10+ Alasan Mengapa Harus Menggunakan Domain .COM

0
2926

Domain adalah alat website yang kamu ketikkan di kolom URL browser untuk membuat website. Salah satu nama ekstensi domain yang banyak digunakan termasuk di Indonesia adalah ekstensi .COM. Sebenarnya, ada banyak alasan harus menggunakan domain .COM. Hal tersebut bisa menjadi pertimbangan saat memilih domain untuk website yang hendak kamu buat.

Jika kamu tertarik untuk mencari tahu lebih jauh tentang domain COM dan kenapa ekstensi domain satu ini menjadi pilihan populer, mari cari tahu bersama melalui artikel ini.

Sekilas Tentang Domain .COM

Domain .com
Domain dibutuhkan untuk membuat website yang berfungsi sebagai alamat website tersebut. (Sumber: pixabay –  viarami)

Domain adalah alamat website yang biasa kita ketikkan untuk mengunjungi suatu website. Singkatnya, kita bisa mengibaratkan situs web sebagai rumah dan nama domain sebagai alamat rumah tersebut. 

Domain COM merupakan domain dengan ekstensi di akhir nama sebuah domain yang juga dikenal sebagai jenis TLD atau Top Level Domain. Ekstensi COM merupakan singkatan dari commercial. Domain .COM adalah jenis domain yang paling umum digunakan sehingga mudah untuk kita temukan saat melakukan pencarian di internet.

Meski awalnya ekstensi domain satu ini dibuat untuk organisasi komersial, namun tidak ada batasan ketat untuk hal tersebut. Di pertengahan tahun 1990-an, .com sudah menjadi jenis domain tingkat atas yang paling populer serta banyak digunakan untuk bisnis, website, dan email.

Alasan Harus Menggunakan Domain .COM

Alasan harus menggunakan domain com
Ada 12 alasan kenapa harus menggunakan Domain. COM saat memilih domain untuk website. (Sumber: pixabay –  Tumisu)

Nama domain menjadi salah satu hal yang harus kamu pertimbangkan secara matang saat hendak membuat website. Saat ini, kamu bisa dengan mudah menemukan banyak pilihan domain yang bisa disesuaikan dengan karakteristik situs web yang hendak kamu buat. 

Pemilihan nama domain tidak sembarangan agar situs web bisa berjalan dengan sempurna. Kamu bisa membaca dan menerapkan tips memilih nama domain yang sesuai kebutuhan dan keinginan apapun jenis situs web yang kamu buat.

Domain COM hadir sebagai salah satu pilihan terbaik karena beberapa alasan dan kelebihan yang bisa kamu rasakan saat menggunakan ekstensi domain tersebut. 

Berikut adalah beberapa alasan harus menggunakan domain .COM yang bisa membantu membuat keputusan akhir saat memilih nama domain.

Merupakan TLD yang Paling Populer

Top level domain (TLD)
Domain COM adalah Top Level Domain (TLD) yang populer dan banyak digunakan. (Sumber: flickr –  1und1 Inte)

TLD adalah singkatan dari Top Level Domain yaitu sebuah ekstensi domain umum yang terdaftar di tingkat tertinggi dalam sistem nama domain. Sebenarnya ada ratusan TLD dan .com adalah salah satu TLD yang paling populer.

52 persen domain yang terdaftar pada sepuluh juta situs web populer menggunakan ekstensi .COM, dilansir dari data Statista per April 2021. Data tersebut membuat ekstensi domain ini unggul jauh diatas pesaing terdekatnya seperti .RU dan .ORG yang tidak lebih dari 6 persen. 

Dengan alasan ini, kamu bisa mempertimbangkan penggunaan .COM dan mulai mencari domain COM murah tanpa harus mengabaikan kualitas.

Lebih Familiar

Website yang mudah diingat dan familiar di konsumen tentu akan memiliki nilai lebih. Alhasil, akan semakin banyak orang yang datang dan bahkan menjadi konsumen setia. Meski kamu bisa memilih ekstensi domain apapun, tetapi masyarakat di Indonesia lebih familiar dengan domain .COM.

Banyak yang menilai jika website dengan .COM adalah website yang memiliki citra baik. Ini bisa menjadi kesempatan untuk menarik perhatian banyak orang yang kamu targetkan sebagai pasar usaha kamu. Pertimbangkan alasan harus menggunakan domain .COM ini saat kamu hendak beli domain dari penyedia domain terpercaya.

Ramah SEO

Domaincom ramah SEO
Domain COM ramah SEO sehingga bisa membantu upaya optimasi website di mesin pencari seperti Google. (Sumber: flickr – Liam Morgan)

Alasan lain kenapa harus menggunakan domain .COM adalah ekstensi domain ini ramah SEO. SEO atau Search Engine Optimization merupakan upaya optimasi agar situs web bisa berada dan bertahan di posisi teratas hasil pencarian Google. Dengan begitu, pengguna internet akan lebih mudah menemukan situs web tersebut.

Jadi, jika kamu ingin situs web tampil lebih baik di mesin pencari apapun termasuk Google, penggunaan domain dengan ekstensi COM sangat disarankan. Meski banyak yang menilai jika tidak ada nama domain yang memiliki keistimewaan performa di mesin pencari, tetapi domain .COM memiliki cakupan internasional. Ini berarti bahwa situs web yang kamu kelola akan lebih mudah muncul di mesin pencari.

Pendaftaran yang Mudah

Meski cakupan ekstensi COM sangat luas, tetapi pendaftarannya sangat mudah. Ini juga bisa menambah alasan harus menggunakan domain .COM untuk website yang akan kamu kelola. 

Domain ini bisa kamu dapatkan di mana saja karena tidak membutuhkan persyaratan dokumen tertentu. Yang paling menarik dari domain ini adalah kamu bisa memilikinya dalam hitungan detik. Coba cari domain promo agar kamu mendapatkan keuntungan yang lebih dari penggunaan domain .COM!

Domain .COM Menggambarkan Bisnis

Salah satu hal yang berpengaruh pada bisnis adalah reputasi. Kamu bisa mulai membangun reputasi bisnis di dunia internet dengan menggunakan ekstensi domain COM. Pada dasarnya, setiap domain termasuk domain .COM memiliki peruntukkan khusus.

Domain COM ditujukkan untuk para pemilik bisnis sehingga sangat cocok untuk kamu yang ingin terjun ke bisnis online. Dengan ekstensi domain ini, website kamu akan terlihat lebih resmi dan terpercaya sehingga bisa membantu membangun reputasi di awal kehadirannya secara online.

Kamu juga bisa membaca artikel tentang domain name generator apabila masih bingung dalam menentukan nama domain yang unik yang bisa merepresentasikan bisnis yang kamu jalankan.

Harga Terjangkau

Harga adalah salah satu hal penting yang selalu masuk daftar pertimbangan apapun produk atau jasa yang hendak individu atau organisasi beli. Memiliki budget yang terbatas bukan sebuah alasan untuk menunda pembuatan website

Selain web hosting, kamu juga bisa mendapatkan nama domain dengan harga terjangkau terlepas dari ekstensi domain apa yang kamu ingin gunakan. Kamu bisa mencari perusahaan yang menawarkan domain murah yang bisa kamu sesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

Lebih Meyakinkan

Domain akan menjadi identitas sebuah website dan juga nilai tambah dalam meyakinkan calon konsumen. Banyak kasus penipuan yang terjadi di dunia maya sehingga membuat orang khawatir saat memilih situs web tertentu untuk mendapatkan barang atau jasa yang mereka butuhkan.

Hal tersebut tentunya menjadi tantangan bagi pebisnis yang ingin memperkenalkan brand mereka melalui situs web. domain .COM lebih meyakinkan sehingga kamu bisa menarik lebih banyak orang untuk datang ke situs web tanpa rasa takut dan khawatir. Bagaimana bisa?

Berbicara tentang penipuan, sebagian besar penipu biasanya menggunakan alternatif domain lain agar mudah mengelabui para korban. Itulah kenapa domain .COM sangat membantu dalam meyakinkan calon pembeli yang belum mengenal bisnis kamu sama sekali.

Peluang Diterimanya Adsense

Google Adsense
Pemilik website yang menggunakan domain COM memiliki peluang diterima sebagai Adsense publisher. (Sumber: flickr –  Neha Gupta)

Di mata Google, web atau blog yang menggunakan domain .COM memiliki performa yang lebih baik dibandingkan ekstensi domain lainnya. Alhasil, situs tersebut bisa lebih mudah terindeks saat menerbitkan konten. Ini menjadi dasar kenapa Google tertarik dengan situs yang menggunakan domain ekstensi COM.

Jika kamu ingin mendaftar Adsense, maka kamu memiliki peluang yang lebih agar pengajuan Adsense diterima. Dengan demikian, kamu bisa merealisasikan tujuan lain dari pembuatan web yaitu agar kamu bisa menjadi Adsense publisher.

Bisa Setaraf dengan Situs Besar

Meski menjalankan bisnis yang masih kecil, bukan berarti kamu tidak bisa membangun brand dan berkompetisi dengan para kompetitor yang memiliki nama besar. Saat menggunakan domain .COM, situs web kamu bisa setaraf dengan situs-situs besar. Para pengguna internet akan menganggap situs web kamu sama dengan situs web lainnya. 

Mudah Diingat

Biasanya, sesuatu yang populer dan familiar itu mudah diingat, begitu pula dengan nama domain sebuah website. Popularitas domain .COM membuatnya familiar dan berkesan sehingga bisa mendapatkan tempat tersendiri di hati pengguna internet.

Orang-orang akan cenderung memilih untuk mengunjungi website atau nama domain yang mereka ingat dibandingkan dengan melakukan pencarian saat hendak membeli produk atau jasa untuk kedua kali dan seterusnya.

Berskala Internasional

Domain dengan ekstensi COM adalah domain yang berskala internasional dan bisa digunakan oleh siapa saja. Karena hal tersebut, domain ini bersifat netral di semua web browser dunia sehingga bisa diakses tanpa batasan jangkauan lokasi.

Tanpa Syarat dan Ketentuan Pembelian

Siapapun dari belahan bumi manapun bisa membeli domain .COM tanpa tapi dan tanpa nanti karena tidak ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Mereka hanya perlu mendaftarkan domain tersebut ke registrar agar bisa menggunakannya.

Kesimpulan

Setiap website membutuhkan nama domain termasuk website yang akan kamu buat untuk memulai bisnis online. Dengan berbagai alasan harus menggunakan domain .COM yang disebutkan di atas, kamu akan semakin yakin untuk memilih ekstensi domain TLD (Top Level Domain) yang bisa digunakan secara internasional.

Butuh jasa pembuatan website sekaligus nama domain dan web hosting? Kamu bisa mendapatkannya sekaligus dengan harga yang terjangkau dari Exabytes.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments