• Home
  • Tutorial
    • Tutorial Email
    • Tutorial Hosting
    • Tutorial VPS
    • Tutorial WordPress
    • Tutorial Server
    • Tutorial Domain
  • Marketing
    • Digital Marketing
    • Panduan Bisnis Online
    • Search Engine Optimization (SEO)
    • Content Marketing
    • Media Sosial
  • Website
    • Website Design
    • Website Untuk Semua
  • Cyber Security
Search
Exabytes Indonesia Tutorial Digital Marketing, Website, & Bisnis Online – Exabytes
  • Tips & Triks
  • Event
  • Promo
  • Kembali ke Exabytes.co.id
Sign in
Welcome! Log into your account
Forgot your password? Get help
Password recovery
Recover your password
A password will be e-mailed to you.
Exabytes Indonesia Exabytes Indonesia
  • Home
  • Tutorial
    • AllTutorial EmailTutorial HostingTutorial VPSTutorial WordPressTutorial ServerTutorial Domain
      manfaat email hosting

      5 Manfaat Email Hosting, Kenapa Penting untuk Sebuah Bisnis?

      cara membuat portofolio website

      Cara Membuat Portofolio Website Sendiri, Mudah dan Cepat

      cara mengatasi err_cache_miss

      7 Cara Mengatasi ERR_CACHE_MISS: Penyebab dan Solusi

      Apa itu SMPT dan Fungsinya

      Protokol SMTP: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Lengkap!

  • Marketing
    • AllDigital MarketingPanduan Bisnis OnlineSearch Engine Optimization (SEO)Content MarketingMedia Sosial
      blog exabytes

      Domain Rating: Pengertian, Perbedaan DR dan DA, Cara Meningkatkan DR

      blog exabytes

      Mengenal Canonical URL: Fungsi dan Penggunaannya

      blog exabytes

      Platform CMS SEO Friendly untuk Situs Anda

      Tips Facebook Marketing

      15 Tips Facebook Marketing untuk UMKM

  • Website
    • AllWebsite DesignWebsite Untuk Semua
      contoh landing page fashion

      10 Contoh Landing Page Fashion yang Menarik dan Keren!

      DNS Terdesentralisasi

      DNS Terdesentralisasi: Keamanan dan Privasi Lebih Bagus? Ini Penjelasannya!

      contoh portofolio web developer

      4 Contoh Portofolio Web Developer dan Cara Membuatnya Lengkap

      blog exabytes

      Mengenal Canonical URL: Fungsi dan Penggunaannya

  • Cyber Security
Home Tutorial Cara Membuat Signature Email Yang Mudah
  • Tutorial
  • Tutorial Email

Cara Membuat Signature Email Yang Mudah

By
Ananda Cindy
-
August 18, 2021
6651
Facebook
Twitter
Pinterest
WhatsApp

    Pernahkah kamu melihat email dengan identitas si pengirim? misalnya logo perusahaan, alamat perusahaan, tanda tangan ataupun yang lainnya? Nah, ternyata identitas atau biasa disebut signature tersebut dapat dibuat secara otomatis lho. Terlebih lagi untuk email perusahaan, pastinya signature adalah hal yang penting. 

    Untuk itu, kami akan membahas tentang cara membuat email signature dengan mudah. Yuk, simak artikel berikut ini!

    Signature Email
    Membuat Signature Email kini dibutuhkan untuk menambah formalitas. (Sumber: Adobe Stock)

    Daftar Isi

    • Pengertian Signature Email
    • Contoh Signature Email
      • Signature Email Personal
      • Signature Email Bisnis / Perusahaan
    • Fungsi Signature Email
    • Komponen dan Elemen pada Signature Email
      • Identitas Diri atau Perusahaan
      • Alamat 
      • Nomor Telepon Aktif yang Dapat Dihubungi
      • Tambahkan Alamat Website 
      • Tambahkan Foto atau Logo Perusahaan
      • Buatlah dengan Singkat, Padat dan Jelas
      • Pastikan Informasi dalam Signature Tetap Relevan
    • Cara Membuat Signature Email
      • Membuat Signature Email di Yahoo
      • Membuat Signature di Outlook
      • Membuat Signature di Gmail

    Pengertian Signature Email

    Signature email adalah teks yang ada di bagian akhir email. Signature bisa berupa informasi kontak seperti alamat email, nama, URL website atau informasi bisnis kamu. Agar mempermudah untuk menambahkan signature yang ada pada email. Maka kamu bisa melakukan pengaturan supaya signature itu bisa secara otomatis tampil setiap kali kamu mengirimkan email.

    Dengan kata lain, signature email layaknya tanda tangan yang dibubuhkan di setiap surat yang ada di bawah pesan yang dikirim lewat email atau informasi tambahan pribadi dari perusahaan pada setiap email yang dikirim.

    Baca juga: Email Hosting: Solusi Profesional untuk Komunikasi

    Contoh Signature Email

    Berikut adalah contoh signature email

    contoh email signature
    Contoh signature email (Sumber: Adobe Stock)

    Signature Email Personal

    Informasi yang diberikan untuk signature personal biasanya tidak berlebihan. Biasanya hanya terdiri dari 3 baris saja. Tambahkanlah nama dan gelar di baris awal, lalu selanjutnya disusul dengan alamat di baris berikutnya. Sedangkan nomor telepon dan alamat email di baris ketiga.

    Lalu, agar terlihat profesional, tambahkanlah foto diri. Gunakan foto yang bergaya formal. Dengan foto diri, maka kamu akan terlihat meyakinkan di mata pembaca email.

    Signature Email Bisnis / Perusahaan

    Tidak terlalu berbeda dengan email personal, signature email bisnis / perusahaan dibuat dengan sederhana juga. Biasanya terdiri dari 4 baris. Cantumkan  nama dan gelar di baris awal, lalu selanjutnya disusul dengan jabatan dan nama perusahaan yang diwakilkan bila kamu mengirim email untuk mewakili perusahaan/bisnis, lalu berikan alamat spesifik di baris berikutnya. Sedangkan nomor telepon dan alamat email di baris paling terakhir.

    Bila memiliki nomor telepon, alamat email atau sosial media lebih dari satu, sebaiknya jangan ditambahkan semuanya ke dalam signature. Cukup pilih satu saja yang paling sesuai.

    Lalu, supaya terlihat profesional, cantumkan juga logo perusahaan. Dengan ditambahkannya logo, maka email yang dikirimkan oleh perusahaan/bisnis akan terlihat meyakinkan di mata pembaca email.

    Signature Email
    Signature Email digunakan dalam bisnis. (Sumber: Adobe Stock)

    Fungsi Signature Email

    Berikut adalah fungsi dari signature email yaitu:

    • Sebagai identitas pemilik email atau representasi perusahaan bekerja
    • Dapat meningkatkan personal branding agar lebih profesional
    • Sebagai media promosi dimana email dapat mencantumkan nama perusahaan 

    Komponen dan Elemen pada Signature Email

    Tentunya sebelum menyertakan signature email, ada beberapa komponen dan elemen yang harus dilengkapi yang dapat disesuaikan dengan keperluan dan tujuan tanda tangan tersebut dialamatkan. Berikut ini semua yang harus kamu lengkapi untuk menambah kredibilitas bisnis kamu:

    Identitas Diri atau Perusahaan

    Jika kamu mengirim email secara personal, cantumkanlah nama lengkap beserta gelar yang kamu miliki. Namun, jika kamu mewakili perusahaan, cantumkanlah nama lengkap, gelar, dan jabatan kamu di perusahaan tersebut beserta nama perusahaan nya. 

    Hal ini dilakukan agar orang atau perusahaan yang dikirimi email bisa tahu siapa yang sedang berbicara dengannya.

    Alamat 

    Kalau kamu pengirim email secara personal, sebaiknya cantumkan alamat dengan singkat saja. Tidak perlu mencantumkan alamat tinggal secara spesifik, cukup nama kabupaten, dan provinsi. 

    Namun, jika kamu mewakili perusahaan, cantumkanlah alamat perusahaan secara spesifik, nama kota dan provinsi.

    Nomor Telepon Aktif yang Dapat Dihubungi

    Baik pengguna email personal maupun email perusahaan sebaiknya cantumkan nomor telepon aktif yang dapat dihubungi, supaya pembaca email dapat dengan mudah bila sewaktu – waktu mereka membutuhkan dan meneleponmu secara langsung. 

    Selain itu, tentunya kamu juga harus siap untuk di telepon sewaktu – waktu bila kamu memang ingin mencantumkan nomor telepon di signature email mu.

    Tambahkan Alamat Website 

    Sebagai pengguna email personal, sebaiknya kamu tidak mencantumkan alamat website, terlebih lagi bila website tersebut bukan berisi mengenai hal – hal yang membahas mengenai riwayatmu, atau biodatamu.

    Nah, bila email tersebut milik perusahaan, cantumkanlah website resmi perusahaan tersebut. Supaya sewaktu – waktu mereka membutuhkan data penting atau sekedar ingin melihat profil perusahaan, bisa melalui website yang sudah tertera di signature email.

    Tambahkan Foto atau Logo Perusahaan

    Bagi kamu yang menggunakan email secara personal, bisa kamu tambahkan foto diri didalam signature emailnya. Tetapi sebaiknya tambahkan foto dengan pose formal dan bukan foto selfie atau wefie supaya terlihat lebih profesional.

    Untuk signature email perusahaan, tambahkan logo perusahaan supaya signature terlihat lebih profesional dan meyakinkan.

    Buatlah dengan Singkat, Padat dan Jelas

    Seringkali para pengguna email baik personal maupun perusahaan membuat signature email terlalu panjang dan banyak. Sebaiknya, tambahkanlah signature yang singkat, padat, dan jelas. Cukup tambahkan info mengenai nama, alamat, nomor telepon, alamat website, dan sertakan foto atau logo saja. 

    Tidak perlu disertakan alamat facebook, twitter, instagram, nomor telepon atau alamat email yang lebih dari satu, dan lainnya.

    Pastikan Informasi dalam Signature Tetap Relevan

    Kamu telah memasukkan berbagai info penting seperti alamat, dan nomor telepon. Setelah mengatur isi dari signature email. Sebaiknya, pastikan informasi yang tertera di signature tersebut tetap relevan. Misalnya, bila berganti nomor telepon atau berpindah domisili, hendaknya info yang tertera di signature email juga segera diubah.

    Signature Email
    Selalu perbarui Signature Email dengan informasi terbaru. (Sumber: Adobe Stock)

    Cara Membuat Signature Email

    Berikut adalah informasi tentang cara membuat signature email menggunakan Gmail, Yahoo dan Outlook:

    Membuat Signature Email di Yahoo

    • Login ke akun Yahoo.
    • Arahkan kursor di pojok kanan atas Yahoo, dan klik gambar yang bergerigi lalu pilih Setting/Pengaturan. 
    • Setelah itu akan muncul halaman pop up. Pilih menu Menulis Pesan. Pada halaman pengaturan pilih, Tampilan Tanda Tangan Berformat pada menu Tanda Tangan. Selanjutnya, lakukan pengaturan sesuai kemauan. 
    • Jika sudah, klik Simpan. 

    Membuat Signature di Outlook

    • Login ke akun Outlook.
    • Lalu arahkan kursor ke pojok kanan atas Outlook, dan klik gambar yang bergerigi lalu pilih Options. 
    • Pada bagian Options, pilih Formatting, font and signature. 
    • Ada dua kotak pengaturan, pilih yang kedua Personal Signature. Silahkan melakukan pengaturan sesuka hati, lalu klik Save. 

    Membuat Signature di Gmail

    • Login ke akun Gmail.
    Cara Membuat Signature Email Yang Mudah - 2025
    • Arahkan kursor di pojok kanan atas Gmail, dan klik gambar yang bergerigi lalu pilih Setting/Pengaturan. 
    Cara Membuat Signature Email Yang Mudah - 2025
    • Pada halaman Setting, geser ke bagian tengah hingga dapat pengaturan Signature. Silahkan melakukan pengaturan sesuai selera masing-masing. 
    Cara Membuat Signature Email Yang Mudah - 2025
    • Setelah mengisi kotak signature, jangan lupa mencentang tulisan Insert this signature before quoted text in replies and remove the “–” line that precedes it dibawahnya. 
    Cara Membuat Signature Email Yang Mudah - 2025
    • Lalu klik Save Changes di akhir pengaturan. 

    Demikian panduan cara membuat signature di email. Menambahkan signature berbentuk digital pada pesan email akan membuat komunikasi formal lebih terasa serius dan memberikan kesan yang baik bagi kedua belah pihak yang terhubung. Pastikan juga kamu selalu menyertakan informasi yang valid dan sesuai beserta logo perusahaan untuk membuat kontrak atau perjanjian kamu lebih profesional. 

    Penting sekali untuk memiliki email yang tak hanya sebagai alat komunikasi saja demi menjangkau orang banyak tetapi juga banyak manfaat lainnya yaitu meningkatkan brand awareness dan profesionalisme Nah, jika kamu ingin menggunakan email professional menggunakan nama domain, kami rekomendasikan EBiz Mail Pro Exabytes.

    Email bisnis EBiz Mail Pro
    EBiz Mail Pro Exabytes

    EBiz Mail Pro merupakan email bisnis dari Exabytes dimana email ini dapat menjadi solusi untuk kebutuhanmu terutama bagi yang memiliki perusahaan atau bsinis. Dengan ini, kamu bisa membuat email yang profesional dengan nama domain perusahaan atau bisnis yang kamu miliki. Tak hanya itu, kamu bisa juga berkolaborasi dengan membagikan dokumen, kalendar, catatan dan lainnya. Kunjungi Exabytes Indonesia untuk informasi lebih lanjut.

    Selamat mencoba membuat signature email!

    Mulai Email Bisnis Profesional Anda Hari Ini!
    • TAGS
    • signature email
    • tutorial email
    Facebook
    Twitter
    Pinterest
    WhatsApp
      Previous articleMengenal Tentang Domain Life Cycle
      Next articleKuasai Digital Ads di EDD Essential Marketing Tool
      Ananda Cindy
      Ananda Cindy
      I am an undergraduate communication student. I am taking a double degree program, majoring in Advertising at Universitas Indonesia, and currently studying at Deakin University, majoring in Digital Media.
      Instagram Linkedin WordPress Youtube

      RELATED ARTICLESMORE FROM AUTHOR

      manfaat email hosting

      5 Manfaat Email Hosting, Kenapa Penting untuk Sebuah Bisnis?

      cara mengatasi err_cache_miss

      7 Cara Mengatasi ERR_CACHE_MISS: Penyebab dan Solusi

      Apa itu SMPT dan Fungsinya

      Protokol SMTP: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja Lengkap!

      manfaat email hosting

      5 Manfaat Email Hosting, Kenapa Penting untuk Sebuah Bisnis?

      December 20, 2024
      cara membuat portofolio website

      Cara Membuat Portofolio Website Sendiri, Mudah dan Cepat

      December 18, 2024
      cara mengatasi err_cache_miss

      7 Cara Mengatasi ERR_CACHE_MISS: Penyebab dan Solusi

      December 17, 2024

      Artikel Populer

      21+ Rekomendasi Template Blogger Gratis dan Responsive

      April 19, 2021

      7 Raksasa Industri Bisnis Indonesia Yang (segera) Bangkrut [Update 2018]

      July 21, 2017

      Pernah Ngalamin 5 Hal Kocak Ini Pas Belanja di Toko Online?

      December 15, 2016

      Ketegori Populer

      • Tutorial Hosting218
      • Tutorial WordPress162
      • Panduan Bisnis Online130
      • Umum672
      • Tips & Triks184
      • Event Exabytes133
      • Website239
      • Tutorial Domain235

      Artikel Terbaru

      Apa Itu Sidebar Website? Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya

      November 20, 2025

      Cara Memindahkan Email Bisnis Lama ke Google Workspace

      November 19, 2025

      Mengapa UMKM Harus Menggunakan Google Workspace

      November 12, 2025

      Support

      • Panduan Pengguna
      • Pengumuman
      • Network Uptime
      • Buka Tiket Support
      • Hubungi Kami

      Ikuti Kami

      Facebook
      Instagram
      Tiktok
      Twitter
      Youtube
      Linkedin

      Berlangganan Newsletter

      Dapatkan informasi promosi terbaru dan berbagai acara menarik kami.

      Hak Cipta © 2025 PT. Exabytes Network Indonesia
      Harga belum termasuk PPN 11%