Cara Menghapus URL Page dan Gambar dari Google Search [Lengkap]

302
cara menghapus url page dan gambar dari google search
6 min read

Setiap website yang dihubungkan ke mesin pencari seperti Google, Bing dan search engine lainnya pasti akan tampil di hasill pencarian atau SERP. Search engine akan mengindeks seluruh halaman yang ada di website tersebut sehingga bisa dilihat dan diakses oleh publik atau pengguna search engine. 

Namun pernahkah Anda mengalami kejadian saat halaman atau gambar sudah Anda hapus dari website dengan alasan privasi atau lain hal, tapi anehnya halaman atau gambar tersebut masih ada di mesin pencari (Google atau Bing). Anda pun bingung bagaimana cara menghilangkannya dari mesin pencari.

Nah Anda tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini Kami akan membantu Anda bagaimana caranya menghapus URL dari Google Search. Silakan simak artikel ini sampai akhir!

Cara Menghapus URL Page dan Gambar dari Google Search

Perlu diketahui bahwa Google memberikan izin kepada pemilik website agar halaman atau website tidak terindeks dan tampil di Google. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar halaman dan gambar Anda tidak masuk ke hasil pencarian (SERP).

Menggunakan Plugin Rank Math WordPress 

Nah untuk Anda yang menggunakan WordPress sebagai platform website Anda, maka cara ini bisa Anda gunakan untuk menghapus URL pagedan menghapus gambar dari google search.

Namun sebelum itu pastikan Anda sudah melakukan instalasi plugin Rank Math tersebut yaa. Jadi Kami anggap Anda sudah menginstal plugin tersebut di website WordPress Anda.

Masuk ke menu Post-All Post. Setelah itu pilih Edit pada halaman yang tidak ingin tampil di mesin pencari. 

Masuk ke menu Post-All Post. Setelah itu pilih Edit pada halaman yang tidak ingin tampil di mesin pencari. 

Selanjutnya pilih menu Advanced dan berikan ceklis pada kotak no index dan no image index.

 pilih menu Advanced dan berikan ceklis pada kotak no index dan no image index.

Jika sudah tekan tombol update atau perbarui dan tunggu beberapa hari. Setelah beberapa hari halaman dan gambar yang ada di artikel tersebut tidak akan tampil lagi di mesin pencari Google.

Menggunakan Remove URLs Google Search Console

Mungkin Anda mempunyai halaman atau konten yang tidak ingin tampil di hasil pencarian Google. Nah salah satu tools yang bisa Anda gunakan yaitu Remove URL dari Google Search Console.

Anda bisa memblokir URL yang ada di website Anda dan membuat Google berhenti melakukan indeks terhadap URL tersebut sehingga tidak tampil di hasil pencarian. Jadi ketika seseorang mencari halaman tersebut di Google, mereka tidak akan menemukannya.

Namun Anda harus memiliki akun Google Search Console terlebih dahulu untuk website tersebut agar bisa menggunakan tools ini. Jika Anda sudah memasangnya, silahkan klik Removal URLs. Setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini dan pilih property Anda.

Pilih Property

Atau Anda juga bisa masuk ke Google Search Console – Removals – Temporary Removals. Lalu pilih New Request.

Temporary Removals

Setelah itu masukkan URL Anda. Klik Next dan Submit Request.

Cara Hapus Artikel dari Hasil Pencarian

Selesai! Silakan tunggu beberapa hari untuk URL page dan gambar terhapus sempurna.

Menggunakan Remove Outdated Content Google Search Console

Nah sebenarnya Anda juga bisa menghapus URL page dan menghapus gambar di hasil pencarian menggunakan Remove Outdated Content yang ada di Google Search Console. 

Anda tinggal klik Remove Outdated Content dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Klik New Request.

Menggunakan Remove Outdated Content Google Search Console untuk menghapus URL

Setelah itu masukkan URL yang ingin Anda hapus dari hasil pencarian atau ingin di blok dan tekan Submit. Anda juga bisa masukkan gambar yang ingin dihilangkan.

Hapus Gambar di Google

Namun perlu diketahui bahwa tools ini bisa Anda pakai jika artikel, halaman maupun gambar sudah Anda hapus/ubah di website. Anda juga bisa memanfaatkan tools ini untuk menghapus cache dan jikalau snippet artikel Anda di hasil pencarian sudah tidak update.

Menghapus URL di Google Menggunakan Yoast SEO

Nah cara ini mirip seperti cara pertama yaitu menggunakan Rank Math. Yap, ini adalah plugin yang ada di website WordPress. Anda bisa menggunakan plugin ini jika website Anda berbasis WordPress.

Anda masih bisa menghapus URL page dan menghapus gambar di google search walaupun tidak memiliki akun Google Search Console. 

Pertama Anda perlu login ke halaman admin WordPress lalu install Plugin Yoast SEO dan langsung aktifkan. Setelah plugin Yoast SEO aktif, Anda bisa buka artikel, post atau halaman yang ingin Anda hilangkan atau blok dari hasil pencarian.

Scroll sampai bawah dan pilih Advance Setting. Anda bisa berikan hasil No pada field ”Allow search engines to show this Post in search results?” dan juga di field “Should search engines follow links on this Post?”

Cara Non Index page dan gambar melalui Yoast SEO

Setelah itu simpan pengaturan tersebut dengan menekan tombol Update atau perbarui.

Menggunakan Robots.txt File

Untuk metode ini, sebagai catatan yang Anda perlu ketahui bahwa ini tidak direkomendasikan karena bisa berisiko munculnya masalah SEO di website. Namun jika Anda sudah paham terkait robots.txt boleh saja melakukan perubahan. 

File robots.txt ini memberikan instruksi-instruksi tentang cara melakukan indeks di website tersebut pada mesin pencari.

Pertama Anda masuk dahulu ke direktori penyimpanan file website Anda atau file manager. Anda bisa login melalui cPanel dan akses File Manager. Cari di folder root file robots.txt dan edit file tersebut dengan menambahkan kode di bawah ini:

User-agent: *Disallow: /URL-halaman-website/

Ubah “URL-halaman-website” menjadi URL dari halaman di website Anda yang ingin dihilangkan atau blok dari hasil pencarian Google.

Kesimpulan

Nah itulah tadi tutorial menghapus URL page dan menghapus gambar di google search. Tidak perlu lagi khawatir jika halaman atau gambar Anda tidak bisa hilang di mesin pencari Google, cukup gunakan beberapa langkah diatas.

Terima kasih sudah mengikuti Kami sampai akhir artikel, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.

Mau buat website yang cepat, aman dan bisa diandalkan? Yuk rasakan paduan sempurna dari Exabytes dan WordPress dalam paket hosting WordPress Indonesia. Mulai sekarang!

Apakah artikel ini membantu?
YaTidak
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments