan kami, rata-rata setiap hari, toko online ini bisa menjual hingga lebih dari 100 barang.

Baca Juga  [Video] Strategi Marketing Online untuk UKM dan Startup - Lazada Indonesia

3. Juslangsing (follower: 407rb)
Saat mayoritas toko online di Instagram menjual baju, toko online ini fokus menggarap pasar obat-obatan herbat mesti tetap menyasar kaum hawa. Dimulai dari tahun 2016 di Serpong, Jawa Barat. Tidak hanya di Instagram, @juslangsing juga memiliki Facebook Page dengan nama “Jus Kurus Joyjus”, yang tidak kalah fantastis dengan jumlah like 500 ribu. Angka yang sangat besar untuk sebuah produk online shop yang pesaingannya cukup banyak.

4. Wearingklamby (follower: 408rb)

Bisnis online Wearing Klamby
@wearingklamby

Wearingklamby adalah satu dari banyak akun di Instagram yang meramaikan pasar pakaian muslim wanita. Fokus mereka pada pakaian hijab casual yang bisa digunakan sehari-hari dengan harga terjangkau. Tampilan foto yang ciamik merupakan kelebihan tersendiri untuk toko online yang satu ini. Hampir semua produk menggunakan model wanita cantik. Tak tanggung-tanggung, mereka sampai memboyong model dan kru foto ke Paris, Prancis untuk mendapatkan hasil photo yang memikat pembeli di Instagram. Hasilnya, tak jarang produk mereka Sold Out hanya dalam hitungan menit!!

5. Hijabprinces (follower: 459rb)
Adalah Roja Fitridayani, seorang wanita cantik kelahiran Jambi dibalik suksesnya Hijab Princess, sebuah brand pakaian muslim wanita yang dibentuk pada tahun 2012 di Bandung. Berawal dari 2 penjahit dan 1 admin, Roja membuat galeri kecil di kamar kos-kosan. Saat ini, Hijab Princes tidak hanya diminati di Indonesia saja, tetapi banyak juga reseller datang dari negeri tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam dengan omzet hingga 500 juta.

Baca Juga  ๐Ÿค”5 Tips dari PVRA untuk Memulai Bisnis Sepatu Online

6. Devilknitwear (follower: 475rb)
Berada di Jakarta, toko online ini menjual pakaian khusus wanita. Memanfaatkan gratis ongkir (ongkos kirim) dari Shopee, toko online ini tidak memiliki media pemasaran lain selain Instagram dan Shopee. Hal yang cukup disayangkan untuk sebuah bisnis online sebesar ini.

7. Rubylicious (follower: 475rb)
Tidak hanya toko online saja, Rubylicious juga memiliki toko offline di Yogyakarta dan Bandung. Rubylicious menjual baju dan aksesoris wanita seperti tas, sepatu, gelang, kalun, jilbab, jam tangan dan aksesoris lainnya.

8. Mayoutfit (follower: 499rb)
Berawal di bulan Mei 2013, toko online ini berawal dari reseller dengan minim modal. Dimulai oleh Sinthya Audi Poetri bersama 2 orang temannya yang kemudian bergabung Intan Fazria Kusumah, dan Aldi Yudistira menggagas Mayoutfit di Bandung. Awalnya Sinthya hanya sebagai reseller kemudian sistem PO (pre order atau pesan lebih dulu) dengan menggunakan Instagram sebagai sarana pemasarannya.
Dalam 1 hari, Mayoutfit bisa menjual ribuan item. Tidak heran jika saat ini mereka sudah memiliki 6 cabang di seluruh Indonesia dengan omzet 1 milyar perbulan.

9. Tokogue (follower: 583rb)
Seperti halnya @devilknitwear, toko yang satu ini juga menjual baju-baju wanita produksi sendiri. Meskipun punya follower yang fantastis, Tokogue hanya berjualan di Instagram dan Shopee saja. Nampaknya Tokogue belum memiliki website tidak seperti toko online Instagram lainnya.

Baca Juga  Update Menarik dari Instagram yang Bisa Bikin Jualan Kamu Makin Laris!

10. Vanilla Hijab (follower: 823rb)

Bisnis online instagram Vanilla Hijab
@vanillahijab

Atina Maulina (24), mahasiswi jurusan Perminyakan Institut Teknologi Bandung ini adalah pemilik toko online Vanilla Hijab dengan omset milyaran rupiah. Pada awalnya Atina tidak tertarik menjadi pebisnis. Keisengannya berjualan hijab kecil-kecilan di Instagram dengan modal seadanya menjadi bisnis yang serius ditekuninya karena pesatnya penjualan cuma dalam waktu kurang dari 1 tahun saja di tahun 2013.

Saat ini, Vanilla Hijab mampu menjual 20-30 ribu produk setiap bulannya. Jilbabnya tak hanya laku di pasar dalam negeri, tapi juga ke negara-negara seperti Malaysia, Singapura dan Hong Kong. Tak tanggung-tanggung, artis kenamaan seperti Revalia Estemat dan banyak selegram ikut hadir ketika peluncuran produk baru mereka baru-baru ini.

Kesimpulan:
Instagram khususnya di Indonesia, bisa menjadi media jitu untuk memulai bisnis online dengan modal yang kecil bahkan tanpa modal sama sekali.

Sebagian besar bisnis online di Instagram yang ramai follower didominasi oleh produk-produk kaum hawa terutama produk fashion. Hal ini tidak mengejutkan karena memang mayoritas pengguna Instagram di Indonesia adalah wanita.

Produk-produk fashion di Instagram yang ramai follower berlokasi di Bandung. Tidak salah memang kalau Bandung dijuluki “Paris van Javaโ€.

Friends, kalian tahu akun toko Instagram lain yang banyak pengunjungnya? Komen di bawah ya ๐Ÿ˜‰

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here