3 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Untuk Membuat Facebook Ads Dalam Exabytes Digital Day : Deeper Into Facebook Ads

146
4 min read

Exabytes Friends, baru-baru saja Exabytes membuat acara Exabytes Digital Day yang bertajuk Deeper Into Facebook Ads. Acara ini diselenggarakan pada hari Kamis (20/2) lalu di kantor Exabytes Indonesia di Kuningan, Jakarta Selatan.

Acara kali ini mendatangkan Louis Andreas selaku Director @ PAKAR Jasa (Ex Facebook Indonesia) yang menjadi pembicara untuk menjelaskan lebih dalam tentang Facebook Ads. 

3 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Untuk Membuat Facebook Ads Dalam Exabytes Digital Day : Deeper Into Facebook Ads

Andreas membuka pelatihan dengan mengatakan bahwa seorang pemilik bisnis sebaiknya tidak menggunakan account untuk bisnis tetapi menggunakan page. Hal ini karena saat ini Facebook sedang melakukan pembersihan akun-akun sehingga sebaiknya menggunakan page untuk yang memiliki bisnis.

Dalam acara ini, Andreas menegaskan ada 3 hal yang perlu diperhatikan saat membuat Facebook Ads yakni campaign objective, targeting dan creative.

Campaign Objective

Yang dimaksud dengan campaign objective adalah sebelum membuat Facebook Ads, sebaiknya kita memilih objek kampanye yang ingin dibidik atau tujuan yang ingin dicapai. Ada beberapa tipe atau tujuan campaign yaitu awareness, consideration dan conversion

Tipe campaign awareness yang dimaksud seperti meningkatkan kesadaran atau brand awareness dan reach terhadap audiens. Lalu tipe selanjutnya adalah consideration dimana maksudnya adalah Facebook Ads dapat digunakan pertimbangan meningkatkan seperti traffic, engagement, app dan lainnya. Dan terakhir adalah conversion dimana kampanye ini bertujuan untuk mengubah hal seperti product catalog sales dan store visit.

Targeting

Selanjutnya ada targeting yang menjadi poin penting untuk membidik kemana Facebook Ads ini ditujukan. Ada 3 pilihan target audiens yang dapat dibidik yaitu core audience general, custom audience dan lookalike audience.

Baca Juga  15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

Yang dimaksud dengan core audience general adalah audiens yang dapat disesuaikan dengan demografi, gender, lokasi, interest, kebiasaan dan sebagainya. Sementara custom audience adalah audiens yang bisa dibuat atau yang bisa dilakukan re-marketing (mempromosikan kembali) ke audiens tertentu. Audiens tertentu ini adalah audiens yang pernah menonton video ads sebelumnya, like video, pernah mengirimkan pesan dan audiens yang tersimpan databasenya dengan email atau data visit di website. Jadi kita bisa mengiklankan video atau melakukan re-marketing kepada audiens tersebut. Terakhir, ada lookalike audience dimana audiens yang mirip dengan custom audience yang bisa disesuaikan kembali atau difilter lagi.

Creative

Hal terakhir yang harus diperhatikan untuk membuat Facebook Ads adalah creative. Seorang pemilik bisnis atau marketers harus memiliki ide yang kreatif untuk mempromosikan brand. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menciptakan iklan yang kreatif yaitu iklan tersebut harus mengedukasi audiens mengenai produk atau brand, short and sweet dan hook, story, offer.

3 Hal Penting Yang Perlu Diperhatikan Untuk Membuat Facebook Ads Dalam Exabytes Digital Day : Deeper Into Facebook Ads

Maksud dari short and sweet adalah iklan harus pendek dan to the point. Selain itu, iklan juga mengandung urgensi untuk segera membeli misalnya menambahkan kata ‘limited edition’ atau ‘berlangsung hingga’ dan sebagainya. Sementara Hook, Story, Offer adalah iklan yang mengumpan yang membuat audiens bisa berhenti untuk scrolling agar bisa melihat iklan tersebut dan membaca ceritanya lalu di akhir cerita langsung menawarkan produk. 

Baca Juga  Tertarik Menjadi Mompreneur? Ini Dia Peluang Bisnis Yang Menjanjikan

Menurut fakta, audiens membutuhkan waktu 1.7 detik untuk scrolling sosial media di handphone. Oleh karena itu, seorang marketers yang mengiklankan brand di sosial media harus bisa menarik perhatian audiens setidaknya dengan gambar yang menarik atau pesan video langsung ditangkap audiens dalam waktu super singkat hanya 5 detik. Ada beberapa hal yang dapat menarik perhatian audiens terhadap iklan atau post seperti gambar yang bagus, copywriting, nama brand, komentar dan reaksi seperti likes.

Nah, sudah lebih mengerti tentang Facebook Ads kan? Jika Exabytes Friends ingin mengetahui lebih jelas dan detail mengenai Facebook Ads bisa mendengarkan podcast Exabytes bersama dengan Louis Andreas disini ya https://anchor.fm/exabytes-indonesia Dan buat Exabytes Friends yang ingin mendapatkan ilmu seputar bisnis online, digital marketing atau pembuatan website bisa ikuti event-event seru dan edukatif dari Exabytes yang bisa dilihat Exabytes Events

Semoga bermanfaat ya!

Credit to Audina Chairun Nisa

View her LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/audina-chairun-nisa-760303158

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here