3 Langkah Cara Backup Database CodeIgniter

0
784

Backup database Codeigniter merupakan tindakan yang sangat penting dalam pengembangan aplikasi web.

Dalam framework CodeIgniter, membuat backup database adalah langkah yang proaktif untuk melindungi data yang berharga. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah untuk melakukan backup database pada aplikasi CodeIgniter.

Mengapa Backup Database CodeIgniter Penting?

backup database codeigniter

Backup database CodeIgniter terbilang penting agar untuk mencegah kehilangan data. Berikut ini kami telah merangkum mengapa kalian perlu melakukan backup database CodeIgniter.

Pencegahan Kehilangan Data

Kegagalan hardware, kesalahan manusia, ataupun serangan malware dapat membuat kehilangan data yang berdampak sangat buruk.

Anda perlu melakukan backup data untuk memiliki salinan data sehingga ketika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, Anda bisa memulihkan data tersebut.

Jangan lupa untuk selalu melakukan backup data secara rutin dan berkala.

Baca juga: Mengenal Layanan Acronis Backup untuk Data Anda

Pemulihan Kegagalan Sistem

Jika terjadi kegagalan sistem ataupun aplikasi, memiliki salinan cadangan database dapat memungkinkan pemulihan akun secara cepat dan mengurangi waktu henti.

Pemindahan Aplikasi

Dalam proses pemindahan aplikasi dari server lama ke server baru atau lingkungan pengembangan, backup database dapat membantu Anda mentransfer data dengan aman.

Langkah-Langkah Melakukan Backup Database Pada CodeIgniter

Cara Backup Database CodeIgniter

Konfigurasi Database

Anda harus melakukan konfigurasi file “database.php” yang terletak di “application/config” dengan benar. Jangan lupakan informasi seperti hostname, username, password, dan nama database.

Baca juga: Database Adalah: Fungsi, Jenis dan Manfaatnya

Buat Controller dan View

  1. Buatlah sebuah controller yang akan meng-handle proses backup. Contohnya, kita bisa membuat controller dengan nama Backup.php di direktori application controllers.
  2. Buatlah view untuk menampilkan pesan atau hasil dari proses backup. Misalnya, kita bisa membuat view dengan nama “backup_success.php” di direktori “application/views”

Kode Backup pada Controller

Di dalam controller “backup.php”, buatlah fungsi yang akan melakukan backup database dan pada view “backup_success.php” Anda bisa menampilkan pesan bahwa backup berhasil dilakukan.

Akses backup melalui browser dengan kode URL berikut

“http://localhost/your_app/index.php/backup”

Kesimpulan

Membuat backup database pada aplikasi CodeIgniter adalah langkah penting dalam menjaga keamanan dan ketersediaan data. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat backup database secara berkala dan memastikan bahwa data Anda tetap aman dan dapat dipulihkan jika terjadi masalah. Ingatlah untuk menyimpan salinan backup di tempat yang aman dan terlindungi.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments