10 Aplikasi Open Source Gratis Selagi Kerja di Rumah

47
12 min read

Hello Exabytes Friends!

Saat ini sedang marak-maraknya Work From Home atau bekerja di rumah. Kondisi pandemi ini tentunya membuat banyak orang tidak bisa bekerja di kantor seperti biasa. Suasana dan prosedur bekerja nya pun tentunya akan berubah, tidak seperti saat kamu bekerja di kantor sehari-hari. Koordinasi antar rekan kerja yang biasanya dilakukan secara tatap muka pun sekarang tidak bisa dilakukan, sehingga kamu perlu bantuan dari banyak platform atau aplikasi yang bisa mendukung kerja mu dari rumah seperti aplikasi untuk berkomunikasi, mengumpulkan tugas kantor, dan lainnya. Pada artikel kali ini, mimin akan kasih beberapa rekomendasi aplikasi open source gratis yang bisa kamu gunakan untuk bekerja di rumah.

Kalau penasaran, yuk baca artikel ini sampai akhir!

Jitsi Meet 

10 Aplikasi Open Source Gratis Selagi Kerja di Rumah

Di tengah situasi pandemi saat ini, kamu pasti harus tetap berkomunikasi dengan rekan kerja mu untuk membahas banyak pekerjaan. Komunikasi yang bisa kamu lakukan dengan rekan kerja mu gak cuma lewat pesan saja loh. Aplikasi open source Jitsi Meet ini merupakan salah satu aplikasi yang bisa dijadikan pilihan untuk melakukan video konferensi dengan rekan kerja satu kantor. Fitur video konferensi yang tersedia di Jitsi Meet ini juga sederhana sehingga mudah untuk dijalankan. Jitsi Meet menyediakan URL yang mudah diingat oleh pengguna dan ruang konferensi video yang bisa disesuaikan dengan permintaan. 

Pertemuan yang diadakan di kantor biasanya sudah direncanakan, namun tak menutup kemungkinan akan ada pertemuan secara dadakan. Kamu gak perlu pusing lagi kalau ada pertemuan dadakan karena tetap bisa dilakukan di Jitsi, selain itu untuk bergabung dengan video konferensi nya pun gak perlu pendaftaran. Sehingga gak akan memakan banyak waktu untuk memulai. Kamu hanya perlu membuka URL meet.jit.si dan masuk ke ruang konferensi. Kalau kamu juga ingin mendaftar di aplikasi Jitsi juga bisa banget kok, dengan begitu kamu akan mendapatkan beberapa fitur yang tersedia seperti integrasi kalender dan lain-lain. Jitsi Meet ini juga memiliki kualitas video konferensi yang sangat baik loh, sehingga user experience yang dirasakan juga akan menjadi luar biasa.

Drawpile Whiteboard

10 Aplikasi Open Source Gratis Selagi Kerja di Rumah

Drawpile Whiteboard bisa jadi salah satu pilihan aplikasi open source yang unik nih. Drawpile Whiteboar ini merupakan aplikasi open source yang memungkinkan pengguna nya untuk menggambar dan menjelaskan suatu hal secara lebih detail kepada rekan kerja. Di tengah pandemi seperti ini memang sulit untuk menjelaskan suatu hal hanya dengan kata-kata, oleh karena itu aplikasi ini akan sangat cocok untuk kamu gunakan ketika ingin menjelaskan dan menggambarkan suatu hal yang bersangkutan dengan pekerjaan kantor. Penggunaan Drawpile Whiteboard juga mudah banget kok, kamu hanya perlu membuat sesi menggambar di komputer dan mengundang rekan kerja kantor mu untuk melihat apa yang sedang kamu gambar dan jelaskan. Drawpile Whiteboard ini juga merupakan aplikasi menggambar secara real-time dan akan memudahkan kamu untuk menggambar ide-ide kasar yang bisa dikembangkan terkait pekerjaan kantor mu. Menarik dan sangat bermanfaat bukan?

Kanboard

10 Aplikasi Open Source Gratis Selagi Kerja di Rumah

Kanboard merupakan salah satu open source kanban board yang sederhana dan bisa kamu gunakan saat melakukan Work From Home (WFH). Melalui aplikasi open source Kanboard, kamu bisa menggunakan banyak fitur yang disediakan seperti pencarian tugas, filter untuk tugas, subtask, kemudian fitur attachments dan commenting. Fitur-fitur tersebut tentunya akan membantu dan memudahkan kamu mengerjakan tugas. Sistem penggunaan yang bisa dilakukan dengan menggunakan kanboard yaitu dengan memasukkan card baru pada board untuk tugas kemudian memindahkan card tersebut ke board untuk tugas-tugas yang telah selesai. Pada card tugas yang telah selesai juga bisa kamu sisipkan attachments berupa banner atau foto apa pun yang berkaitan dengan tugas. Kanboard juga dapat digunakan di banyak perangkat loh seperti PC, smartphone, tablet, dan lainnya. Pemasangan aplikasi open soure ini juga sangat mudah sehingga tidak akan membuat kamu pusing ketika memasangnya. Kanboard menjadi salah satu aplikasi open soure untuk bekerja yang sangat unik dan tidak membosankan. Dengan menggunakan sistem drag and drop pada penggunaan nya akan membuat para rekan kerja menjadi lebih senang karena hal tersebut bisa menjadi lebih menarik dan interaktif. Oh iya, satu hal yang sangat menguntungkan dengan menggunakan Kanboard yaitu kamu bisa memantau seluruh perencanaan tugas di kantor mu. Kamu juga bisa mengecek tugas dari rekan kerja satu per satu tanpa perlu meminta akses kepada mereka. Benar-benar memudahkan seluruh alur pengumpulan tugas kan?

Baca Juga  Mengenal VPS Hosting dan Mengapa Exabytes Terbaik 

Joplin

10 Aplikasi Open Source Gratis Selagi Kerja di Rumah

Berbeda dengan Kanboard yang berfungsi untuk mengorganisir tugas-tugas kantor secara sistematis melalui card di dalam sebuah board, Joplin memiliki fungsi sebagai buku catatan virtual untuk kamu yang sedang Work from Home. Saat melaksanakan Work From Home, pasti sebagian besar waktu mu dihabiskan untuk melihat laptop seharian. Jika kamu menggunakan catatan konvensional yang harus ditulis tangan akan sangat sulit dan tidak efisien dalam pekerjaan mu. Oleh karena itu kamu membutuhkan buku catatan virtual seperti Joplin yang dapat memudahkan mu menulis catatan. Dalam buku catatan virtual Joplin, kamu bisa dengan mudah menuangkan ide dalam pekerjaan mu dan merumuskan strategi untuk permasalahan yang terjadi. Joplin juga menciptakan aplikasi nya agar tetap sederhana dan mudah digunakan oleh pengguna nya. Meskipun sederhana, Joplin memiliki fitur yang banyak dan sangat bermanfaat seperti jumlah entry yang bervariasi dalam catatan virtual yang akan kamu buat. Kamu bisa menambahkan teks sederhana, dokumen sederhana, dokumen kompleks yang terdapat grafik atau gambar di dalamnya, daftar tugas, hyperlink, dan masih banyak lagi. Lebih menarik nya lagi, Joplin juga memiliki fitur sinkronisasi ke semua jenis layanan penyimpanan online, salah satunya yaitu aplikasi open source Nextcloud untuk menyimpan dokumen mu. Hal ini bisa mempermudah kamu mengakses semua dokumen yang ada di catatan virtual Joplin melalui perangkat apa pun dan dimana pun. Dengan kemudahan tersebut, kamu bisa lebih fokus pada pekerjaan mu, menjaga hari kerja agar tetap teratur dan tetap bisa melakukan aktivitas sesuai dengan alur yang sudah ditetapkan.

Riot Team Chat

10 Aplikasi Open Source Gratis Selagi Kerja di Rumah

Saat melaksanakan Work From Home, koordinasi antar tim jadi hal yang sangat penting agar tidak ada kekeliruan dalam pekerjaan kantor. Saat berkomunikasi dengan tim, gak cuma panggilan video atau suara aja yang diperlukan, tapi juga obrolan grup agar semua anggota tim kamu bisa mengetahui informasi dan penyebaran informasi bisa tersebar secara merata. Riot Team Chat ini bisa jadi pilihan kamu untuk melakukan obrolan dengan tim untuk membahas segala pekerjaan. Riot Team Chat juga memungkinkan pengguna nya untuk menggunakan seluurh fitur yang ada seperti pesan instan, dukungan emoji, GIF, gambar pendukung, room chat yang bisa disesuaikan dengan permintaan, kompatibilitas yang luas serta privasi yang aman untuk menjaga semua data di dalam aplikasi Riot Team Chat. Di dalam aplikasi Riot Team Chat juga terdapat Matrix sebagai standar terbuka dan protokol ringan untuk melakukan komunikasi secara real-time, nah jika kamu mengalami masalah dalam mengetik pesan kamu juga bisa beralih ke VOIP agar bisa mengatasi masalah tersebut. Riot Team Chat juga jadi salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan kapan saja dan dimana saja. Kamu bisa menggunakan aplikasi open source tersebut melalui PC, smartphone, atau tablet. Yang lebih menguntungkan nya lagi, aplikasi Riot Team Chat juga bisa digunakan dan dihubungkan ke browser mana pun ketika sedang keadaan darurat dan kamu tidak memiliki unduhan aplikasi tersebut di perangkat mu. Hal ini bisa jadi keuntungan yang sangat bermanfaat buat kamu Exabytes Friends. Dengan keuntungan tersebut, kamu akan bisa tetap berkomunikasi dengan tim mu tanpa perlu takut adanya kekeliruan. Menarik kan?

Etherpad

10 Aplikasi Open Source Gratis Selagi Kerja di Rumah

Etherpad merupakan salah satu aplikasi open source yang bisa kamu gunakan untuk mengerjakan pekerjaan kantor mu. Etherpad ini akan membantu kamu untuk mengedit bersama-sama dengan rekan kerja mu dalam sebuah dokumen di dalam Etherpad. Aplikasi ini bisa sangat membantu kamu sehingga pengeditan dokumen tidak hanya bisa dilakukan oleh satu orang saja, namun oleh beberapa orang yang bersangkutan dengan dokumen tersebut. Penggunaan Etherpad tersebut juga sangat mudah yaitu dengan membuka dokumen tersebut dan pengeditan dokumen bisa dilakukan oleh pihak yang memiliki akses, kemudian kamu bisa melihat bagaimana dokumen tersebut sedang diedit secara real time. Sehingga saat kamu membuka dokumen tersebut, dokumen akan menampilkan hasil pengeditan paling baru yang dilakukan oleh pihak-pihak pengakses dokumen. Dengan begitu, dokumen tersebut bisa direvisi oleh beberapa orang yang memiliki pandangan berbeda-beda terhadap dokumen tersebut. Kemudahan ini pun membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien. Kamu tidak perlu mengirim file satu-satu ke orang yang berbeda-beda untuk meminta pengeditan yang hasilnya pun harus dibagikan ke orang lain lagi agar bisa direvisi. Kamu bisa menghemat waktu kerja mu jika menggunakan Etherpad.

Ethercalc

10 Aplikasi Open Source Gratis Selagi Kerja di Rumah

Mirip dengan Etherpad yang sebelumnya sudah dijelaskan, Ethercalc ini memungkinkan pengguna nya untuk bekerja pada sebuah spreadsheet yang tersedia dan dapat digunakan bersamaan secara real time pada waktu yang sama, serta layar yang sama, meskipun jarak antar rekan kerja tidak berdekatan. Lebih dari itu, Ethercalc dapat mengimpor data dari spreadsheet yang ada dan file teks yang tersedia. Pengimporan data yang bisa dilakukan melalui Ethercalc ini juga tergantung dengan kerumitan dari dokumen mana yang akan diimpor, sehingga performa Ethercalc akan berkurang jika data yang akan diimpor merupakan data yang rumit. Sedangkan untuk mengimpor data yang ringan dan sederhana tentunya akan lebih mudah. Beberapa orang yang pernah menggunakan aplikasi open source ini juga mengatakan bahwa pengimporan data menggunakan Ethercalc tidak serumit yang dibayangkan dan tetap baik-baik saja, tidak mengalami kendala apa pun. Sehingga kamu perlu mencoba aplikasi open source ini yang sejenis dengan Etherpad namun Ethercalc menggunakan spreadsheet.

Baca Juga  Alasan Kenapa Sebagian Website Lebih Cepat Dibuka

Nextcloud

10 Aplikasi Open Source Gratis Selagi Kerja di Rumah

Nextcloud adalah aplikasi open source yang sudah cukup terkenal dan sering digunakan dalam pekerjaan kantor. Nextcloud ini merupakan sebuah aplikasi open source yang memiliki fungsi cloud pribadi. Nextcloud memungkinkan pengguna nya untuk menyimpan folder atau file secara online yang dapat disinkronkan dengan folder di desktop mau pun perangkat seluler. Cara penggunaan nya pun juga sangat mudah. Kamu bisa memasukkan file dengan mengunggah ke ruang penyimpanan kemudian kamu sudah bisa mengakses file tersebut di semua perangkat yang terhubung dengan Nextcloud karena semuanya telah disinkronkan. Dengan begitu kamu bisa membuka file yang disimpan di Nextcloud kapan pun dan dimana pun. Semua rekan kerja mu di kantor pun juga bisa mengakses file yang berhubungan dengan pekerjaan, sehingga mereka bisa memiliki cadangan file tersebut dan membukanya. Tidak hanya bertindak sebagai sebuah tempat penyimpanan atau cadangan, Nextcloud juga memiliki struktur plugin yang memungkinkan kamu untuk menginstall banyak aplikasi website ke Nextcloud seperti aplikasi untuk chatting, klien email, video call, dan lain-lain. Plugin-plugin yang ada di Nextcloud tidak semuanya merupakan plugin resmi, namun jangan khawatir karena ada dukungan yang bervariasi dan ada juga beberapa plugin resmi yang sangat bagus dan bisa digunakan oleh mu seperti kalender resmi untuk organisasi. Kalender resmi ini bisa sangat bermanfaat untuk membantu mu dan rekan kerja mu agar bisa menjadwalkan pertemuan penting dan melacak acara apa yang akan datang. Kalender tersebut pun telah dilengkapi dengan protokol CalDAV sehingga semua yang dilakukan tetap kompatibel dengan klien CalDAV.

Linux

10 Aplikasi Open Source Gratis Selagi Kerja di Rumah

Dengan adanya Work From Home saat ini, mungkin sebagian dari kamu sedikit kaget dengan prosedur kerja yang berbeda dengan sebelumnya. Perubahan saat WFH tentunya akan sangat terasa. Nah, sebagian dari kalian pasti sudah sering menggunakan sistem operasi yang paling terkenal yaitu Windows dan iOS. Nah sistem operasi yang bisa mendukung WFH mu bukan cuma dua itu aja, Linux juga bisa jadi pilihan sebagai perangkat lunak open soure untuk kamu gunakan. Terdapat banyak distribusi Linux yang sangat baik untuk pekerjaan-pekerjaan rumit dan serius. Kamu juga bisa menggunakan copy Linux seperti Fedora, Elementary, atau berlangganan jangka panjang seperti RedHat Enterprise Linux. Dengan begitu kamu akan menjadi Linux pro dan bisa menjalankan Work From Home dengan lancar.

Libre Office

10 Aplikasi Open Source Gratis Selagi Kerja di Rumah

Libre Office adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh organisasi non-profit. Aplikasi ini merupakan aplikasi open source yang merupakan proyek penerus dari OpenOffice.org. Libre Office ini memiliki banyak fitur yang sangat bervariasi serta bermanfaat buat kamu di saat Work From Home ini. Di Libre Office terdapat beberapa fitur seperti pengolah kata, spreadsheet, dan presentasi slide. Dengan fitur tersebut akan memudahkan kamu mengelola dokumen pekerjaan hanya pada satu aplikasi saja. Tak hanya fitur yang sederhana untuk mengelola dokumen, Libre Office juga menyediakan aplikasi tetapi juga menyediakan aplikasi menggambar berbasis vektor, edit file PDF, serta database yang lengkap dengan interface yang sangat baik. Dengan begitu, kamu bisa melakukan banyak hal yang berkaitan dengan pekerjaan mu hanya dengan satu aplikasi open source saja. Sangat multifungsi ya?

Nah, itu dia 10 aplikasi open source yang bisa kamu jadikan pilihan untuk melaksanakan Work From Home di saat kondisi pandemi ini. Aplikasi open source tersebut pastinya akan lebih memudahkan kamu untuk bekerja di rumah. Serta, membantu kamu untuk berkoordinasi dengan rekan kerja secara jelas.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya!

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Credit to: Salma Nur Hanina
View her LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/salma-nur-hanina-b39baa192/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here